Cara Menghapus Video di TikTok

Cara Menghapus Video di TikTok Satu Per Satu dan Sekaligus

GEMATOS.ID | Kamu punya banyak video yang diunggah di TikTok dan merasa tidak diperlukan lagi? Ternyata, kamu dapat menghilangkannya dari profil dengan cara menghapus video di TikTok. Jadi, tidak ada lagi yang dapat berinteraksi dengan konten tersebut. 

Menghapus video TikTok juga diperlukan ketika kamu melakukan kesalahan saat mengunggahnya. Awalnya ingin upload konten yang sudah selesai diedit dan diberi efek yang bagus. Tapi ternyata, yang diunggah malah video mentahannya. Daripada ada yang melihat, lebih baik buru-buru dihapus. 

Membersihkan video yang pernah kamu upload di TikTok ternyata bukanlah hal yang sulit. Bahkan ada juga fitur untuk memulihkan kembali video yang dihapus, sehingga tidak perlu khawatir kalau misal ada kesalahan. Bagaimana caranya? Langsung saja cek di bawah ini! 

Cara Menghapus Video di TikTok

Cara Menghapus Video di TikTok
Cara Menghapus Video di TikTok

Kalau kamu membuat kesalahan saat meng-upload konten di TikTok, lebih baik segera dihapus agar tidak ada yang melihatnya. Selain itu, kamu juga bisa menghapus video-video lama. Contohnya video yang masih sederhana karena kamu belum punya skill editing mumpuni pada saat itu. 

Tapi yang tersedia adalah cara menghapus video di TikTok satu per satu. Lalu, bagaimana jika ingin delete beberapa video sekaligus dalam satu waktu? Daripada bingung, di bawah ini akan diberikan solusi yang harus kamu coba. 

Related  Cara Retur Barang di TikTok dan Mengajukan Pengembalian Dana

Cara 1. Menghapus Video di TikTok Satu Per Satu

Penjelasan yang pertama adalah cara menghapus video di TikTok satu per satu. Memang di aplikasi TikTok belum ada fitur untuk menghapus beberapa video sekaligus. Jadi, kamu harus melakukannya sendiri kalau ada banyak konten yang ingin dihilangkan. Untuk delete satu video di TikTok, langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

Pertama, Buka Menu Profil

Langkah yang pertama, kamu harus mengecek dulu video mana yang harus dihilangkan. Selain bertujuan untuk menutupi kesalahan upload, ini juga merapikan profil. Jadi, saat dibuka oleh pengikutmu hanya ada video-video yang bagus dan diedit dengan sempurna. Cek videonya dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi TikTok. 
  • Dari halaman Beranda, masuk ke bagian Profil. Menu ini terletak di sebelah kanan bawah. 

Kedua, Pilih Video Mana yang Akan Dihapus

Cara Menghapus Video di TikTok

Halaman Profil sudah terbuka. Sekarang, kamu bisa lihat konten-konten yang pernah kamu unggah di TikTok. Menu ini ditandai dengan ikon garis-garis vertikal dan terletak paling kiri. Kemudian video yang terakhir diunggah ada di urutan paling depan. Jika ingin melihat konten lebih lama, tinggal scroll layar ke bawah. Pilih dan buka video yang hendak dihapus. 

Ketiga, Hapus Video di TikTok

Berikut ini cara menghapus video di TikTok yang utama. Setelah tampilan videonya terbuka, delete dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Ketuk tanda titik tiga yang ada di menu sebelah kanan. 

Cara Menghapus Video di TikTok

  • Kemudian, geser daftar menu ke kanan. 
  • Kalau sudah, pilih fitur Hapus

  • Konfirmasi permintaan ini dengan klik Hapus sekali lagi. 

Cara Menghapus Video di TikTok

  • Sekarang coba kembali lagi ke halaman Profil akunmu. Video yang kamu hapus itu akan hilang dari daftar konten di TikTok. 
Related  Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop (yang Benar) Paling Baru

Cara 2. Menghapus Video di TikTok Sekaligus

Lalu, bagaimana cara menghapus video di TikTok yang banyak dan dilakukan dalam satu waktu? Cukup disayangkan, karena fitur ini belum tersedia. Meskipun ada beberapa video yang harus dihilangkan, tetap saja kamu menghapusnya dengan cara satu per satu. 

