Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS

2 Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS, Pemakaian Pulsa dan Kuota

GEMATOS.ID | AXIS merupakan salah satu provider di Indonesia yang punya banyak pengguna. Kartu tersebut menyediakan layanan internet, SMS, dan telepon yang dapat digunakan kapan saja. Bahkan kamu bisa melihat penggunaan kartu dengan cara cek transaksi terakhir AXIS secara lengkap. 

Mungkin masih banyak di antara pengguna AXIS yang tidak pernah mengecek riwayat transaksi di kartunya. Padahal ini bisa jadi salah satu bukti transaksi bila sewaktu-waktu diperlukan. Selain itu, masih ada manfaat lain yang tidak kamu sadari. 

Melihat riwayat transaksi tersebut juga sangat mudah. Kamu bisa melakukan pengecekan secara online dan offline. Di samping cara mengecek transaksi terakhir kartu AXIS, akan dijelaskan pula apa saja jenis transaksi yang dicantumkan. Berikut ini penjelasannya. 

Apa Itu Riwayat Transaksi Terakhir AXIS? 

Kalau kamu termasuk sebagai pengguna lama nomor AXIS, harus tahu cara cek transaksi terakhir AXIS. Riwayat transaksi AXIS merupakan aktivitas yang pernah kamu lakukan dengan nomor tersebut. Riwayat yang dimaksudkan itu mencakup semua pemakaian, tidak hanya digunakan untuk telepon atau SMS saja. 

Melalui riwayat transaksi tersebut, kamu akan tahu setiap pemakaian nomor AXIS. Baik yang melibatkan transaksi keluar maupun masuk. Kamu dapat melihat catatan tersebut dengan sangat mudah. 

Biasanya, data yang dicantumkan oleh AXIS adalah catatan dan pemakaian untuk tiga sampai lima transaksi terakhir. Termasuk jika kamu baru melakukan pengisian ulang pulsa dan pembelian paket. Semua ini dapat kamu cek di menu histori untuk melihat apakah transaksi sudah berhasil. 

Related  Cara Cek Saldo BRIZZI yang Baru Update Januari 2024

Jenis-Jenis Riwayat Transaksi yang Dicatat oleh AXIS

Dengan cara cek transaksi terakhir AXIS, kamu akan tahu semua aktivitas yang pernah dilakukan dengan nomor tersebut. Terutama aktivitas yang melibatkan penggunaan pulsa. Secara garis besar, ada tiga macam transaksi yang dapat kamu ketahui nantinya:

1. Pemakaian Kartu AXIS

Transaksi pertama yang dapat kamu cek adalah pemakaian kartu AXIS. Pemakaian yang dimaksud di sini mencakup semua aktivitas. Dimulai dari penggunaan pulsa reguler untuk melakukan panggilan maupun SMS keluar. 

Ketika kamu memakai pulsa untuk dua aktivitas tersebut, maka akan tercatat dalam histori. Di sana akan ditampilkan pulsa digunakan untuk apa dan waktu penggunaannya. Termasuk berapa nominal pulsa yang terpakai dalam sekali transaksi. 

Di samping penggunaan pulsa, AXIS juga mencatat riwayat pemakaian kuota internet. Misalkan saat ini kamu punya paket internet tertentu. Maka, dalam catatan tersebut akan ditampilkan informasi penggunaan internet, waktunya, dan berapa banyak kuota yang terpakai. 

2. Isi Ulang Pulsa AXIS

Riwayat transaksi kedua yang dapat kamu cek adalah pengisian pulsa. Seperti yang diketahui kalau kamu dapat menggunakan nomor AXIS jika di dalamnya terdapat pulsa. Dengan begitu nomor juga akan tetap aktif. 

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apakah isi ulang pulsa yang dilakukan tadi sudah berhasil? Kenapa tidak ada laporan masuk yang biasanya dikirim lewat SMS? Daripada penasaran, kamu bisa mengeceknya lewat riwayat transaksi tersebut. Akan ada catatan kapan terakhir kali isi pulsa dan banyak pengisiannya. 

3. Riwayat Pembelian Paket Internet

Catatan ketiga adalah riwayat pembelian paket internet. Seperti halnya isi ulang pulsa, kamu dapat mengecek paket apa saja yang pernah dibeli. Termasuk informasi mengenai jenis paket internet, harga, waktu pembelian, dan banyak kuotanya. Dengan informasi yang didapat itulah, kamu bisa tahu jika ingin melakukan repet order untuk paket selanjutnya. 

