Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok (Versi Terbaru)

GEMATOS.ID | Pernahkah aplikasi TikTok milikmu lemot dan tidak merespon saat digunakan? Bisa jadi itu disebabkan karena ruang penyimpanannya penuh. Coba kamu bersihkan dengan cara menghapus postingan ulang di TikTok yang sudah tidak penting lagi. 

Fitur repost di TikTok memang bermanfaat buat kamu yang tidak pernah buat konten sendiri. Daripada profil akunmu kosong, maka dapat diisi dengan memposting ulang konten orang lain. Contohnya membagikan kembali quotes, video, atau konten-konten yang relevan dengan kesukaanmu. 

Namun ternyata, kalau terlalu banyak video yang di-repost akan membuat memori penuh. Jadi, sebaiknya dibatalkan saja, semisal konten yang sudah lama dan tidak menarik lagi untuk saat ini. Mengenai caranya, dapat kamu lihat di sini. 

Mengenal Fitur Postingan Ulang di TikTok

Repost atau postingan ulang merupakan fitur di aplikasi TikTok yang rilis pada tahun 2022. Dengan fitur tersebut, kamu dapat membagikan ulang konten milik kreator lain kepada pengikutmu sendiri. Kalau kamu sering main Twitter, maka ini mirip dengan fitur retweet. 

Saat kamu membagikan ulang sebuah konten di TikTok, itu tidak akan mengubah video aslinya sama sekali. Tampilannya mirip dengan konten tersebut, hanya saja muncul keterangan bahwa kamu mempostingnya ulang. Fitur ini pun dirancang untuk tetap menghargai karya para kreator, sebab tetap memberikan kredit yang benar. Jadi, meminimalisir kemungkinan dicomot orang lain tanpa izin. 

Banyak sekali kasus pencurian konten. Ada akun yang memposting sebuah video yang bukan hasil karyanya tanpa mencantumkan sumber asli. Tentunya ini merugikan pemilik konten. Dengan hadirnya fitur postingan ulang, tinggal repost dan pemilik konten pun tetap dapat keuntungan. 

Related  7 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark di iPhone

Video yang di-repost akan muncul di halaman Untuk Anda atau For You milik pengikutmu. Sedangkan jika di Profil, khusus terlihat pada menu Postingan Ulang. Dulu hanya video FYP saja yang dapat dibagikan ulang. Namun sekarang kamu bisa memposting kembali semua konten yang ada di TikTok, baik video maupun foto. 

Cara Posting Ulang Konten di TikTok

Mungkin ada di antara kamu sekalian masih bingung bagaimana cara membagikan ulang video yang ada di TikTok. Kamu bisa berbagi konten-konten yang bagus kepada semua pengikutmu. Tidak perlu mengunduh videonya dan malah terkena pelanggaran hak cipta. 

Semua konten yang terdapat di TikTok bisa di-posting ulang. Untuk caranya, ikuti saja panduan yang dijelaskan di bawah ini:

  • Kamu bisa lihat konten yang bagus dan sedang viral di bagian Untuk Anda. Video-video yang FYP akan muncul di sini. 
  • Kalau kamu menemukan konten yang menarik dan ingin diketahui pengikutmu, bisa membuat postingan ulang. Caranya dengan klik menu Bagikan atau Share. Menu ini ditandai dengan ikon berupa panah. 
  • Setelah itu, pilih fitur Posting Ulang. 
  • Pada konten tersebut akan muncul keterangan “Anda memposting ulang.” Sedangkan kalau di halaman For You pengikutmu, video muncul seperti tampilan aslinya dengan keterangan “(nama pengguna) memposting ulang.”

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok
Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

Ternyata kamu dapat membatalkan kembali video yang sudah di-posting ulang dengan sangat mudah. Misalkan video itu sudah tidak relevan lagi atau memenuhi ruang penyimpanan. Daripada aplikasi TikTok jadi lag, lebih baik menghapusnya dari profil. 

Cara menghapus postingan ulang di TikTok bisa kamu coba untuk semua konten. Bukan hanya konten yang baru saja, tapi postingan yang sudah kamu di-repost. Langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini:

Related  2 Cara Melihat Pesan di TikTok (DM) Lewat Aplikasi dan Situs Web

Langkah 1. Buka Menu Profil

Kamu dapat menemukan riwayat konten yang pernah di-posting ulang pada halaman Profil. Jadi, buka dulu menu Profil dengan cara seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan. 
  • Jangan lupa login dulu atau beralih ke akun yang ingin hendak dihapus postingan ulangnya. 
  • Halaman Beranda akan terbuka. 
  • Langsung saja ketuk menu Profil yang ada di pojok kanan bawah.

