Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara Itu Begini Lho!

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu merasa bosan bermain TikTok atau terlalu banyak menghabiskan waktu untuk scroll? Tidak ada salahnya istirahat sejenak dengan cara menghapus akun TikTok sementara. Dengan begitu, kamu dapat kembali mengakses akun itu kapan saja. 

Fitur menghapus akun sementara ini pun dapat kamu manfaatkan untuk menghilang sebentar dari media sosial. Mungkin ada alasan tertentu, seperti ingin fokus bekerja, kuliah, atau ada hal yang mengganggu di TikTok. Dengan menonaktifkan beberapa minggu, kamu bisa fokus untuk menyelesaikan urusanmu. 

Buat kamu yang masih bingung, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk menonaktifkan akun TikTok sementara saja. Diberikan pula panduan mengaktifkan akun itu lagi sewaktu-waktu diperlukan. Dengan menghapus sementara, apa saja yang akan terjadi? Baca selengkapnya di sini. 

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara
Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Di aplikasi TikTok, kamu dapat mengelola akun sesuai dengan keinginan. Contohnya rehat sebentar dari dunia maya dengan cara menghapus akun TikTok sementara. Karena sementara, maka masih memiliki akses ke akun tersebut dan bisa diakses kapan saja kamu mau. 

Fitur yang nanti digunakan yaitu menonaktifkan akun. Dengan dinonaktifkan, itu sama saja dengan menutupnya, tapi tidak sampai menghapus dari TikTok. Selama apa pun tidak kamu buka, asal tidak lebih dari 180 hari, akun tetap bisa dipulihkan. 

Related  8 Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee yang Benar

Lalu, apakah caranya rumit? Jawabnya tidak, karena menonaktifkan akun sementara sangatlah mudah. Namun ada yang perlu dipersiapkan, yakni kata sandi. Ketika menutup akun nanti, TikTok memintamu untuk menuliskan passsword. Kemudian, langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini:

Langkah 1. Masuk ke Menu Profil

Kamu harus login dulu ke akun yang ingin ditutup sementara. Misalkan di aplikasi TikTok yang kamu pakai ada beberapa akun, maka beralih terlebih dahulu. Setelah terbuka halaman Beranda, akses menu Profil

Langkah 2. Buka Halaman Pengaturan dan Privasi

Langkah selanjutnya yaitu masuk ke menu Pengaturan dan privasi. Caranya seperti di bawah ini:

  • Tekan tanda garis tiga horizontal yang ada di halaman Profil. Letaknya di sebelah pojok kanan atas. Tanda seperti ini biasanya disebut dengan ikon humberger. 

  • Setelah itu akan muncul beberapa menu. 
  • Pilih saja opsi Pengaturan dan privasi. 

Langkah 3. Bukan Menu Akun

Di halaman Pengaturan dan privasi akan ada berbagai menu untuk mengelola akun TikTok. Tapi karena ingin mencari fitur untuk menghapus akun sementara, masuk ke bagian Akun yang ada di urutan paling atas. 

Langkah 4. Pilih Menu Untuk Hapus Akun

Seperti itulah tampilan halaman Akun. Cara menghapus akun TikTok sementara yaitu dengan masuk ke fitur Nonaktifkan atau hapus akun. 

Langkah 5. Pilih Opsi Menonaktifkan Akun

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Setelah itu, kamu akan mendapatkan dua macam pilihan, yaitu:

  • Nonaktifkan akun. Pilih opsi ini jika ingin menghapus akun sementara saja. Dengan fitur tersebut, akunnmu dapat diaktifkan kembali sewaktu-waktu kalau diperlukan lagi. 
  • Hapus akun secara permanen. Sedangkan pilihan yang kedua ini digunakan untuk menghapus akun selamanya. Gunakan fitur hapus permanen jika benar-benar tidak memerlukan akun itu lagi. Karena setelah dihapus, otomatis kehilangan akses dan semua data yang tersimpan di dalamnya. 
Related  Cara Menghapus Like di TikTok (Postingan dan Komentar) Itu Begini

Langkah 6. Konfirmasi Untuk Menonaktifkan Akun TikTok

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Berikut langkah keenam dari cara menghapus akun TikTok sementara. Di halaman ini, kamu dapat melihat apa saja yang akan terjadi jika nanti akun dinonaktifkan. Apabila yakin untuk menutupnya, tekan tombol Nonaktifkan yang ada di bawah. 

