Cara Menambahkan Instagram di TikTok

Cara Menambahkan Instagram di TikTok, untuk Jualan & Affiliate

GEMATOS.ID | Sudahkah kamu tahu bagaimana cara menambahkan Instagram di TikTok itu? Keduanya merupakan media sosial populer yang banyak digunakan, termasuk di Indonesia sendiri. Jadi, tidak heran kalau mencantumkan akun Instagram di TikTok jadi pilihan, terutama untuk tujuan bisnis. 

Sejatinya Instagram dan TikTok bisa sama-sama dipakai sebagai media marketing. Dengan fitur insight bagi penilik akun bisnis, dapat melihat jangkauan konten terhadap audiens. Dari sinilah bisa membuat konten-konten yang bagus untuk di-posting lewat IG dan TikTok. 

Menautkan akun Instagram pada TikTok pun punya keuntungan penting lainnya. Kamu bisa lihat panduan jelasnya di bawah ini. Terutama cara menambahkan akun IG yang kamu miliki dan menghapusnya saat tidak diperlukan lagi. 

Cara Menambahkan Instagram di TikTok

Cara Menambahkan Instagram di TikTok
Cara Menambahkan Instagram di TikTok

Ingin pengikut di TikTok tahu akun Instagram milikmu, sehingga meningkatkan  traffic ke profil IG? Tidak perlu menyematkan link akun IG pada bio profil TikTok. Karena sudah ada fitur untuk menautkan kedua akun, sehingga lebih mudah dilakukan. 

Cara menambahkan Instagram di TikTok sangat gampang. Yang kamu perlukan adalah data login ke akun IG tersebut, baik alamat email, nama pengguna, berikut kata sandinya. Agar lebih jelas, kamu bisa cek panduan yang diberikan di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Menu Profil Akun TikTok ✔️

Karena ingin menautkan akun Instagram, maka kamu harus membuka aplikasi TikTok terlebih dahulu. Pastikan sebelumnya sudah login ke akun yang ingin disambungkan. Kalau sudah masuk, buka aplikasi TikTok dan masuk ke menu Profil. Menu tersebut ditandai dengan ikon orang yang berada di pojok kanan bawah dari halaman Beranda. 

Related  5 Cara Edit Video di Tiktok (Pakai Teks, Suara Sendiri, Sudah Diposting)

Langkah 2. Buka Fitur Edit Profil ✔️

Cara Memindahkan Akun TikTok ke HP Lain

Berikut ini langkah kedua dari cara menambahkan Instagram di TikTok yang harus kamu ketahui. Dari halaman Profil ini, ketuk tombol Edit Profil. Menu tersebut berada di atas halaman. Di sanalah kamu biasanya mengatur dan melengkapi profil akun TikTok untuk ditampilkan dan bisa dilihat pengguna lain. 

Langkah 3. Pilih Fitur Untuk Menautkan Instagram ✔️

Cara Menambahkan Instagram di TikTok

Di halaman Edit Profil ini ada beberapa settingan yang bisa kamu atur. Untuk menambahkan akun Instagram di profil TikTok milikmu, lihat di bagian Tautan. Setelah itu, ketuk fitur Tambah tautan Instagram. Nanti kamu akan diarahkan ke situs web Instagram. 

Langkah 4. Login ke Akun Instagram ✔️

Cara menambahkan Instagram di TikTok selanjutnya yaitu login ke akun IG milikmu. Tidak seperti menautkan media sosial lain, untuk Instagram kamu harus masuk secara manual. Itulah kenapa disyaratkan untuk mengetahui data login dari akun tersebut. 

Kalau misalkan tidak ingat dengan kata sandi Instagram, bisa mengubahnya terlebih dahulu. Baru gunakan untuk langkah seperti di bawah ini:

  • Untuk kolom yang pertama, bisa kamu isi dengan nama pengguna, nomor telepon, atau email yang terdaftar di akun Instagram. 
  • Selanjutnya tulis kata sandinya di bawah. 
  • Pastikan semua sudah benar, kemudian tekan Masuk

Langkah 5. Berikan Izin Akses pada TikTok ✔️

Berikutnya kamu diminta untuk menunggu beberapa saat sampai berhasil login ke Instagram. Nanti di halaman selanjutnya, tekan tombol Izinkan pada kotak dialog yang muncul. Langkah ini akan memberikan izin kepada aplikasi TikTok untuk bisa mengakses akun IG milikmu. 

Langkah 6. Cek Sudah Berhasil Menautkan Akun Instagram atau Belum ✔️

Sekarang coba cek apakah kamu sudah berhasil menautkan lain Instagram ke TikTok milikmu. Caranya yaitu:

  • Buka di halaman Edit Profil dan lihat Instagram. Jika muncul username IG-mu, berarti sudah berhasil. 
Related  Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Lupa Kata Sandi, 100% Work

Cara Menambahkan Instagram di TikTok

  • Kemudian kembali ke halaman Profil. Jika di samping menu Pesanan ada tulisan Instagram, tandanya akun sudah berhasil ditautkan. 

