Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome

3+ Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome, Melihat FUP & Tagihan

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu merasa jika WiFi IndiHome di rumah mulai lemot? Apakah kamu tidak penasaran bagaimana cara cek pemakaian internet IndiHome? Dengan melakukan pemantauan seperti ini, kamu dapat memperkirakan besar konsumsi data internet setiap bulan. 

Sebenarnya tidak masalah kamu ingin menghabiskan kuota internet berapa pun. Tapi ternyata, besarnya pemakaian bisa mempengaruhi kecepatan internet dari WiFi IndiHome. Hal ini akan diterangkan lebih lanjut dalam penjelasan di bawah ini. 

Meskipun hal yang mudah dilakukan, masih banyak pelanggan WiFi IndiHome yang tidak melihat berapa penggunaan internetnya. Hingga akhirnya malah bertindak boros dan menganggap paket yang dipilih masih kurang cukup. Sebab itulah, sebaiknya periksa dulu caranya berikut ini. 

Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome

Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome
Cek Pemakaian Internet IndiHome

Buat kamu yang penasaran, sebenarnya sekarang ini sudah menghabiskan berapa giga data internet, bisa cek sendiri. Terkhusus bagi pengguna WiFi IndiHome yang masih baru atau sudah lama berlangganan. Provider tersebut menyediakan rincian pemakaian data internet yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan. 

Ada dua macam cara cek pemakaian internet IndiHome yang dapat kamu coba. Pertama, kamu bisa melihatnya dengan mudah via aplikasi. Kemudian yang kedua mengecek lewat website yang sebenarnya tidak jauh berbeda. Tapi agar lebih jelas, perhatikan panduan di bawah ini:

Cara 1. Cek di Aplikasi My IndiHome ✔️

Cara cek pemakaian internet IndiHome yang pertama yaitu lewat aplikasi. Secara khusus, penyedia layanan internet satu ini menghadirkan aplikasi resmi bernama My IndiHome. Aplikasi tersebut memang memberikan kemudahan kepada pelanggan IndiHome untuk mengakses berbagai layanan. 

Related  Cara Cek Nomor Smartfren yang Benar

Keberadaan aplikasi berbasis mobile seperti ini juga dinilai lebih praktis. Di mana kamu dapat mengaksesnya dari perangkat seluler apa saja. Sebab My IndiHome kompatibel untuk smartphone android maupun iPhone. 

Salah satu fitur yang ada di My IndiHome yaitu pengecekan sisa kuota dan penggunaannya. Kamu dapat memantau laju data internet hanya lewat ponsel. Buat pelanggan WiFi IndiHome yang masih baru pertama kali menggunakan aplikasi My IndiHome, langsung saja simak panduan berikut:

  • Download dulu aplikasi My IndiHome dari Google Play Store bagi pengguna HP android. Sedangkan untuk iPhone bisa mengunduhnya lewat Appp Store. 
  • Setelah diunduh, langsung saja instal di perangkat. 
  • Kemudian kamu buka aplikasinya. 
  • Nantinya kamu akan menemukan dua macam opsi, yakni DAFTAR dan MASUK. Karena masih pertama kali, klik sama DAFTAR. 
  • Selanjutnya masukkan data diri berupa nama, nomor HP, email, dan password. Lalu klik tombol DAFTAR SEKARANG. 
  • Ingat, gunakan data yang sama dengan yang kamu pakai daftar WiFi IndiHome pertama kali. 
  • Tapi jika kamu sudah pernah akses My IndiHome, bisa memilih opsi MASUK. 
  • Lalu input email dan password yang dibuat saat daftar. 
  • Berikutnya ikuti proses verifikasi. 
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor tersebut. 
  • Kamu sudah berhasil login ke aplikasi My IndiHome. 
  • Sekarang cek pemakaian internet IndiHome pada bagian atas, tepatnya di menu Penggunaan Bulan Ini. Menu tersebut biasanya ada di samping jumlah tagihan.

Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome

  • Cek paket yang saat ini aktif untuk melihat rincian lebih detail. 

Cara 2. Cek Via Website My IndiHome ✔️

Cara cek pemakaian internet IndiHome yang kedua ini jadi solusi buat kamu yang tidak punya cukup ruang penyimpanan. Tidak perlu instal aplikasi, sebab My IndiHome juga dapat diakses dengan versi webnya. Jadi bukan hanya lewat HP, tapi kamu juga bisa melihatnya melalui perangkat komputer dan laptop. 

