Cara Membuat WhatsApp Business

Cara Membuat WhatsApp Business [Update Desember 2023]

Bagaimana cara membuat WhatsApp Business ? kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak artikel ini. Untuk kamu para pelaku usaha tentunya sudah familiar dengan aplikasi WhatsApp Business ini, aplikasi ini dibuat untuk memfasilitasi para pelaku usaha untuk memudahkan saat berkomunikasi dengan konsumen maupun calon konsumen.

WhatsApp Business juga menyediakan banyak sekali fitur yang memudahkan kamu untuk membalas pesan konsumen dengan cepat dan tanpa harus mengetik kalimat yang sama berulang kali, jadi jika ada konsumen yang mengubungi nomor WhatsApp Business-mu maka akan secara otomastis dibalas dengan pesan otomatis yang sudah kamu atur sebelumnya.

Fitur pada WhatsApp Business ini juga memberi kemudahan untuk konsumen saat akan tanya-tanya mengenai produk yang kamu jual, konsumen juga tidak perlu menginstal aplikasi WhatsApp Business ini untuk bisa berkomunikasi dengan kamu. Cukup dengan aplikasi WhatsApp Messengger maka akan bisa terhubung dengan nomor WhatsApp Business. Apalagi saat ini aplikasi WhatsApp Messengger juga merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan di Indonesia.

Dengan mengunakan WhatsApp Business ini pelaku usaha bisa mengawasi secara langsung aktifitas bisnisnya, bisa berinteraksi langsung dengan konsumen terkait produk yang ditawarkan, kamu bisa menjawab pertanyaan konsumen, dan juga mengetahui keluhan konsumenmu. Jadi kinerja bisnis akan lebih efisien waktu karena hanya dengan satu aplikasi kamu bisa memperoleh banyak fitur yang bermanfaat untuk bisnis yang kamu miliki.

Apa Itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business merupakan yang didesain khusus untuk pelaku usaha yang bisa di unduh secara gratis dan tersedia di Android maupun di IOS. WhatsApp Business ini memang dibuat untuk bisnis kecil.

Related  Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat berguna untuk pebisnis, kamu bisa langsung terhubung dengan konsumen, kamu juga bisa mempromosikan produkmu dengan fitur katalog, ada fitur balas cepat, dan juga fitur pesan otomatis. Fitur-fitur tersebut akan mempermudah kamu untuk terhubungan dengan konsumen. Setelah pertama kali diluncurkan Indonesia menjadi negera pertama di Asia yang dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Business, baru setelah itu diikuti oleh negara-negara lain.

Fitur-Fitur WhatsApp Business

Fitur yang ada di WhatsApp Business tentu berbeda dengan fitur-fitur pada WhatsApp Mesengger, karena memang aplikasi WhatsApp Business ini dibuat untuk mempermudah dalam berbisnis profesional sedangkan WhatsApp Mesengger dibuat untuk pesan instan.

Ada beberapa fitur khusus yang tidak bisa kamu temukan di WhatsApp Mesengger namun tersedia di WhatsApp Business. Karena fitur-fitur pada WhatsApp Business memiliki tujuan untuk mempermudah interaksi dengan konsumen-konsumen yang jumlahnya sangat banyak. Fitur apa saja yang bisa kamu temui di WhatsApp Business ? simak !.

1. Nama Pengguna

Yang pertama terkait nama pengguna, di aplikasi WhatsApp Business ini memiliki peraturan terkait nama pengguna jadi kamu tidak bisa mengaturnya sesuka hati seperti saat menggunakan WhatsApp Mesengger. Peraturan terkait nama pengguna ini sangat penting untuk kamu ikuti karena hal ini terkait dengan status akun bisnis resmi. Dan kamu tidak bisa mengubahnya sesuka hati.

2. Profil

Fitur selanjutnya yang tersedia di WhatsApp Business yaitu profil, pada bagian ini memuat profil bisnis kamu. Seperti nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Fitur ini hanya tersedia di WhatsApp Business jadi kamu tidak akan menemukannya di WhatsApp Mesenggermu.

Pada bagian ini kamu harus mengisinya sesuai dengan bisnis kamu miliki. Karena dengan informasi pada profil akan dapat dilihat oleh konsumenmu, hal ini akan memudahkan konsumen untuk mengetahui bisnismu.

Related  Cara Buat Link WhatsApp (wa.me) yang Baru Update Januari 2024

3. Pesan Otomastis

Ada tiga fitur pesan otomatis yang pertama, Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis berfungsi jika ada pelangan yang mengirim pesan di luar jam operasional maka akan secara otomatis di balas, dan kamu dapat mengatur isi balasan tersebut. kedua, Greeting Mesage adalah fitur balas pesan otomatis yang bisa kamu kirim untuk konsumen yang pertama kali mengubungi kamu. Tekahir ada fitur Quick Replies yaitu pesan otomatis untuk pertanyaan yang sering ditanyakan pelangan.

