Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi Tiktok Shop

5 Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop, Masalah Teratasi

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu beli barang di TikTok Shop, tapi yang datang tidak sesuai? Apakah kasus seperti ini yang disalahkan selalu penjual? Padahal, kamu bisa coba konfirmasi dulu dengan cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop dan bertanya padanya. 

Kesalahan tidak hanya datang dari penjual saja. Bisa jadi, malah pihak kurir yang tidak mengirimkan secara benar. Kalau setelah bertanya pada pihak penjual tapi tidak ada masalah apa pun, maka kamu dapat mengonfirmasi ke pihak ekspedisi. Mungkin saja ada kurir nakal yang tidak menjaga pesanan pelanggan. 

Kalau kamu belanja di TikTok Shop, tidak perlu bingung bagaimana menghubungi jasa ekspedisi yang membawa barang pesananmu. Di aplikasinya sendiri ada fitur untuk langsung menghubunginya. Bahkan kontak dan nama kurir dicantumkan. Langsung saja simak panduannya di bawah ini. 

Pengiriman TikTok Shop Pakai Ekspedisi Apa? 

Namun sebelum itu, kamu harus tahu dulu apa saja ekspedisi yang bekerja sama dengan TikTok Shop. Dengan begitu, kamu dapat mencari tahu kontak, bahkan alamat kantornya. Bukan hanya ekspedisi pusat, tapi cabang yang dekat dengan tempat tinggalmu. 

Dari awal ada TikTok Shop, bahkan setelah ditutup dan dibuka kembali, hanya ada satu jasa ekspedisi yang dapat digunakan pembeli. Di platform ini tidak menyediakan opsi untuk memilih jasa pengiriman. Jadi, penjual maupun pembeli pakai ekspedisi J&T Express saja. 

Pihak TikTok Shop sebenarnya membantah hal tersebut. Pihaknya mengatakan, bahwa pengguna dapat menggunakan jasa pengiriman lain dari NinjaVan, JNE, dan SiCepat. Namun pada kenyataannya, hingga saat ini penjual dan pembeli hanya dapat melakukan pengiriman lewat J&T Express saja. 

Related  Cara Daftar Tiktok Shop Biar Langsung ACC + Strategi Penjualan

Tidak adanya opsi jasa pengiriman lain memang jadi kerugian bagi pengguna yang ada di pelosok dan jauh dari kantor J&T Express. Tapi untuk masalah klaim, ini cukup menguntungkan karena lebih mudah menemukan kontaknya. Tidak perlu mencari-cari kontak dari jasa ekspedisi lain. 

Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop

Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi Tiktok Shop
Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi Tiktok Shop

Karena kamu sudah tahu kalau hanya ada satu pilihan jasa pengiriman, maka cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop lebih mudah. Kamu dapat melakukannya secara langsung lewat aplikasi. Di mana ada fitur untuk menghubungi ekspedisi tersebut, bahkan lengkap dengan identitas nama dan kontak kurirnya. 

Tapi jika ingin lebih spesifik, kamu pun bisa mencari kontak dari kantor J&T Express terdekat. Karena barang yang kamu pesan di TikTok Shop itu dikirimkan oleh kurir J&T yang ada di wilayahmu. Di samping itu, coba dengan mencari akun sosial medianya. Untuk lebih jelas, periksa cara-cara di bawah ini. 

Cara 1. Menghubungi Pihak Ekspedisi J&T Express Pusat

Cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop yang pertama yaitu dengan mengontak kantor pusatnya. Misalkan kamu mengalami permasalahan seperti barang yang datang rusak dan ada bekas dibuka. Padahal saat dikonfirmasi kepada pihak penjual, kondisinya masih bagus. 

Dengan melihat permasalahan tersebut, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada pihak ekspedisi. Karena mungkin saja ada kurir J&T Express yang nakal dan membuka paket milik pelanggan. Dan kalau memang terbukti kurir tersebut melakukan kecurangan, bisa melaporkan kepada pihak ekspedisi untuk ditindaklanjuti. 

Apabila kamu tidak tahu kontak dari J&T Express pusat, bisa coba menghubunginya lewat aplikasi TikTok Shop langsung. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok milikmu. 
  • Kemudian, buka menu Shop yang ada di bawah. 
Related  Cara Live di TikTok Pemula di HP Lengkap dengan Syaratnya, Cek Di Sini!

