Cara Membuka Pola HP Samsung

Cara Membuka Pola HP Samsung [Tutorial Bergambar] Paling Baru

Jika kamu ingat-ingat lagi handphone pada beberapa tahun kebelakang belum memiliki teknologi semaju sekarang ini. Fungsi handphone hanya sekedar untuk menerima panggilan, dan saling kirim pesan dengan kontak kita yang berada jauh dari kita. Seiring perkembangan teknologi handphone juga terus berkembang dan bertransformasi menjadi smartphone yang memiliki fungsi tidak hanya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan namun juga memiliki banyak fitur lain, salah satunya adalah dalam segi keamanan. Begitu pula dengan smartphone merek Samsung, kamu harus mengetahui cara membuka pola HP Samsung untuk mengantisipasi terjadinya lupa Pola.

Fitur keamanan yang banyak digunakan oleh smartphone dizaman sekarang adalah PIN, Pola, Kata Sandi, dan finger print. Dengan adanya fitur keamanan ini membuat smartphone kamu akan lebih terlindungi, semua data pivasi yang ada di dalam smartphone kamu akan aman karena tidak akan bisa dibuka kecuali pihak lain mengetahui kata sandi atau pola pada smartphone kamu.

Samsung sebagai salah satu merek handphone yang dipercaya oleh masyarakat juga memiliki fitur keamanan seperti halnya merek-merek smartphone lain saat ini. Dengan adanya perlindungan lebih dari fitur keamanan namun juga rentan terjadi lupa kata sandi atau pola yang membuat handphone Samsung kamu tidak bisa dibuka atau diakses sama sekali.

Kejadian lupa pola atau kata sandi umum terjadi apalagi jika kamu menggunakan pola yang rumit pada handphone Samsung kamu, ataupun kamu terlalu sering menganti pola atau kata sandi yang membuatmu menjadi lupa pola yang kamu atur pada handphone kamu.

Namun tidak perlu risau karena pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membuka pola HP Samsung apabila kamu mengalami kejadian lupa pola.

Cara Membuka Pola HP Samsung

Cara Membuka Pola HP Samsung
Membuka Pola HP Samsung

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk membuka pola HP Samsung yang kamu miliki, jika kamu lupa pola yang kamu buat pada handphone kamu. Kamu tidak perlu panik dan buru-buru membawa handphone Samsung kamu ke Service Center, kamu bisa mencoba langkah-langkah yang akan dibahas berikut ini terlebih dahulu untuk membuka handphone kamu yang terkunci karena lupa pola atau kata sandi.

Related  Cara Deactive Instagram yang Benar

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1. Ambil & Siapkan HP Samsung

Tahapan paling mendasar sebelum membuka pola HP Samsung yang lupa, tentunya kamu harus mempersiapkan dulu HP Samsungnya. Sudah?

Langkah 2. Hubungkan HP Samsung ke PC/Laptop (Jika Diperlukan)

Ada beberapa tipe HP Samsung yang mengharuskan untuk menghubungkan HP ke PC/Laptop menggunakan kabel data untuk dapat membuka pola HP Samsung yang terkunci karena lupa pola passwordnya.

Coba saja, ambil dan siapkan kabel data lalu hubungkan HP Samsung kamu ke laptop menggunakan kabel data tersebut. Sudah? Ikuti langkah selanjutnya…

Langkah 3. Matikan HP Samsung Dulu

Caranya:

  • Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan
  • Tunggu hingga HP Samsung kamu nonaktif/mati
  • Jika muncul gambar pengisian baterai, berarti HP Samsung kamu sudah nonaktif atau mati ya.

Langkah 4. Masuk menu Recovery

Mudah saja, begini caranya:

  • Tekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan
  • Tunggu hingga HP Samsung hidup, lalu lepaskan tombol Power
  • Kamu akan masuk ke mode Android Recovery

Langkah 5. Tap menu Wipe Data

Setelah masuk ke menu Android Recovery, kamu bisa langsung pilih wipe data/factory reset. Karena di menu Recovery tidak bisa menggunakan touchscreen, maka kamu diharuskan untuk pakai tombol manual.

Fungsi Tombol:

Volume Bawah untuk scroll menu ke bawah
Volume Atas untuk scroll menu ke atas
Power untuk memilih menu tersebut.

Caranya:

  • Scroll ke bawah (Pakai tombol Volume Bawah), pilih menu wipe data/factory reset

  • Tekan tombol Power untuk konfirmasi
  • Lalu pilih Reset ke setelan pabrik

  • Konfirmasi, tekan tombol Power untuk OK
  • Tunggu proses hapus data selesai.

Langkah 6. Reboot HP Samsung

Jika proses hapus data (wipe data/factory reset) selesai dilakukan, kamu bisa lanjut dengan memilih menu Reboot system now.

Related  Cara Memisahkan File PDF

Gimana berhasil? Boleh dishare ya ke teman-teman kamu!

Demikianlah cara membuka pola HP Samsung yang bisa kamu coba lakukan, supaya bisa membuka kembali handphone Samsung kamu jika terjadi lupa pola atau kata sandi. Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top