Cara Membuat Instagram

Cara Membuat Instagram

Bagaimana cara membuat Instagram? Sebagai salah satu layanan media sosial yang banyak digunakan pengguna smartphone, Instagram memang sudah dikenal secara luas untuk mereka dapat membagikan foto, video, stories dalam bentuk foto, video, melakukan live streaming, ataupun sekedar menambahkan teman dengan cara saling follow di Instagram.

Salah satu layanan sosial media yang satu ini, memang sangat diminati dan juga di gandrungi oleh para pengguna yang rata-rata adalah remaja. Karena awalnya sendiri, Instagram merupakan kanal yang dikhususkan untuk membagikan foto ataupun video.

Namun semakin berkembangnya teknologi, akhirnya pihak instagram menambahkan beberapa fitur lain. Mulai dari pengguna bisa mengunggah stories dalam bentuk foto ataupun video yang akan otomatis terhapus dalam 24 jam, sampai juga pengguna bisa melakukan upgrade dari akun personal ke akun bisnis untuk berjualan ataupun mempromosikan brand mereka.

Itulah kenapa, gak heran jika CEO dari Facebook pada akhirnya membeli aset atau saham instagram untuk kemudian di merge bersama facebook. Hal ini sendiri tentunya bukan tanpa alasan. Melihat ada lebih dari 10 juta pengguna smartphone memiliki akun instagram, dan menghabiskan waktu mereka untuk mengaksess intstagram.

Karena itulah, saat ini banyak banget pengguna yang menjadikan instagram sebagai salah satu alternatif untuk melakukan pemasaran ataupun mempromosikan produk mereka selain untuk membagikan foto ataupun video pribadi.

Gak cuma itu aja kok, ada fitur lain yang baru baru ini dikeluarkan instagram dan bisa kamu gunakan di akun kamu. Fitur ini adalah reels atau fitur dimana kamu dapat mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit.

Sebab pada awalnya, video yang di upload di posting atau feed instagram hanya memiliki durasi maksimal 15 detik. Kemudian di update lagi menjadi 30 detik, sampai akhirnya di kembangkan lagi menjadi maksimal 60 detik.

Related  Cara Memperbanyak Like di Instagram Tanpa Aplikasi

Tapi siapa sangka, ternyata waktu 60 detik untuk video yang diunggah rasanya masih kurang cukup untuk pengguna. Sehingga, pihak Instagram akhirnya mengeluarkan fitur reels yang mana memnungkinkan kamu untuk mengupload video lebih dari 1 menit.

Karena hal inilah akhirnya banyak sekali para pengguna instagram yang menjadikan akun mereka sebagai micro blog. Biasanya, untuk micro blog sendiri isinya tak jauh beda dengan konten yang ada di website yang mereka miliki.

Hal ini sendiri bertujuan agar memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi yang sudah dirangkum dalam bentuk carousel post atau feed instagram nyambung agar terlihat lebih aesthetic dan juga semakin keren tentunya.

Cara Membuat Instagram

Cara Membuat Instagram
Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram

Jika mungkin kamu ingin membuat akun instagram pertama kamu, sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan mudah. Hanya saja, mungkin banyak pengguna baru yang belum mengetahui tentang tata cara membuat instagram untuk pertam kalinya.

Sekiranya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat akun instagram pertama kamu. Seperti

Langkah1: Buka Aplikasi Instagram atau Situs Instagram

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah jelas kamu harus memiliki aplikasi instagram untuk para pengguna smartphone. Namun, jika kamu tidak memiliki aplikasi tersebut di smartphonemu dan kebetulan kamu sedang berada di depan laptop ataupun komputer, kamu bisa menggunakan browser yang ada dan mengunjungi situs instagram.com.

Nantinya, kamu akan langsung diarahkan ke laman login seperti biasa. Namun, karena kita akan melakukan pendaftaran kamu bisa mengklik pada tombolĀ Create a new account atau Buat akun baru.

Langkah2: Isi Data yang Dibutuhkan

Lalu, setelah mengklik pada tombol pendaftaran tadi, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data yang dibutuhkan. Biasanya, kamu akan diminta untuk mengisi nama, username, password, email, dan juga nomor telpon.

