Cara Membuka Arsip di Instagram

Cara Membuat Sorotan di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat khususnya kaum muda. Instagram hadir dengan banyak fitur yang membuat pengguna Instagram semakin tertarik untuk menggunakan aplikasi ini salah satunya adalah fitur sorotan Instagram yang bisa muncul di profil Instagram kamu. Cara membuat sorotan di Instagram ? Caranya cukup mudah untuk kamu lakukan.

Sorotan Instagram sendiri berbeda dengan Instastory karena Instastory hanya bisa muncul 24 jam setelah dibuat dan setelah itu secara otomatis akan disimpan di arsip. Akan tetapi dengan fitur sorotan kamu bisa mengatur selama yang kamu inginkan dan tidak terbatas oleh waktu. Sorotan akan terus muncul di profil kamu saat orang mengunjungi akun Instagram kamu kecuali jika kamu menghapus sorotan tersebut.

Kamu bisa membuat sorotan pada Instastory yang pernah kamu buat dan kamu anggap hal tersebut penting untuk kamu jadikan sorotan atau bisa juga kamu kelompokan berdasarkan kategori tertentu sesukamu. Sorotan juga banyak digunakan oleh akun Instagram Bisnis untuk memberikan informasi penting seputar produk atau jasa yang ditawarkan oleh akun tersebut.

Alasan Penting Membuat Sorotan di Instagram

Dengan adanya fitur sorotan Instagram ini membuat para pelaku usaha yang menjadikan Instagram sebagai salah satu media untuk mempromosikan produknya menjadi lebih mudah. Karena dengan membuat sorotan Instagram kamu bisa memberikan informasi penting seputar harga produk, produk baru, testimoni dari produkmu, lokasi bisnismu, dan masih banyak lagi informasi yang bisa kamu buat sorotan. Hal ini menjadikan lebih efisien waktu dan praktis karena dengan informasi di sorotan Instagram maka konsumen tidak perlu harus bertanya-tanya lagi atau membuat kamu hatrus menjawab satu persatu pertanyaan yang sama dari konsumen.

Related  cara agar instagram tidak terlihat online

Selain untuk pelaku usaha sorotan juga bisa kamu gunakan untuk kamu yang memiliki akun pribadi sebagai bentuk kenangan atau informasi yang ingin kamu sampaikan kepada pengguna Instagram lain. Dengan adanya sorotan Instagram ini kamu bisa mengelompokan Instastory yang pernah kamu buat pada kategori tertentu. Jadi kamu bisa melihatnya langsung di profil Instagram kamu tanpa harus membua menu arsip terlebih dahulu.

Cara Membuat Sorotan di Instagram

Cara Membuat Sorotan di Instagram
Membuat Sorotan di Instagram

Adanya banyak fungsi dengan kamu membuat sorotan seperti yang telah di jelaskan. Dan cara membuat sorotan di Instagram cukup mudah untuk kamu lakukan, namun sebelum membuat sorotan kamu harus membuatnya dari Instastory yang pernah kamu uat atau sudah 24 jam yang akan secara otomatis tersimpan di arsip. Jika Instastory yang ingin kamu buat tidak tersimpan di arsip maka kamu tidak bisa membuatnya menjadi sorotan.  Berikut cara membuat sorotan di Instagram yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama kamu harus masuk ke akun Instagrammu terlebih dahulu dengan smartphone yang kamu miliki, jika belum punya akun maka kamu harus membuat akun terlebih dahulu.
  • Setelah itu kamu perlu membuat Instastory yang akan kamu jadikan sorotan terlebih dahulu, Instastory di Instagram bisa berupa tulisan ataupun foto. Jadi kamu bisa membuat Instastory seperti yang kamu mau dan kirim.
  • Jika sudah maka tekan Instastory yang kamu buat tadi dan tekan bagian kanan bawah Instastorymu dan pilih menu lainnya.
  • Kemudian buat nama sorotan seperti yang kamu inginkan, lalu tekan tambah.
  • Selesai kamu bisa lihat profil kamu jika sudah berhasil maka sorotan yang kamu buat akan ditampilkan di profil Instagram kamu.

Itulah cara membuat sorotan di Instragram dengan membuat Instastory yang baru. Kamu juga bisa membuat sorotan dari Instastory yang telah tersimpan dalam arsip Instagram kamu.

