Cara Beralih dari Pascabayar ke Prabayar Indosat

3+ Cara Beralih dari Pascabayar ke Prabayar Indosat yang Benar

GEMATOS.ID | Adakah di antara kamu sekalian yang menyesal setelah bermigrasi jadi pengguna pascabayar Indosat? Hal seperti ini mungkin cukup wajar, mengingat banyaknya tagihan yang harus dibayar. Kalau kamu merasa keberatan, cobalah cara beralih dari pascabayar ke prabayar Indosat berikut ini. 

Peralihan dari pascabayar (postpaid) ke prabayar (prepaid) bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Provider Indosat pun melayani proses migrasi, asal kartu yang hendak dialihkan tersebut memenuhi berbagai persyaratan. Apakah ada biaya yang dibebankan? Bisa saja biaya layanan diminta oleh pihak Indosat. 

Buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya, bisa menyimak penjelasan berikut ini. Perhatikan benar apa yang harus kamu persiapkan agar permohonan migrasi kartu disetujui. Langsung cek panduan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Indosat Pascabayar? 

Tapi perhatikan dulu keterangan ini sebelum menjelaskan cara beralih dari pascabayar ke prabayar Indosat. Jadi, layanan kartu SIM pengguna itu ada dua macam. Ada yang namanya pascabayar biasa disebut juga postpaid dan prabayar atau prepaid

Kartu prabayar sering kali kamu temukan di gerai maupun konter terdekat. Sistem penggunaan kartu prepaid itu seperti yang dilakukan umumnya, yakni sistem pembayaran di awal. Contohnya kamu beli pulsa, kemudian dipakai untuk mengaktifkan kuota internet. 

Skema pemakaian tersebut berbeda dengan kartu pascabayar. Kalau Indosat pascabayar atau postpaid yaitu layanan dari Indosat yang memberikan akses internet kepada pelanggan terlebih dahulu. Kemudian untuk pembayaran dilakukan di akhir. 

Related  2 Cara Memasukan Voucher M3 yang Benar Update Januari 2024

Kebanyakan pengguna Indosat postpaid adalah karyawan atau orang-orang yang sudah punya pekerjaan. Namun tidak menutup kemungkinan para pelajar dan mahasiswa juga menggunakan layanan tersebut. Pasalnya, tarif internet pascabayar Indosat dipatok dengan harga bersahabat. 

Biaya tagihan Indosat pascabayar memang tergantung seberapa intens penggunaan internet. Kalau jarang menggunakannya, maka biaya di akhir bulan juga murah. Begitu pula sebaliknya, kalau kamu boros, maka bersiap-siaplah tagihan membengkak. 

Keuntungan Pakai Indosat Pascabayar

Sebenarnya menggunakan layanan Indosat postpaid tidaklah buruk. Bahkan ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika bermigrasi ke pascabayar. Beberapa keuntungan jadi pengguna Indosat pascabayar adalah sebagai berikut:

1. Pengeluaran Bulanan Akan Lebih Terarah

Pernah tidak kamu berpikir kalap atau lupa diri saat mengakses internet hingga kuota habis dalam waktu cepat? Hal seperti ini kerap kali terjadi saat kamu jadi pengguna prabayar. Jadi, tidak aneh kalau dalam satu bulan bisa beberapa kali beli kuota internet dengan harga yang cukup mahal. 

Tapi kalau jadi pengguna pascabayar, sedikit banyak akan membuat arus finansial lebih terarah. Kamu tahu jika tagihan Indosat postpaid itu harus dibayarkan setiap akhir bulan. Karena mengingat tagihan itulah, kamu akan lebih bijak dalam menggunakan kuota internet. 

2. Cara Buat Tagihan yang Mudah

Keuntungan selanjutnya jika menjadi pengguna Indosat postpaid yaitu bisa memilih metode pembayaran. Layanan dari Indosat ini secara khusus menyediakan berbagai pilih pembayaran. Kamu tidak hanya bisa bayar pakai pulsa saja, tapi juga dapat memanfaatkan layanan dompet digital, kartu kredit, maupun kartu debit. 

3. Mendapatkan Pelayanan Istimewa

Jadi pengguna pascabayar memang diistimewakan. Salah satu contohnya saat mengurus sesuatu di gerai Indosat, maka kamu berhak diprioritaskan dari pengguna lain. Keistimewaan lainnya yaitu dapat memilih nomor cantik 10 digit pada saat awal pembelian. 

Related  Cara Aktifkan Pulsa Safe Indosat

Kenapa Beralih dari Pascabayar ke Prabayar Indosat? 

Apakah semua pengguna postpaid diuntungkan dengan layanan-layanan di atas? Jawabannya tentu saja tidak. Bahkan ada yang mencoba untuk cari cara beralih dari pascabayar ke prabayar Indosat. 