  • Setelah itu, masuk ke bagian Pesanan

  • Carilah orderan yang bermasalah. Contohnya di situ tertulis Diterima. Padahal barang yang tiba tidak sesuai atau mungkin kamu belum menerimanya. 
  • Untuk itulah, ketuk informasi riwayat perjalanan paket tersebut. 

  • Selanjutnya kamu bisa lihat nama ekspedisi J&T Express di atas lengkap dengan nomor resinya. 
  • Klik saja menu Hubungi

Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop

  • Kamu akan dialihkan ke aplikasi Telepon dan nomor J&T Express pusat sudah tertulis. Tinggal lakukan panggilan dan konfirmasi paketmu.

Cara 2. Menghubungi Kurir J&T Express

Berikut ini cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop yang kedua. Jika cara yang pertama menelepon kantor J&T Express pusat, maka di sini kamu dapat mengontak kurirnya langsung. Biasanya saat pesanan tiba, ada informasi kurir yang mengirimkannya lengkap dengan nomor HP. 

Kamu dapat bertanya mengenai kondisi paket kepada kurir tersebut. Semisal menerima paket yang rusak, barangnya tidak utuh, tidak menerima paket, dan kesalahan lainnya. Untuk tahu identitas kurir J&T Express yang mengantar paketmu dulu, ikuti caranya di bawah ini:

  • Buka menu Pesanan di TikTok Shop. 
  • Di halaman riwayat orderan ini, carilah pesanan yang mengalami masalah. 
  • Kemudian, buka riwayat pesanan tersebut. 
  • Setelah itu, cek bagian Diterima

  • Lihat bagian pengiriman ini. Di sini diinformasikan siapa kurir yang bawa paketmu dan nomor HP-nya. 

Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop

  • Catat nomornya dan hubungi via telepon, SMS, atau chat WhatsApp jika nomor terdaftar. 

Sebenarnya menghubungi kurir ini tidak hanya untuk komplain paket setelah diterima. Tapi kamu juga dapat konfirmasi posisi paket semisal di rumah tidak ada yang menerimanya. Daripada kurir tiba dan tidak ada orang, kamu bisa menghubunginya dulu dan meminta agar paket dititipkan ke tetangga atau saudara. 

Related  Cara Menghapus Foto Profil TikTok, Pakai Langkah Ini Saja!

Cara 3. Menghubungi Kantor J&T Express Terdekat

Apakah posisi paketmu ada di kota atau kabupaten tempat tinggal, tapi sudah berhari-hari belum dikirim oleh kurir? Untuk kasus seperti ini, lebih baik langsung hubungi saja pihak ekspedisi J&RT Express terdekat. Dengan begitu, akan mendapatkan respon cepat dan paket segera ditemukan. 

Dengan adanya internet, mencari kontak J&T Express terdekat sebenarnya bukanlah hal sulit. Kamu dapat mencoba tips di bawah ini:

  • Buka peramban seperti Google Chrome. 
  • Kemudian, masukkan kata pencarian “kontak J&T (nama kota/kabupaten/kecamatan)” Misalkan kontak J&T Trenggalek. 
  • Selanjutnya, akan muncul berbagai kantor J&T Express yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek.

  • Kalau situ ada keterangan Telepon, pasti ada kontak yang dapat dihubungi. 
  • Pilih kantor yang dekat dengan tempat tinggal dan biasa kirim paket ke wilayahmu. 
  • Kemudian, cek nomor telepon yang terdaftar. Hubungi nomor tersebut untuk menanyakan keberadaan paket di TikTok Shop yang tidak kunjung diantar. 

Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop

Cara 4. Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop Via Web

Cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop yang keempat yaitu dilakukan via website. Di sini kamu dapat mengirimkan pesan dan pertanyaan terkait jasa pengiriman J&T Express untuk akun TikTok Shop-mu. Cek langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Untuk pilihan Call Us, itu menelepon kontak yang tertera. 
  • Sedangkan Chat with Us digunakan untuk berkirim pesan dengan CS J&T Express. 

Cara 5. Menghubungi Pihak Ekspedisi Lewat Media Sosial

Cara yang terakhir yaitu menghubunginya lewat akun media sosialnya. Cari akun J&T Express, kemudian kirim pesan untuk mengonfirmasi paket. Inilah beberapa akun resminya:

  • Instagram: @jntexpressid

Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop

  • X/Twitter: @jntexpressid


  • Facebook: J&T Express Indonesia. 

Seperti itulah beberapa cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop. Kamu dapat menggunakan fitur yang tersedia atau mencari kontaknya sendiri. Hubungi saat ada keluhan atau sekedar ingin konfirmasi paket saja. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top