Langkah 2. Buka Postingan Ulang

Inilah langkah kedua dari cara menghapus postingan ulang di TikTok. Lihat video dan foto apa saja yang pernah kamu repost dulu. Berikut caranya:

  • Di halaman Profil, ketuk ikon repost seperti di bawah ini. 

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

  • Selanjutnya, lihat konten mana yang pernah kamu repost dan ingin dibatalkan. 

  • Untuk melihat postingan lebih lama, gulir layar ke bawah. 
  • Kemudian, pilih postingan ulang tahun hendak dihapus dengan cara mengetuknya. 

Langkah 3. Hapus Postingan Ulang

Beginilah cara menghapus postingan ulang di TikTok yang benar. Sebenarnya ada dua metode yang dapat kamu lakukan dan ini merupakan cara paling baru. Untuk cara yang pertama melalui opsi bagikan atau share. Ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Setelah memilih konten yang hendak dihapus, tekan ikon bagikan berupa tanda panah ini. 

  • Langkah selanjutnya, pilih menu Hapus postingan ulang

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

  • Sekarang coba cek di bagian repost halaman profil, maka konten tersebut tidak ada lagi. 

Lalu cara menghapus postingan ulang di TikTok yang kedua yaitu melalui keterangan Anda memposting ulang. Berikut ini caranya:

  • Buka postingan ulang yang hendak kamu hapus. 
  • Setelah itu, ketuk keterangan “Anda memposting ulang” seperti yang ditunjukkan di bawah ini. 
Related  Cara Mengarsipkan Video TikTok dengan Mudah dan Benar

  • Berikutnya, ketuk tombol Diposting ulang. 

  • Untuk membatalkan repost, pilih opsi Hapus postingan ulang. 

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok

Apa yang Terjadi Setelah Menghapus Postingan Ulang di TikTok? 

Kalau kamu menghapus konten yang pernah di-posting ulang, maka akan tetap ada di TikTok. Mungkin saja juga masih muncul di halaman FYP. Hanya saja, konten tersebut akan hilang dari Profilmu. Selain itu, tidak lagi dilihat sebagai konten yang kamu bagikan ulang oleh pengikutmu. 

Menghapus postingan ulang juga bisa membuat ruang penyimpanan menjadi lebih leluasa. Terlebih lagi kalau kamu terlalu sering repost konten-konten yang tidak penting. Jadi, video yang sudah lama dan tidak relevan lagi sebaiknya dibatalkan saja. 

Manfaat Postingan Ulang di TikTok

Meskipun bisa membuat ruang penyimpanan penuh, ternyata postingan ulang pun memiliki berbagai manfaat. Bahkan ini berdampak pada pemilik konten yang asli. Berikut ini beberapa manfaat dari fitur repost yang ada di TikTok:

  • Menunjukkan loyalitas kepada kreator favoritmu. Postingan ulang ternyata dapat menunjukkan loyalitas terhadap kreator yang kamu sukai. Karena saat di-repost, pemilik konten akan tahu siapa saja pengguna yang membagikannya. Jadi, mereka tahu bahwa kamu menyukai karyanya. 
  • Meningkatkan kunjungan profil pemilik konten. Bagi pemilik konten yang asli, repost juga memberikan manfaat. Misalkan kamu membagikan salah satu konten. Mungkin saja ada pengikutmu yang tertarik, kemudian penasaran untuk membuka profilnya dan melihat konten yang lain. 
  • Menjadi bukti sosial. Sedangkan untuk pebisnis online, postingan ulang sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan publik. Contohnya membagikan ulang review yang dibuat oleh penikmat produkmu. Tentunya ini jadi kesaksian yang nyata. 

Demikianlah penjelasan cara menghapus postingan ulang di TikTok. Kamu dapat membatalkan repost yang sudah lama agar memori tidak penuh. Meskipun dibatalkan, konten masih akan muncul di TikTok dengan nama milik pemilik aslinya. Membatalkan repost pun akan membuat profilmu terlihat rapi. 

error:
Scroll to Top