Tapi, bukankah cara seperti itu menyita waktu? Kalau kamu tidak ingin membuang waktu hanya untuk menghapus video di TikTok, bisa coba solusi ini. Cukup mengirimkan tiket dukungan ke tim TikTok, lalu minta bantuan untuk menghapus video sekaligus. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1. Buka Fitur Laporkan Masalah di TikTok

Mengirimkan tiket dukungan itu sama saja dengan membuat pengaduan. Jadi, laporkan masalahmu pada tim TikTok dan minta bantuannya. Berikut ini cara mengakses menu Laporkan Masalah di TikTok:

  • Buka menu Profil di aplikasi TikTok. 
  • Kemudian, tekan ikon humberger di kanan atas. Ikon ini berupa tiga garis horizontal paralel.

  • Setelah itu, pilih opsi Pengaturan dan privasi. 

  • Halaman Pengaturan sudah terbuka. Gulir layar dan temukan Laporkan Masalah. Pilih menu tersebut. 

Langkah 2. Pilih Menu Kirim Laporan

Di halaman ini, kamu bisa lihat berbagai topik yang sering jadi permasalahan banyak pengguna TikTok. Setiap permasalahan ada solusinya. Tapi jika kamu tidak mendapatkan jalan keluar sama sekali, ketuk Kirim Laporan. Menu tersebut ada di bagian paling bawah. 

Langkah 3. Tulis dan Kirimkan Laporan ke TikTok

Berikut ini langkah ketiga dari cara menghapus video di TikTok sekaligus. Sampaikan permintaanmu kepada tim TikTok agar mau membantumu untuk menghapus beberapa video dalam satu waktu. Sampaikan masalahmu pada kolom yang sudah disediakan. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan kalimat seperti di bawah ini:

“Halo, tim dukungan TikTok. Saya ingin meminta bantuan untuk menghapus beberapa video sekaligus di akun TikTok, karena fitur tersebut belum tersedia. Saya tidak dapat melakukannya satu per satu, karena terlalu banyak video yang harus dihapus. Terima kasih.”

Related  Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop Sebelum Belanja

Selain menuliskan laporan saja, kamu pun bisa menambahkan foto atau video. Misalkan mengirimkan screenshot akunmu dan video yang hendak dihapus. Setelah semuanya selesai, tekan tombol Kirim

Kamu masih harus menunggu balasan dari tim dukungan TikTok. Sebaiknya, cek berkala selama 24 jam. Kalau permintaan disetujui, maka pihak TikTok akan membantumu untuk menghapus beberapa video sekaligus. 

Apa yang Terjadi Setelah Menghapus Video di TikTok? 

Setelah berhasil menghapus video yang ada di TikTok, maka akan hilang dari halaman Profil akunmu. Pengikut maupun orang-orang yang mengunjungi profilmu tidak bisa melihat dan melakukan interaksi dengan konten tersebut. Kamu pun harus siap kehilangan videonya walaupun jumlah like dan komennya banyak. 

Video yang dihapus bisa kamu lihat kembali. Masih ada waktu 30 hari sejak dihapus untuk memulihkan video itu lagi. Kalau konten dipulihkan setelah dihapus, maka akan muncul lagi di Profil dan penonton bisa berinteraksi. Namun kalau sudah lewat 30 hari, TikTok akan menghapus videonya secara permanen. 

Cara Memulihkan Video TikTok yang Dihapus

Apabila kamu berubah pikiran setelah menghapus video di TikTok, dapat memulihkannya kembali. Tentunya dengan syarat belum lewat 30 hari sejak dihapus. Cara mengembalikan postingan yang sudah dihapus seperti di bawah ini:

  • Buka menu Profil di aplikasi TikTok dan tekan ikon humberger
  • Pilih menu Pengaturan dan privasi. 
  • Setelah itu, gulir layar dan pilih menu Pusat aktivitas. 
  • Di halaman ini, ketuk menu Baru saja dihapus. 
  • Kamu bisa lihat postingan yang pernah dihapus. Di situ ada keterangan tersisa sekian hari. Itu merupakan periode di mana kamu masih diizinkan memulihkan konten lagi. 
  • Pilih video yang hendak dipulihkan. 
  • Setelah terbuka, ketuk tombol Pulihkan
  • Tekan Pulihkan sekali lagi untuk mengonfirmasi permintaan ini. 

Seperti itulah cara menghapus video di TikTok yang pernah diunggah. Yang ada hanyalah fitur untuk menghapus postingan satu per satu. Kalau misalkan ada banyak video, dapat kamu coba dengan mengirimkan tiket dukungan pada tim TikTok.

error:
Scroll to Top