Cara Membuat Channel Youtube

Bagaimana cara membuat channel Youtube? apakah kita bisa membuat channel youtube untuk kemudian mendapatkan uang dari Youtube?

Bicara tentang Youtube, mungkin udah gak lagi asing di telinga orang orang pada saat ini. Salah satu kanal atau platform tempat berbagi video ini memang sangat diminati oleh masyarakat. Banyak dari mereka yang lebih banyak menyaksikan Youtube daripada televisi. Karena, konten yang ditayangkan di Youtube sendiri cukup beragam.

Read More

Mulai dari konten gaming, konten kecantikan, informasi menarik, listicle, musik, dan lain sebagainya. Tentunya, hal ini tak lepas dari bagaimana para konten kreator membuat video sesuai dengan kategori yang mana mereka tekuni.

Selain itu, Youtube juga menjadi sarana pembelajaran bagi beberapa orang. Biasanya, mereka kerap menonton video video tutorial tentang desain, coding, editing, dan lain sebagainya. Maka gak heran jika Youtube sendiri menjadi pekerjaan sampingan untuk para content creator yang sudah mendapatkan monetisasi atau iklan dari tiap video mereka.

Itulah mengapa saat ini ada banyak banget para penonton Youtube yang awalnya hanya sekedar menikmati video video yang ada didalamnya, dan kemudian bergerak menjadi konten kreator untuk ikut membuat dan membagikan video video mereka ke Youtube untuk kemudian mendapatkan subscribers dan juga jumlah tayang yang cukup untuk kemudian bisa di monetisasi.

Nah, monetisasi yang dimaksud disini adalah dari Google Adsense. Dimana, Youtube sendiri sudah memiliki kebijakan baru untuk para konten kreator baru yang ingin mendapatkan uang dari Youtube.

Diantaranya, mereka harus memiliki setidaknya 1000 subscribers dan juga total 4000 jam tayang dalam tenggang waktu 12 bulan atau satu tahun. Barulah ketika mereka sudah mencapai target ini, para konten kreator dapat melakukan monetisasi atas Channel mereka.

Maka gak heran, jika banyak banget konten kreator yang melakukan riset terlebih adahulu untuk mengetahui video apa yang banyak di cari di Youtube, dan cepat untuk menduduki posisi trending agar mereka dapat memiliki subscribers yang banyak dan juga jumlah jam tayang yang lebih dari 4000 dalam waktu singkat.

Related  Cara Download Video Youtube

Tapi, semua itu kembali lagi ke konten yang kamu buat. Jika seorang konten kreator mengupload konten mereka dengan cara reupload atau mengupload ulang konten yang sudah ada. Maka secara otomatis mereka akan terkena banned ataupun strike / peringatan dari Youtube, akibat hal curang ini.

Cara Membuat Channel Youtube

Cara Membuat Channel Youtube
Membuat Channel Youtube

Walaupun demikian, banyak banget para calon konten kreator yang mulai mencari cara membuat channel Youtube untuk membagikan video video yang mereka gunakan. Karena, mungkin saja mereka sudah mengerti tentang riset dan teknik editing dasar untuk membuat konten Youtube yang original dan tidak plagiat.

Siapkan Akun Google / Gmail

Yang harus disiapkan pertama kali adalah dengan memiliki akun google ataupun gmail. Sebelumnya, mimin udah sempet nih nulis pembahasan tentang cara membuat akun google dan juga membuat akun gmail baru.

Nah, untuk membuat akun google nya sendiri, kamu bisa menggunakan nama yang relevan dengan Channel kamu. Hal ini sendiri akan berpengaruh ke bagaimana penonton bisa menemukan channel kamu nantinya. Jika sudah, yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Buka browser di komputer atau laptop kamu
  2. Setelah itu kunjungi situs https://youtube.com
  3. Klik tombol SIGN IN di pojok kanan atas.
  4. Kemudian login dengan akun Google baru yang kamu miliki tadi.
  5. Jika sudah, maka kamu akan di arahkan ke laman Youtube lagi.
  6. Klik pada bagian profile yang ada di pojok kanan atas dan pilih Create Channel / Buat Channel.
  7. Nah, disini kamu akan langsung diminta untuk mengisikan Nama Channel kamu, baik dari Nama depan, dan juga Nama belakang Channel.
  8. Jika sudah, klik pada Lanjut.

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk membuat Channel Youtube yang mana bisa kamu gunakan untuk mengupload video dan juga konten kamu. Tetapi, tentunya ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam hal ini. Seperti:

Related  Cara Membuat Channel Youtube di Android

Gunakan Foto Profile Channel yang Menarik

Memberikan foto profile pada channel merupakan identitas penting dari channel itu sendiri. Setidaknya, kamu bisa menambahkan Logo ataupun Desain atas Channel kamu, agar channelmu mudah dikenal dan diketahui oleh penonton banyak diluar sana.

