Cara Membuat Channel Youtube di Android yang Benar

Cara membuat channel youtube di android sebenarnya sangat mudah. Biasanya hal ini sendiri kerap digunakan oleh para konten kreator yang memiliki keterbatasan perangkat, akibat mereka tidak memiliki komputer ataupun laptop.

Namun, semangat para konten kreator youtube ini tidaklah surut akibat keterbatasan tersebut. Bahkan, saat ini udah banyak banget para konten kreator yang melakukan editing video ataupun membuat konten mereka dengan aplikasi edit video yang bisa di unduh di ponsel android mereka.

Biasanya, video video yang di tampilkan para konten kreator dari ponsel ini adalah konten game online seperti mobile legends, free fire, pubg, dan juga konten tutorial yang memang cukup membantu orang orang yang ingin sekali belajar editing menggunakan aplikasi ponsel mereka.

Maka gak heran jika banyak banget para konten kreator yang bermodalkan ponsel ini cukup di apresiasi oleh pengguna lain. Karena ke kreatifan dan juga originalitas video yang mereka buat, mereka bisa mendapatkan iklan dari Google Adsense untuk menghasilkan uang dari video yang mereka unggah di channel youtube mereka.

Itulah mengapa, gak heran jika sekarang banyak banget para konten kreator yang sudah melakukan upgrade pada smartphone mereka demi mendapatkan hasil shoot video yang lebih jernih dan dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Hal itu sendiri memang sebuah prosess. Dimana mungkin pada awal awal video yang mereka unggah memiliki kualitas video yang kurang bagus, dan semakin kedepan video yang mereka hasilkan makin lebih baik hari demi hari.

Karena menurut mimin sendiri, kegiatan membuat channel atau video youtube di ponsel cukup fleksibel. Karena, kamu bisa melakukan prosess editing dan juga upload video kapan saja dan dimana saja. Sehingga, kamu tidak memiliki batasan pada video yang akan kamu upload dan juga konten yang kamu buat.

Related  Cara Install Xapk

Pada akhirnya, para konten kreator yang memulai video video mereka dari ponsel ini, mendapatkan banyak jumlah subscribers dari video video yang mereka unggah. Karena biasanya, konten tutorial yang mereka upload juga sangat membantu para penonton lain untuk bisa memulai youtube dari sekedar menggunakan ponsel.

Cara Membuat Channel Youtube di Android

Cara Membuat Channel Youtube di Android
Membuat Channel Youtube di Android

Maka gak heran jika saat ini banyak banget orang orang yang mulai mencari cara membuat channel youtube di android untuk ikut berkontribusi dan membuktikan bahwa karya yang mereka buat dari smartphone, bisa berguna untuk orang lain.

Karena memang, cara membuat channel youtube dari ponsel sendiri terbilang mudah kok. Kamu bisa mengikuti beberapa step berikut ini

Langkah1: Siapkan Akun Google

Yang pertama sudah jelas, untuk membuat channel youtube baik di komputer ataupun Android, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Disini, mimin udah menjelaskan tentang cara membuat akun google untuk kamu yang sekiranya belum memiliki akun Google di smartphone kamu.

Apabila sudah, maka kamu bisa membuat Channel youtube dengan mengikuti step selanjutnya.

Langkah2: Download Aplikasi Youtube dan Youtube Studio

Disini, ada 2 aplikasi yang wajib ada di smartphone Android kalian. Yaitu Youtube dan juga Youtube Studio. Nah, untuk aplikasi Youtube Studio sendiri kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store. Dan untuk memulai membuat channel youtube, langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut

  1. Buka aplikasi Youtube yang ada di Smartphone kalian.
  2. Setelah itu login kedalam aplikasi Youtube tadi dengan menggunakan Akun Google yang sudah kamu tambahkan kedalam perangkat android kalian.
  3. Jika sudah, klik pada laman profile dan klik pada Create Channel.
  4. Berikan nama channel sesuai keinginanmu dan jika sudah langsung saja simpan perubahan tersebut.
  5. Tutup aplikasi Youtube tadi, dan langsung buka aplikasi Youtube Studio yang baru saja kamu unduh dan login dengan menggunakan akun Google yang sama tadi.
Related  Cara Membuat Intro Youtube

Jika sudah, maka kamu sudah berhasil untuk membuat channel youtube pertama kamu. Tetapi, disini kamu harus terlebih dahulu melakukan sedikit pengeditan agar channelmu terlihat lebih professional dan juga mudah untuk ditemukan.

