Cara Keluar dari Google Classroom

Cara Keluar dari Google Classroom

Layanan yang sangat sering digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Tidak lain adalah G-Classroom. Dimana, melalui fitur tersebut kalian dapat berinteraksi secara luas dan bebas. Nuansa yang tersaji didalamnya, tampak seperti sebuah kelas. Hanya saja, baik guru maupun siswanya bisa lebih merasa santai. Berikut, cara keluar dari Google Classroom.

Banyak hal baru yang dapat kalian temukan melalui fitur satu ini. Selain ilmu yang sudah pasti diterima oleh para siswa. Ada peluang untuk munculnya kejadian tak terduga. Entah itu disengaja ataupun spontanitas. Pasalnya, terkadang beberapa audiens lupa untuk mematikan kamera dan microphone. Otomatis, apapun yang Kamu lakukan dapat dilihat oleh orang lain.

Sebenarnya, yang namanya privasi itu harus kalian jaga. Karena, dapat merugikan diri sendiri kalau sampai disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Nah, buat Kamu yang ingin meminimalisir kejadian-kejadian tersebut, jangan sampai lupa untuk nonaktifkan kamera saat pertama kali gabung ke room. Terlepas dari hal negatif, tentu ada sisi positifnya.

Manfaat yang dapat dirasakan oleh host maupun audiens yang tergabung ke dalam satu room. Diantaranya, kalian bisa meningkatkan kualitas belajar karena bisa diakses dimanapun Kamu berada. Alias, jarak jauh. Lebih interaktif, karena siswa tidak merasa tertekan selama proses belajar mengajar. Kondusif dan efisien. Sebab, pembelajaran dilaksanakan dengan khidmat.

Cara Keluar Google Classroom

Cara Keluar dari Google Classroom
Cara Keluar dari Google Classroom

Cara Keluar dari Google Classroom Sebagai Siswa        

Google Classroom ini, merupakans salah satu fitur populer yang akhir-akhir ini sering dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Tidak hanya sekolah formal saja, bahkan non-formal juga turut memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut. Sudah gratis, tools yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak, lengkap. Siapa bilang menuntut ilmu itu membosankan? Coba deh..

Related  Cara Membuat Email Gmail

Cara keluar dari Google Classroom sebagai siswa. Sebelum Kamu melakukan hal tersebut, ada baiknya mengenal terlebih dahulu alat apa saja yang tersedia dari layanan G-Classroom. Pertama, kalian dapat menggunakan berbagai tools gratis yang dapat membantu proses belajar agar lebih maksimal. Atur kebutuhanmu hanya melalui satu tempat. Dijamin praktis!

Jalani kegiatan belajar dalam satu komunitas sekolah kalian, dalam beberapa menit kedepan. Metode modern ini, jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan konvensional. Siswa jadi tidak mudah merasa bosan dan fokus dalam menerima pelajaran. Penggunaan fiturnya yang praktis, sehingga dapat Kamu akses melalui perangkat seluler. Disertai dengan dokumen juga.

Langkah-langkah untuk mempraktikan cara keluar dari Google Classroom ini, sangat mudah. Kalian, hanya perlu fokus mengikuti pelajaran yang berlangsung setelah berhasil masuk ke room. Sampaikan pertanyaan di akhir sesi, dengan memberi tanda berupa ikon tangan atau rise hand.  Bisa juga kalian utarakan melalui kolom live chat. Supaya, tidak mengganggu.

  1. Buka situs Google, atau langsung klik link berikut
  2. Ketuk salah satu pilihan:
  • Melalui kelas yang akan kalian tinggalkan, pilih lainnya (ikon titik tiga vertikal). Lalu, klik leave class atau keluar dari kelas
  • Pilih kelas, kemudian dilanjutkan dengan memilih anggota. Cara keluar dari Google Classroom berikutnya, tepat di samping nama kalian, ketuk lainnya.  Kemudian, klik keluar dari kelas

3. Pilih meninggalkan kelas atau keluar sebagai bentuk konfirmasi

Cara keluar dari Google Classroom di atas, ditujukan bagi kalian para pengajar. Siswa juga dapat melakukan hal tersebut. Akan tetapi, alangkah baiknya menunggu sampai host yang terlebih dahulu meninggalkan ruang. Sikap tersebut, dapat dinilai sebagai bentuk kesopanan dan menghargai guru. Kalau gurumu sudah keluar dari room, otomatis audiens juga bubar.

Cara Keluar dari Google Classroom di Laptop

Fitur G-Classroom ini, tidak hanya memberikan ruang secara online. Melainkan, kehadiran dari layanan tersebut jauh lebih bermanfaat lagi. Proses transfer kepemilikan kelas antar sesame pengajar, periksa adanya plagiarisme dari tugas yang telah terkumpul, hingga kelola banyak kelas dalam waktu bersamaan. Menyinkronasikan, daftar nama siswa di Classroom.

