Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir Permanen

GEMATOS.ID | Cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir merupakan hal penting untuk kamu ketahui. Terlebih lagi akun tersebut ditangguhkan secara permanen, sehingga kamu kehilangan akses. Pastinya sayang kalau jumlah followers, like, dan konten yang ada di akun tersebut sudah banyak. 

Memang sudah jadi hal umum bagi sebagian pengguna TikTok yang akunnya ditangguhkan sebab melanggar Panduan Komunitas dan Ketentuan Layanan. Biasanya pihak TikTok sebelumnya mengirimkan warning ketika ada pelanggaran. Karena terus berulang, maka terpaksa akun harus diblokir. 

Apakah akun yang diblokir oleh pihak TikTok bisa kembali lagi? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, perhatikan penjelasan di bawah ini. Di samping itu, ada beberapa alasan akun diblokir yang harus kamu ketahui agar tidak terulang di kemudian hari. 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir
Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Banyak sekali pengguna TikTok yang tanpa sadar melakukan pelanggaran berulang kali hingga membuat akunnya diblokir. Meskipun hal seperti ini umum terjadi, pasti kamu merasa panik. Terlebih lagi kalau akun tersebut cukup lama digunakan dan punya banyak followers

Membuat akun baru tentunya bukan solusi yang bagus, sebab kamu harus membangunnya dari awal. Mencari followers lagi dan membuat konten dari nol bukanlah hal yang mudah. Sebab itulah, ketahui bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir sementara maupun permanen. 

Kalau sementara, yang perlu kamu lakukan hanya menunggu masa pemblokiran selesai. Setelah itu, pasti mendapatkan akses ke akun itu lagi. Tapi jika diblokir secara permanen, cara yang bisa kamu lakukan adalah mengajukan banding dan mengirimkan umpan balik. Berikut ini cara melakukannya:

Related  Cara Melihat Kata Sandi TikTok yang Lupa Agar Bisa Login Lagi

1. Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir dengan Mengajukan Banding

Cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir pertama yaitu dengan mengajukan banding. Ini dapat kamu coba ketika merasa tidak melakukan pelanggaran seperti yang disebutkan oleh TikTok. Oleh karenanya, minta peninjauan ulang agar TikTok memeriksa pelanggaran itu kembali dan akunmu dipulihkan. 

Sebenarnya mengajukan banding atas ditangguhkannya akun TikTok itu sangat mudah. Tapi, disarankan untuk melakukannya secara berulang. Karena belum tentu dalam satu kali percobaan akan langsung disetujui oleh pihak TikTok. Jadi, jika percobaan pertama gagal, maka coba mengajukan banding kembali. 

Tidak ada syarat khusus dalam mengajukan banding. Asalkan kamu yakin bahwa tidak melakukan pelanggaran seperti yang disebutkan. Baik itu melanggar ketentuan pembuatan konten, komentar, dan lainnya. Daripada bingung, langsung saja ikuti panduan di bawah ini:

  • Buka halaman login aplikasi TikTok. Pilih menu Masuk karena kamu sudah punya akun. 

  • Di halaman ini, jangan langsung login. Tapi ketuk ikon tanda tanya yang ada di kiri atas.

  • Setelah itu, pilih opsi Akun ditangguhkan.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

  • Langkah selanjutnya, klik menu Ketuk untuk memeriksa apakah akun Anda telah ditangguhkan. 

  • Berikutnya kamu diminta untuk login. Masukkan nomor telepon atau alamat email yang terdaftar. 

  • Nantinya akan muncul notifikasi Akun Anda telah ditangguhkan. 
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan dua pilihan. Karena ingin mengajukan banding terlebih dahulu, maka pilih Tampilkan detail. 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

  • Di situ muncul pemberitahuan jika akunmu diblokir permanen. Tekan saja opsi Kirim permohonan banding.

  • TikTok akan menampilkan jenis pelanggaran terbaru yang pernah kamu lakukan. Contohnya membuat konten yang tidak sesuai ketentuan, menjiplak, maupun spam. 
  • Setelah melihat pelanggaran akunmu, tekan lagi Kirim permohonan banding
Related  Cara Menukar Berlian di TikTok Jadi Uang Tunai dan Koin

  • Baru di halaman inilah kamu dapat meminta peninjauan ulang kepada pihak TikTok. Di sini juga ditampilkan pelanggaran lebih lengkap yang mengakibatkan pencekalan akun. 
  • Tulis alamat email yang nantinya digunakan untuk melihat hasil pengajuan banding. Kalau sudah, tekan Kirim

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

  • Sekarang tinggal menunggu hasilnya kurang lebih tujuh hari. Kalau misalkan gagal, coba untuk mengajukan banding kembali. 

2. Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir dengan Mengirimkan Umpan Balik

Cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir selanjutnya yaitu dengan mengirimkan umpan balik. Cobalah cara ini ketika sudah berkali-kali mengajukan banding tapi selalu gagal. Kamu pun dapat mengirim umpan balik beberapa kali sampai berhasil. 

Umpan balik atau feedback ini sama halnya dengan membuat pengaduan. Jadi, buat laporan kepada tim TikTok bahwa akunmu diblokir secara permanen. Kemudian jelaskan kalau kamu tidak pernah melakukan pelanggaran tersebut dengan bukti yang dilampirkan agar lebih yakin. 

Meskipun hasilnya belum pasti disetujui, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Terlebih kalau berhasil membuktikannya dan meyakinkan pihak TikTok bahwa pelanggaran tersebut tidak benar. Agar tidak bingung, lihat cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir dengan mengirimkan umpan balik berikut ini:

  • Langkah awalnya sama, yakni buka menu login dan tekan tanda tanya. 
  • Setelah itu pilih Akun ditangguhkan, lalu Ketuk untuk memeriksa apakah akun Anda telah ditangguhkan. 
  • Jika muncul notifikasi Akun Anda telah ditangguhkan, pilih opsi Umpan balik. 

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

  • Selanjutnya, ketuk pilihan Hubungi tim dukungan. 

  • Di sini belum ada tiket masukan yang pernah kamu buat. Untuk membuat umpan balik yang baru, tekan tanda pensil di pojok kanan atas.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

  • Langkah selanjutnya, sampaikan umpan balik pada kolom yang telah disediakan. Buat laporan semeyakinkan mungkin agar pihak TikTok mau meninjau ulang akun yang diblokir. Laporan dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia, tapi akan lebih baik menggunakan Bahasa Inggris. 
Related  9 Cara Menaikan Follower TikTok Gratis dan Paling Aman

  • Jangan lupa mencantumkan nama akun TikTok milikmu dan alamat email aktif. 
  • Lebih bagus lagi kalau kamu menyertakan bukti foto atau video. 
  • Cek sekali lagi dan tekan Kirim

Berikutnya tunggu balasan TikTok atas umpan balik yang kamu kirimkan. Sebaiknya cek secara berkala selama 1×24 jam untuk memastikan balasan tersebut. Kalau hasil peninjauan pertama gagal, kamu dapat mengirimkan umpan balik lagi sebanyak mungkin. 

Kenapa Akun TikTok Diblokir? 

Pasti dari kamu sekalian bingung kenapa akun TikTok milikmu ditangguhkan. Sebenarnya ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Karena sebelumnya pihak TikTok sudah memberikan peringatan pada pelanggaran pertama. Ketika kamu melakukan pelanggaran berulang kali, saat itulah akun akan diblokir. 

Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Ada berbagai faktor akun TikTok diblokir secara permanen. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Tidak memenuhi persyaratan usia minimun dan persyaratan lain yang sudah dijelaskan di Ketentuan Layanan
  • Membuat akun dengan identitas sama persis milik orang atau entitas lain. 
  • Menggunakan akun untuk mengancam dan tindak kekerasan. 
  • Memposting konten yang menggambarkan tindakan seksual dan sejenisnya. 
  • Memposting konten yang memfasilitasi perdagangan manusia dan menggambarkan penyiksaan di dunia nyata. 
  • Menggunakan akun TikTok lain dengan sengaja untuk menghindari pemblokiran permanen. 
  • Berkali-kali melanggar kebijakan dan melewati ambang teguran. 
  • Membuat konten yang melanggar hak cipta orang lain. 

Bisakah Membuat Akun Baru Setelah Diblokir? 

Sebenarnya kamu dapat membuat beberapa akun sekaligus di TikTok. Tapi TikTok berhak memblokirnya lagi jika kamu buat akun baru dengan maksud untuk menghindari pemblokiran setelah melakukan pelanggaran parah. Demikian pula jika memposting konten melanggar di akun baru tersebut. 

Seperti itulah cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir secara permanen. Kamu dapat mengajukan banding atau umpan balik berulang kali sampai berhasil. Tentunya dengan bukti bahwa kamu tidak melakukan pelanggaran agar tim TikTok mau melakukan peninjauan ulang. 

error:
Scroll to Top