Related  Cara Cek BPOM

Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS

Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS
Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS

Kalau kamu ingin tahu ketiga informasi yang diterangkan di atas, ada dua cara cek transaksi terakhir AXIS untuk dicoba. Cara yang dimaksudkan itu metode online dan offline. Untuk cara offline, dilakukan dengan mendial kode UMB yang biasanya kamu pakai untuk cek pulsa. 

Kemudian untuk cara online menggunakan aplikasi bernama AXISNet. Cara mengecek transaksi kartu AXIS dengan kedua metode tersebut sangat mudah. Simak saja panduan yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Cara 1. Cek Menggunakan Kode UMB ✔️

Penjelasan yang pertama adalah cara cek transaksi terakhir AXIS dengan metode online. Caranya yaitu dengan menggunakan kode dial UMB. Kode ini biasanya kamu pakai untuk melihat sisa pulsa kartu AXIS. 

Tapi ada satu hal penting yang harus kamu ketahui di sini, bahwa kode dial untuk cek pulsa kartu AXIS sudah berubah. Dulu pengecekan sisa pulsa dengan kode *123#. Tapi sekarang kode tersebut ganti dengan *808#. Sedangkan untuk cara cek transaksi terakhir AXIS, bisa kamu lakukan seperti panduan di bawah:

  • Buka menu Telepon dari HP yang kamu gunakan. 
  • Kemudian input kode UMB untuk cek pulsa yang terbaru, yakni *808#.
  • Dial kode tersebut menggunakan nomor AXIS. 
  • Nantinya akan tampilan beberapa menu. 
  • Kamu balas daftar tersebut dengan angka 7 untuk memilih menu MyInfo

Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS

  • Langkah selanjutnya, pilih menu Bantuan. Caranya sama, yakni membalas tampilan yang muncul dengan kode angka sesuai menu tersebut. Di sini kodenya adalah angka 9.

  • Lalu di daftar menu selanjutnya, pilihlah menu Info Transaksi yang ditampilkan dengan angka 5.

Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS

  • Setelah itu kamu bisa pilih untuk mengecek jenis transaksi yang mana. 
Related  Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA yang Benar

  • Masukkan kode angka 1 untuk mengecek pemakaian kartu AXIS. Nomor 2 untuk isi ulang pulsa, dan nomor 3 jika ingin melihat riwayat pembelian paket internet. 
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan informasi mengenai histori dari transaksi yang kamu inginkan. 
  • Pilih menu Next jika ingin tahu transaksi yang lebih lama. 

Sebelum ini, siapa disini yang jadi pengguna Indosat? Sebaiknya kamu juga cek transaksi terakhir Indosat yuk.

Cara 2. Cek Menggunakan Aplikasi AXISnet ✔️

Cara cek transaksi terakhir AXIS yang kedua yaitu dengan metode online. Di sini kamu pakai aplikasi resmi bernama AXISnet. Aplikasi tersebut memang dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna AXIS dalam melakukan transaksi. 

Bukan hanya digunakan untuk membeli paket internet saja, di AXISnet kamu juga dapat melihat riwayat transaksi terakhir. Untuk mengecek transaksi kartu AXIS, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Download dan instal dulu aplikasi AXISnet dari Google Play Store atau App Store. 
  • Kemudian buka aplikasinya. 
  • Kalau kamu masih baru pertama kali menggunakan aplikasi tersebut, login dulu dengan memasukkan nomor AXIS. 
  • Selanjutnya tulis kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  • Setelah berada di halaman Beranda aplikasi, geser menu ke arah kanan. 
  • Berikutnya pilih menu Histori.

Cara Cek Transaksi Terakhir AXIS

  • Di halaman ini akan muncul riwayat transaksi kartu AXIS yang pernah kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan menu filter untuk melihat transaksi sesuai jenis dan waktunya. 

Untuk Apa Cek Transaksi Terakhir AXIS? 

Melihat transaksi terakhir kartu AXIS sebenarnya ada manfaatnya. Pertama, kamu bisa memantau penggunaan nomor tersebut. Termasuk melihat pemakaian kartu untuk SMS, telepon, maupun akses internet. 

Manfaat yang kedua, kamu dapat memastikan apakah transaksi yang dilakukan sudah berhasil. Contohnya saat melakukan pembelian pulsa dan paket internet. Catatan tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai bukti transaksi kalau sewaktu-waktu kamu butuhkan. 

Demikian penjelasan cara cek transaksi terakhir AXIS secara online dan offline. Kamu dapat melihat riwayatnya menggunakan kode UMB. Tapi yang paling mudah dan cepat lagi mengeceknya dari aplikasi AXISnet. 

error:
Scroll to Top