Migrasi dari postpaid ke prepaid memang bisa saja dilakukan. Namun ada satu hal penting agar permohonan tersebut tidak dipersulit oleh pihak Indosat dan akhirnya disetujui. Pastikan bahwa kamu memberikan alasan yang jelas dan masuk akal. 

Salah satu alasan kenapa memilih untuk bermigrasi yaitu pengeluaran setiap bulan membengkak. Sampaikan kepada pihak Indosat bahwa kamu tidak dapat lagi memenuhi tagihan pascabayar setiap akhir bulan. Guna mengatur keuangan agar lebih stabil, kembali jadi pengguna prabayar jadi pilihan yang tepat. 

Cara Beralih dari Pascabayar ke Prabayar Indosat

Cara Beralih dari Pascabayar ke Prabayar Indosat
Migrasi dari Pascabayar ke Prabayar Indosat

Lalu, bagaimana cara beralih dari pascabayar ke prabayar Indosat? Pertanyaan tersebut sering kali diajukan oleh pengguna postpaid yang merasa harga paket internet pascabayar mengalami kenaikan. Terlebih lagi menu migrasi kartu ke prabayar tidak tersedia dalam aplikasi MyIm3. 

Kamu tidak perlu bingung karena caranya sangat mudah. Ada berbagai metode migrasi kartu pascabayar, bahkan dapat kamu lakukan secara online. Langsung saja cek penjelasan berikut ini:

1. Menghubungi CS Indosat Lewat Sosial Media

Tidak perlu khawatir kalau menu migrasi dari pascabayar ke prabayar tidak terdapat di aplikasi MyIm3. Kamu dapat membuat pengajuan dengan menghubungi tim Indosat lewat akun sosial media resminya. Seperti inilah panduannya:

  • Hubungi CS Indosat via DM Instagram atau X/Twitter.
  • Disarankan pakai X karena lebih cepat direspon. Akun X resmi milik Indosat adalah @IndosatCare.
  • Selanjutnya kirim DM untuk menanyakan bagaimana cara beralih dari kartu postpaid ke prepaid
  • Tunggu respon dari CS beberapa saat kemudian. 
Related  6 Cara Cek Kuota Paket Yellow Im3 yang Paling Baru

Setelah kamu hubungi, biasanya CS akan memberikan panduan bagaimana penyelesaiannya. Ada pula syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Sebelumnya sudah pernah ada history penggunaan di prabayar dengan nomor yang sama.
  • Penggunaan di pascabayar minimal tiga bulan.
  • Tidak berada dalam kontrak berlangganan program tertentu. 
  • Status nomor tidak termasuk kategori fraud karena ketidaksesuaian data. 
  • Melunasi seluruh tunggakan tagihan. 
  • Status nomor dalam kondisi aktif. 

2. Mengirimkan Email ke CS Indosat

Cara beralih dari pascabayar ke prabayar Indosat selanjutnya yaitu dengan mengirimkan email permohonan. Beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan untuk permintaan migrasi kartu yaitu:

  • Surat Pernyataan perpindahan bermaterai 10,000. Surat ini mencantumkan nama, nomor, ICCID, alasan, email nomor alternatif, dan tanda tangan di atas materai. 
  • Foto 16 nomor di belakang kartu (ICCID) yang digunakan. 
  • Foto KTP asli. 
  • Foto diri sambil menampilkan SIM card dan KTP asli. 
  • Bukti pembayaran tagihan terakhir dan Formulir berlangganan. 

Cara Beralih dari Pascabayar ke Prabayar Indosat

  • Setelah semuanya lengkap, lampirkan bersama email yang dikirimkan ke [email protected]. Agar lebih cepat ditanggapi, konfirmasi dengan menghubungi CS di nomor 185 (gratis). Dalam waktu 1×24 jam, tim CS akan menghubungimu untuk proses lebih lanjut. 

3. Mendatangi Gerai Indosat

Bagaimana jika cara tersebut tidak berhasil? Maka yang lebih mudah yaitu dengan datang langsung ke gerai Indosat. Prosesnya seperti di bawah ini:

  • Cek gerai Indosat terdekat di sini
  • Kemudian datang ke gerai terdekat sambil membawa KTP dan kartu pascabayar yang akan dimigrasikan. 
  • Ambil nomor antrean dan tunggu dipanggil. 
  • Setelah mendapat pelayanan dari CS, sampaikan permohonan migrasi kartu. 
  • Lalu ikuti semua panduannya. 
  • Biasanya pengajuan ini hanya perlu waktu beberapa saat saja.
Sama-sama migrasi, kamu bisa coba cara beralih dari akun bisnis ke akun pribadi Instagram ya. Siapa tau kebetulan sedang terpikirkan saat ini juga.

Begitulah cara beralih dari pascabayar ke prabayar Indosat. Kamu dapat migrasi kartu secara online, sehingga lebih mudah. Tapi ingat untuk menyebutkan alasan yang jelas agar permintaan disetujui oleh tim Indosat. 

error:
Scroll to Top