Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, selain itu bagi penjual online Instagram menjadi salah satu tempat untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang dijual, karena jangkauan instagram yang luas tidak hanya secara nasional tetapi juga secara internasional, kita harus mengetahui cara membuat link WhatsApp di Instagram untuk menghubungkan konsumen langsung ke WhatsApp kamu.

Dengan menambah link WhatsApp di Instagram konsumen dapat langsung menghubungi kamu saat hendak membeli barang dari akun bisnis instagram kamu. Instagram juga telah menyediakan fitur Instagram Busnis untuk mempermudah penjual online untuk memasarkan produknya.

Terdapat fitur promosi yang berbayar untuk memperluas jangkauan promosi suatu produk. Dengan membuat link WhatsApp di instagram kamu akan memperoleh beberapa keuntungan, khususnya bagi kamu penjual online.

Keuntungan Membuat Link WhatsApp di Instagram

Sebelum kamu mengetahui cara membuat link WhatsApp di Instagram, kamu harus tau dulu keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan saat membuat link WhatsApp di Instagram. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat kamu membuat link WhatsApp di Intagram, berikut penjelasannya :

  • Dapat Mempercepat Proses Penjualan Produk

Dengan adanya link WhatsApp di Instagram kamu dapat mempercepat proses penjualan produk karena jika konsumen ingin menghubungi kamu bisa langsung terhubung dengan nomor WhatsAppmu tanpa harus menghubungi melalui DM (Direct Message) ataupun harus menyimpan nomormu terlebih dahulu, hal tersebut lebih efisien dan lebih mudah untuk konsumen sehingga mereka akan lebih tertarik untuk memberi produk pada akun instagram bisnismu.

  • Memberikan Rasa Kepercayaan Konsumen
Related  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

Dengan membuat link WhatsApp di Instagram konsumen akan lebih percaya karena dengan adanya nomor kontak untuk menghubungi penjual dan konsumen akan merasa bahwa toko kamu merupakan toko terpercaya.

  • Meningkatkan Pelayanan

Link WhatsApp yang langsung mengarah ke WhatsApp kamu membuat konsumen dapat langsung menghubungi kamu sehingga kamu dapat langsung menjawabnya daripada saat pesan masuk di DM (Direct Message) Instagram, hal tersebut dapat meningkatkan pelayanan toko yang kamu miliki di Instagram Bisnismu.

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram
Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Setelah kamu mengetahui keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan saat membuat link WhatsApp di Intagram, sekarang kamu dapat membuat link WhatsApp di Instagram namun sebelum itu kamu harus membuat link WhatsAppmu terlebih dahulu untuk bisa ditambahkan di akun Intagram Bisnismu ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat link WhatsApp.

Cara Membuat Link WhatsApp Secara Manual

Untuk membuat link WhatsApp sebenarnya cukup mudah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang akan dibahas yang pertama yaitu membuat link WhatsApp secara manual, berikut penjelasannya :

  • Siapkan tempat untuk menngetik link yang akan kamu buat
  • Kamu bisa menggunakan URL https://api.whatsapp.com/send?phone=nomortelepon. Setelah itu ganti bagian nomor telepon dengan nomor telepon yang kamu miliki
  • Nomor telepon yang kamu sertakan harus menggunakan kode internasional yaitu 62 untuk Indonesia, yang berfungsi menggantikan angka 0
  • Contohnya kamu bisa ketik htts://api.whatsapp.com/send?phone=6289001002xxx, kamu bisa langsung salin yang mengganti nomor tersebut dengan nomor ponselmu

Jika kamu ingin link WhatsApp kamu menjadi lebih singkat namun masih dengan menggunakan link dari WhatsApp sendiri kamu bisa menggunakan link URL https://wa.me/nomorponsel untuk menggantikan link api.whatsapp diatas. Kamu bisa membuat link dengan cara yang sama dengan link api.whatsapp.

Related  Cara Dark Mode Instagram Android yang Benar

Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Pesan Otomatis

Kamu juga bisa menambahkan format pesan pada link WhatsAppmu yang secara otomatis akan muncul di kolom chat saat kamu membuka link WhatsApp tanpa harus mengetik terlebih dahulu.

Format pesan ini berguna bagi konsumen yang akan melalukan order pada produk yang kamu jual di toko Instagram Bisnismu, langkahnya juga cukup mudah untuk diikuti, berikut penjelesannya :

Pada bagian menggunakan %3A untuk menambah tanda titik 2 (:), tanda %0A untuk enter, dan tanda %20 untuk spasi, sudah menjadi peraturan dari pihak WhatsApp ya jadi kita harus mengikutinya untuk berhasil membuat link WhatsApp dengan pesan otomatis.

Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Bit.ly

Selain langkah-langkah tersebut kamu juga bisa membuat link WhatsApp menggunakan bit.ly, membuat link menggunakan bit.ly ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi bit.ly maupun langsung di website bitly.com.

Membuat link WhatsApp menggunakan bit.ly mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan membuat link WhatsApp secara manual, karena selain kamu bisa membuat link secara singkat atau pendek ada juga keunggulan lain seperti kamu bisa membuat link custom dengan teks yang kamu inginkan dan kamu juga bisa melihat rincian berapa kali link kamu dibuka oleh orang lain.

Related  Cara Menambah Kontak WhatsApp

Cara membuat link WhatsApp juga mudah dilakukan, kamu bisa membuatnya di smartphone maupun laptop/PC yang kamu miliki. Simak langkah-langkahnya.

  • Buka browser apa saja yang kamu miliki, dan bisa menggunakan smartphone atau laptop/PC yang kamu punya, dan ketik halaman bitly.com.
  • Setelah kamu masuk kehalaman bit.ly kamu bisa menyalin link yang sudah kamu buat dikolom yang telah tersedia, kemudian klik “shorten”
  • Setelah link muncul kamu bisa menyalinnya.

Selain itu jika kamu ingin melakukan custom link kamu cukup log in dan jika belum memiliki akun kamu dapat log in menggunakan media social yang kamu miliki.

Jika kamu sudah memiliki akun bit.ly itu akan lebih menguntungkan karena kamu bisa mengetahui analisis jumlah orang yang telah membuka link yang kamu buat menggunakan bit.ly

Cara Menambah Link WhatsApp di Instagram

Setelah kamu mengetahui Langkah-langkah membuat link WhatsApp, kamu bisa menambahkan link tersebut ke dalam bio akun Instagram bisnis kamu. Supaya lebih efisien dan berguna bagi bisnis online yang kamu miliki.

Selain di akun Instagram Bisnis cara ini juga bisa kamu terapkan di akun Intagram Pribadimu. Simak penjelasannya.

  • Buka aplikasi Intagram dan masuk ke akun yang kamu miliki
  • Kemudian klik bagian “Edit Profile
  • Setelah itu cari kolom “Website” dan paste link WhatsApp yang telah kamu buat tadi
  • Dan Klik bagian centang untuk menyimpan perubahan yang kamu buat.
  • Selesai

Itulah cara membuat link WhatsApp di Instagram yang bisa kamu ikuti, dengan menambah link WhatsApp di Instagram kamu dapat lebih efiesien waktu dan tidak perlu memberikan alamat kepada konsumenmu satu-persatu. dan langkah-langkahnya cukup mudah untuk dilakukan bukan.

Semoga bermanfaat

error:
Scroll to Top