Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi: Lengkap dengan Gambar

GEMATOS.ID | Sudahkah tahu bagaimana cara autentikasi Google Play di Xiaomi yang benar? Proses autentikasi perlu kamu lakukan agar bisa menikmati semua layanan dari Google Play. Salah satunya yaitu mengunduh aplikasi secara resmi lewat Play Store. 

Selain untuk tujuan tersebut, autentikasi juga bisa melindungi perangkat dari malware. Contohnya saat kamu download aplikasi dari sumber yang tidak dikenal di luar Play Store. Itulah kenapa, harus melakukan autentikasi agar mendapatkan aplikasi yang resmi saja. 

Ada banyak cara autentikasi Google Play buat kamu yang baru saja pakai HP Xiaomi. Di samping itu, juga akan menerangkan mengenai pengertian autentikasi dan masalah yang kerap terjadi. Langsung saja cek penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu Autentikasi Google Play? 

Autentikasi adalah sebuah proses verifikasi indentitas jika ingin mengakses sebuah aplikasi maupun sistem. Dalam proses tersebut, data pengguna akan ditindaklanjuti sebagai bukti validasi. Biasanya, bukti yang diminta oleh sistem adalah nama pengguna, kata sandi, dan email. 

Dengan adanya tahapan autentikasi pada Google Play, maka setiap pengguna yang ingin membukanya harus melewati verifikasi. Di sana akan terlihat apakah orang tersebut pemilik akun sebenarnya untuk menilai berhak tidaknya masuk. Kemudian sistem memberikan hak akses sesuai data yang di-input

Setelah login ke akun Google lewat proses autentikasi, kamu berhak menggunakan fitur dan produk dari Google Play. Contohnya mengakses Play Store, Play Game, Play Book, dan lainnya. Itu semua bisa kamu akses menggunakan satu akun saja. 

Related  5 Cara Daftar MIUI Designer Untuk Buat Tema Sendiri

Autentikasi bukan hanya berguna agar kamu bisa menikmati layanan tersebut saja. Tapi juga menjadi langkah keamanan dari tindakan tidak bertanggung jawab, sehingga privasi tetap terjaga. Jika ada aktivitas mencurigakan, biasanya muncul notifikasi untuk melakukan autentikasi. 

Masalah Autentikasi Google Play

Salah satu masalah autentikasi yang sering kamu alami yaitu mendapatkan notifikasi “Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try again.” Pemberitahuan tersebut mengharuskanmu untuk melakukan autentikasi dengan cara login ke akun Google. 

Masalah autentikasi terjadi karena sistem tidak dapat melakukan verifikasi identitas pengguna saat masuk ke Google Play. Penyebabnya bermacam-macam. Contohnya karena file cache rusak, masalah sinkronisasi, atau ada bug update aplikasi. 

File cache yang rusak memang dapat mengakibatkan masalah. Seperti ketika kamu masuk ke Play Store, lalu sistem membaca informasi login dari file tersebut dan menganggapnya tidak valid. Sedangkan masalah sinkronisasi terjadi karena pengguna tidak memberikan informasi kredensial ke Google. 

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi
Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Pada dasarnya, cara autentikasi Google Play itu hampir sama untuk semua perangkat. Tapi secara khusus berikut ini akan menjelaskan caranya untuk HP Xiaomi. Ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah autentikasi, antara lain yaitu:

1. Melakukan Sinkronisasi Ulang

Cara autentikasi Google Play di Xiaomi yang pertama yaitu melakukan sinkronisasi ulang. Proses ini akan memperbarui informasi akun Google yang ada di HP Xiaomi. Sistem akan menyelaraskan akun-akun tersebut, sehingga kamu bisa mengakses semua layanan dari Google Play dengan sekali klik. Masalah autentikasi juga teratasi dengan mudah. Beginilah cara sinkronisasi ulang di Xiaomi:

  • Buka menu Setelan HP Xiaomi. 

  • Gulir layar dan temukan menu Akun & sinkron. 
Related  Cara Agar Penyimpanan Tidak Penuh di HP Xiaomi: 15 Trik Mantap!

  • Setelah itu, buka Google.

  • Ketuk opsi Lainnya di bawah. 
  • Kemudian pilih Sinkronkan Sekarang. 

