Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok

Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok, Bisa atau Tidak?

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu mendapatkan peringatan dari TikTok atas konten yang melanggar Pedoman Komunitas? Bisa jadi itu disebabkan karena adanya laporan dari pengguna lain. Apakah kamu tidak penasaran dengan cara mengetahui siapa yang melaporkan akun TikTok milikmu? 

TikTok merupakan salah satu media sosial terpopuler dan menarik jutaan pengguna. Mengingat komunitas yang besar tersebut, mungkin saja ada salah satu kontenmu yang tidak disukai karena berbagai alasan. Terlebih lagi, di TikTok ada fitur untuk melaporkan konten maupun akun-akun yang terindikasi melakukan pelanggaran. 

Mungkin kamu bingung kenapa tiba-tiba dapat notifikasi pelanggaran padahal tidak pernah melakukannya? Kalaupun ada yang melaporkan akunmu, apakah kamu bisa melihat siapa orang tersebut? Daripada penasaran, coba cek penjelasan lengkapnya di sini. 

Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok

Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok
Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok

Pada satu waktu, pasti kamu sangat penasaran dengan orang-orang yang tidak suka padamu. Bukan hanya benci, karena orang seperti itu bisa melaporkan akunmu ke pihak TikTok dengan alasan yang tidak logis. Bukankah hal yang seperti ini akan menimbulkan kerugian padamu? 

Agar tidak lagi penasaran, coba ingat-ingat siapa yang selalu menaruh rasa tidak suka dan berpotensi melaporkanmu. Kamu pun harus mengantisipasi hal seperti ini dan segera mengonfirmasi pelanggaran agar akun tidak sampai di-banned. Panduannya bisa kamu lihat di bawah ini. 

Related  Cara Agar Tiktok Affiliate Banyak Pembeli dan Dongkrak Penjualan

Adakah Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok? 

Mungkin kamu memang harus penasaran jika ingin tahu orang-orang yang sudah melaporkan akun TikTok milikmu. Karena sampai sekarang, tidak ada cara mengetahui siapa yang melaporkan akun TikTok. Apabila ada artikel ataupun tutorial yang mengatakan bisa melihat pelapor akun, sejujurnya itu hanyalah informasi hoax atau palsu. 

Memang di TikTok ada fitur untuk melaporkan video, komentar, dan akun-akun yang terindikasi melanggar ketentuan. Kamu pun bisa membuat laporan ketika menemukan akun palsu maupun komentar spam. Adanya fitur ini sangat berguna untuk menjaga kenyamanan dan keamanan di komunitas TikTok. 

Tapi sayangnya, sampai saat ini tidak ada fitur untuk melihat siapa pelapornya. Mengapa demikian? Karena pihak TikTok sangat memperhatikan privasi para penggunanya. Karena itulah, semua identitas pengguna yang membuat laporan di TikTok pasti akan dijaga kerahasiaannya. 

Sebenarnya praktik seperti ini tidak hanya berlaku di TikTok saja. Tapi juga sudah umum di semua platform media sosial. Dengan merahasiakan identitas pelapor, maka TikTok memastikan lingkungan yang aman dan saling menghormati antar penggunanya. 

Coba bayangkan, jika kamu dapat melihat siapa saja yang sudah melaporkan akunmu. Kamu pasti akan merasa kesal dengan orang tersebut, hingga akhirnya menimbulkan kebencian. Tidak menutup kemungkinan juga melakukan pembalasan baik di dunia nyata dan medsos. 

Alasan lain kenapa pihak TikTok tidak memberi tahu identitas pelapor untuk meningkatkan kondusifitas. Di mana semua pengguna berhak melaporkan akun dan konten yang dianggap tidak pantas dan menyinggung tanpa rasa takut. Jadi kesimpulannya, tidak ada cara mengetahui siapa yang melaporkan akun TikTok milikmu. 

Apa yang Terjadi Jika Akun TikTok Dilaporkan? 

Kamu harus ingat, bahwa TikTok itu memiliki Pedoman Komunitas yang harus dipatuhi oleh semua pengguna. Yang mana peraturan tersebut dibuat untuk menciptakan lingkungan di media sosial yang aman dan saling menghormati pengguna. Dengan begitu, tidak ada rasa takut saat menggunakan TikTok. 

Related  2 Cara Membuka Blokir TikTok (Gampang Banget) Ini Rahasia

Tapi pihak TikTok tidak bisa mengontrol satu per satu akun, karena banyaknya pengguna. Oleh karena itu, diberikan fitur untuk melaporkan akun-akun yang melanggar peraturan dari TikTok. Jadi, pengguna bisa ikut andil dalam menjaga kondusifitas. 

