Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

3 Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat, Pembelian dan Pemakaian

GEMATOS.ID | Apakah kamu tidak penasaran pernah menggunakan kartu Indosat untuk apa saja akhir-akhir ini? Ternyata untuk melihat semua riwayat tersebut sangat mudah. Ada berbagai cara cek transaksi terakhir Indosat yang dapat kamu coba untuk memastikan aktivitas pakai kartu tersebut. 

Melihat riwayat penggunaan kartu Indosat mungkin jarang dilakukan. Tapi kamu bisa mencobanya sekarang juga. Buka hanya karena rasa penasaran saja. Melainkan catatan tersebut dapat menjadi salah satu bukti bahwa transaksi telah berhasil. 

Ada berbagai informasi riwayat transaksi yang bisa kamu cek. Pada penjelasan ini akan diterangkan seputar pengecekan transaksi terakhir pakai kartu Indosat. Simak penjelasan di bawah ini. 

Jenis-Jenis Riwayat Transaksi yang Dicatat Indosat

Dengan cara cek transaksi terakhir Indosat, kamu bisa melihat berbagai aktivitas yang pernah dilakukan. Ada beberapa jenis informasi yang dicatat oleh provider saat ini. Kamu bisa mengeceknya kapan saja ketika perlu memastikan berhasil tidaknya transaksi tersebut. Jenis-jenis riwayat transaksi yang dicatat oleh Indosat antara lain yaitu:

1. Aktivitas 24 Jam Terakhir

Kamu ingin lihat transaksi apa saja yang terjadi baru-baru ini dengan kartu Indosat milikmu? Tidak usah bingung, karena dalam waktu 24 jam akan tercatat oleh sistem provider. Di mana aktivitas berbayar menggunakan kartu dapat kamu cek dengan sangat mudah. 

Aktivitas berbayar yang dimaksudkan yaitu pembelian layanan Indosat, baik menggunakan pulsa maupun metode pembayaran lain seperti dompet digital. Contohnya kamu melakukan isi ulang pulsa atau beli paket internet dalam 24 jam terakhir. Maka, informasi tersebut akan muncul ketika kamu cek. 

Related  4 Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Online yang Benar

2. Isi Ulang Pulsa

Jenis transaksi kedua yang bisa kamu lihat adalah riwayat isi ulang pulsa. Setiap kali kamu melakukan pembelian pulsa, akan tercatat oleh sistem provider. Baik pembelian yang dilakukan melalui gerai penjual pulsa, WhatsApp Indosat, maupun aplikasi. 

Cara cek transaksi terakhir Indosat ini pun bermanfaat sebagai bukti bahwa pembelian pulsa berhasil dilakukan. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya apakah pulsa sudah berhasil masuk? Mengapa tidak ada notifikasi yang muncul? Daripada bingung, kamu bisa langsung cek riwayat tersebut. Kalau ada catatan pembelian tapi pulsa tidak masuk, dapat dijadikan bukti komplain. 

3. Histori Pembelian Paket

Dengan cara cek transaksi terakhir Indosat, kamu juga dapat melihat informasi pembelian paket internet. Kamu dapat melihat paket apa saja yang pernah beli. Termasuk waktu pembelian, jenis paket, dan harga paket tersebut. Jadi, bila ingin membeli paket yang sama, bisa kamu cek yang mana. 

4. Data/SMS/Telepon

Yang selanjutnya adalah riwayat penggunaan kartu untuk melakukan panggilan telepon dan SMS. Kamu akan tahu kapan terakhir mengirimkan pesan lengkap dengan waktunya. Pesan dan telepon yang dicatat adalah riwayat transaksi reguler, bukan pakai aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. 

5. VAS (Layanan Konten) 

Pernahkah kamu menggunakan layanan VAS (Value Added Service) dari Indosat? VAS merupakan layanan tambahan yang diberikan untuk meningkatkan nilai dan kegunaan kartu. VAS berupa layanan hiburan, informasi, dan interaktif lainnya. Kamu bisa lihat riwayat pembelian dan penggunaan VAS dengan cek riwayat transaksi ini. 

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat
Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

Untuk melihat riwayat transaksi dan pemakaian kartu Indosat, kamu bisa menggunakan berbagai metode. Cara cek transaksi terakhir Indosat yang paling mudah yaitu pakai kode UMB. Jadi, tidak perlu terhubung ke internet karena hanya dengan mendial kode tertentu. 