2. Menambahkan Akun Baru

Bagaimana jika kamu gagal mengakses Google Play karena akun tersebut tidak bisa digunakan lagi? Kamu bisa melakukan autentikasi dengan akun yang lain. Proses autentikasi ini sama halnya ketika kamu membuka Google Play pertama kali dan diminta untuk login. Caranya sebagai berikut:

  • Buka Setelan di HP Xiaomi. 
  • Scroll daftar menu dan pilih Google

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

  • Klik tanda panah di samping alamat akun saat ini. 
  • Selanjutnya pilih Tambahkan Akun Lain. 

  • Masukkan alamat email dan kata sandi. Jika ingin buat akun baru, ketuk opsi Buat Akun. 

3. Menghapus Data Aplikasi

Cara autentikasi Google Play di Xiaomi yang selanjutnya yaitu dengan menghapus data aplikasi. Langkah ini bisa memperbaiki masalah dan memberikan kesempatan bagi aplikasi untuk mengatur ulang autentikasi. Kamu juga bisa memperbarui informasi akun Google yang relevan. 

Tapi perlu kamu ingat jika menghapus data berarti menghapus juga semua pengaturan di aplikasi tersebut. Itulah kenapa nantinya perlu melakukan autentikasi ulang dengan memasukkan email dan kata sandi. Cara ini bisa kamu coba jika autentikasi gagal karena ada masalah pada sistem. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan Xiaomi dan cari Aplikasi

  • Kemudian pilih menu Kelola Aplikasi. 

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

  • Selanjutnya, cari dan pilih Google Play Store. 

  • Ketuk menu Hapus Data di bawah, lalu Hapus Semua Data. 
  • Tekan Oke dan tunggu semua data dibersihkan. 

 

  • Setelah itu kamu bisa melakukan autentikasi dengan login ulang pakai akun yang sama atau membuat baru. 

4. Menghapus Akun Google dan Login Ulang

Sebenarnya cara autentikasi Google Play di Xiaomi yang paling utama itu memasukkan akun email beserta password. Tapi proses tersebut dapat gagal karena mungkin akun tidak bisa digunakan lagi atau informasi login sudah kadaluwarsa. Kalau hal tersebut yang terjadi, kamu bisa hapus akun terlebih dahulu, lalu login kembali. Seperti inilah caranya:

  • Buka Setelan di HP Xiaomi, kemudian pilih Akun & Sinkron. 
  • Selanjutnya pilih Google
  • Pilih akun gmail yang tercatat saat proses autentikasi sebelumnya. 
  • Pilih Lainnya di bawah. 
  • Setelah itu, ketuk Hapus Akun.
Related  3 Cara Cek Touchscreen Xiaomi yang Paling Mudah

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

  • Kemudian coba login ulang di Google dengan akun yang sama. 

5. Memaksa Berhenti Aplikasi

Cara autentikasi Google Play di Xiaomi selanjutnya yaitu dengan memaksa berhenti aplikasi atau Force Stop. Cara ini tidak menghapus aplikasi dari perangkat, melainkan menghentikannya sementara. Kemudian kamu bisa mengaktifkan kembali untuk memperbaiki masalah autentikasi. Berikut ini caranya:

  • Buka Setelan dan cari Aplikasi. .
  • Kemudian masuk ke bagian Kelola Aplikasi. 
  • Carilah aplikasi Google Play Store. 
  • Kemudian pilih Paksa Henti dan tekan OK untuk konfirmasi. 

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

6. Uninstal Pembaruan Google Play

Pembaruan pada aplikasi Google Play ternyata juga bisa menimbulkan masalah autentikasi hingga memaksamu untuk login ulang. Tapi bagaimana jika setelah itu tetap tidak bisa login? Kamu bisa hapus dulu update aplikasi tersebut kemudian coba masuk kembali. Berikut cara uninstal pembaruan aplikasi:

  • Buka Setelan dan pilih Aplikasi
  • Selanjutnya, ketuk opsi Kelola Aplikasi. 
  • Setelah itu, temukan dan buka Google Play Store. 
  • Pilih menu Uninstal Pembaruan yang ada di bawah. Berikutnya coba cek apakah autentikasi sudah berhasil. 

Cara Autentikasi Google Play di Xiaomi

Demikian penjelasan cara autentikasi Google Play di Xiaomi. Autentikasi merupakan proses verifikasi identitas ketika ingin masuk ke aplikasi dengan menginput email dan password. Proses ini menjadi salah satu tahapan validasi dan keamanan. Tapi tidak jarang masalah autentikasi terjadi, seperti informasi login yang sudah kadaluwarsa. Karena itulah, kamu dapat menggunakan cara-cara di atas. 

error:
Scroll to Top