Cara Melihat History TikTok

Cara Melihat History TikTok yang Sudah Ditonton dan Disimpan

GEMATOS.ID | Tidaklah kamu penasaran tentang bagaimana cara melihat history TikTok itu? History atau riwayat merupakan salah satu hal yang disajikan dalam aplikasi TikTok. Di mana kamu dapat melihat segala aktivitas yang pernah dilakukan di platform tersebut. 

TikTok masih jadi salah satu aplikasi berbagi video dan konten-konten yang cukup populer hingga saat ini. Bahkan tidak jarang ada yang menghabiskan waktu bersantai selama berjam-jam dengan membuka aplikasi TikTok. Lantas, bagaimana cara mengetahui apa saja riwayat aktivitas di TikTok jika diperlukan di kemudian hari? 

Penjelasan tentang cara mengetahui riwayat aktivitas di aplikasi TikTok akan diterangkan di sini. Ada beberapa histori yang bisa kamu cek dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, akan dijelaskan pula sedikit tentang history di TikTok. Demikian panduannya. 

Apa Itu History TikTok? 

History di TikTok adalah riwayat seluruh aktivitas yang pernah kamu lakukan di aplikasi tersebut. Riwayat yang dimaksudkan tidak hanya sebatas video atau konten-konten yang pernah ditonton saja. Melainkan termasuk aktivitas lain, seperti video yang kamu sukai, riwayat pencarian, pemberian komentar, dan lainnya. 

Dengan cara melihat history TikTok, kamu dapat memantau aktivitas selama pakai aplikasi tersebut apabila diperlukan di kemudian hari. Contohnya hendak mencari konten yang pernah ditonton, sayangnya lupa tidak menyimpannya. Histori bersifat otomatis, yakni pasti ada tanpa kamu mengaturnya secara manual. 

Meskipun otomatis tersimpan, kamu dapat menghapusnya ketika ruang penyimpanan sudah penuh. Cara membersihkan riwayat aktivitas di aplikasi TikTok akan dijelaskan nanti. Sekarang perhatikan dulu bagaimana cara melihat history TikTok yang mudah dan cepat. 

Related  Cara Daftar Tiktok Shop Biar Langsung ACC + Strategi Penjualan

Cara Melihat History TikTok

Cara Melihat History TikTok
Melihat History TikTok

Seperti yang telah diterangkan di atas bahwa histori yang tersimpan di TikTok itu mencakup semua aktivitas yang pernah kamu lakukan. Karena itulah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara melihat history TikTok untuk video yang pernah kamu tonton dan disukai. Selain itu juga menerangkan video yang masuk dalam daftar simpan. 

Sebenarnya ada pula cara untuk melihat keseluruhan riwayat. Mulai dari riwayat tontonan, komentar, dan pencarian di aplikasi TikTok. Agar lebih jelas, simak penjelasan masing-masing cara di bawah ini:

Cara 1. Melihat Keseluruhan History TikTok di Pengaturan ✔️

Cara melihat history TikTok yang pertama ini untuk melihat keseluruhan riwayat. Nantinya kamu dapat melihat kembali video dan konten-konten yang pernah kamu tonton sebelumnya. Riwayat disajikan secara urut serta dikategorikan berdasarkan waktu. Semua video yang sudah kamu tonton di hari ini, kemarin, dan beberapa hari ke belakang akan muncul. 

Riwayat yang bisa kamu cek adalah pemberian komentar. Kamu dapat melihat kembali pernah membubuhkan komentar di postingan mana dan kapan waktunya. Kalau semisal ada komentar yang menurutmu kurang bagus, bisa menghapusnya. 

Selanjutnya adalah riwayat pencarian. Kamu pernah cari akun atau topik apa di aplikasi TikTok? Semua akan ditampilkan di bagian histori ini lengkap dengan tanggalnya. Jadi, kamu dapat memantau aktivitas di aplikasi TikTok sendiri. 

Untuk melihat keseluruhan riwayat aktivitas di TikTok itu dilakukan lewat menu Pengaturan. Langkah-langkahnya seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok milikmu. 
  • Kemudian dari halaman Beranda, masuk ke bagian Profil

  • Setelah berasa di bagian Profil, kertuk tanda burger di pojok kanan atas. Menu ini ditandai dengan ikon berupa tiga garis sejajar dan horizontal. 
Related  3 Cara Memasukkan Kode Undangan TikTok dari Teman

  • Selanjutnya, masuk ke menu Pengaturan dan Privasi. 

  • Nantinya akan ada berbagai menu fitur yang bisa kamu sesuaikan. Karena di sini ingin melihat histori TikTok, masuk ke bagian Pusat Aktivitas yang ada kategori menu Konten & Tampilan. 

