Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop, Bisa COD

GEMATOS.ID | Kamu ingin belanja di TikTok tapi bingung bayar pakai metode apa? Tenang saja. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop sebelum maupun saat checkout. Kamu pun dapat mendaftarkan metode pembayaran secara default, sehingga tidak perlu ganti-ganti lagi. 

Belanja di TikTok Shop jadi pilihan banyak pengguna karena harga dan kelengkapan produknya bersaing. Tidak kalah dengan platform lain, TikTok Shop juga sering memberikan voucher potongan ongkos kirim dan diskon. Kamu dapat belanja keperluan apa saja dengan biaya yang lebih murah ketimbang offline

Namun masih banyak pengguna baru yang bingung bagaimana caranya membayar kalau tidak punya kartu kredit. Tidak usah khawatir, karena sebenarnya di TikTok Shop tersedia berbagai opsi pembayaran. Kamu bisa cek penjelasannya di bawah ini. 

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop
Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

Tidak perlu khawatir kalau misalkan ingin belanja di TikTok Shop tapi tidak punya kartu. Kamu bisa membayarnya dengan metode lain yang jauh lebih mudah. Bahkan dapat menggantinya jadi pembayaran di tempat atau Cash On Delivery. 

Cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop ada yang dilakukan sebelum berbelanja. Maksudnya, kamu mendaftarkan sebuah metode untuk digunakan secara default. Ada pula cara mengubahnya saat checkout belanjaan. Seperti inilah caranya:

Related  2 Cara Menambahkan Keranjang Kuning di TikTok (Video dan Live)

Cara 1. Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop Sebelum Checkout

Penjelasan yang pertama yaitu cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop sebelum checkout. Kamu dapat mendaftarkan metode baru, kemudian diaktifkan dan digunakan secara default. Jadi saat belanja nanti akan langsung dibayar pakai metode tersebut tanpa perlu ganti-ganti lagi. 

Untuk cara ini ada beberapa tahapan yang perlu kamu ikuti. Perhatikan caranya yang dijelaskan di bawah ini. 

Tahapan 1. Buka Menu Pembayaran di TikTok Shop

Untuk menambahkan metode pembuatan yang baru, kamu harus mengakses fitur Shop di TikTok terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok dan pastikan sudah login ke salah satu akunmu. 
  • Kalau sudah login, halaman Beranda akan terbuka. 
  • Untuk berbelanja, masuk ke menu Shop yang ada di bawah. 

  • Setelah itu, geser bagian menu di atas halaman. 
  • Kemudian, pilih fitur Pembayaran

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

Tahapan 2. Pilih Metode Pembayaran

Berikut ini cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop yang kedua. Kamu harus memilih metode mana yang diinginkan. Beberapa metode yang tersedia yaitu kartu kredit/debit, GoPay, DANA, dan OVO. Jika kamu tidak punya kartu, bisa memilih dompet digital. Contohnya dengan memilih Tambahkan Dana. 

Tahapan 3. Masukkan Nomor Akun DANA

Mungkin daripada buat rekening yang ribet, banyak pengguna internet yang pilih mendaftar akun DANA. Karena sebagian dompet digital, DANA punya fungsi sama untuk melakukan pembayaran. Bahkan bisa digunakan untuk transfer. 

Itulah kenapa, kamu dapat memakai DANA sebagai metode pembayaran. Untuk melanjutkan pendaftaran, masukkan nomor ID DANA dengan cara berikut ini:

  • Tulis nomor akun DANA milikmu pada kolom. 
  • Pastikan kode negara sudah benar, yakni +62 untuk Indonesia. 
  • Selanjutnya, masukkan nomor akun DANA-nya yang diawali dengan 82344xxxx. Untuk angka 0 tidak diikutsertakan. 
  • Apabila nomor sudah benar, klik tombol LANJUTKAN
Related  Cara Menonaktifkan TikTok Shop Ternyata Solusinya Begini

Tahapan 4. Masukkan PIN DANA

Tahapan berikutnya yaitu memasukkan PIN akun DANA-mu. Langsung saja tulis angkanya pada tempat yang disediakan dan pastikan tidak ada yang salah. 