Langkah 7. Masukkan Kata Sandi Akun TikTok

Kamu wajib tahu kata sandi TikTok milikmu jika ingin menghapus akun, baik sementara maupun permanen. Di halaman ini, tulis password pada kolom yang telah disediakan. Kemudian tekan tombol Nonaktifkan akun. 

Lalu, bagaimana jika kamu tidak ingat sama sekali dengan password-nya? Tidak usah khawatir, di penjelasan selanjutnya akan diberikan solusi jika kamu ingin menghapus akun TikTok tapi lupa kata sandinya. 

Langkah 8. Konfirmasi Untuk Menghapus Akun TikTok

Cara Menghapus Akun TikTok Sementara

Sekali lagi kamu diminta untuk konfirmasi dan memastikan jika ingin menutup akun tersebut. Pada kotak dialog yang muncul pada layar, pilih Nonaktifkan. Selanjutnya, akun otomatis akan keluar sendirinya dari aplikasi TikTok. 

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Akun TikTok Sementara? 

Fitur menonaktifkan akun TikTok memang jadi opsi yang tepat apabila ingin rehat sebentar saja dari dunia maya. Karena meskipun dinonaktifkan, kamu masih memiliki akses ke akun tersebut. Username dan data lainnya juga masih jadi milikmu. 

Tapi jika ingin menghapus akun TikTok sementara, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Beberapa hal yang akan terjadi jika memilih untuk menonaktifkannya yaitu:

  • Akunmu akan menghilang dan tidak bisa ditemukan oleh pengguna lain. 
  • Bukan hanya akun saja, konten foto dan video yang diunggah juga tidak dapat dilihat orang lain. 
  • Mungkin ada beberapa informasi yang masih tersimpan dan bisa dilihat pengguna lain, contohnya seperti pesan langsung. 
  • Meskipun dihapus, username akan tetap jadi milikmu dan tidak bisa digunakan oleh pengguna lain. 
  • Kamu tidak akan kehilangan akses masuk. 
Related  Cara Salin Caption TikTok Untuk Semua Perangkat

Cara Mengaktifkan Akun TikTok yang Dihapus Sementara

Jika ingin mengaktifkan kembali akun TikTok yang dihapus sementara, caranya sangat mudah. Kamu tinggal login ke akun dengan data sebelumnya, yakni menggunakan nomor telepon atau alamat email dan kata sandi yang sama. Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan kembali akun TikTok tersebut:

  • Buka halaman login aplikasi TikTok. 
  • Kemudian pilih menu Masuk yang ada di bawah. 
  • Akan ada beberapa metode login. Pilih metode yang kamu inginkan, contohnya Gunakan nomor telepon/ email/ nama pengguna.
  • Langkah selanjutnya masukkan data login akunmu. Misal pakai nomor telepon, tulis nomornya pada kolom. 
  • Lalu tekan tombol Kirim Kode. 
  • Cek kode verifikasi yang dikirimkan melalui chat WhatsApp, kemudian tulis kodenya pada tempat yang disediakan.
  • Setelah berhasil login, Klik tombol Aktifkan kembali. 
  • Akunmu akan terbuka. Tunggu beberapa saat untuk memulihkan semua konten. 

Cara Menghapus Akun TikTok Tapi Lupa Kata Sandi

Kata sandi merupakan kredensial penting jika kamu ingin menonaktifkan akun TikTok. Tapi masalah muncul jika tidak ingin password sama sekali. Tidak perlu panik, karena solusinya yaitu dengan membuat password yang baru. 

Untuk membuat yang baru, kamu tidak perlu memasukkan password lama. Jadi, tetap bisa dilakukan walaupun lupa. Ubah dulu kata sandinya dengan cara seperti di bawah ini:

  • Buka menu Profil di aplikasi TikTok. 
  • Kemudian tekan tanda garis tiga di kanan atas.
  • Selanjutnya pilih menu Pengaturan dan privasi.
  • Masuk ke bagian Akun.
  • Lalu pilih menu Kata sandi.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui chat WhatsApp di nomor telepon yang terdaftar.
  • Apabila selesai waktu tunggu kamu tidak menerima kode, maka pilih Kirim ulang kode. 
  • Di halaman ini buatlah kata sandi yang baru. Perhatikan saran pembuatan password dari TikTok yang aman.
  • Kalau sudah, tekan Berikutnya. Gunakan password yang baru untuk menghapus akun.

Begitulah cara menghapus akun TikTok sementara. Dengan fitur menonaktifkan akun, kamu masih memiliki akses. Jadi sewaktu-waktu dapat mengaktifkannya kembali. Data dan konten pun tidak ikut dihapus. 

error:
Scroll to Top