Cara Mengganti Nama di TikTok

Cara Mengganti Nama di TikTok, Itu Bagaimana ya?

GEMATOS.ID | Nama merupakan identitas penting dalam media sosial, di mana akunmu dapat ditemukan oleh pengguna lain. Sudahkah kamu tahu tentang bagaimana cara mengganti nama di TikTok agar lebih aesthetic? Jadi, tidak hanya sekedar nama asal-asalan saja. 

Kamu pasti ingin dapat banyak followers di TikTok dan diingat para pengikutmu. Salah satu cara agar mudah diingat yaitu membuat nama yang bagus, unik, dan beda dari pengguna TikTok lainnya. Karena dari nama itulah semua bisa menemukan akunmu di pencarian. 

Mengubah nama akun TikTok agar lebih estetik bukanlah hal yang sulit. Tapi ada beberapa persyaratan yang perlu kamu ketahui terkait perubahan dan pengguna nama di TikTok. Agar mendapatkan panduan yang lebih jelas, simak penjelasannya di bawah ini. 

Jenis-Jenis Nama di TikTok

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa di TikTok itu ada dua macam nama. Yang pertama yaitu nama pengguna atau biasa dikenal sebagai username akun TikTok. Lalu yang kedua adalah nama panggilan. 

Username merupakan nama akun TikTok yang unik dan menjadi identitas utama. Nama pengguna bersifat unik karena hanya dapat digunakan oleh satu akun. Ketika ada akun yang sudah pakai nama tersebut, maka kamu tidak bisa menggunakannya dan harus cari nama yang lain. 

Nama pengguna inilah yang bisa kamu mention atau disebut di komentar, postingan, dan menandainya dalam video. Salah satu tanda yang paling mencolok yaitu adanya simbol ad (@) di depan username. Contohnya nama pengguna @liverpoolfc, @persija, @threesixty_id, dan lainnya. 

Related  3 Cara Menggunakan Voucher TikTok Shop Saat Belanja

Kalau kamu ingin mencari akun seseorang, maka masukkan username tersebut pada kolom pencarian. Tidak ada nama pengguna yang sama, sehingga lebih mudah menemukan akun. Tapi mungkin di hasil pencarian akan menampilkan nama-nama yang hampir mirip. 

Sedangkan saat membuka Profil akun seseorang, kamu dapat melihat nama pengguna secara jelas. Letaknya ada di bawah display picture atau foto profil. Sedangkan nama panggilan, ada di bagian paling atas pada halaman Profil. 

Kemudian akan dijelaskan mengenai nama panggilan. Ini merupakan nama tambahan dari username yang memiliki eksistensi sendiri. Berbeda dengan username, nama panggilan lebih sering kamu jumpai di berbagai halaman TikTok. Nama tersebut ditampilkan saat seseorang membuat postingan, komentar, dan lainnya. 

Beda lagi dengan username, nama panggilan tidak bersifat unik. Bisa jadi ada banyak pengguna TikTok yang memiliki nama panggilan sama, tapi username-nya berbeda. Jadi, kalau ingin menemukan akun seseorang, carilah memakai nama pengguna. 

Syarat Mengganti Nama di TikTok

Baik nama pengguna maupun panggilan di TikTok, itu sama-sama bisa diganti sesuka hati. Cara mengganti nama di TikTok pun termasuk mudah. Namun yang perlu kamu tahu, bahwa ada beberapa persyaratan penting. Kamu dapat mengubah nama-nama tersebut dengan mengikuti aturan berikut ini:

1. Syarat Mengganti Nama Pengguna (Username

Pertama yaitu syarat dalam mengganti nama pengguna di TikTok. Mengubah username itu perlu dipikirkan benar, karena harus unik dan tidak boleh sama dengan akun-akun yang sudah ada. Aturannya yaitu:

  • Bisa mengganti nama pengguna TikTok asal sudah lebih dari 30 hari sejak terakhir kali diubah. 
  • Nama pengguna minimal mengandung dua karakter. 
  • Boleh mengandung angka dan huruf. Tapi tidak boleh menggunakan karakter khusus, selain undescore dan titik. 
  • Dilarang menggunakan nama yang menjiplak atau mirip dengan tokoh atau entitas tertentu. 
  • Tidak boleh memasukkan nama brand lain dalam akunmu. 
Related  Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop (yang Benar) Paling Baru

2. Syarat Mengganti Nama Panggilan

Kalau ingin mengganti nama panggilan di TikTok, itu lebih mudah. Peraturannya juga lebih luwes dibandingkan username. Pasalnya, kamu bisa pakai nama apa saja, menggunakan angka, huruf, dan karakter tertentu. Bahkan boleh memasukkan simbol khusus agar nama lebih estetik. 

