Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman

Kemajuan teknologi membuat berbagai merek handphone terus meningkatkan fitur-fitur pada handphone yang perusahaan mereka produksi, termasuk juga pembaharuan pada fitur keamanan. Seperti menambahkan kode pengaman pada layar kunci untuk melindungi data privasi pengguna handphone tersebut. Dan mungkin masih banyak yang belum tahu cara membuka hp yang terkunci dengan kode pengaman.

Dengan adanya fitur kode pengaman pada layar kunci membuat kamu bebas dari kekhawatiran mengenai privasi yang ada pada handphone kamu diketahui orang lain, atau mungkin juga data tersebut bisa dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Adanya kode pengaman ini membuat saat membuka handphone harus memasukan kode pengaman seperti Pola, PIN, atau Kata Sandi yang sebelumnya telah diatur.

Kekurangan adanya kode pengaman adalah bisa membuat handphone kamu terkunci disebabkan karena berbagai faktor, contohnya seperti kamu lupa kata sandi atau kode pengaman yang sudah kamu atur sebelumnya, orang lain membuka hanphone kamu dengan password yang salah berkali-kali. Ataupun seperti handphone Xiaomi bisa juga disebabkan karena handphone secara paksa dilakukan Factory Reset tanpa log out dari akun MI.

Apabila handphone kamu sedang terkunci dan memiliki kode pengaman dan kamu lupa Pola, PIN, atau Kata Sandi yang sudah kamu buat untuk membukanya, kamu bisa mencoba beberapa cara dibawah ini untuk membuka kunci handphone kamu.

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman
Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman

Kejadian handphone terkunci dengan kode pengaman atau password bisa terjadi pada siapa saja, apalagi jika kamu lupa kode pengaman tersebut dan benar-benar tidak bisa mengingat kembali kata sandi yang telah kamu atur sebelumnya. Hal tersebut menjadikan handphone kamu terkunci dan tidak bisa dibuka.

Related  Cara Membuka Playstore

Kamu bisa mencoba beberapa cara terlebih dahulu untuk membuka handphone kamu yang terkunci sebelum memutuskan untuk membawa handphone tersebut ke Service Center.

Selain itu kamu juga bisa memilih cara-cara lain selain dengan Factory Reset yang akan membuat kamu kehilangan semua data-data yang ada di handphone tersebut secara permanen, apalagi jika data-data tersebut sangat penting.

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman Menggunakan Android Device Manager

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka hp yang terkunci dengan kode pengaman adalah dengan Android Device Manager yang disediakan oleh Google. Layanan Android Device Manager ini sekarang dikenal dengan nama Find My Device.

Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu ingin membuka hp yang terkunci tanpa mereset hanphone kamu. Berikut cara membuka handphone yang terkunci menggunakan Android Device Manager :

  • Pertama buka situs web Android Device Manager yaitu di https:/www.google.com/android/find/ menggunakan laptop/PC.
  • Kemudian log in menggunakan akun Gmail yang kamu daftar di handphone.
  • Setelah itu pilih opsi Lock untuk mengubah kata sandi yang kamu gunakan di handphone.
  • Lalu atur kata sandi baru dan konfirmasi.
  • Tunggu hingga proses selesai dan coba kata sandi baru tersebut pada handphone kamu.
  • Selesai

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman Mengunakan Forgot Pattern

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan fitur Forgot Pattern/Password (Lupa Pola/Kata Sandi) untuk membuka hanphone kamu yang terkunci dengan kode pengaman. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu perangkat lain untuk membuka kunci handphone kamu. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk membuka handphone kamu yang terkunci dengan kode pengaman :

  • Pertama untuk mengaktifkan fitur Forgot Pattern/Password ini, kamu harus membuat pola secara acak sebanyak 5 kali.
  • Jika sudah akan muncul tampilan bahwa kamu tidak bisa memasukan password selama 186 detik yang artinya handphone kamu telah terkunci.
  • Lalu pilih opsi Forgot Pattern/Password pada kanan bawah handphone kamu.
  • Kemudian akan ada tampilan Sign In masukan email dan kata sandi yang terdaftar di hanphone kamu.
  • Selanjutnya kamu bisa mengatur ulang kata sandi dengan membuat kata sandi baru untuk masuk ke handphone kamu. Kamu bisa membuat kata sandi baru dengan kata sandi yang mudah kamu ingat.
  • Setelah itu konfirmasi dan coba buka handphone kamu menggunakan kata sandi baru yang telah kamu buat.
  • Selesai
Related  Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman Menggunakan Panggilan Telepon

Jika kamu masih belum berhasil membuka handphone kamu yang terkunci, kamu bisa mencoba cara yang ketiga ini yaitu dengan menggunakan panggilan telepon. Kamu bisa melakukannya dengan meminjam handphone teman atau keluarga kamu untuk melakukan panggilan pada hanphone kamu. Berikut cara membuka hp yang terkunci dengan kode pengamanan menggunakan panggilan telepon :

  • Pertama siapkan handphone yang akan kamu gunakan untuk menelpon handphone kamu. Kamu bisa meminjamnya dari teman, keluarga, ataupun saudara kamu.
  • Setelah itu lakukan Panggilan Telepon pada handphone kamu yang terkunci.
  • Jika sudah pilih opsi Jawab Panggilan Telepon pada handphone kamu, dan jangan langsung ditutup dulu.
  • Selanjutnya kamu bisa menekan tombol Home pada handphone kamu.
  • Kemudian masuk menu Setting dan aktifkan WIFI untuk mengakses internet.
  • Lalu untuk membuka kode pengamanan kamu bisa log in menggunakan email kamu untuk membuka handphone kamu yang terkunci. Lakukan sesuai cara yang kedua.
  • Selesai

Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman Menggunakan Recovery Mode

Jika cara-cara diatas sudah kamu coba semua dan masih belum bisa membuka handphone kamu yang terkuci maka cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunalan Recovery Mode. Namun perlu dipertimbangkan karena cara ini berisiko kamu kehilangan semua data yang ada di handphone kamu secara permanen. Jadi kamu bisa memilih cara ini sebagai langkah terakhir untuk membuka handphone kamu.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuka hp yang terkunci dengan kode pengaman menggunakan fitur Recovery Mode :

  • Pertama matikan handphone terlebih dahulu dengan cara tekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan hingga handphone masuk ke mode Recovery Mode.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih opsi Wipe Data (Untuk menghapus data)/Factory Reset (Reset pabrik). Dengan menggunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk OK.
  • Setelah itu pilih opsi Reboot.
  • Kamu harus menunggu beberapa saat hingga proses Reboot selesai.
  • Jika sudah handphone kamu akan kembali setelah awal dan bisa kamu buka tanpa kunci.
  • Selesai
Related  Cara Bikin Akun Gmail Baru [Update Desember 2023]

Berikutnya kamu bisa mulai mencoba cara-cara diatas untuk membuka handphone kamu yang terkunci, kamu bisa memilih cara yang menurut kamu paling efektif ataupun mencoba satu-satu untuk mencari cara yang paling tepat untuk kamu ikuti.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuka handphone yang terkunci dengan kode pengaman, supaya tidak terjadi handphone terkunci lagi kamu harus membuat kode pengaman yang mudah diingat. Jika semua cara diatas sudah kamu coba dan masih belum berhasil kamu bisa membawanya ke tempat Service Center supaya bisa ditangani oleh orang yang lebih berpengalaman. Semoga bermanfaat ya..

error:
Scroll to Top