Related  Cara Cek Saldo di ATM BRI dengan Benar

Untuk langkah-langkahnya sebenarnya sama saja. Di mana harus buat akun terlebih dahulu bagi pengguna baru. Sedangkan cara cek pemakaian internet IndiHome melalui situs web bisa kamu simak di bawah ini:

  • Pertama, buka browser yang kamu pakai di perangkat. 
  • Kemudian ketik alamat my.indihome.co.id pada address bar. 
  • Search alamat tersebut. 
  • Setelah terbuka, kamu klik menu Profil.

  • Pilih DAFTAR untuk pengguna baru dan MASUK jika sebelumnya pernah menggunakan My IndiHome.

Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome

  • Sama seperti di My IndiHome versi aplikasi, kamu bisa langsung lihat pemakaian internet di halaman awal. 
  • Perhatikan pada bagian PENGGUNAAN BULAN INI. 
  • Untuk mendapatkan rinciannya, bisa klik LIHAT DETAIL. 

  • Dari halaman tersebut kamu juga dapat melihat sisa kuota internet IndiHome dan jumlah tagihan yang belum dibayarkan. 

Cara 3. Cek Pemakaian Internet IndiHome di Website ✔️

Selain situs My IndiHome, ada satu cara cek pemakaian internet IndiHome yang juga sama-sama diakses via website. Sebenarnya ini halaman untuk mengecek sisa kuota internet dan FUP. Tapi kamu juga dapat melihat jumlah penggunaan pada bulan tersebut. 

Sebelum itu, ada satu hal yang harus dipersiapkan. Untuk halaman ini, kamu perlu menginput nomor langganan atau ID IndiHome. Kemudian cek dengan cara berikut ini:

Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome

  • Berikutnya kamu bisa melihat sisa kuota berikut besar penggunaan internet hingga waktu pengecekan. 

Untuk Apa Cek Pemakaian Internet IndiHome? 

Sebenarnya, untuk apa melihat penggunaan kuota internet IndiHome? Apakah hanya untuk menjawab rasa penasaran saja? Tentu saja tidak. Ada berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dengan melihat jumlah pemakaian tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

Related  7 Cara Bayar Tagihan Bulanan IndiHome Online dengan Gambar

1. Langkah Menghemat Kuota

Manfaat yang pertama yaitu bisa jadi langkah awal untuk lebih menghemat kuota internet IndiHome. Kalau dirasa jumlah pemakaian terlalu besar padahal masih jauh dari akhir bulan, kamu dapat menekan penggunaan. Dengan begitu tetap bisa akses internet sampai masa paket berakhir. 

2. Menghemat FUP

IndiHome merupakan salah satu penyedia layanan internet yang memberlakukan sistem FUP. Fair Usage Policy adalah kebijakan pemakaian internet yang diberlakukan oleh provider. Ini semacam batasan yang ada di setiap paket layanan dari IndiHome. 

Jadi, cara kerja dari FUP yang menurunkan kecepatan setelah melewati batas tertentu. Misalkan provider IndiHome menerapkan batas penggunaan 300 GB. Jika pemakaianmu melewati batas maksimal tersebut, kecepatan internet akan menurun meskipun paketmu bersifat unlimited

Itulah kenapa di awal dikatakan jika pemakaian internet mempengaruhi kecepatan. Jadi, setelah mengeceknya bisa memperkirakan penggunaan selanjutnya. Hingga begitu tidak sampai mengalami penurunan kecepatan. 

3. Pertimbangan Migrasi Paket Langganan

IndiHome menyediakan berbagai macam paket internet dengan benefit yang berbeda-beda. Tidak jarang pula ada pelanggan yang meminta pergantian paket karena merasa sudah tidak cukup lagi. Hal ini dapat kamu lakukan setelah melihat jumlah pemakaian. 

Misalkan dari hasil pengecekan ternyata kamu banyak menggunakan internet bulan ini. Bahkan sering melebihi FUP yang sudah ditentukan. Dari sana mungkin jadi salah satu pertimbangan untuk migrasi ke paket yang lebih besar. 

Demikian penjelasan cara cek pemakaian internet IndiHome lewat aplikasi dan website. Dengan pengecekan tersebut tidak hanya tahu besar penggunaan dan sisa kuota saja. Tapi kamu juga bisa lebih menghemat pemakaian internet agar tidak sampai melewati batas FUP yang diterapkan oleh IndiHome. 

error:
Scroll to Top