Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok yang Sudah Dibatalkan

GEMATOS.ID | Kamu sudah banyak buat orderan di TikTok dan kesulitan menemukan pesanan yang lama? Apakah kamu tahu bagaimana cara menghapus riwayat pesanan di TikTok? Dengan menghapus riwayat yang tidak penting lagi, lebih mudah menemukan orderan dan melakukan pembelian uang. 

Setiap kali kamu buat pesanan di TikTok Shop, pasti akan tersimpan riwayatnya. Kamu dapat melihatnya kembali dan memantau pernah beli apa saja. Kalau kemudian ingin memesan lagi, tinggal melakukan repet order lewat riwayat tersebut. 

Tapi pasti banyak dari kamu sekalian yang belum tahu bagaimana cara untuk membersihkan riwayat orderan di TikTok Shop. Karena di beberapa jenis pesanan, ada yang tidak tersedia fitur tersebut. Agar tidak salah lagi, perhatikan penjelasannya di sini. 

Jenis-Jenis Riwayat Pesanan di TikTok

Tapi sebelum mengetahui cara menghapus riwayat pesanan di TikTok, kamu harus tahu hal ini dulu. Jadi, di TikTok Shop itu ada berbagai jenis orderan yang pernah dilakukan. Semuanya tersimpan dalam daftar riwayat yang bisa kamu cek kapan saja. 

Penting sekali untuk tahu apa saja jenis-jenis pesanan di TikTok. Karena ada jenis orderan yang bisa dihapus dari daftar riwayat dan tidak. Berikut ini beberapa riwayat orderan yang ada di TikTok Shop:

  • Semua. Jenis ini menampilkan semua jenis orderan yang pernah dilakukan di TikTok Shop. Seluruh pesanan akan tercatat di sini. Mulai dari yang awal dilakukan dulu hingga sedang berlangsung saat ini. Tentunya riwayat pembelian di akun yang sama. 
  • Belum dibayar. Kalau kedua ini merupakan jenis pesanan yang belum diselesaikan pembayarannya. Orderan akan diproses oleh penjual jika kamu sudah membayar lunas, selain untuk metode pembayaran di tempat (Cash On Delivery). Apabila tidak segera dibayar sampai batas waktunya, pesanan otomatis akan dibatalkan. 
  • Untuk dikirim. Ketika status pesanannya “Untuk Dikirim,” berarti paket sudah masuk tahap pengemasan oleh penjual. Di mana waktu packing ini butuh waktu sekitar 1—2 hari. Setelah siap, paket akan diserahkan kepada jasa ekspedisi yang kamu dapatkan saat buat orderan. 
  • Dikirim. Kalau pesanan sudah masuk pada kategori Dikirim, berarti sedang dalam proses pengiriman oleh jasa ekspedisi. Sebagai pembeli, kamu dapat melakukan pelacakan untuk melihat paket sudah sampai mana. 
  • Untuk diulas. Selanjutnya adalah jenis paket yang sudah selesai dan kamu terima dari kurir. Kalau masih dalam kategori ini, kamu dapat memberikan review atau ulasan pada toko. Baik tentang kualitas produk, kecepatan layanan penjual, dan lainnya. 
  • Pengembalian. Jika kamu pernah meretur barang yang salah, akan masuk dalam jenis orderan ini. 
Related  Cara Menonaktifkan TikTok Shop Ternyata Solusinya Begini

Bisakah Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok? 

Ada banyak pengguna yang penasaran tentang bagaimana cara menghapus riwayat pesanan di TikTok. Contoh alasannya karena tidak memerlukan barang itu lagi atau ingin mencari produk lama tapi kesulitan karena sudah banyak yang dibeli. Oleh karena itu, lebih baik membersihkan riwayat transaksi yang tidak diperlukan lagi. 

Memang kamu bisa menghapus riwayat pembelian di aplikasi TikTok Shop. Tapi yang perlu kamu tahu, bahwa tidak semua pesanan dapat kamu hapus. Hanya pesanan yang dibatalkan saja yang dapat dibersihkan catatannya dari riwayat TikTok. 

Pembatalan pesanan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Contohnya jenis orderan dengan status belum dibayar, tapi tidak segera kamu selesaikan. Hingga akhirnya pihak TikTok Shop melakukan pembatalan otomatis dan menganggap kamu tidak berminat melakukan pembelian. 

Atau memang kamu yang berniat membatalkan pesanan itu sendiri. Terlebih lagi, di TikTok Shop pun ada fitur untuk cancel pesanan. Namun hanya untuk jenis pesanan yang belum dibayar dan diambil oleh jasa ekspedisi. Seluruh pesanan yang dibatalkan dapat dihapus riwayatnya dari TikTok. 