4. Katalog

Fitur selanjutnya yaitu fitur katalog pada bagian ini kamu bisa menampilkan produk pada profil, fitur ini berfungsi sebagai etalase produk.

5. Statsistik Pesan

Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui statistik pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca.

6. Kategori Bisnis

Pada bagian ini kamu bisa memilih kategori bisnismu yang dengan pilihan yang telah tersedia, jika bisnismu belum tersedia di list kategori bisnis maka kamu bisa memilih “others”.

7. Label

Yang terakhir ada fitur label, pada fitur ini kamu bisa mengelompokan chat dengan kategori tertentu seperti prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat kamu hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan kamu.

Itulah beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp Business dan tidak ada dalam aplikasi WhatsApp Mesengger.

Cara Membuat WhatsApp Business

Cara Membuat WhatsApp Business
Daftar dan Membuat WhatsApp Business

Setelah kamu mengetahui fitur-fitur yang ada dalam WhatsApp Business, kamu bisa mulai untuk membuat WhatsApp Business supaya bisa mempermudah penjualan bisnis kamu. Berikut cara membuat WhtasApp Business, simak !.

Langkah 1. Download & Install Whatsapp Business

Langkah 2. Buka Aplikasi WA Business

  • Setelah terdownload, langsung saja buka aplikasi WA Bisnis di HP milikmu
  • Tap Setuju dan lanjutkan untuk memulai
Related  Cara Keluar Grup Whatsapp

Langkah 3. Pilih Nomor HP

  • Kamu bisa mulai mendaftarkan nomor HP untuk dijadikan WA Bisnis.
  • Input dan masukkan nomor WA kamu (yang lama), jika ingin disamakan dan dijadikan akun bisnis
  • Atau, input nomor HP baru jika ingin menggunakan nomor WA Bisnis yang baru

Langkah 4. Verifikasi Nomor HP

  • Setelah memasukkan nomor HP, langsung saja tap Lanjut
  • Lanjutkan dengan tap OKE
  • Cek SMS dan masukkan kode yang dikirimkan via SMS tadi, terkadang juga WA bisa secara otomatis memasukkan kode konfirmasi

Langkah 5. Atur Profil WA Bisnis

  • Setelah berhasil verifikasi, tap Lanjut
  • Ijinkan WA Bisnis mengakses kontak kamu, agar tersinkronisasi otomatis tap Izinkan
  • Masukkan Nama Profil WA Bisnis kamu, contoh “Kedai Ceria”
  • Pilih Kategori bisnis kamu, misal Toko Kelontong atau Bisnis lain
  • Langsung tap Lanjut

Langkah 6. Pembuatan Whatsapp Business Selesai

 

  • Setelah semua profil WA Bisnis kamu terlengkapi, lanjutkan tap Mulai
  • Kamu bisa melanjutkan Buat katalog untuk bisnismu, tap Tambah item baru
  • Isikan Nama item, Harga, Deskripsi, Tambah gambar biar menarik, dan lengkapi sesuai kebutuhanmu

Kamu juga bisa mengatur balas pesan otomastis untuk memudahkan dalam membalas pesan konsumen saat diluar jam operasional cara adalah sebagai berikut :

  • Tekan menu “Setting” pada bagian pojok kanan atas aplikasi.
  • Setelah itu pilih opsi “Business Setting”.
  • Jika sudah pilih opsi “Away Mesage/Greeting Mesage/Quick Replies”. 
  • Selesai

Kamu juga bisa mengatur isi balasan pesan seperti yang kamu inginkan, dan atur juga mengenai waktu pengiriman pesan, baik di semua waktu ataupun juga bisa pada waktu tertentu. Dengan membuat WhatsApp Business kamu menjadi lebih mudah dalam mengatur bisnis yang kamu jalankan, WhatsApp Business ini bisa digunakan untuk bisnis kecil, menengah, maupun besar untuk terus terhubungan dengan konsumennya.

Itulah cara membuat WhatsApp Business dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalam WhatsApp Business, bisnismu akan terlihat lebih profesional, adanya fitur balas pesan otomatis juga membuat kamu lebih mudah membalas pesan konsumen serta tidak perlu mengetik berulang kali untuk menjawab pertanyaa yang sama.

Semoga Bermanfaat! Sekarang, kamu bisa juga mulai baca cara membuat link WA di IG dan mempraktekkan cara menarik pesan di WA sebagai pengetahuan tambahanmu.

error:
Scroll to Top