Tahapan 5. Verifikasi Akun DANA

Setelah memasukkan PIN, kamu diminta untuk melakukan proses verifikasi agar akun DANA aktif dan dapat digunakan sebagai metode pembayaran. Cara melakukan verifikasinya sebagai berikut:

  • Buka notifikasi yang muncul di HP-mu, kemudian klik tombol Verifikasi
  • Tapi kalau notifikasi tidak muncul, buka aplikasi DANA. 
  • Kemudian, buka menu Kotak Masuk atau Notifikasi. 
  • Selanjutnya, klik tombol VERIFIKASI

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

  • Kalau sudah, kembali lagi ke aplikasi TikTok. 

Tahapan 6. Jadikan Metode Pembayaran Default

Akun DANA sudah berhasil ditambahkan dan aktif. Sekarang, kamu dapat menggunakannya sebagai metode pembayaran saat belanja di TikTok Shop. Tapi sebelum itu, aktifkan sebagai metode default dengan cara berikut:

  • Buka metode pembayaran DANA yang baru kamu aktifkan. 

  • Kemudian, ketuk opsi Tetapkan sebagai utama. 

  • Tekan lagi Tetapkan sebagai utama. 

Cara 2. Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Saat Checkout

Apa bisa, semisal sudah menambahkan metode pembayaran, tapi ingin mengubahnya saat checkout? Tentu saja bisa. Kamu dapat menggunakan metode apa saja yang telah disediakan untuk membayar belanjaanmu. Berikut ini cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop saat checkout:

Tahapan 1. Cari Barang yang Ingin Kamu Beli

Pertama, kamu harus cari dulu barang yang ingin dibeli di TikTok Shop. Kalau ingin bayar dengan sistem pembayaran di tempat, sebaiknya cari yang punya label COD. Cari barang pakai cara berikut ini:

  • Buka menu Shop di TikTok. 
  • Kemudian, carilah barang yang ingin kamu beli melalui kolom pencarian di atas. Atau dapat pilih produk yang direkomendasikan. Kamu pun bisa checkout barang yang ada di troli. 
  • Pilih salah satu barang, lalu klik Beli Sekarang atau Beli dengan Voucher. 
Related  Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok yang Benar Pasti Berhasil

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

  • Tentukan kategori barang, kemudian klik Beli Sekarang lagi. 

Tahapan 2. Ubah Metode Pembayaran

Inilah cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop selanjutnya. Gantilah dengan metode yang kamu inginkan seperti langkah berikut:

  • Perhatikan halaman Ringkasan Pesanan. 
  • Kemudian, gulir layar dan cek menu Metode Pembayaran. 
  • Jika ingin membayar dengan sistem COD, pilih Bayar di tempat.

  • Untuk melihat metode yang lain, ketuk Lihat semua opsi. 
  • Metode pembayaran lain yang disediakan yaitu dompet digital OVO, GoPay, Transfer akun virtual, kartu kredit dan debit. Sedangkan untuk LinkAja dapat digunakan untuk aplikasi TikTok versi terbaru. 

Tahapan 3. Checkout Pesanan

Cara Mengubah Metode Pembayaran di TikTok Shop

Setelah semuanya selesai, kamu dapat checkout dengan klik tombol Buat Pesanan. Apabila kamu tadi memilih bayar di tempat, pastikan saat barang tiba nanti sudah menyiapkan uangnya. Lalu, serahkan kepada kurir yang mengantar. 

Hapus Metode Pembayaran

Selain mendaftarkan akun rekening atau dompet digital sebagai metode pembayaran di TikTok Shop, kamu juga bisa melepas tautannya. Misal ingin mendaftarkan akun yang lain atau akun terdaftar sudah tidak aktif lagi. Untuk menghapus metode pembayaran yang telah ditambahkan di TikTok, caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pembayaran di TikTok Shop. 
  • Kemudian buka akun yang telah ditautkan. 
  • Setelah itu, ketuk menu Hapus metode pembayaran. 
  • Untuk konfirmasi permintaan, tekan lagi Hapus

Setelah dilepas tautannya, kamu tidak bisa menggunakan metode pembayaran itu lagi saat belanja di TikTok Shop. Meski begitu, kamu dapat menambahkannya kembali di lain waktu. 

Begitulah cara mengubah metode pembayaran di TikTok Shop. Kamu bisa mendaftarkan metodenya terlalu dahulu, kemudian menjadikannya sebagai pembayaran default. Di samping itu, dapat menggantinya saat checkout belanjaan. 

Di TikTok Shop ada berbagai metode pembayaran yang didukung. Kamu bisa pakai kartu kredit atau debit. Kalau tidak punya, dapat menambahkan dompet digital. Ada pula pembayaran dengan transfer virtual account. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top