Related  Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Cara Membuat Sorotan di Instagram Lewat Profil

Selanjutnya kamu juga bisa membuat sorotan Instagram dengan Instastory yang telah tersimpan dalam arsip Instagram kamu melalui profil, caranya juga mudah untuk kamu ikuti. Berikut cara membuat sorotan di Instagram melalui profil :

  • Buka aplikasi Instagram di smartphone yang kamu miliki.
  • Klik profil akun Instagram kamu pilih ikon (+) di bagian kanan atas.
  • Selanjutnya pilih menu “Sorotan Cerita”.
  • Kemudian pilih Instastory yang mana yang mau kamu buat sorotan. Jika sudah tekan “Selanjutnya”.
  • Lalu kamu bisa membuat nama sorotan seperti yang kamu inginkan contoh saat magang.
  • Kamu juga bisa mengedit foto sampul yang akan ditampilkan di sorotan.
  • Apabila sudah semua maka tekan “Selesai”.
  • Maka sorotan yang telah kamu buat akan ditampilkan di profil kamu.
  • Sedangkan untuk menghapus sorotan kamu bisa manekan sorotan yang telah kamu buat. Dan klik titik tiga pada bagian kanan bawah dan pilih (Hapus dari Sorotan”.

Itulah cara membuat sorotan di Instagram melalui profil Instagram kamu dengan membuat Instastory yang sudah tersimpan di arsip.

Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Instastory

Membuat sorotan tanpa adanya Instastory sampai saat ini masih belum bisa kamu lakukan. Satu-satunya cara adalah dengan membuat Instastory tanpa dilihat oleh followers kamu. Jadi jika kamu ingin membuat sorotan tapi tidak ingin Instastory kamu dilihat banyak orang maka kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Kamu harus merubah pengaturan akun menjadi private terlebih dahulu supaya selain followers kamu, sehingga pengguna lain tidak bisa melihat Instastorymu.
  • Jika sudah kamu bisa membuat Instastory seperti biasa, lalu sebelum mengirim sembunyikan Instastory dari semua followers kamu.
  • Setelah itu kamu bisa mengirim Instastorynya.
  • Setelah itu buat sorotan dengan mengeklik kanan bawah dan pilih “Sorot”. Maka sudah jadi sorotanmu.
  • Tunggu 24 jam sampai Instastorymu secara otomatis diarsipkan dan ubah kembali pengaturan akun Instagram kamu ke publik.
  • Kamu juga bisa mengubah pengaturan dan pilih “Cerita” kemudian “Sembunyikan Cerita dari” disini kamu bisa memilih untuk memperlihatkan cerita ke semua followers atau menyembunyikan cerita dari akun tertentu.
Related  Cara Membuka Arsip di Instagram

Cara ini memang lebih ribet daripada langsung membuat sorotan dari Instastory baru ataupun membuat sorotan dari Instastory yang telah diarsipkan. Namun jika kamu ingin membuat sorotan dan tidak ingin Instastorymu dilihat banyak orang, kamu bisa mengikuti langkah ini.

Cara Membuat Cover Sorotan Instagram

Apabila kamu ingin sorotanmu menjadi lebih menarik maka kamu bisa membuat cover untuk sorotan sesuai dengan tema sorotan Instagrammu. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi canva yang bisa kamu download di Google Playstore. Berikut cara membuat cover untuk sorotan Instagram :

  • Buka aplikasi canva di smartphone-mu.
  • Kemudian ketik “Instagram Story Highlight Cover”. Jika sudah muncul kamu bisa memilih template mana yang akan kamu gunakan.
  • Jika sudah maka edit terlebih dahulu sesuai yang kamu mau seperti warna, teks, dan lain-lain.
  • Selanjutnya jika sudah semua maka download gambar tersebut.
  • Selesai

Itulah cara membuat sorotan di Instagram yang bisa kamu lakukan. Jika kamu ingin menghapus sorotan kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Bagaimana cukup mudah untuk kamu ikuti bukan. Dengan membuat sorotan profil Instagram kamu akan lebih tertata dan rapi apalagi jika sampul sorotan kamu buat secantik mungkin.

Semoga Bermanfaat

error:
Scroll to Top