Cara Melihat History TikTok

  • Setelah itu tentukan kamu ingin melihat riwayat yang mana, tontonan video, komentar, atau pencarian. 

Cara 2. Melihat History Video TikTok yang Disukai ✔️

Kamu pasti pernah, bukan, menonton konten di TikTok dan memberikan like jika menyukainya? Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara melihat history TikTok untuk konten-konten yang pernah kamu sukai. Jadi, khusus menampilkan kategori itu saja. 

Menu riwayat video yang disukai itu bersifat privat dan rahasia. Itu artinya, hanya kamu sebagai pemilik akun TikTok yang dapat melihatnya kembali. Untuk langkah-langkah mengeceknya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok. 
  • Setelah itu, langsung buka menu Profil yang ada di kanan bawah. 
  • Setelah ada di halaman Profil, arahkan ke tab menu paling kanan dengan ikon hati. 

Cara Melihat History TikTok

  • Di sanalah kamu dapat melihat semua video yang masuk dalam list favoritmu dan pernah disukai. 
  • Jika ingin menghapus like pada konten tersebut, tinggal buka videonya. Lalu ketuk tanda hati hingga berwarna putih kembali. 

Cara 3. Mengecek Keseluruhan History TikTok di Kotak Masuk ✔️

Ternyata ada cara melihat history TikTok lain yang bisa kamu coba untuk melihat semua riwayat. Kalau sebelumnya lewat menu Pengaturan, yang selanjutnya ini melalui menu Kotak Masuk. Kamu dapat memilih kategori riwayat untuk menentukan ingin menampilkan informasi histori yang mana.

Di sini kamu dapat melihat riwayat konten yang kamu sukai dan menjadi favorit. Di samping itu, histori pemberian komentar juga ditampilkan termasuk balasan yang kamu dapatkan dari pengguna lain. Ada pula informasi sebutan dan tanda, dari TikTok, dan balasan yang pernah kamu berikan ke user lain. 

Related  3 Cara Menambah Like TikTok Gratis Tanpa Aplikasi yang Aman

Kotak Masuk ini semacam notifikasi yang muncul tiap kali ada informasi baru dari TikTok. Sedangkan untuk melihat history, caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok. 
  • Kemudian dari halaman Beranda, pilih menu Kotak Masuk. Cek bagian menu di bawah halaman. 

  • Setelah terbuka, masuk ke bagian menu Aktivitas

  • Di sinilah seluruh aktivitas yang pernah kamu lakukan di aplikasi TikTok akan ditampilkan secara keseluruhan. 
  • Ingin melihat riwayat dengan lebih spesifik? Tekan dropdown menu di samping Semua Aktivitas yang ada di atas halaman. 

  • Setelah itu, tentukan kategori histori yang ingin kamu lihat kembali. Ada Semua Aktivitas, Suka dan Favorit, Komentar, Balasan Anda, Sebutan dan Tanda, serta Dari TikTok. 

Cara Melihat History TikTok

  • Nanti hasilnya sesuai dengan filter yang kamu terapkan. Kamu pun lebih mudah menemukan riwayat yang dibutuhkan. 

Cara 4. Mengecek History Video TikTok yang Disimpan ✔️

Biasanya kalau menyukai konten tertentu di aplikasi TikTok itu disimpan dulu agar nanti bisa ditonton ulang. Nah, kamu bisa lihat apa saja yang tersimpan di akunmu apabila perlu sewaktu-waktu. Cara melihat history TikTok untuk video yang disimpan seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke bagian Profil
  • Setelah itu, ketuk ikon bendera. 

Cara Melihat History TikTok

  • Hanya kamu yang dapat melihat konten-konten yang disimpan. 

Cara Menghapus History TikTok

Banyaknya histori yang menumpuk di aplikasi TikTok terkadang membuat ruang penyimpanan penuh. Untuk mengatasinya, kamu dapat menghapusnya dari daftar riwayat. Caranya seperti di bawah ini:

  • Buka keseluruhan riwayat TikTok lewat menu Pengaturan seperti cara pertama. 
  • Lalu pilih kategori riwayat, misal tontonan. 
  • Tekan opsi Pilih yang ada di kanan atas. 
  • Setelah itu, tandai konten mana yang akan dihapus. Ada juga opsi Pilih Semua Riwayat Tontonan. 
  • Terakhir, klik Hapus

Seperti itulah cara melihat history TikTok secara lengkap. Kamu dapat menonton ulang video yang pernah dinikmati di hari lalu. Mungkin saja memerlukan riwayat tersebut untuk mencari konten yang penting, tapi lupa belum disimpan. 

error:
Scroll to Top