Cara Jualan di Tiktok Live

8 Cara Jualan di Tiktok Live Agar Rame Penonton dan Laris

GEMATOS.ID | Baru pertama kali jualan di Tiktok dan bingung gimana cara jualan di Tiktok Live? Jangan kemana-mana. Kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Di sini akan dibagikan bagaimana cara berjualan lewat Tiktok Live dari awal bagi para pemula.

Berjualan di Tiktok menjadi salah satu cara yang banyak ditempuh oleh sebagian besar orang pengguna smartphone. Hal ini lantaran, Tiktok termasuk platform yang tidak pernah sepi pengguna. Setiap harinya pengguna Tiktok terus bertambah dan hal ini tentu saja memberikan peluang bagi Kamu yang punya usaha.

Biar usahamu laku dan banyak orang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan, maka cara jualan di Tiktok Live bisa menjadi langkah paling tepat. Karena dengan begitu, orang-orang khususnya pengguna Tiktok bisa langsung berinteraksi dengan Kamu dan juga melihat penampakan produk yang Kamu jual.

Cara Jualan di Tiktok Live

Cara Jualan di Tiktok Live
Jualan di Tiktok Live – IMG by Youtube.com/djzayanti official

 

Jangan khawatir meski jumlah followers Tiktok Kamu masih sedikit atau belum punya followers sama sekali. Karena jika Kamu sudah terdaftar di Tiktok Shop maupun affiliate, Kamu akan memperoleh fitur live streaming. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan fitur ini untuk berjualan agar ramai pembeli.

Related  7 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark di iPhone

Jika Kamu ingin memulai cara jualan di Tiktok Live, bisa masuk ke akun Tiktok biasa yang sudah Kamu tautkan ke Tiktok seller center. Begini langkah-langkahnya :

1. Buka Akun Tiktok dan Klik Tambah ✔️

  • Silahkan buka Akun Tiktok Kamu terlebih dahulu.
  • Lalu klik Tanda Tambah (+) untuk menambahkan live pada Tiktok.

2. Pilih Menu LIVE ✔️

  • Setelah itu, Kamu bisa mengklik Live pada menu yang ada di bawah untuk memulai live streaming jualan di Tiktok.

3. Pilih dan Tambahkan Produk ✔️

  • Jangan lupa, klik Logo Tas untuk menambahkan produk.

  • Setelah itu, Kamu tinggal memilih opsi Tambah Produk. Dari sini, tambah produk mana saja yang mau di spill saat Kamu live. Kamu bisa memilih semua produk atau hanya beberapa tidak masalah. Kalau Kamu live jualan di Tiktok, Kamu tentu saja harus punya produk yang mau di spill saat live.

4. Selanjutnya Masuk ke Menu Pengaturan ✔️

  • Silahkan kembali dan masuk ke Menu Pengaturan.

  • Di sini, Kamu bisa menambahkan Moderator (jika ada). Untuk menambah moderator klik Tambah dan pilih teman yang mau dijadikan sebagai moderator live. Tapi kalaupun tidak ada moderator, tidak masalah.
  • Selanjutnya pada Intro Live, ini biasanya berisi salam pembuka. Silahkan isi sesuai kebutuhan. Jika sudah, tekan Simpan. Untuk intro live juga bersifat opsional, jadi kalaupun tidak ada intro live tidak masalah.

  • Pada Hadiah Live, Kamu bisa mengaktifkan Hadiah Live sehingga penonton bisa mengirimimu hadiah saat streaming. Tetapi bisa juga menonaktifkannya.
  • Pada Pengaturan Komentar, Kamu bisa memilih durasi bisu.

5. Masuk ke Promosi Live ✔️

Kamu juga bisa menggunakan iklan berbayar jika ingin mendapatkan pengunjung lebih banyak. Namun jika belum memiliki modal, cukup dengan menggunakan pengunjung organik.

Related  Cara Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok (dengan Gambar)

  • Silahkan isi Apa Target Anda.
  • Pada Penonton Live, silahkan pilih Berikutnya. Di sini, Kamu bisa memilih penonton bawaan langsung dari Tiktok atau memilih penonton khusus. Untuk Penonton Khusus sendiri bisa diatur terkait usia dan minat yang relevan sesuai target audiens Kamu. Jika sudah memilihnya, klik Simpan. Lalu klik Berikutnya.

