Cara Jualan di Tiktok Shop

Cara Jualan di Tiktok Shop Sebagai Seller (Penjual) untuk Pemula

GEMATOS.ID | Untuk yang baru pertama kali berjualan di Tiktok, biasanya Kamu akan diarahkan menuju Tiktok Shop. Sudah banyak orang yang berjualan di Tiktok Shop dan meraup banyak orderan asalkan tahu trik-triknya. Bagi pemula, Kamu bisa coba cara jualan di Tiktok Shop dari awal agar lebih mudah.

Platform e-commerce aplikasi Tiktok, yakni Tiktok Shop selalu menjadi pilihan baik untuk pembeli maupun penjual. Karena ibaratnya, memainkan Tiktok hanya cukup dengan satu pintu, selain bisa scroll video unik Kamu juga bisa langsung berbelanja di marketplace Tiktok tanpa keluar aplikasi.

Cara jualan di Tiktok Shop para pengguna juga lebih kreatif, yakni dengan menawarkan promosi produk langsung secara live. Sehingga pembeli atau pengunjung bisa tahu bagaimana penampakan produknya dilihat dari kamera,bahkan bisa langsung berinteraksi dengan penjual.

Cara Jualan di Tiktok Shop

Cara Jualan di Tiktok Shop

Mau buka toko di Tiktok, cuma nggak tahu gimana caranya? Kamu bisa mengecek referensi cara jualan di Tiktok Shop dengan mudah untuk para pemula di sini.

Panduan ini dimulai dari bagaimana Kamu memulai buka toko di Tiktok hingga tips dan trik mulai berjualan di Tiktok Shop. Oke, langsung saja simak tahapan-tahapan proses buka toko di Tiktok Shop ini!

  • Buka peramban web Google Chrome atau lainnya, masuk ke alamat web resmi Tiktok Seller Center.
  • Silahkan masukkan Nomor Hp. Kemudian nanti Kamu akan diminta verifikasi kode via nomor hp. Masukkan kodenya.
Related  4 Cara Melacak Akun TikTok Orang Lain yang Paling Mudah

  • Lanjutkan dengan memasukkan Password lalu tekan Sign Up atau Daftar. 
  • Jika sudah masuk, selanjutnya Kamu akan masuk ke Upload Document atau Unggah Dokumen. Kamu akan diminta melakukan pengisian formulir identitas lengkap, berupa nama bisnis, akun email, lokasi bisnis hingga nomor hp.

  • Selanjutnya akan diminta upload dokumen KTP. Jangan lupa lengkapi kontak informasi. Jika sudah silakan tekan Centang dan klik Submit. 
  • Silahkan tunggu dan Kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa akun Tiktok Shop sudah siap.

2. Menambahkan Produk di Tiktok Shop

Biasanya, setelah Kamu diterima di program Tiktok Shop, akan ada keterangan untuk menambahkan produk pertama Kamu. Ini lanjutan cara jualan di Tiktok Shop :

  • Silahkan Klik Mulai pada Tambahkan Produk Pertama Anda. 

  • Setelah itu, klik Tambah Alamat pada keterangan pop up. Isi alamat dengan lengkap, seperti alamat toko/gudang, nomor hp, alamat, area dan lainnya klik Simpan.

  • Lanjutkan dengan menambahkan Nama Produk, Deskripsi Produk, dan masukkan Foto Produk dengan lengkap. Kamu juga bisa menambahkan videonya.
  • Isi juga ukuran, jenis variasi dan harga produk lengkap. Setelah itu klik Kirim Untuk Ditinjau. 

  • Selamat, Kamu sudah menambahkan produk di Tiktok Shop!
  • Kamu juga bisa cek di Etalase akun Tiktok yang sudah ditautkan ke Tiktok Shop. Di sana akan muncul produk yang Kamu masukkan tadi.

3. Buat Profil Bisnis Menarik

Untuk meyakinkan banyak orang tentang bisnis yang Kamu jalani, pastikan untuk membuat profil bisnis yang menarik agar memikat calon konsumen.

Biasanya profil ini memuat tentang pengenal atau identitas bisnis. Untuk memberikan kesan profil bisnis profesional, sebaiknya buat logo atau gambar berkualitas tinggi.

Jangan lupa buat deskripsi yyang singkat tapi menarik sebagai gambaran bisnis Kamu dan tambahkan pula link yang bisa mengarahkan orang lain atau pengguna Tiktok ke situs web bisnis Kamu.

Related  8 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark - Recommended!

