Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram yang Benar

GEMATOS.ID | Peran Instagram sebagai media sosial tidak hanya untuk berbagi pengalaman, namun juga sebagai tempat mengembangkan bisnis. Salah satunya dengan menjadikannya akun bisnis. Tapi karena alasan tertentu, mungkin ada yang ingin mengubahnya lagi dengan cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram. Hingga tampilannya lebih personal. 

Mungkin salah satu alasan kenapa ingin menggantinya ke akun pribadi yaitu bisnis sudah tidak berjalan lagi, entah hiatus atau bangkrut. Seperti yang diketahui, jika pada mulanya akun bisnis juga berawal dari pribadi. Maka, sewaktu-waktu ingin mengembalikannya lagi juga bisa. 

Tapi ternyata, masih banyak pengguna Instagram yang tidak mengetahuinya. Padahal untuk beralih akun tersebut sangat mudah. Kalau kamu memang berencana mengaturnya demikian, pastikan tahu apa saja dampaknya. Cek penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Akun Bisnis Instagram? 

Tapi sebelum menerangkan cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram, sebaiknya simak ini dulu. Akun bisnis Instagram adalah jenis akun yang secara khusus ditunjukkan untuk pebisnis online, pengusaha, maupun pemasaran digital. Tujuannya pasti untuk meningkatkan aktivitas bisnis. 

Pada mulanya, akun Instagram dibuat untuk kepentingan pribadi, seperti membagikan foto dan video. Kemudian IG menambah fitur baru agar pengguna bisa mengubahnya jadi akun profesional untuk keperluan bisnis. Tentunya didukung dengan pembaruan fitur, seperti insight dan kapasitas penayangan iklan. 

Lewat fitur tersebut, kamu dapat melihat statistik unggahan, seperti jumlah impresi, jangkauannya, dan interaksi. Dari sanalah bisa diambil rencana pengembangan bisnis dengan target yang lebih tepat. Fitur akun bisnis juga membantu dalam mengelola strategi pemasaran.

Related  Cara Buat Filter Instagram

Perbedaan fitur lainnya yang tampak antara akun bisnis dan pribadi yaitu ketersediaan menu Hubungi. Jika pakai akun bisnis, menu tersebut dapat diakses oleh pengguna lain. Apabila kamu menjalankan semisal jualan online, pengguna akan lebih mudah dalam melakukan interaksi dan memesan produk. 

Manfaat Akun Bisnis Instagram

Dengan semua fitur tersebut, pasti memberikan banyak manfaat. Buat kamu yang sedang mengelola usaha, memang disarankan untuk menggunakan akun bisnis Instagram. Beberapa manfaatnya antara lain yaitu:

  • Meningkatkan strategi pemasaran. Dengan fitur insight di instagram bisnis, kamu dapat merencanakan pemasaran yang sesuai target. Lewat data tersebut, akan terlihat lokasi, jenis kelamin, dan usia pengguna yang lebih sering interaksi di postinganmu. 
  • Dapat menawarkan produk dan jasa. Lewat Instagram, kamu dapat membuat konten yang berisi penawaran atas produk dan jasa. Selain itu, konten bisa dipromosikan agar menemukan lebih banyak calon pelanggan baru. 
  • Membangun hubungan baik dengan konsumen. Kamu juga dapat membangun hubungan baik dengan konsumen. Caranya yaitu membalas komentar maupun melampirkan pertanyaan yang bisa dipakai untuk ide bisnis selanjutnya. 
  • Menjadi sumber traffic website. Instagram bisnis juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan website. Biasanya, tautan website dicantumkan pada bio akun.
  • Menunjang penjualan. Dengan akun bisnis, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Jadi tidak hanya tempat untuk promosi, tapi sekaligus melayani pemesanan dari konsumen. 

Kenapa Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi? 

Kamu akan mendapatkan semua manfaat tersebut jika menggunakan akun profesional dalam mengelola bisnis pada Instagram. Tapi pada kenyataannya, tidak semua berjalan sesuai harapan. Ada beberapa pengguna yang tidak mampu memanfaatkannya, hingga fitur bisnis tersebut menjadi sia-sia. 