  • Jika sudah, Kamu akan dibawa pada menu yang terdiri atas beberapa opsi, antara lain jumlah perkiraan penonton live, jumlah anggaran yang Kamu punya, dan berapa lama durasi promosi. Silahkan isi sesuai kebutuhan, untuk anggaran Kamu bisa pilih paling minimal Rp15.000 atau ikuti gambar. Lalu klik Berikutnya. 

  • Selanjutnya Kamu akan mendapat rincian untuk pembayaran promosi iklan berbayar live. Silahkan tekan Bayar dan Mulai Promosi.

6. Gunakan Efek dan Filter ✔️

  • Kamu bisa menggunakan efek dan filter sesuai kebutuhan, jika ingin terlihat lebih menarik. Tapi kalau tidak, skip saja.

7. Tulis Judul Sesuai Produk ✔️

Cara jualan di Tiktok live selanjutnya, Kamu harus tulis judul sesuai dengan produk yang Kamu tawarkan di live.

8. Mulai Siaran Langsung ✔️

Jika sudah klik Mulai Siaran Langsung dan Kamu bisa mulai berjualan menawarkan produk secara live.

Usai live streaming selesai, Kamu akan mendapatkan laporan dari Tiktok tentang berapa banyak penonton yang menonton live Kamu hinga berapa pengikut baru yang memfollow akun Tiktok-mu.

Jangan khawatir, syarat cara jualan di Tiktok live tidak harus 1.000 followers kok. Jadi, Kamu yang baru membuat Tiktok Shop sekalipun bisa langsung berjualan menggunakan fitur live streaming ini.

Tips dan Trik Jualan di Tiktok Live

Setelah memahami cara jualan di Tiktok Live di atas, Kamu wajib memahami beberapa tips dan trik jualan di Tiktok live agar banjir orderan, antara lain :

Related  2 Cara Menambahkan Lokasi di TikTok (Postingan dan Bio)

1. Maksimalkan Pencahayaan

Maksimalkan pencahayaan agar video live lebih jernih dan produk yang Kamu promosikan terlihat jelas oleh calon pelanggan dan audiens.

2. Pakai Mikrofon

Kamu harus menggunakan mikrofon agar apa yang Kamu sampaikan saat live terdengar jelas oleh audiens. Jadi, walaupun Kamu melakukan live streaming berjam-jam tidak perlu capek karena harus teriak-teriak.

3. Siapkan Skrip atau Catatan

Dalam cara jualan di Tiktok Live yang terpenting adalah mempersiapkan catatan atau skrip. Bahan obrolan ini sangat penting agar Kamu bisa menyampaikan deskripsi dan keseluruhan produk secara detail, sehingga audiens paham dengan apa yang Kamu sampaikan. Selain itu, poin ini juga berguna sekali agar Kamu tidak kehabisan pembicaraan dan Kamu bisa menyampaikan poin penting yang harus disampaikan saat promosi secara live di Tiktok.

Kalau perlu, Kamu persiapkan skrip tentang produk dengan menarik lalu tempelkan skrip di depan lalu Kamu tinggal membacakannya dengan jelas dan detail.

4. Pahami Aturan Live Streaming

Ingat, kamu juga harus memahami aturan-aturan apa saja dalam melakukan live streaming di Tiktok. Jadi jangan sampai Kamu melanggar aturan-aturan saat live.

5. Posting Konten Video Sehari atau Beberapa Jam Sebelum Live

Silahkan posting konten video sehari atau beberapa jam sebelum mulai live berjualan. Tujuannya untuk memberitahukan kepada audiens agar mereka menonton live yang kita siarkan.

Untuk mengajak audiens, sebaiknya buat video soft selling dan bukan video jualan.

6. Buat Jadwal Live Streaming

Silahkan buat jadwal live streaming Tiktok terlebih dahulu, caranya sebagai berikut :

  • Klik Garis Tiga di pojok kanan atas pada menu Profil Tiktok.
  • Lalu pilih Pengaturan dan Privasi.
  • Gulir layar ke bawah dan klik Live pada Konten dan Tampilan.
  • Selanjutnya Kamu buat acara livenya dan Klik Buat Acara. Klik Tanda Silang.
  • Silahkan isi Nama Acara, Waktu Mulai dan Deskripsi Live.
  • Lanjutkan dengan klik Berikutnya.

Pastikan Kamu benar-benar memahami aturan live streaming di Tiktok. Memahami langkah-langkah cara jualan di Tiktok Live dengan tepat dapat membantumu untuk meningkatkan peluang konversi penjualan menjadi lebih tinggi. Kamu tinggal ikuti panduan di atas untuk mulai berjualan live!

error:
Scroll to Top