Disini, mimin menyarankan kamu untuk membuat foto profile dengan dimensi ukuran 1080px x 1080px atau 1:1 dengan ukuran kotak. Kamu juga bisa memberikan efek transparant pada background, ataupun warna solid pada foto profile Channel.

Kamu bisa mengatur foto profile setelah membuat channel pada tahap pertama tadi, lalu arahkan cursor pada foto profile tadi, dan akan muncul tombol kamera untuk mengganti foto profile

Klik pada Upload Image untuk memilih foto profile untuk channel yang kamu buat tadi. Dan pilih Upload. Tunggu beberapa saat sampai prosess pengupload-an nya selesai. Dan kamu sudah berhasil mengganti foto profile dari Channel Youtube kamu.

Eits, jangan buru buru close tab nya ya. Karena selanjutnya, kamu masih harus menambahkan attribut lain. Seperti

Gunakan Foto Sampul Channel yang Menarik

Nah setelah berhasil mengganti atau menambahkan foto profile Channel, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengupload Banner atau foto sampul Youtube channel kamu. Masih di tab yang sama, kamu bisa mengklik pada Upload Banner yang ada di bawah opsi untuk mengupload foto profile Channel tadi.

Untuk ukuran dari Banner atau Foto sampul channel Youtube yang disarankan adalah 2048 x 1152 pixel dengan ukuran maksimal tidak lebih dari 6 Megabytes. Pilih foto sampul yang kamu sudah siapkan dan kemudian klik pada Upload dan tunggu sampai prosessnya selesai.

Jika sudah, maka kamu bisa melanjutkan ke step selanjutnya. Yaitu

Berikan Deskripsi Channel

Nah, deskripsi channel ini berguna untuk penonton mengetahui channel yang kamu buat ini tentang apa, dan membagikan video apa saja. Disini, kamu bisa mengklik pada opsi Basic Info atau Informasi Dasar yang ada di laman profile Youtube kamu.

Jadi, kamu tinggal mengarahkan kursor ke bagian profile > pilih Channnel Saya > Klik pada Foto Profile > pilih tab Basic Info. Berikan deskripsi yang singkat, padat, dan juga jelas mengenai Channel kamu.

Related  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

Dengan begitu, penonton akan lebih mengenal channel kamu dan mengetahui apa saja isi konten dari channel yang kamu buat tadi.

Upload Video dengan Kualitas HD

Jika semuanya sudah siap, maka selanjutnya kamu bisa mengupload video yang akan di masu ke channel kamu. Disini, mimin menyarankan kamu untuk membuat video dengan resolusi minimal 1280 x 720 px, dengan besaran FPS sekitar 30 ataupun 60 FPS.

Untuk resolusinya sendiri bisa dilebihkan, atau mengikuti standar minimal. Hal ini sendiri bisa kamu atur pada aplikasi Edit Video yang kamu miliki. Sehingga, kualitas video yang di upload nanti akan masuk dalam kategori HD yang memudahkan penonton dalam melihat videomu.

Kamu bisa mengklik pada tombol kamera dengan icon (+) yang ada di dekat profile kamu, untuk mulai mengupload video pertamamu ke channel youtube yang kamu miliki.

Berikan Thumbnail yang Menarik di Video

Jangan lupa untuk memberikan Thumbnail Video atau gambar utama video agar terlihat lebih menarik. Hindari menggunakan Thumbnail yang mengandung clickbait agar tidak mendapatkan respon buruk dari penonton.

Usahakan untuk membuat thumbnaik dengan resolusi yang sama dengan video yakni sekitar 1280 x 720 pixel, dan masih relate dengan video yang kamu upload. Sehingga, hal ini lebih mudah di identifikasi oleh penonton youtube kamu.

Berikan Deskripsi Video yang Informatif

Dan langkah terakhir sebelum mempublish video adalah kamu bisa memberikan deskripsi video yang menarik dan juga informatif dari video yang kamu unggah. Disini, kamu bisa memberikan informasi tambahan tentang video yang kamu upload, dengan menambahkan kata kunci yang relate dengan video yang kamu unggah. Sehingga, hal ini akan memudahkan kamu dalam mendapatkan posisi pertama di pencarian video youtube.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat channel youtube yang dapat kamu coba. Selamat mencoba dan semoga kita semua bisa menjadi content creator youtube yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga bermanfaat.

Related posts