Cara Cek Kuota Smartfren Andromax

2 Cara Cek Kuota Smartfren Andromax Via Aplikasi dan Web

GEMATOS.ID | Saat ini banyak alat yang digunakan untuk mendampingi perangkat dalam mengakses internet, contohnya MiFi dari Smartfren Andromax. MiFi tersebut berperan sebagai penyedia jaringan WiFi yang harus diisi kuota. Lantas, bagaimana cara cek kuota Smartfren Andromax agar kamu tidak kehabisan? 

Smartfren Andromax sendiri menjadi salah satu MiFi yang paling populer untuk saat ini. Bahkan tersedia berbagai tipe dan versi. MiFi jadi solusi praktis dan efisien guna mengakses internet apabila kamu tidak punya jaringan WiFi di rumah. 

Di samping itu, Smartfren Andromax menyediakan banyak pilihan paket yang harganya termasuk terjangkau. Kamu bisa cek bagaimana cara membeli paket tersebut. Selain itu, yang paling penting akan diterangkan cara mengecek sisa kuota sebelum kehabisan dan beberapa keuntungan menggunakan MiFi Smartfren Andromax. 

Apa Itu MiFi Smartfren Andromax? 

Tapi sebelum menerangkan cara cek kuota Smartfren Andromax, ada baiknya kamu simak dulu penjelasan berikut. Sebenarnya apa itu MiFi? Jadi, MiFi adalah sebuah router WiFi, tapi dalam ukuran kecil dan dapat dibawa ke mana-mana. 

Fungsi MiFi yaitu sebagai penyedia akses internet untuk perangkat lain melalui jaringan WiFi. Kamu bisa menyambungkan HP, komputer, laptop, maupun perangkat lain yang mendukung konektivitas WiFi. Cara kerja alat ini hampir sama dengan smartphone yang memberikan koneksi melalui fitur tethering. Tapi bedanya tidak punya fungsi telepon seperti HP. 

Untuk mendapatkan koneksi internet dari MiFi, maka alat tersebut harus terhubung ke jaringan seluler. Kemudian koneksi yang didapatkan itu dibagikan ke berbagai perangkat melalui jaringan WiFi. Keuntungannya, bisa dibawa ke mana saja karena sifatnya yang portabel. 

Related  4 Cara Cek Riwayat Pembelian Token Listrik Online (dengan Gambar)

Menggunakan MiFi juga sebagai salah satu upaya menghemat pengeluaran untuk biaya internet. Contohnya ketika kamu punya banyak perangkat yang perlu akses internet. Cukup gunakan MiFi sebagai penyedia internet dengan membeli satu paket saja. 

Saat ini sudah banyak produk MiFi yang ada di pasaran. Tapi yang paling sering digunakan dan masih populer adalah produk dari Smartfren Andromax. Tidak hanya satu jenis, tapi ada berbagai tipe MiFi dari Smartfren Andromax. 

Cara Cek Kuota Smartfren Andromax

Cara Cek Kuota Smartfren Andromax
Cek Kuota Smartfren Andromax

Seperti yang disebutkan jika MiFi itu digunakan dengan cara diisi paket internet terlebih dahulu. Smartfren Andromax sendiri menyediakan berbagai pilihan paket dengan besar kuota dan harga yang berbeda-beda. Ada pula kuota yang khusus tersedia untuk malam atau siang hari. 

Selayaknya paket internet di HP, kuota tersebut dapat habis jika digunakan terus menerus atau masa aktif paket sudah berakhir. Itulah kenapa perlu dicek secara berkala agar tetap bisa akses internet. Berikut ini dua cara cek kuota Smartfren Andromax melalui website dan aplikasi:

Cara 1. Cek Kuota Smartfren Andromax Lewat Aplikasi ✔️

Cara cek kuota Smartfren Andromax yang pertama yaitu lewat aplikasi Mylink. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan konfigurasi dari MiFi Smartfren Andromax yang kamu gunakan. Selain itu juga berfungsi untuk melakukan pembelian kuota dan pulsa, serta memantau sisa kuota internet saat ini. 

Namun yang perlu kamu perhatikan, aplikasi yang digunakan harus sesuai dengan tipe MiFi Smartfren Andromax. Ada Mylink untuk tipe M3S, M3Y, dan M3Z. Jadi, lihat dulu apa tipe Smartfren Andromax yang kamu pakai. Setelah itu, cari aplikasi yang sesuai. 

Pengecekan sisa kuota internet Smartfren Andromax via aplikasi sangat mudah. Namun ada satu syarat penting, yakni harus tersambung ke jaringan MiFi tersebut. Kalau semua sudah siap, perhatikan cara cek kuota Smartfren Andromax berikut ini:

  • Bukan aplikasi Mylink yang sudah kamu download. 
  • Kemudian login ke aplikasi tersebut dengan memasukkan username dan password default, yakni admin dan admin. 
Related  Cara Cek Nomor KK yang Benar

Cara Cek Kuota Smartfren Andromax

  • Setelah terbuka, pilih menu MY SMARTFREN. 