Langkah3: Lengkapi Profile Channel Youtube

Untuk step selanjutnya yakni melengkapi profile channel youtube. Untuk melakukan perubahan atau pelengkapan channel youtube, kamu bisa melakukannya pada aplikasi Youtube itu sendiri. Kamu dapat mengklik pada tab profile yang ada di dekat kolom pencarian, lalu menambahkan foto profile channel yang bisa kamu buat melalui aplikasi Canva, Picsart, ataupun aplikasi Editing lainnya.

Pastikan juga untuk resolusi foto yang digunakan adalah 1:1 atau 1080 x 1080 pixel. Tapi tenang, kalau kamu menggunakan Canva, kamu bisa mencari template Youtube Profile Picture, dan juga Youtube Cover (sampul) dan kemudian mengunggahnya kedalam channelmu.

Karena prosess penguploadan atau penggantian foto profile dan sampul ini hanya bisa dilakukan di komputer, maka kemungkinan besar kamu akan diarahakan ke browser di Android, dan kamu bisa mengganti tampilan dari browesermu menjadi Desktop View / Desktop Site.

Langkah4: Siapkan Aplikasi Editing Video

Jika semua prosess pelengkapan profile channel sudah berhasil dilakukan, maka selanjutnya kamu bisa menyiapkan video pertamamu dengan menambahkan aplikasi Video editing di smartphone Android kalian.

Disini, mimin menyarankan beberapa aplikasi Edit video yang bisa kamu coba, seperti:

  • Adobe Premiere Rush (cari di Google / Play Store)
  • VN (ada di Play Store)
  • CapCut (ada di Play Store)
  • dll

Tentunya akan ada banyak banget aplikasi video editing yang bisa kamu gunakan di smartphone Android. Namun, untuk beberapa kasus yang mimin temukan, ketiga aplikasi tersebut masuk dalam jajaran rekomendasi untuk editing di smartphone dan kerap dipakai para konten kreator mobile.

Related  Cara Hapus Video di Youtube

Langkah5: Upload Video Pertama Kamu

Setelah kamu berhasil untuk membuat video pertamamu lewat aplikasi editing yang sudah mimin sarankan tadi, maka selanjutnya kamu bisa mengupload video pertamamu di Youtube Channel yang kamu buat.

Disini, untuk prosess penguploadannya agak cukup panjang

  1. Buka aplikasi Youtube dan login dengan akun google yang sudah kamu buat Channel Youtubenya tadi.
  2. Lalu klik pada icon (+) di bagian bawah atau dekat tombol pencarian.
  3. Lalu pilih Upload Video.
  4. Berikan judul dan juga deskripsi video sesuai yang kamu mau.
  5. Setelah proses upload selesai, tutup aplikasi Youtube tadi.
  6. Buka aplikasi Youtube Studio, dan pilih video yang baru saja di upload.
  7. Edit video tadi dengan menambahkan deskripsi tambahan, tag, kategori, dan juga kamu bisa mengupload thumbnail custom dari video yang kamu buat.
  8. Terakhir, kamu tinggal menyimpan ataupun mempublish video tersebut, dari Youtube Studio.

Nah mungkin kalian bertanya tanya, kenapa harus lewat youtube Studio? Singkatnya begini. Jika kamu menggunakan aplikasi Youtube saja untuk mengupload video, kamu tidak dapat menambahkan tag dan juga mengganti kategori dari video tersebut.

Dan untuk yang sudah memonetisasi video youtube mereka, pengaturan untuk iklan bisa muncul atau tidak, hanya bisa di setting lewat aplikasi Youtube Studio. Jadi bisa dikatakan, aplikasi Youtube studio ini adalah pelengkap dari Youtube creator, karena ada banyak data dari video yang bisa dilihat.

Mulai dari Statistik, komentari, jam tayang, jumlah subscribers, analytics, dll. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Youtube Studio ya.

Dan demikianlah artikel tentang cara membuat channel youtube di android. Semoga kita semua bisa menjadi konten kreator yang baik dan juga memberikan manfaat untuk orang lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top