4. Membuat Deskripsi Produk yang Jelas dan Lengkap

Cara jualan di Tiktok Shop selanjutnya, Kamu harus membuat deskripsi produk yang jelas dan meyakinkan. Pastikan deskripsi yang dibuat tidak lagi membuat calon pelanggan penasaran terkait detail produk yang Kamu posting.

Buat deskripsi yang meyakinkan, jika perlu selipkan kata-kata copywriting yang membuat para calon pembeli tertarik untuk membeli produk Kamu. Sebelum menulis deskripsi produk, pastikan mengikuti beberapa hal berikut :

  • Sisipkan keunggulan produk yang Kamu tawarkan.
  • Fokus terhadap manfaat produk yang ditawarkan.

5. Kenali Target Audiens atau Market Kamu

Saat berjualan di aplikasi Tiktok, tentu saja bukan hanya keunggulan produk yang mesti diperhatikan tapi Kamu juga harus tahu target market yang akan dibidik. Maka dari itu, Kamu perlu tahu dulu siapa saja yang akan melakukan pembelian produkmu.

Pastikan, apakah dari kalangan ibu rumah tangga, remaja, atau dewasa. Dengan analisis target market inilah Kamu bisa tahu bagaimana cara untuk memasarkan produkmu.

Misalnya saja, Kamu menjual gamis kekinian, maka target market Kamu yaitu wanita muda yang membutuhkan gamis kekinian dan modis. Sehingga Kamu bisa mempromosikan dengan konten marketing yang relevan sesuai dengan gaya anak muda.

6. Manfaatkan Affiliate

Tiktok Shop identik dengan affiliate. Jika Kamu ingin memaksimalkan konversi penjualan di Tiktok Shop, maka Kamu bisa menggunakan sistem afiliator atau affiliate. Selain itu, Kamu juga bisa mengatur berapa komisi yang akan diberikan kepada konten kreator.

Kamu bisa mendaftarkan Titkok Shop Affiliate untuk penjual, dengan langkah-langkah berikut :

  • Silahkan masuk menuju halaman web seller-id.tiktok.com kemudian masuk ke akun Tiktok.
  • Kemudian masuk ke situs Tiktok Shop Affiliate.
  • Silahkan buka beranda dan klik Misi.
  • Selanjutnya Buat Program.
  • Kamu akan ditampilkan ke beranda program toko. Jika memakai hp, silahkan Klik Tanda Titik Tiga lalu klik Situs Desktop.
Related  2 Cara Mengetahui Link TikTok Sendiri di Aplikasi dan Web

  • Lalu klik Buat untuk membuat program Toko.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan pada laman jenis komisi, persentase, dan lainnya untuk kreator. Misalnya Kamu memberikan persentase 4% per produk yang dijual kepada kreator, lalu Kirim. 

  • Kamu bisa juga memilih Hentikan Program apabila ingin menghentikan atau menonaktifkan program afiliasi.

7. Pakai Hashtag Ketika Membuat Video

Salah satu cara jualan di Tiktok Shop agar laris di pasaran dengan masuk ke FYP yaitu menggunakan hashtag untuk tiap video yang dibuat. Hashtag ini adalah bagian informasi video, karenanya dapat dijadikan sebagai rujukan untuk merekomendasikan video ke pengguna Tiktok yang lain.

Contohnya, jika produk yang dijual adalah kosmetik bisa memakai hashtag berupa #tutorialmakeupSelain itu, Kamu juga dapat membuat hashtag yang dibuat sendiri sebagai bentuk campaign brand usaha yang Kamu jalani untuk mempromosikan sebuah event atau sebuah promo yang tengah berlangsung.

8. Pakai Tiktok Ads

Strategi pemasaran Tiktok lainnya yaitu bisa memakai iklan Tiktok alias Tiktok ads. Adapun tujuannya agar Kamu dapat menjangkau audiens lebih besar.

Ada 4 jenis iklan Tiktok yang bisa Kamu pakai, antara lain Infeed Ads, Promotes Hashtag CallengeBranded Filter dan Brand Takeover.

Infeed ads ialah iklan yang akan muncul saat pengguna melakukan scroll feed. Untuk Promotes hashtag challenge adalah sebuah ads dengan mengajak para penggunanya menggunakan hashtag challenge, 

Branded filter, yaitu efek khusus berisi informasi produk dan brand takeover dalam bentuk iklan eksklusif berupa gif, image dan video yang muncul sekali dalam sehari saat membuka aplikasi. Untuk lebih lengkapnya, Kamu bisa baca cara iklan di Tiktok Ads.

Dengan memahami cara jualan di Tiktok Shop dari awal hingga strategi penjualan supaya laris, bisa memandu Kamu untuk mendapatkan kemudahan memulai berjualan di Tiktok Shop.

error:
Scroll to Top