Cara Membuka Playstore

Cara Membuka Playstore

Bagaimana cara membuka Playstore ? sebagai aplikasi bawaan pada handphone Android tentu kita wajib mengetahui cara membuka Playstore, karena aplikasi playstore atau lebih dikenal dengan sebutan Google Playstore merupakan aplikasi yang berfungsi dan menyediakan layanan untuk mendownload aplikasi-aplikasi lain yang didalamnya banyak sekali aplikasi yang bisa kamu download untuk handphone Android kamu.

Playstore adalah aplikasi buatan Google yang berfungsi sebagai toko aplikasi baik bisa kamu download secara gratis maupun berbayar. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan Game, Buku, atau bahkan film didalam Playsore yang bisa kamu beli maupun langsung kamu download dengan gratis.

Dengan banyaknya fungsi Playstore ini rasanya kamu harus tahu dan bisa membuka serta menggunakan aplikasi Playsore ini untuk membuat fungsi handphone kamu bisa semakin optimal. Karena kamu bisa mendownload aplikasi-aplikasi yang merurut kamu penting dan harus ada di handphone kamu, atau aplikasi yang hanya sekedar untuk hiburan seperti Game. Didalam Google Playstore ini terdapat beragam aplikasi yang bisa kamu pilih.

Fitur-fitur Playstore

Terdapat banyak fitur didalam Playstore selain untuk mendownload aplikasi, game, film dan buku. Berikut bebetapa fitur yang terdapat dalam aplikasi Playstore :

1. Informasi Hiburan Terkini

Fitur pertama yang akan kamu temui saat menggunakan Playstore adalah terkait informasi hiburan terkini, karena pada bagian depan aplikasi atau bagian beranda aplikasi Playstore akan langsung ditampilkan seperti film terbaru yang baru saja dirilis, buku terbaru, buku yang paling laris, ada juga rekomendasi seperti rekomendasi aplikasi, rekomendasi game, rekomendasi film, dan rekomendasi buku.

Related  Cara Membuka File WinRAR

2. Fitur Pembayaran

Fitur kedua yang terdapat dalam aplikasi ini adalah fitur pembayaran. Seperti yang kamu tahu bahwa aplikasi Playstore terdapat layanan yang berbayar, tentu saja akan terdapat fitur pembayaran. Ada banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih seperti pembayaran melalui GoPay, kartu kredit, kode redeem, kartu debit dan lain sebagainya.

3. Gift Card

Fitur ketiga adalah fitur Gift Card yang akan memudahkan kamu dalam permainan dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi.

4. Subcription

Selanjutnya kamu juga bisa mengelola subcription pada bagian ini.

5. Wishlist

Fitur kelima yaitu adanya fitur Wishlist, kamu bisa memasukan item-item yang kamu ingin pada bagian Wishlist ini dan aplikasi Playstore akan mencatat detailnya dan kamu hanya perlu memasukannya kedalam Bookmark.

Itu dia beberapa fitur yang akan kamu temui saat kamu menggunakan aplikasi Playstore.

Cara Membuka Playstore

Cara Membuka Playstore
Membuka Playstore

Jika kamu masih pemula menggunakan handphone Android dan sedang mencari cara membuka Playstore kamu bisa menyimak artikel ini. Karena pembahasan kali ini adalah mengenai cara membuka Playstore. Langkah-langkahnya juga cukup mudah untuk kamu praktekan sendiri. Berikut cara membuka Playstore yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka kunci handphone kamu terlebih dahulu.
  • Kemudian buka menu utama pada handphone kamu.
  • Setelah itu cari aplikasi Playstore, biasanya terdapat pada Folder Google bersama dengan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan Google lainnya dan selanjutnya tekan aplikasi tersebut.
  • Selesai.

Itulah cara membuka aplikasi Playstore selain melalui menu utama kamu bisa bisa langsung membuka aplikasi Playstore pada Home Screen Handphone kamu.

Cara Menggunakan Playstore

Selanjutnya setelah kamu bisa membuka aplikasi Playstore kamu bisa menggunakan aplikasi Playstore unduh mengunduh aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan, berikut cara menggunakan aplikasi Playstore :

Related  Cara Membuat Lokasi di Google Maps

1. Buka Aplikasi

Seperti yang pernah dibahas diatas bahwa aplikasi Google Playstore merupakan aplikasi bawaan yang akan ada pada handphone  Android merek apa saja yang baru saja kamu beli sekalipun. Jadi jika ingin menggunakan aplikasi ini untuk mencari dan mendownload aplikasi yang kamu inginkan kamu hanya perlu membuka aplikasi Playstore yang sudah tersedia dihanphone Android kamu terlebih dahulu.