Related  2 Cara Cek Gaji Tiktok Sebagai Kreator atau Affiliate Super Mudah

Cara lain yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menghubungi Indira. Indira merupakan asisten virtual yang disediakan oleh Indosat untuk membantu melayani pengguna. Kamu dapat menghubunginya melalui aplikasi maupun website. Penjelasan masing-masing caranya sebagai berikut:

Cara 1. Cek Lewat Kode UMB ✔️

Cara cek transaksi terakhir Indosat pertama yaitu menggunakan kode UMB. Metode ini paling mudah karena bisa kamu lakukan tanpa terhubung ke jaringan internet. Tapi sayangnya, informasi yang ditampilkan kurang lengkap. Bahkan jika tidak ada transaksi paling baru, kamu tidak akan mendapatkan catatan transaksi terakhir. 

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk kamu coba ketika tidak ada sambungan internet. Langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Buka menu Telepon di HP milikmu. 
  • Kemudian input kode UMB *185# untuk cek transaksi kartu Indosat, seperti Im3. 
  • Lalu dial kode tersebut menggunakan nomor Indosat. 
  • Setelah daftar menu ditampilkan, pilih Info Kartu. Caranya yaitu dengan membalas pop up menggunakan kode angka dari menu tersebut, yakni nomor 1.

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

  • Berikutnya pilih menu nomor 2 untuk Riwayat Pemakaian. 

  • Selanjutnya kamu pilih informasi riwayat transaksi apa yang ingin dicek. Untuk cara ini, hanya dapat melihat tiga jenis transaksi berbayar. Kamu bisa memilih pemakaian 24 jam terakhir, Data/internet terakhir, atau VAS terakhir. 

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

  • Setelah itu akan muncul informasi histori dari transaksi yang kamu pilih. 

Cara 2. Tanya Indira Lewat Aplikasi ✔️

Berikut ini cara cek transaksi terakhir Indosat yang lebih lengkap. Kamu dapat bertanya kepada Indira yang merupakan asisten virtual yang siap membantu dan memberikan pelayanan kepada pengguna. Contohnya bertanya hal apa pun, termasuk riwayat penggunaan kartu. 

Salah satu cara untuk menghubungi Indira yaitu lewat aplikasi MyIm3. Im3 yang merupakan kartu bagian dari Indosat dapat kamu gunakan untuk meminta bantuan kepada asisten virtual tersebut. Beginilah cara untuk mencari tahu riwayat transaksi terakhir dengan bertanya kepada Indira:

  • Terlebih dahulu, kamu download aplikasi MyIm3. 
  • Kemudian login menggunakan nomor Indosat yang kamu pakai. 
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. 
  • Setelah aplikasinya terbuka, klik menu Butuh Bantuan? yang ada di sudut kanan atas. 
Related  Cara Hapus Akun Facebook Permanen

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

  • Kemudian akan terbuka ruang chat dengan Indira. 
  • Pilihlah opsi Cek Menu Utama. 
  • Selanjutnya pilih Info Akun/Usage dari daftar menu yang diberikan. 

  • Setelah itu ketuk opsi Riwayat/History.
  • Sekarang kamu pilih informasi transaksi apa yang ingin kamu cek. Kalau lewat Indira, bisa melihat histori dari kelima informasi yang dijelaskan di atas. 
  • Contohnya pilih Isi Ulang Pulsa. 

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

  • Berikutnya Indira akan menampilkan riwayat pengisian pulsa, mulai dari jumlah pulsa, tanggal, dan jam pengisian. 

Sebelum ini, ada yang jadi pengguna Axis? Sebaiknya kamu juga cek transaksi terakhir Axis yuk.

Cara 3. Tanya Indira Lewat Website ✔️

Cara cek transaksi terakhir Indosat yang ketiga juga sama-sama bertanya kepada Indira. Tapi kamu tidak perlu menginstal aplikasi, sehingga lebih hemat ruang penyimpanan. Melainkan Indira dihubungi via website. 

Meskipun lewat website, kamu juga dapat melihat riwayat transaksi secara lengkap seperti halnya di aplikasi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Untuk pengguna kartu Indosat jenis Im3, buka alamat im3.id.
  • Kemudian kamu masukkan kata kunci Indira dari menu pencarian. 
  • Selanjutnya klik tombol BUTUH BANTUAN? yang ada di kanan bawah. 

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

  • Masukkan nama dan nomor Indosat yang kamu gunakan. 
  • Tekan tombol Start Chatting. 

  • Konfirmasi bahwa nomor sudah benar dan tulis kode OTP. 
  • Pilih Info Akun/Usage dari menu utama. 

  • Lalu pilih Riwayat/History.

  • Kemudian tentukan transaksi apa yang ingin kamu cek.

Cara Cek Transaksi Terakhir Indosat

  • Berikutnya Indira akan menampilkan informasinya. 

Demikian penjelasan cara cek transaksi terakhir Indosat. Kamu bisa melihatnya secara offline menggunakan kode UMB. Selain itu dapat bertanya kepada Indira yang lebih mudah. 

error:
Scroll to Top