Lalu, bagaimana untuk status pesanan yang lain? Melalui banyak percobaan, ternyata untuk orderan yang sudah selesai atau sedang dikirim tidak bisa dihapus. Saat kamu ketuk rincian pesanannya di riwayat, tidak terdapat fitur untuk menghapusnya. 

Kalau kamu coba membuka rincian pesanan yang sudah selesai, maka yang muncul adalah opsi untuk Beli lagi. Karenanya bila ingin repet order tinggal melakukannya lewat riwayat pesanan ini. Catatan yang tersimpan mulai dari orderan pertama hingga terakhir yang kamu lakukan. 

Jadi kesimpulannya, hanya ada cara menghapus riwayat pesanan di TikTok Shop, yakni untuk orderan yang dibatalkan. Sedangkan untuk pesanan yang sedang dalam proses pengiriman atau sudah selesai tidak bisa dihapus. Termasuk pesanan yang termasuk dalam jenis “Untuk diulas.”

Related  Cara Melihat History TikTok yang Sudah Ditonton dan Disimpan

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok
Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok

Berikut ini akan dijelaskan cara menghapus riwayat pesanan di TikTok yang pernah kamu lakukan. Lihat dulu orderan apa saja yang dalam status dibatalkan. Baru kemudian dihapus agar tidak lagi memenuhi histori dan kamu dapat menemukan orderan lama dengan mudah. 

Seluruh orderan yang di-cancel itu bisa kamu lihat melalui menu Pesanan di TikTok Shop. Fiturnya sudah tersedia, sehingga tidak perlu cara yang ribet. Untuk langkah-langkahnya dapat disimak pada penjelasan di bawah ini:

Langkah 1. Buka Fitur Shop di TikTok

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuka fitur Shop. Yang mana fitur tersebut ada di aplikasi TikTok. Buka dengan cara berikut ini:

  • Buka dulu aplikasi TikTok yang biasa kamu pakai. Ingat ya, jangan mengaksesnya via web, sebab menu Shop hanya ada di aplikasi. 
  • Halaman Beranda aplikasi sudah terbuka. 
  • Setelah itu, buka fitur Shop yang digunakan untuk jual beli. Cek menunya yang ada di bawah. 

Langkah 2. Buka Menu Riwayat Pesanan

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok

Halaman awal TikTok Shop sudah terbuka. Sekarang, pilih menu Pesanan untuk melihat riwayat orderan yang pernah kamu lakukan. Menu ini ada di bagian atas. 

Langkah 3. Cari Pesanan yang Dibatalkan

Di sinilah kamu bisa melihat seluruh histori pembelian di TikTok Shop. Perhatikan keterangan yang ada di sebelah kanan orderan. Untuk menghapus riwayat, hanya dapat kamu lakukan pada pembelian dengan label “Pesanan dibatalkan.” Kalau di sana yang muncul pesanan sudah selesai, tidak bisa dihapus dan akan tetap tersimpan di TikTok Shop. 

Langkah 4. Hapus Pesanan di TikTok

Setelah memilih pesanan yang dibatalkan, kamu dapat menghapusnya agar tidak memenuhi histori. Untuk menghapusnya, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Di halaman rincian pesanan ini, ketuk tanda titik tiga yang ada di kanan atas. 
Related  Cara Centang Biru di Tiktok [Gratis] Tanpa Minimal Followers

  • Setelah itu, pilih opsi Hapus pesanan. 

Cara Menghapus Riwayat Pesanan di TikTok

  • Sekali lagi tekan Hapus untuk mengonfirmasi langkah ini. Perlu diperhatikan, bahwa riwayat pesanan yang telah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali. 

Untuk Apa Riwayat Pesanan di TikTok? 

Sebenarnya riwayat pesanan di TikTok itu sangat berguna. Untukmu, bisa melakukan pembelian lagi produk yang sama tanpa melakukan pembelian ulang. Sedangkan untuk TikTok, riwayat tersebut akan dicatat. Kemudian TikTok Shop menampilkan produk-produk yang mungkin kamu sukai berdasarkan histori tersebut. 

Demikianlah cara menghapus riwayat pesanan di TikTok untuk pembelian yang dibatalkan. Kamu tidak dapat menghapusnya jika barang sudah diterima. Dengan riwayat yang tersimpan di TikTok Shop, kamu bisa melakukan pembelian dengan lebih mudah di kemudian hari. 

error:
Scroll to Top