Related  Cara Kirim File Lewat SHAREit

Semua layanan tersebut, dapat kalian temukan melalui edisi yang sudah ditingkatkan. Artinya, Education Plus, dan Learning Upgrade. Dapatkan keuntungan untuk dapat menghemat waktu lebih maksimal lagi, melalui berbagai macam tools lengkap dan akurat. Tersedia juga, alat yang bisa membantu pengajar dalam memasukkan, serta menilai siswa secara menyeluruh.

Cara keluar dari Google Classroom di laptop, sama saja instruksinya dengan apa yang telah dibahas di atas. Pengguna juga dapat menemukan alat yang mampu melakukan peninjauan dari  perkembangan siswa-siswi melalui buku nilai online. Lakukan ekspor nilainya dengan cara yang lebih cepat dan aman ke Sistem Informasi Siswa (SIS). Nyalakan notifikasi tools!

1. Fitur Keaslian

Tugas yang telah terkumpul di pengajar, dapat dideteksi keasliannya oleh alat G-Classroom untuk terhindar dari plagiarisme. Didalam kategori layanan ini, pengguna akan menemukan berbagai macam tools guna mengetahui laporan yang telah diberikan benar-benar asli. Sistem, nantinya bekerja dengan membandingkan kecocokan repositori yang digunakan siswa.

Layanan tersebut, hanya dapat kalian temukan di Education Plus dan Teaching and Learning Upgrade. Tidak tersedia di menu standar ataupun basic Education Fundamental. Meskipun berbayar, pengguna justru akan merasa lebih mudah dalam menjalani kegiatan mengajarnya di G-Classroom. Beban pekerjaan kalian berkurang, karena diambil alih oleh tools canggih.

2. Fitur Organisasi

Cara keluar dari Google Classroom itu mudah. Tapi, kali ini balik lagi ke  pembahasan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut. Salah satunya, ada fitur organisasi. Kamu, dapat temui di semua jenis edisi G-Classroom. Mulai dari Educational Fundalmentals, Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, serta Education Plus. Apa saja alat bantuannya?

Pengguna akan menemukan tools yang berfungsi sebagai pengingat kalender yang didesain secara otomatis. Ada juga, laman tugas milik siswa, serta tinjauan oleh pengajar. Lalu, Kamu dapat mendesain template tugas yang ditujukan untuk siswa dengan metode modern. FItur ini, bisa user gunakan tanpa perlu mengubahnya ke edisi berbayar. Lebih hemat dan praktis kan..

Related  Cara Blokir Situs di Google Chrome Untuk HP dan Laptop

3. Fitur Analisis

Sebelumnya, kalau untuk menganalisa data kalian butuh aplikasi tambahan. Hal tersebut, bila dikerjakannya melalui Excel. Tapi di G-Classroom, didalamnya sudah tersedia sebuah tools yang dikemas sebagai fitur analisis. Hasilnya, dapat langsung Kamu lihat dalam bentuk grafik ataupun tabel. Bisa di ekspor juga ke bentuk file biasa. Admin, bisa akses log audit kelas.

Educational Standard dan Education Plus, tersedia layanan ekspor log dari Classroom ke BigQuery. Lakukan investigasi berbagai macam peristiwa secara menyeluruh, untuk temukan gangguan kemanan ataupun masalah dari performa kelas di seluruh edisi G-Classroom. Fitur investigasinya, dapat Kamu gunakan secara gratis. Apalagi, untuk yang berbayar, bisa banget.

4. Fitur Keamanan

Cara keluar dari Google Classroom, langkah-langkahnya dapat kalian temukan pembahasan selengkapnya di atas. Lanjut lagi ke layanan aplikasi edukasi canggih satu ini. Didalamnya, ada alat yang berfungsi memberikan batasan aktivitas dalam kelas. Artinya, hanya anggota saja yang bisa mengoperasikannya. Selain itu, ada jaminan sistem operasional hingga 99%.

Google Classroom tidak menyediakan iklan, sehingga tidak akan mengganggu proses belajar mengajar. Sudah memenuhi standarisasi pendidikan dalam tingkatan global. Keamanan privasi user yang terjamin, karena sistemnya berlapis. Aplikasi ini, juga telah diaudit oleh organisasi lain yang berperan sebagai pihak ketiga. Login dengan domain unik oleh pengguna.

Sekian pembahasan mengenai cara keluar dari Google Classroom di kesempatan kali ini. Ada informasi terkait, seputar cara keluar dari Google Classroom sebagai siswa, dan cara keluar dari Google Classroom di laptop. See you on the next topics. Enjoy your holiday.. and god bless you. Bye!

error:
Scroll to Top