Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop Sebelum Belanja

GEMATOS.ID | Sudahkah kamu tahu bagaimana cara mengaktifkan COD di TikTok Shop agar belanja lebih mudah? Cash On Delivery atau COD menjadi salah satu metode pembayaran dalam belanja online yang banyak disukai. Karena sebagai pembeli, kamu merasa aman, sebab barang pasti diterima. 

Dengan COD, pembayaran dilakukan setelah barang sampai. Jadi, kamu bukan membayar di awal seperti belanja biasa di toko. Tapi menyerahkan uangnya kepada kurir yang mengantarkan paket. Jadi, tidak perlu khawatir lagi barang tidak diantar ataupun diproses oleh toko. 

Sebenarnya sistem pembayaran Cash On Delivery dapat kamu gunakan dengan mudah. Bahkan bisa dipakai di semua pembelian, yang tentunya sudah memenuhi syarat. Agar tidak keliru lagi, perhatikan penjelasan yang diberikan di bawah ini. 

Syarat Mengaktifkan COD di TikTok Shop

Apakah sistem pembayaran COD dapat digunakan untuk semua pembelian di TikTok Shop? Mungkin ini yang sering jadi pertanyaan para pengguna TikTok. Karena sampai saat ini, Cash On Delivery masih jadi metode yang paling difavoritkan di antara metode pembayaran lainnya. 

Memang membayar pesanan secara COD bisa dipakai hampir untuk semua produk yang dijual di TikTok. Tapi ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan. Di antara syarat-syarat mengaktifkan pembayaran Cash On Delivery di TikTok Shop yaitu:

  • Penjual mengaktifkan pembayaran COD. Syarat yang pertama, produk yang akan kamu beli memang bisa dipesan dengan sistem pembayaran di tempat. Penjuallah yang memiliki kehendak untuk mengaktifkan metode ini atau tidak. Kalau penjual mengaktifkan untuk produk tersebut, maka bisa kamu aktifkan. 
  • Tidak melebihi jumlah maksimal pembelian. Persyaratan selanjutnya yang harus diketahui yaitu batas maksimal pembelian. Di mana untuk metode pembayaran Cash On Delivery ini hanya dapat digunakan saat nominal belanja tidak lebih dari Rp1.450.000. Itulah kenapa lebih sering diterapkan pada produk dengan harga murah. 
  • Masuk wilayah terjangkau. Terkadang ada beberapa daerah yang belum ter-cover pembayaran dengan COD. Contohnya wilayah terpencil dan memang susah dijangkau. Jadi, kalau ingin bayar di tempat, pastikan kamu berlokasi di tempat yang didukung untuk bayar secara COD. 
  • Sudah verifikasi nomor telepon. Cek dulu pengaturan akunmu. Karena fitur COD ini hanya dapat digunakan ketika kamu sudah melakukan verifikasi akun dan nomor telepon. Kalau belum, verifikasi terlebih dahulu agar bisa belanja dengan nyaman. 
  • Barang yang dibeli memang bisa dibayar dengan COD. Syarat barang inilah yang penting untuk kamu ketahui. Sebab ada beberapa produk yang memang tidak dapat dipesan secara COD. Contohnya barang-barang mewah dan mahal, seperti produk elektronik, perhiasan mewah, gadget, dan perabotan rumah tangga bervolume besar. 
Related  3 Cara Menarik Uang di TikTok (Affiliate, Rewards, dan Gift)

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop
Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

Setelah melihat syarat-syarat yang diberikan di atas, sekarang akan dijelaskan cara mengaktifkan COD di TikTok Shop. Sebagai pembeli, kamu harus tahu bagaimana caranya. Karena sistem pembayaran tersebut memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berbelanja produk kesayangan. 

Untuk menggunakan sistem bayar di tempat saat belanja di TikTok Shop sangat mudah. Fitur ini bisa langsung dipakai tanpa menunggu persetujuan dari penjual. Tentunya dengan syarat bahwa sebelumnya seller sudah mengaktifkan COD untuk produk tersebut. Kemudian, gunakan seperti cara di bawah ini:

Langkah 1. Cari Produk yang Akan Dibeli

Cara mengaktifkan COD di TikTok Shop yang pertama yaitu mencari produk mana yang hendak kamu beli. Kamu bebas ingin membeli barang apa saja, asal sesuai persyaratan yang telah dijelaskan. Untuk mencari barang di TikTok Shop, caranya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan. 
  • Dari halaman awal aplikasi ini, masuk ke fitur Shop yang ada di bawah. 