Related  Cara Delete Akun Instagram yang Benar

Gunakan nama yang sesuai dengan identitas kamu, dan juga email ataupun nomor telpon yang masih aktif. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu ketika mungkin kamu mengalami masalah pada akun seperti lupa password, ataupun yang lainnya.

Untuk pemilihan username sendiri, biasanya instagram akan memberikan kamu suggestion atau saran username apabila username yang kamu masukkan ternyata tidak tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain.

Jika prosess pengisian data sudah selesai, maka kamu bisa mengklik pada tombol lanjutkan sampai kamu diarahkan ke laman beranda atau home dari instagram.

Langkah3: Lengkapi Profile

Barulah setelah itu kamu bisa langsung melengkapi profile kamu. Kamu bisa mulai untuk membuat postingan pertama kamu di Instagram, ataupun mengganti foto profile, menambahkan bio pada profile, dan juga mulai memfollow akun instagram temanmu ataupun milik orang lain.

Langkah4: Verifikasi Akun

Langkah terakhir adalah melakukan veriifkasi akun. Disini, kamu bisa melakukan verifikasi akun berdasarkan metode pendaftaran yang kamu gunakan. Misalnya kamu menggunakan email, maka biasanya kamu akan menerima link konfirmasi yang dikirimkan ke email kamu. Klik pada link tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan oleh instagram.

Tetapi, jika kamu menggunakan metode pendaftaran dengan nomor telpon, biasanya prosess verifikasi akan berupa kode OTP yang harus kamu masukkan ketika dalam prosess pendaftaran.

Hal ini sangat penting, karena ketika mungkin kamu lupa password atau mengalami masalah dalam login, kamu bisa mengirimkan permintaan reset password dan nantinya kamu akan mendapatkan link untuk mereset password instagram kamu melalui email yang terdaftar.

Min, katanya Instagram sudah dibeli facebook, berarti kita bisa dong login dengan facebook?

Iya. Jawabannya sangat bisa. Kamu bisa memakai akun facebook untuk melakukan direct login ke Instagram dan membuat akun baru kamu. Namun tetap saja, ketika akun kamu berhasil dibuat, kamu disarankan untuk menambahkan recovery email, ataupun nomor telpon agar memudahkan kamu ketika mengalami masalah login ke akun instagram kamu.

Related  Cara Mengaktifkan Instagram

Min, kalau lupa password tetapi email sudah tidak dapat diaksess, bagaimana?

Biasanya, untuk prosess verifikasi ketika lupa password adalah dengan email. Namun, apabila kamu memasukkan nomor telpon, maka kamu bisa meminta kode otp atau verifikasi kode otp ke nomor telpon yang terdaftar. Sehingga, prosess reset password akan diarahkan meallu nomor handphone untuk prosess verifikasi jika itu adalah akun kamu.

Min, Kalau Loginnya menggunakan nomor telpon, bisa gak?

Bisa dong. Sama seperti prosess pendaftaran yang tadi sudah mimin jelaskan, jika kamu menemukan metode pendaaftaran dengan menggunakn email dan juga suername, kamu bisa banget nih menghubungkan nomor telpon kamu untuk membuat akun instagram.

Setelah prosess pendaftaran akun menggunakan nomor telpon tadi selesai, maka selanjutnya untuk login kamu bisa menggunakan 2 opsi. Yang pertama adalah dengan menggunakan username terdaftar, dan yang kedua adalah dengan menggunakan nomor telpon yang terdaftar. Gampang banget kan?

Min, apakah kita bisa login ke perangkat lain secara bersamaan?

Jawabannya adalah bisa. Tetapi, biasanya kamu akan menerima email konfirmasi yang menginfokan jika kamu login ke perangkat lain. Baik itu dari smartphone android ,iOS, ataupun komputer dan laptop, kamu akan mendapatkan pemberitahuan. Dan jika itu adalah bukan kamu, kamu bisa langsung mealkukan antisipasi dengan mengubah password, dan me-logout akun kamu dari semua peraengkat.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat instagram. Gimana, setelah mengetahui cara cara diatas tadi, apakah kamu siap untuk membuat akun instagram pertama kamu?

error:
Scroll to Top