Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok

Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok dengan Sekali Swipe

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu merasa terganggu dengan komentar yang muncul saat menonton siaran langsung kreator favoritmu di TikTok? Sekarang tidak perlu khawatir lagi. Ada cara menghilangkan komentar di live TikTok yang wajib kamu praktekkan. 

Live merupakan salah satu fitur di TikTok yang memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi langsung dengan penonton. Penonton pun bisa tahu aktivitas content creator kesukaannya secara real time. Jadi, apa yang muncul di layar itu sama dengan yang sedang dilakukan oleh pembuat live. 

Saat siaran langsung, sering kali ada komentar yang terus-menerus muncul hingga kamu tidak bisa menikmatinya. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, wajib mempraktikkan cara berikut ini. Ternyata, menghilangkan komentar saat menonton siaran langsung di TikTok sangat mudah. 

Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok

Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok
Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok

Kamu harus tahu bagaimana cara menghilangkan komentar di live TikTok. Pasalnya, komentar-komentar penonton yang muncul itu sangat mengganggu dan membuat space untuk melihat live menjadi penuh. Bahkan kamu tidak dapat menikmati siaran itu karena terhalang oleh komentar. 

Terlebih lagi, meminta penyelenggara live untuk mematikan komentar pasti tidak mungkin dilakukan. Karena komentar adalah caranya untuk berinteraksi dengan para penonton secara real time. Jadi, kreator tersebut memerlukan engagement yang bagus untuk mengembangkan akunnya. 

Karena itulah, sebagai penonton kamu harus berinisiatif sendiri untuk menghilangkan komentar yang muncul. Lakukan ini agar halaman siaran tidak lagi terhalang oleh komentar yang tidak penting. Langkah-langkahnya bisa kamu simak pada panduan di bawah ini:

Related  Cara Menonaktifkan TikTok Shop Ternyata Solusinya Begini

Langkah 1. Buka Menu Live di Aplikasi TikTok

Inilah cara menghilangkan komentar di live TikTok yang pertama. Khusus untuk menonton siaran langsung, TikTok sudah menyediakan kategori menunya sendiri. Kamu pun bisa melihat content creator favoritmu siaran langsung dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang biasa kamu pakai. 
  • Jangan lupa login dulu ke akun milikmu. Kalau misalkan sudah login, tapi ingin melihat live dari akun yang lain, maka bisa dengan beralih saja. 
  • Halaman Beranda aplikasi TikTok akan terbuka. 
  • Di bagian awal ini, tekan menu LIVE yang ada di pojok kiri atas. Kamu bisa lihat menunya seperti yang ditunjukkan di bawah ini. 

Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok

  • Setelah itu, gulir-gulir layar untuk melihat kreator siapa saja yang sedang melakukan siaran langsung. Kamu dapat mulai menonton dengan klik live yang tengah berlangsung. 

Langkah 2. Lihat Tampilan Live Sebelum Dihilangkan Komentarnya

Siaran langsung sekarang sudah terbuka. Kamu bisa lihat, bukan, jika tampilannya cukup penuh? Di bawah, kamu bisa lihat komentar dari penonton yang bergantian masuk. Kalau live dilakukan penuh satu layar, maka akan tertutupi oleh komentar tersebut. Akibatnya kamu tidak dapat menonton dengan jelas. 

Selain komentar, sesekali akan muncul gift yang diberikan oleh penonton. Di bagian atas pun terlihat penuh. Bukan hanya nama pengguna TikTok penyelenggara live, tapi biasanya muncul target hadiah yang sudah diatur. Ada pula jumlah penonton dan keterangan lainnya. Jadi, layar menjadi penuh dan live tertutup. 

Langkah 3. Hilangkan Komentar di Live TikTok

Pastinya kamu merasa terganggu dengan tampilan siaran langsung yang penuh. Agar lebih nyaman, berikut ada cara menghilangkan komentar di live TikTok dan membuat tampilan yang lebih clean. Dijamin kamu dapat menonton dengan nyaman tanpa terdistraksi notifikasi tidak penting lagi. 

Related  5+ Cara Membuat Akun TikTok Baru di HP yang Sama (Lebih Gampang)

Kamu bisa membuat tampilan live jadi bersih dan sangat mudah. Berikut ini caranya:

  • Letakkan jarimu di layar siaran yang tengah berlangsung. Bisa di mana saja atau space yang kosong. 
  • Tahan di posisi tersebut. 
  • Setelah itu, swipe atau geser layar ke arah kanan. 