  • Setelah terbuka TikTok Shop, cari barang apa yang ingin kamu beli. Caranya, masukkan nama barang di kotak pencarian yang ada di atas. Kemudian scroll hasil pencarian yang muncul. 

  • Atau kamu bisa lihat beberapa barang yang direkomendasikan oleh TikTok Shop sesuai preferensi dan histori yang pernah dilakukan. 
  • Untuk menggunakan metode pembayaran di tempat, pilihlah produk yang punya label Bisa COD atau Bayar di Tempat. 

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

  • Selain itu, kamu bisa buka dulu produk pilihanmu. Lalu, gulir ke bawah dan temukan menu Layanan pembayaran. Kalau di situ tertulis Melayani bayar di tempat, berarti kamu dapat mengaktifkan COD saat berbelanja nanti. 

  • Kamu bisa langsung checkout pesanan atau pilih opsi Tambah ke troli dan cari produk lainnya. 
Related  3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Belum/Sudah Dibayar

Langkah 2. Checkout Pesanan di TikTok Shop

Langkah yang kedua yaitu checkout pesanan tersebut agar nantinya bisa segera diproses oleh penjual. Ada dua cara checkout pesanan di TikTok Shop, yaitu:

  • Buka produk yang ingin kamu beli. Kemudian tekan tombol Beli Sekarang yang ada di bawah. 

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

  • Kalau kamu ingin checkout pesanan yang sudah ditambahkan ke troli, klik ikon keranjang yang ada di atas. 

  • Setelah itu, tandai produk mana saja yang akan dibeli saat itu juga. 
  • Apabila sudah selesai memilih, tekan tombol Check out yang terletak di kanan bawah. 

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

Langkah 3. Atur Pesanan

Berikut ini langkah ketiga agar kamu dapat belanja di TikTok Shop menggunakan metode pembayaran di tempat:

  • Pastikan kamu sudah mencantumkan alamat yang benar. Kalau ingin ganti alamat tujuan, tinggal klik dan ubah dengan alamat saat ini. 
  • Selain itu, jangan lupa menggunakan voucher agar belanja lebih murah. 
  • Caranya, pilih fitur Diskon platform. Kemudian pilih voucher mana yang ingin kamu gunakan. Biasanya ada voucher potongan harga dan gratis ongkos kirim. 

Langkah 4. Aktifkan Pembayaran di Tempat

Inilah cara mengaktifkan COD di TikTok Shop yang penting. Sebelum mengonfirmasi pembelian, pastikan sudah mengubah metode pembayaran ke Cash On Delivery seperti di bawah ini:

  • Lihat bagian Metode pembayaran. 
  • Jangan lupa untuk memilih metode Bayar di tempat. Pastikan fitur ini sudah tertandai yang menunjukkan sudah berhasil diaktifkan.

Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop

  • Lalu, cek sekali lagi apakah pengaturan pesanan yang kamu buat sudah benar. 
  • Jika sudah benar, tekan tombol Buat Pesanan. 

  • Sekarang kamu tinggal menunggu pesanan diproses oleh penjual dan dikirimkan oleh kurir dengan jasa ekspedisi yang telah dipilih. 
  • Terus pantau pengiriman sudah sampai mana. Kalau hampir sampai, jangan lupa untuk menyiapkan uang pas. Serahkan kepada kurir saat nanti terima barang. 
Related  Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok (Versi Terbaru)

Gagal Mengaktifkan COD di TikTok Shop dan Solusinya

Dengan cara mengaktifkan COD di TikTok Shop, kamu dapat belanja dan bayar dengan mudah serta aman. Tapi bagaimana jika tidak bisa menggunakan metode tersebut? Ada beberapa sebab dan solusi yang perlu kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut:

  • Sering menolak pesanan yang sudah sampai. Entah karena saat barang tiba kamu tidak tidak ada di rumah atau diretur oleh kurir. 
  • Aplikasi TikTok Shop sudah usang dan harus di-update ke versi terbaru. 
  • Terlalu banyak sampah aplikasi. Sebaiknya, hapus cache agar fitur COD bisa digunakan. 

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengaktifkan COD di TikTok Shop. Sistem pembayaran ini memang lebih disukai saat ini. Tapi pastikan dulu bahwa penjual menyediakan metode tersebut untuk barang yang akan dibeli. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top