2. Cari Aplikasi, Game, Buku, atau Film yang Diinginkan

Setelah kamu membuka aplikasi Playstore langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih item yang ingin kamu download seperti aplikasi, game, buku, atau film yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menggunakan fitur pencarian untuk mencari item yang kamu inginkan dengan menulis nama aplikasi atau item lain yang kamu inginkan pada kolom pencarian. Selain mengetiknya kamu juga bisa memanfaatkan pencarian suara dengan menggunakan menu microphone.

4. Unduh atau Instal Aplikasi

Selanjutnya setelah kamu mendapatkan item atau aplikasi yang kamu inginkan, untuk bisa mengunduh atau menginstalnya kamu hanya perlu menekan nama aplikasi tersebut. Kemudian tekan opsi Install, jika sudah selesai diunduh maka kamu bisa membuka aplikasi tersebut.

Selain kamu bisa mengunduh aplikasi-aplikasi baru kamu juga bisa memperbaru aplikasi yang sudah terpasang pada handphone kamu dengan cara yang sama seperti mengunduh aplikasi baru, bedanya tidak akan ada menu Install namun ada menu Perbarui. Kamu hanya harus menekan opsi Perbarui untuk memperbaru aplikasi yang sudah terpasang pada handphone kamu.

Cara Mengatasi Playstore yang Tidak Bisa Dibuka

Setaleh kamu mengetahui cara membuka Playstore kamu juga harus mengetahui cara mengatasi Playstore apabila aplikasi Playstore kamu tiba-tiba tidak bisa dibuka padahal kamu sangat membutuhkannya untuk mendownload aplikasi yang kamu inginkan. Berikut cara mengatasi Playstore yang tidak bisa terbuka :

Related  Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci

1. Dengan Menghapus Cache dan Data

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengapus cache dan data. Terkadang penyebab utama Playstore tidak bisa dibuka adalah karena ada masalah pada aplikasi tersebut dan cara memperbaikinya adalah dengan menghapus cache dan data pada aplikasi Google Playstore, berikut penjelasannya :

  • Pertama buka menu Setting (Pengaturan).
  • Setelah itu pilih opsi Aplikasi.
  • Kemudian temukan aplikasi Google Playstore dan tekan.
  • Selanjutnya tekan Clear Cache, Clear Data, atau Clear Default.
  • Lalu coba buka kembali aplikasi Google Playstore kamu.
  • Selesai

2. Periksa Tanggal dan Waktu

Cara yang ketiga adalah dengan memeriksa tanggal dan waktu, Handphone Android adalah perangkat yang dirancang serba tersinkronisasi. Tak hanya kontak dan aplikasi saja, namun juga tanggal dan waktu juga tersinkronisasi. Jika kamu tidak bisa membuka aplikasi Playstore kamu coba lihat setelan tanggal dan waktu kamu :

  • Pertama buka menu Setting (Pengaturan).
  • Selanjutnya pilih Tanggal dan Waktu (Date and Time).
  • Kamu harus memastikan bahwa Tanggal dan Waktu sudah tersetting secara otomatis.
  • Selesai.

Biasanya penyebab aplikasi Playstore kamu tidak bisa terbuka karena setting tanggal dan waktu secara manual, untuk itu coba setting tanggal dan waktu secara otomatis untuk menghindari aplikasi Google Playstore tidak bisa dibuka.

3. Hapus dan Tambah Ulang Akun Google

Jika kamu sudah mencoba cara-cara sebelumnya dan masih belum bisa membuka Playstore kamu bisa mencoba menghapus dan menambahkan ulang akun Google kamu yang terdaftar pada aplikasi Playstore. Berikut langkah-;angkahnya :

  • Buka menu Setting (Pengaturan).
  • Setelah itu cari opsi Akun atau Akun Google.
  • Kemudian klik Google dan pilih akun yang ingin kamu hapus.
  • Selanjutnya temukan opsi Hapus Akun.
  • Selesai.

Itulah cara membuka Playstore yang bisa kamu coba praktekan pada handphone kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top