Cara Menghapus Instagram dari TikTok ✔️

Apakah akun Instagram yang sudah ditambahkan di TikTok dapat dihapus? Misalkan akun IG tersebut sudah tidak aktif lagi atau kamu lupa dengan kredensial loginnya, sehingga tidak bisa masuk ke akun sendiri. Kalau itu yang terjadi, kamu dapat menghapus akun yang tertaut, lalu menghubungkannya kembali. 

Cara menghapus Instagram dari TikTok sangat mudah. Bahkan lebih gampang daripada menambahkannya. Lihat saja langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Masuk ke menu Edit Profil. 
  • Selanjutnya buka menu Tautan
  • Klik di bagian username Instagram milikmu. 
  • Akan muncul kotak dialog apakah kamu ingin menghapus tautan akun Instagram dari TikTok. Untuk menyetujuinya, ketuk Konfirmasi
  • Akunmu sudah berhasil dihapus. Selanjutnya tautkan dengan IG yang baru. 

Gagal Menambahkan Instagram di TikTok

Cara menambahkan Instagram di TikTok memang mudah. Tapi ada kendala tertentu yang mungkin menyebabkanmu gagal saat ingin menautkannya. Dua penyebab yang membuatmu tidak bisa menghubungkan Instagram ke akun TikTok yaitu:

  • Jaringan internet tidak stabil. Perlu diingat jika ingin menautkan akun IG dan TikTok itu harus dalam jaringan internet yang stabil. Kalau tidak, maka permintaan untuk menautkan tidak akan berhasil, meskipun sebelumnya bisa login. Jadi, kalau semisal data seluler kurang stabil, sebaiknya ganti menggunakan jaringan WiFi. 
  • Tidak memiliki akses ke akun IG. Penyebab yang kedua yaitu tidak memiliki akses ke akun Instagram tersebut. Ini terjadi ketika  tidak ingat sama sekali kredensial login dari akun yang kamu miliki. Meskipun sebenarnya sudah login di aplikasi Instagram, tetap memerlukan data login karena nanti diarahkan ke situs web. 
Related  4 Cara Download Tiktok di Laptop (Tanpa Emulator) 100% Berhasil

Cara Menambahkan TikTok di Instagram ✔️

Kalau yang tadi adalah cara untuk menautkan akun IG, sehingga muncul di Profil TikTok. Sekarang, bagaimana jika ingin menambahkan TikTok di Instagram? Ternyata, jika kamu ingin menautkan akun TikTok, belum tersedia fiturnya. 

Apabila ingin pengikutmu di IG tahu akun TikTok-mu, maka caranya dengan menyematkan linknya pada profil. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, buka dulu aplikasi TikTok dan masuk ke bagian Profil
  • Selanjutnya ketuk tombol Edit Profil. 
  • Tekan lama tautan akun TikTok-mu untuk menyalinnya. 
  • Sekarang buka aplikasi Instagram dan ketuk foto profil di kanan bawah. 
  • Setelah itu, klik menu Edit Profil. 
  • Di halaman ini, pilih Tambahkan tautan, lalu Tambahkan tautan eksternal. 
  • Tempelkan link akun TikTok yang sudah kamu salin, untuk judulnya bisa diisi TikTok. 
  • Ketuk tanda centang
  • Coba kembali ke halaman Profil Instagram dan cek apakah link sudah muncul di bawah bio. 

Untuk Apa Menambahkan Instagram di TikTok? 

Menautkan akun Instagram ke TikTok itu ternyata ada manfaatnya. Buka hanya agar pengikutmu tahu dan mengunjungi profil IG-mu. Beberapa di antara manfaatnya yaitu:

  • Bisa login ke akun TikTok pakai Instagram. Ini sangat berguna ketika lupa data login TikTok. Karena sebelumnya sudah ditautkan, dapat masuk dengan sekali klik. 
  • Dapat berbagi konten secara langsung. Apabila kamu mengunggah video di TikTok, dapat dibagikan ke Instagram tanpa meng-upload secara terpisah. Bisa diunggah ke story maupun feed
  • Sebagai pemilik akun , bisa beralih ke profil Instagram dengan sekali klik lewat profil TikTok. 
  • Menjadi salah satu media branding. Pengguna lain dapat mengunjungi profil IG-mu dengan klik ikonnya yang muncul di TikTok. 

Demikianlah penjelasan cara menambahkan Instagram di TikTok. Kamu dapat menautkan kedua akun tersebut dengan syarat tahu data login IG. Setelah dihubungkan, maka pengguna lain bisa mengunjungi profil IG-mu dengan sekali klik. 

error:
Scroll to Top