Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

4 Cara Cek Sisa Kuota IndiHome yang Paling Baru

GEMATOS.ID | Apakah kamu sering mengalami WiFi IndiHome di rumah lemot padahal belum akhir bulan? Bukan karena kualitas jaringan yang buruk, mungkin ini dikarenakan kuota internet sudah habis. Karena itulah, pahami bagaimana cara cek sisa kuota IndiHome agar internetan tetap lancar. 

IndiHome sendiri menjadi salah satu provider internet di Indonesia yang menerapkan kuota FUP (Fair Usage Policy). Di mana setiap bulan kamu akan mendapatkan kuota sesuai paket IndiHome yang dibeli. Ketika kuota tersebut habis, maka berdampak pada kecepatan internet. 

Untuk pelanggan IndiHome yang baru mungkin hal tersebut belum dipahami. Padahal, mencari tahu sisa kuota itu sangat penting, sehingga kamu dapat lebih hemat saat pakai internet. Sebaiknya, simak penjelasan di bawah ini. 

Kenapa Harus Cek Sisa Kuota IndiHome? 

Sebagai pelanggan IndiHome, kamu harus tahu bagaimana cara cek sisa kuota IndiHome. Baik itu untuk paket langganan mulai dari kecepatan 10 Mbps hingga 100 Mbps. Masing-masing paket tersebut memiliki kuota FUP dan kebijakan sendiri. 

Dengan tahu berapa sisa kuotanya, kamu bisa sedikit lebih hemat dalam menggunakan internet. Meskipun pada kenyataannya, internet IndiHome itu dapat kamu pakai sepuasnya alias unlimited. Namun ketika kuota habis, ini berpengaruh pada kecepatan internet. Kamu juga tahu pemakaian kuota FUP tersebut sampai limit ke berapa. 

Related  7 Cara Daftar Sobat IndiHome, Share Link Dapat Duit?

Pola pengurangan kecepatan internet IndiHome dilakukan secara bertahap. Contohnya ketika kamu sudah pakai kuota hingga beberapa GB atau batas FUP pertama, kecepatannya dikurangi sekitar 50% dari kecepatan normal. Namun jika kuota habis, speed-nya hanya 30% saja.

Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

Cara Cek Sisa Kuota IndiHome
Cek Sisa Kuota IndiHome

Untuk melihat sisa kuota IndiHome itu sangat mudah. Kamu bisa mengeceknya via aplikasi website, maupun layanan dari customer service. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Cara 1. Cek Kuota IndiHome Tanpa Login (via Web) ✔️

Cara cek sisa kuota IndiHome pertama yang paling mudah yaitu lewat website. Di sini kamu bisa lihat berapakah sisa kuota yang masih ada dari total pemberian FUP. Dengan begitu kamu dapat memperkirakan pemakaian internet selanjutnya sebelum FUP direset di awal bulan. Cara mengeceknya sebagai berikut:

Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

  • Setelah itu akan muncul sisa kuota di bulan tersebut. 

Cara 2. Cek Kuota IndiHome via myIndiHome App ✔️

Sebenarnya IndiHome sudah menghadirkan aplikasi berbasis mobile yang mudah untuk diakses. Namun kamu harus daftar akun terlebih dahulu agar bisa menggunakannya. Aplikasi yang dimaksud adalah My IndiHome. Berikut ini cara cek sisa kuota IndiHome lewat aplikasi tersebut:

  • Buka aplikasi My IndiHome dan pilih opsi DAFTAR

Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

  • Lengkapi kolom isian data diri dan tekan DAFTAR SEKARANG. Pakailah data yang sama dengan pendaftaran IndiHome dulu. 

  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS. 

  • Pilih Ya jika kamu adalah pelanggan IndiHome, lalu masukkan nomor ID-nya. 
  • Setelah berhasil login ke aplikasi, cek di dashboard bagian atas. 

Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

Di sana memang yang ditampilkan adalah pemakaian kuota internet IndiHome pada bulan tersebut. Untuk menghitung sisa kuota, tinggal kurangi total FUP dengan jumlah pemakaian. Contohnya kamu berlangganan paket 10 Mbps dengan kuota 400 GB dan pemakaian 33.86 GB. Maka sisa kuotanya masih 366.14 GB. 

Related  3+ Cara Cek Pemakaian Internet IndiHome, Melihat FUP & Tagihan

Cara 3. Cek Kuota IndiHome Pakai Aplikasi Tambahan ✔️

Cara cek sisa kuota IndiHome yang ketiga ini juga lewat aplikasi. Tapi yang kamu gunakan adalah aplikasi Cek Tagihan Telkom IndiHome. Kelebihannya, tidak perlu login seperti di aplikasi Myindihome. Cara mengeceknya sebagai berikut:

  • Download dan instal dulu aplikasi Cek Tagihan Telkom IndiHome
  • Kemudian buka aplikasinya. 
  • Masukkan nomor IndiHome yang kamu miliki. 
  • Setelah itu, tekan tombol CEK SISA KUOTA FUP dan lihat berapa kuota yang masih tersedia saat ini. 


Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

Cara 4. Tanya CS Via Twitter ✔️

Selain yang sudah disebutkan, ada cara cek sisa kuota IndiHome yang bisa kamu coba. Caranya yaitu dengan menghubungi customer service melalui salah satu media sosial IndiHome. Direkomendasikan menghubunginya lewat X atau Twitter karena lebih cepat mendapatkan respon. Berikut ini tata caranya:

  • Buka X (Twitter) yang biasa kamu pakai. 
  • Kemudian cari akun Twitter @IndiHomeCare.

Cara Cek Sisa Kuota IndiHome

  • Kirimkan pesan atau direct message. 
  • Tanyakan jumlah kuota internet IndiHome di bulan ini. 
  • Biasanya CS membalas dan memintamu untuk menyebutkan nomor langganan IndiHome. 
  • CS akan menginformasikan sisa kuota yang kamu miliki saat ini dan besar pemakaiannya. 

Jumlah Kuota IndiHome

Seperti yang disebutkan di atas jika kuota FUP masing-masing paket itu tidak sama. Berikut ini jumlah kuota yang akan kamu terima setiap bulan untuk beberapa paket IndiHome. Kuota FUP otomatis akan tereset setiap awal bulan. 

1. 10 Mbps

Untuk paket IndiHome 10 Mbps akan mendapatkan total kuota FUP sebesar 400 GB. Untuk pemakaian 0—350 GB speed internet tetap 10 Mbps. Kecepatannya jadi 7.5 Mbps untuk pemakaian 350—400 GB. Kalau lebih dari itu, kamu hanya bisa internetan maksimal 3 Mbps. 

Related  4 Cara Cek Touchscreen Samsung Ori yang Benar

2. 20 Mbps

Kalau kamu beli paket 20 Mbps, akan mendapatkan kuota 800 GB. Apabila penggunaannya melewati 550 GB, speed turun menjadi 10 Mbps. Ketika melebihi 800 GB, tersisa 4 Mbps. 

3. 30 Mbps

Kuota yang didapatkan dengan berlangganan 30 Mbps adalah 1150 GB. Jika melewati 750 GB, kecepatan tersisa 15 Mbps. Dan jadi 6 Mbps untuk penggunaan 1150 GB ke atas. 

4. 50 Mbps

Total kuota sebesar 1850 GB akan kamu dapatkan bila berlangganan paket IndiHome 50 Mbps. Kecepatan akses internet tersisa 25 Mbps jika melebihi 1250 GB. Kalau sampai melewati FUP, speed-nya tinggal 10 Mbps. 

5. 100 Mbps

Untuk paket ini akan mendapatkan kuota FUP sebanyak 2050 GB per bulan. Bila di bulan tersebut penggunaannya melebihi 1850 GB, kecepatannya turun jadi 50 Mbps. Namun saat melebihi kuota, hanya akan tersisa 20 Mbps. 

Cara Top Up Kuota IndiHome Prepaid

Pada dasarnya, IndiHome itu menggunakan sistem pembayaran secara pascabayar. Di mana kamu menggunakan internet terlebih dahulu, kemudian bayar tagihan bulanannya. Tapi ada varian produk baru bernama IndiHome Prepaid. 

Dengan produk tersebut, kamu bisa pakai layanan internet berbasis kuota dengan metode pembayaran prabayar. Jadi, bayar di depan sesuai paket yang diinginkan. Ini bisa jadi solusi kalau kamu kehabisan kuota sebelum akhir bulan. Berikut ini cara top up kuota IndiHome prepaid:

  • Buka website cek sisa kuota IndiHome seperti yang dijelaskan di cara pertama. 
  • Lalu, tekan tombol Top Up yang ada di bawah jumlah kuota. 
  • Pilih paket yang tersedia, mulai dari 10—50 GB untuk masa aktif 30 hari dengan kecepatan 10 Mbps. 
  • Selanjutnya lengkapi data diri dan tekan Submit
  • Pilih metode pembayaran. 
  • Klik tombol Bayar
  • Setelah itu, selesaikan pembayaran dengan memakai kode virtual account yang diberikan.

Itulah beberapa cara cek sisa kuota IndiHome lewat aplikasi, website, dan media sosial. Kamu harus tahu jumlah kuota dan penggunaannya agar bisa menghemat FUP. Karena jika kuota habis sebelum akhir bulan, kecepatan internet otomatis akan menurun. 

error:
Scroll to Top