Related  Cara Membuat Filter Instagram

Karena alasan itulah mungkin yang menjadi dasar kembali lagi dengan cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram. Selain itu, mungkin beberapa hal berikut yang jadi alasan kuat tidak lagi memerlukan akun bisnis:

  • Bisnis mengalami kemunduran, bahkan hampir bangkrut. Dengan alasan sayang terhadap jumlah follower yang banyak atau malas atur ulang, lebih baik memilih beralih. Karena awalnya akun pribadi, maka akun bisnis juga dapat dikembalikan lagi. 
  • Alasan privasi. Akun bisnis itu terlalu terbuka dan kemungkinan besar ditemukan oleh pengguna lain lebih mudah. Karena alasan tersebut, memilih menjadikannya akun personal lagi dan membatasi akses terhadap orang luar. 
  • Setelah menggunakan akun bisnis, merasa lebih nyaman jika tampilan dan fiturnya pakai akun pribadi. 
  • Ingin fokus pada konten dan merasa fitur yang tersedia dalam akun bisnis tidak terlalu relevan. 

Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram
Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

Buat kamu yang merasa tidak perlu fitur-fitur tersebut, ini ada cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram. Dengan mengembalikannya ke akun personal, informasinya akan lebih terbatas. Kamu juga bisa fokus untuk mengelola akun pribadi atau bahkan membuatnya privasi. 

Tapi ternyata, masih banyak pengguna yang tidak tahu bagaimana cara mengembalikannya. Memang menu untuk beralih akun tidak bisa ditemukan lagi pada Pengaturan Instagram. Karena itulah, ikut saja solusi yang ada di bawah ini:

  • Buka dulu akun bisnis Instagram yang akan kamu jadikan pribadi lagi. 
  • Kemudian, buka profil akun dengan menekan foto yang ada di pojok kanan bawah. 

Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

  • Setelah itu, masuk ke bagian Dasbor Profesional.

  • Selanjutnya buka menu Pengaturan dengan klik ikon roda gerigi yang ada di pojok kanan atas. 
Related  cara agar instagram tidak terlihat online

Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

  • Gulir layar untuk menemukan dan memilih menu Preferensi

  • Scroll layar lagi ke bawah sampai kamu menemukan opsi Ubah Jenis Akun. 

  • Tap menu tersebut untuk cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram. 
  • Langkah selanjutnya, pilih menu Beralih ke Akun Pribadi. 

  • Konfirmasi lagi permintaan tersebut dengan klik Beralih ke Akun Pribadi. 

Cara Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

  • Tunggu loading berjalan. 
  • Sekarang coba cek tampilan profil Instagram milikmu setelah tidak lagi menjadi akun bisnis. Maka akan ada beberapa fitur sebelumnya yang hilang. 

Kelebihan dan Kekurangan Beralih dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi Instagram

Menggunakan jenis akun apa saja memang jadi keputusan dan kebutuhan masing-masing pengguna Instagram. Begitu pula dengan memutuskan untuk mengembalikan lagi akun bisnis menjadi personal. Cara ini memberikan keuntungan bagi pihak tertentu yang memang memerlukannya, antara lain yaitu:

  • Lebih banyak memberikan privasi, sehingga dapat menjaga informasi pribadi. 
  • Tampilan dan fungsi dari akun pribadi Instagram yang lebih sederhana. Di mana fitur yang dihadirkan sudah sangat mencukupi untuk keperluan personal, seperti membagikan kegiatan lewat feed dan story
  • Bisa fokus terhadap konten yang dibuat, sehingga lebih kreatif. Di sini tidak perlu memikirkan cara untuk mempromosikan postingan maupun membuat konten sesuai data insight. 
  • Bisa leluasa Berinteraksi dengan pengikut, terutama dalam kolom komentar. 

Sudah sewajarnya jika ada keuntungan, pasti ada kekurangannya juga. Begitu pun dengan mengembalikan akun bisnis ke pribadi. Beberapa kekurangannya yaitu:

  • Tidak bisa melihat statistik unggahan yang hanya tersedia di fitur insight. 
  • Tombol Hubungi pada profil akan hilang, sehingga pengguna lain hanya dapat berinteraksi via direct message saja. 
  • Kehilangan kemampuan dalam menganalisis bisnis secara menyeluruh. Terlebih buat pengguna yang sedang mengembangkan bisnis online
  • Kesulitan menentukan strategi pemasaran lewat Instagram.

Demikian cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram. Banyak sekali fitur bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Tapi karena beberapa sebab, ada yang memilih akun pribadi yang dinilai lebih nyaman dan personal. 

error:
Scroll to Top