  • Kamu akan mendapatkan informasi nomor Smartfren Andromax dan jumlah kuota utama.
  • Ketuk Detail Paket untuk melihat rincian paket yang sedang aktif saat ini dan sisa kuotanya. 

Cara Cek Kuota Smartfren Andromax

Cara 2. Cek Kuota Smartfren Andromax Lewat Browser ✔️

Sebenarnya ada cara cek kuota Smartfren Andromax yang lebih praktis dan tidak perlu menginstal aplikasi. Cukup gunakan browser, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Karena itulah, metode ini juga bisa kamu lakukan via perangkat seluler maupun PC dan laptop. 

Seperti ketika mengecek via aplikasi, di sini kamu juga wajib terhubung ke jaringan internet dari MiFi Smartfren Andromax. Jika tidak tersambung, maka tidak dapat mengakses halaman admin MiFi. Di mana halaman tersebut dibuka pakai alamat IP khusus. Berikut cara cek kuota Smartfren Andromax lewat browser:

  • Buka browser apa pun yang kamu gunakan di perangkat. 
  • Setelah memastikannya sudah terhubung ke jaringan MiFi, kamu masukkan alamat IP Smartfren Andromax, yakni 192.168.1.1. Bisa juga pakai link http://andromax.m2y atau http://andromax.m3y atau http://andromax.m3z dan lainnya sesuai tipe MiFi. 
  • Apabila sudah terhubung, kamu login dulu dengan masuk ke menu SETTING

Cara Cek Kuota Smartfren Andromax

  • Tulis username dan password default dari MiFi Smartfren Andromax. 
  • Tekan tombol LOGIN
  • Jika sudah, klik ke tab menu MY SMARTFREN.

  • Pada layar akan muncul informasi nomor untuk Smartfren Andromax dan jumlah kuota yang tersiksa. 
  • Untuk melihat rincian lebih lengkap, klik Detail Paket. 

  • Berikutnya lihat sisa kuota dari paket yang sedang aktif.

Cara Cek Kuota Smartfren Andromax

Cara Beli Kuota Smartfren Andromax ✔️

Kamu sudah tahu cara cek kuota Smartfren Andromax. Lalu, bagaimana cara membelinya jika kuota habis? Tidak usah bingung, karena pembelian paket juga dapat dilakukan lewat aplikasi maupun website. Kalau via aplikasi Mylink, caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Mylink sesuai tipe MiFi Smartfren Andromax. 
  • Kemudian masuk ke opsi menu MY SMARTFREN
  • Selanjutnya, kamu pilih opsi Beli Paket. 
  • Tekan sekali lagi opsi Beli Paket. 
  • Ada banyak paket internet yang disediakan untuk MiFi Smartfren Andromax. 
  • Pilih salah satu paket sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa cek dulu detail paket dan benefitnya. 
  • Klik tombol Beli Paket. 
  • Konfirmasi pilihan dengan klik kuota dan selesaikan pembelian kuota Smartfren Andromax. 
Related  5 Cara Cek Transaksi Terakhir Kartu Telkomsel dengan Benar

Kelebihan Pakai MiFi Smartfren Andromax ✔️

Bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi, MiFi mungkin dianggap lebih efisien ketimbang WiFi. Ada banyak kelebihan dari penggunaan MiFi, terutama produk Smartfren Andromax. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  • Lebih praktis. MiFi itu punya sifat portabel dengan ukurannya yang kecil. Itu artinya, kamu dapat membawanya ke mana saja, seperti saat travelling. Jadi, di mana pun lokasimu, tidak perlu takut tidak bisa akses internet. 
  • Tidak pakai listrik. Kelebihan selanjutnya yaitu tidak perlu terhubung ke listrik. MiFi ini menggunakan daya berupa baterai. Jadi, selama baterai masih ada, kamu tetap bisa menggunakannya. Jika sewaktu-waktu mati listrik pun tidak akan jadi masalah. 
  • Kemampuan menerima dan mengirim sinyal dengan baik. MiFi Smartfren Andromax ini memberikan pengalaman akses internet yang lebih baik dengan sinyal berkualitas. Kamu juga dapat akses internet dengan lancar dari HP maupun laptop di lokasi yang tidak terjangkau jaringan WiFi. 

Demikian penjelasan cara cek kuota Smartfren Andromax lewat aplikasi dan browser. Ingatlah bahwa untuk mengeceknya harus tersambung dulu ke jaringan internet MiFi Smartfren Andromax. Jika kuota habis, bisa sekalian membeli paket internet baru. 

error:
Scroll to Top