Memang ada peraturan yang sama, seperti tidak boleh memasukkan brand ke dalam nama tersebut agar tidak melanggar kekayaan intelektual. Tapi, kamu bebas ganti nama kapan saja. Hanya saja dengan satu syarat, yakni nama bisa diganti setiap tujuh hari sekali. 

Cara Mengganti Nama di TikTok

Cara Mengganti Nama di TikTok
Cara Mengganti Nama di TikTok

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengganti nama di TikTok. Masing-masing nama pengguna dan panggilan bisa kamu ganti, asal sudah melewati batas minimal seperti yang dijelaskan di atas. Jadi, sebaiknya pikiran benar sebelum mengubah nama akunmu. 

Nama akun TikTok dapat kamu ganti melalui menu Profil. Lihat cara-cara di bawah ini agar kamu tidak salah antara username dan nama panggilan. 

Cara 1. Mengganti Nama Pengguna di TikTok

Yang pertama yaitu penjelasan cara mengganti nama pengguna untuk akun TikTok. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

Pertama, Buka Menu Profil

Buka dulu aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan. Pastikan sudah login ke akun yang hendak diganti namanya. Setelah terbuka halaman Beranda, buka menu Profil yang ada di kanan bawah. 

Kedua, Buka Menu Edit Profil

Sekarang, halaman Profil sudah terbuka. Untuk mengatur akunmu, klik tombol Edit Profil yang ada di bawah nama pengguna. 

Ketiga, Klik Nama Pengguna

Cara Mengganti Nama di TikTok

Di halaman ini, kamu bisa lihat nama pengguna di bagian atas. Untuk mengubahnya, ketuk tanda pensil yang ada di samping kanan username akun tersebut. 

Related  3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Belum/Sudah Dibayar

Keempat, Ubah Nama Pengguna

Berikut ini cara mengganti nama di TikTok yang penting. 

  • Klik kolom yang bertuliskan username milikmu saat ini. 
  • Hapus nama yang lama, lalu tuliskan nama yang baru. 
  • Jika muncul peringatan nama tidak tersedia, bisa jadi sudah dipakai pengguna lain. 

  • Buat username yang berbeda, kamu dapat menambahkan underscore atau titik agar tidak sama. 
  • Kalau muncul tanda centang hijau, berarti kamu bisa pakai nama tersebut. 

Cara Mengganti Nama di TikTok

  • Kemudian, tekan Simpan di pojok kanan. 

Ketika kamu mengubah nama pengguna, maka link profil TikTok ikut berubah. Pasalnya, link TikTok itu pakai format tiktok.com/@username. Pastikan memikirkan benar nama ini, sebab dapat diganti lagi setelah 30 hari ke depan. 

Cara 2. Mengganti Nama Panggilan di TikTok

Panduan kedua adalah cara mengubah nama panggilan di TikTok. Kamu bisa mengubah nama ini di menu yang sama seperti username akun. Agar tidak salah, lihat bagaimana cara mengganti nama di TikTok berikut ini:

  • Di halaman ini, masuk ke menu Nama

  • Setelah itu, ketuk kolomnya dan hapus nama yang lama. 
  • Tulis nama panggilan TikTok yang baru. 
  • Kalau sudah selesai, tekan Simpan

Cara Mengganti Nama di TikTok

Membuat Nama Aesthetic di TikTok

Khusus untuk nama panggilan itu bisa dimodel bagaimana saja, menambahkan simbol, dan pakai font yang unik. Agar terlihat estetik, buat nama dulu di text generator. Caranya seperti di bawah ini:

  • Buka salah satu text generator, seperti LingoJam
  • Setelah terbuka, tulis nama yang akan kamu pakai pada kolom Normal text goes here. 
  • Scroll layar untuk melihat hasilnya. 
  • Pilih ingin pakai font yang mana. Tekan dan tahan hasilnya, kemudian seret agar semua ter-block
  • Lalu pilih Salin
  • Tempelkan nama tersebut saat kamu mengganti nama panggilan di TikTok. 

Itulah cara mengganti nama di TikTok dan persyaratannya. Kamu harus bisa membedakan antara nama pengguna dan panggilan. Kalau ingin menggunakan huruf-huruf unik, maka itu untuk nama panggilan. Sedangkan username harus unik. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top