Lantas, apa yang akan terjadi kalau ternyata akun atau videomu dilaporkan oleh seseorang? Jika akunmu melanggar pedoman komunitas, kamu akan diberi tahu oleh pihak TikTok. Lewat kolom notifikasi, kamu bisa lihat jenis pelanggaran apa yang pernah dilakukan hingga membuat orang lain melaporkannya. 

Kalau kamu mendapatkan notifikasi pelanggaran, maka mendapatkan kesempatan untuk memperbaikinya dengan mengajukan banding. Jika tidak terbukti bersalah, akunmu tetap aman. Namun jika melakukan kesalahan berulang, pihak TikTok berhak menghapus konten yang dilaporkan, bahkan mem-banned akunmu secara permanen. 

Cara Melihat Pelanggaran di TikTok

Memang tidak ada cara mengetahui siapa yang melaporkan akun TikTok milikmu. Tapi, kamu bisa tahu apakah ada yang melaporkan atau tidak dengan melihat pelanggaran. Apabila kamu mendapatkan notifikasi telah melanggar pedoman komunitas TikTok, mungkin ini jadi pertanda akun atau videomu telah dilaporkan. 

Untuk melihat pelanggaran di TikTok sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa cek langsung di menu notifikasi. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1. Buka Menu Kotak Masuk

Menu notifikasi itu terdapat di Kotak Masuk. Jadi, buka aplikasi TikTok dan login ke akunmu. Kemudian, ketuk menu Kotak Masuk yang ada di bawah. Menu ini terletak di sebelah kanan Profil. 

Langkah 2. Buka Notifikasi Sistem

Di menu Kotak Masuk, kamu akan melihat semua notifikasi dan pesan yang diterima. Tapi karena ingin melihat jenis pelanggaran yang pernah dilaporkan pengguna TikTok, maka buka bagian Notifikasi Sistem. 

Related  3 Cara Memasukkan Kode Undangan TikTok dari Teman

Langkah 3. Temukan Pelanggaran di TikTok

Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok

Seluruh notifikasi dari TikTok dapat kamu lihat di sini. Tinggal scroll halaman notifikasi dan temukan pemberitahuan dari TikTok mengenai konten yang melanggar pedoman. Buka notifikasi pelanggaran tersebut untuk melihat lebih detail. 

Kamu akan tahu tanggal dan waktu pelanggaran tersebut dilakukan. Selain itu, diberikan detail alasan kenapa video dan akun itu melakukan pelanggaran hingga akhirnya dilaporkan pengguna lain. Kalau kamu yakin ini hal yang salah, dapat mengajukan banding. 

Cara Melaporkan Akun dan Video di TikTok

Di aplikasi TikTok, kamu dapat melaporkan akun, video, dan komentar yang dianggap tidak pantas dan menyinggung. Nantinya pihak TikTok akan merespons laporanmu dan melakukan peninjauan. Pihak TikTok akan memberitahukan diterima atau tidaknya laporan tersebut. Jadi, kalau menemukan aku dan video yang melanggar, laporkan dengan cara berikut ini. 

1. Melaporkan Akun TikTok

Yang pertama adalah cara melaporkan akun TikTok. Misalkan ada akun fake, spam, dan meniru tokoh tertentu. Cara melaporkannya seperti di bawah ini:

  • Buka profil akun yang hendak dilaporkan. 
  • Kemudian tekan tanda panah di sebelah kanan. 
  • Selanjutnya, pilih Laporkan
  • Pilih Laporkan akun. 
  • Lalu tentukan alasan kenapa kamu ingin melaporkan akun tersebut. Contohnya berpura-pura menjadi orang lain jika ingin report akun palsu. 
  • Pilih meniru Saya atau Selebritas
  • Tekan Kirim untuk melaporkannya. 

2. Melaporkan Video TikTok

Sedang asyik scroll TikTok tiba-tiba menemukan video yang tidak pantas? Laporkan saja dengan cara berikut:

  • Buka video yang akan dilaporkan. 
  • Tekan tanda panah dan pilih Laporkan
  • Pilih alasannya dan klik Kirim. Tunggu laporan ditinjau TikTok. 

3. Melaporkan Komentar TikTok

Yang terakhir adalah cara melaporkan komentar di TikTok. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Ketuk dan tahan komentar. 
  • Kemudian pilih Laporkan
  • Tentukan alasannya, lalu tekan Kirim

Begitulah penjelasan tentang laporan di aplikasi TikTok. Kesimpulannya, tidak ada cara mengetahui siapa yang melaporkan akun TikTok karena identitas pengguna dijaga privasinya. Kamu hanya dapat melihat jenis pelanggaran yang mungkin dilaporkan orang lain. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top