Cara Menghilangkan Komentar di Live TikTok

  • Ajaib. Semua notifikasi yang mengganggu akan hilang. Tampilannya jauh lebih bersih seperti di bawah ini. 

Tidak ada lagi komentar yang muncul maupun notifikasi gift dari penonton. Yang ada hanyalah nama akun penyelenggara live di sebelah kiri atas. Sedangkan di kanan atas adalah tanda untuk keluar dari live. Jadi, kamu bisa menikmati live dari kreator favoritmu dan fokus dengan apa yang sedang dibahas. Jika ingin mengembalikan ke tampilan semula, tinggal swipe layar ke kiri, yakni kebalikannya. 

Memberikan Komentar di Live TikTok

Live TikTok memang diciptakan agar antara kreator dan penonton bisa berinteraksi secara langsung. Oleh karena itu, kamu pun dapat memberikan komentar dan kemungkinan dibaca lalu ditanggapi pembuat siaran. Tentunya dengan syarat, kreator tersebut memang mengaktifkan fitur komentar untuk para penontonnya. 

Memberikan komentar di live halnya ketika mengomentari postingan di TikTok. Caranya sebagai berikut:

  • Lihat live TikTok secara penuh, bukan tampilan yang sudah dibersihkan dan dihilangkan komentarnya. 
  • Kemudian, ketuk tombol Tambah komentar yang ada di bawah. 
  • Tulis komentar yang bagus dan tidak melanggar maupun berbau rasis. 
  • Kamu juga bisa menambahkan emoji ke dalam komentar. 
  • Kalau sudah selesai, tekan tanda pesawat untuk mengirimkannya. 

Membalas Komentar Pengguna Lain di Live TikTok

Bukan hanya di postingan saja, ternyata kamu juga bisa menanggapi komentar pengguna lain di live TikTok. Cara membalas komentar tersebut sangat mudah. Cek saja langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Lihat tampilan penuh siaran langsung di TikTok. 
  • Setelah itu, ketuk dan tahan komentar yang ingin dibalas. 
  • Langkah selanjutnya, pilih menu Balas @namapengguna. Contohnya ingin membalas komentar dari pengguna dengan username @cahaya.emas. Maka, menu yang harus kamu pilih adalah Balas cahaya.emas.
  • Setelah itu, tulis komentar seperti biasanya. Jangan menghapus tanda mention agar balasanmu dibaca oleh pengguna tersebut. 
  • Kalau sudah selesai menulis komentarnya, kirim dengan cara klik tanda seperti pesawat. 
Related  10 Cara Iklan di Tiktok Ads Untuk Tingkatkan Konversi Penjualan Produk

Cara Melaporkan Komentar di Live TikTok

Pernahkah kamu mendapati komentar mencela dan berbau SARA saat menonton siaran langsung di TikTok? Bisa jadi penyelenggara live sudah menerapkan filter tertentu. Tapi masih ada saja komentar-komentar yang berhasil lolos. 

Kalau komentar tersebut berulang kali muncul, sebagai penonton kamu berhak melaporkannya. Jadi, tidak ada lagi tanggapan buruk yang terlihat. Untuk melaporkannya cek langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Lihat komentar yang muncul. 
  • Kemudian tekan dan tahan komentar yang hendak dilaporkan. 
  • Setelah itu, pilih fitur Laporkan yang muncul. 
  • Sekarang tentukan alasannya kenapa kamu ingin melaporkan komentar tersebut. Contohnya spam, mengganggu, maupun mengandung ujaran kebencian. 
  • Kalau sudah, tekan tombol Kirim
  • Tidak perlu khawatir, karena TikTok akan merahasiakan identitas pelapor sebagai cara untuk menjaga privasinya. Jadi, kamu membuat laporan secara Anonim. Pengguna yang kamu laporkan pun tidak akan mendapatkan notifikasi. 
  • Laporan ini tidak langsung ditanggapi. Di mana tim TikTok akan melakukan peninjauan ulang. Kalau memang terbukti melanggar Panduan Komunitas, akun yang kamu laporkan akan mendapatkan peringatan. 

Jadi, seperti itulah penjelasan cara menghilangkan komentar di live TikTok. Kamu dapat membuat tampilan siaran langsung yang bersih tanpa notifikasi yang mengganggu. Caranya cukup dengan swipe layar ke arah kanan. 

Kalau ingin mengembalikan ke tampilan semula pun dapat dilakukan, yakni dengan mengusap layar live ke kiri. Namun dengan tampilan yang bersih, kamu bisa menikmati live yang sedang berlangsung. Tidak perlu terdistraksi dengan komentar yang terus saja muncul. 

error:
Scroll to Top