Cara Cek Umur Kartu Indosat

5 Cara Cek Umur Kartu Indosat, Mengetahui Usia Pemakaian Nomor

GEMATOS.ID | Apakah kamu tidak penasaran sudah berapa lama menggunakan nomor Indosat hingga saat ini? Jika ingin mengetahuinya, kamu bisa mencobanya dengan cara cek umur kartu Indosat. Semakin lama usianya, maka terbukti bahwa kamu adalah pengguna setia Indosat. 

Menunjukkan usia kartu memang tengah ramai saat ini. Karena tidak jarang ada pengguna Indosat yang lupa isi ulang, sehingga nomornya mati dan harus ganti lagi. Ketika ganti nomor, otomatis umur tersebut akan tereset sejak awal lagi. 

Melihat umur kartu Indosat sebenarnya bukan hanya untuk seru-seruan saja. Tapi bisa jadi pertimbangan layak tidaknya mendapatkan promo sebagai pengguna setianya. Karena itulah, coba kamu cek bagaimana caranya di bawah ini. 

Cara Cek Umur Kartu Indosat

Cara Cek Umur Kartu Indosat
Cek Umur Kartu Indosat

Buat kamu yang penasaran sudah berapa lama pakai nomor Indosat hingga saat ini, bisa banget melihat usianya. Ada berbagai cara cek umur kartu Indosat yang dapat dicoba. Mulai dari mengeceknya pakai kode dial UMB, aplikasi, website, hingga WhatsApp. 

Untuk beberapa cara mungkin tidak langsung mengarah pada usia kartu. Melainkan tanggal melakukan registrasi kartu, yang mana dilakukan saat mengaktifkannya pertama kali dulu. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya perhatikan panduan yang diterangkan di bawah ini. 

Cara 1. Cek Umur Kartu Indosat Pakai Kode Dial UMB ✔️

Cara cek umur kartu Indosat yang pertama yaitu menggunakan kode dial UMB. Metode ini yang paling mudah dan praktis, sehingga disarankan kamu pakai cara tersebut. Terlebih lagi bisa kamu coba secara offline, yakni tidak perlu sambungan internet. 

Related  Cara Cek Pulsa Telkomsel yang Baru Update Januari 2024

Lewat cara ini, kamu akan mendapatkan informasi penggunaan kartu Indosat. Tidak disebutkan secara langsung berapa usia pasti dari nomor tersebut. Informasi yang diberikan hanyalah tanggal aktifknya kartu hingga saat ini. 

Dari informasi tersebut kamu dapat memperkirakan sudah berapa bulan atau bahkan berapa tahun menggunakan nomor tersebut. Semakin lama nomor, biasanya sering mendapatkan promo-promo menarik. Sebab Indosat kerap memberikan potongan harga paket kepada pengguna setianya. 

Melihat umur kartu pakai kode dial UMB dapat dilakukan pada perangkat seluler apa saja. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Telepon dari HP yang kamu gunakan. 
  • Kemudian input kode *123*50# dari papan ketik. 
  • Selanjutnya dial kode tersebut. Pastikan kamu melakukan panggilan menggunakan nomor Indosat. 
  • Setelah itu kamu tidak perlu akses menu apa pun lagi. Pada layar ponselmu akan ditampilkan rentang masa aktif kartu tersebut. Contohnya aktif sejak tanggal 21 April 2021 sampai dengan 12 Februari 2024 atau tanggal saat ini. 

Cara Cek Umur Kartu Indosat

  • Dengan informasi tersebut kamu bisa memperkirakan umur kartu, yakni hampir masuk tiga tahun penggunaan. Biasanya untuk usia tersebut mendapatkan promo-promo menarik dari Indosat. 

Cara 2. Cek Umur Kartu Indosat Lewat Aplikasi MyIm3 ✔️

Petunjuk cara cek umur kartu Indosat yang kedua yaitu lewat aplikasi resminya bernama MyIm3. Untuk metode ini berbeda dengan cara cek pakai kode dial UMB. Pasalnya, di aplikasi MyIm3 tidak ada menu yang langsung menunjukkan usia kartu secara jelas. 

Jika melakukan pengecekan melalui aplikasi, kamu harus memanfaatkan layanan bantuan dari asisten virtual bernama Indira. Kemudian bertanya status registrasi kartu agar tahu sejak kapan nomor Indosat tersebut diaktifkan. Karena saat kamu beli kartu pertama kali, maka diharuskan registrasi dengan menginput nomor KK dan NIK. 

Related  Cara Cek Pajak Kendaraan yang Benar

Indira akan menunjukkan tanggal registrasi, sehingga bisa dijadikan acuan sejak kapan nomor tersebut aktif. Panduan mengeceknya seperti di bawah ini:

  • Pastikan sudah download dan instal aplikasi MyIm3. Aplikasi ini kompatibel untuk semua perangkat seluler. Tinggal unduh dari market aplikasi masing-masing. 
  • Setelah diinstal, login ke aplikasi MyIm3 menggunakan nomor Indosat yang ingin kamu cek usianya. 
  • Setelah terbuka, ketuk menu BUTUH BANTUAN? yang ada di pojok kanan atas halaman awal aplikasi. 

Cara Cek Umur Kartu Indosat

  • Berikutnya kamu akan dibawa ke room chat bersama Indira.
  • Pada beberapa daftar menu yang ditampilkan, pilih saja Tanya Indira/Help.

  • Lanjutkan dengan memilih menu Registration Status. 

  • Pilih Status Registrasi, lalu Indira akan menampilkan bagaimana status registrasi kartumu saat ini. Indira akan memberikan informasi mengenai NIK yang terdaftar dan tanggal registrasi. 

Cara Cek Umur Kartu Indosat

  • Lewat tanggal registrasi tersebut, cek kalau sampai saat ini sudah berapa tahun kartu Indosat digunakan. Contohnya registrasi pada tanggal 21 April 2021. Maka hingga sekarang usianya sekitar tiga tahun kurang dua bulan. 

Cara 3. Tanya Umur Kartu Indosat Via WhatsApp ✔️

Kalau berbicara aplikasi WhatsApp, sepertinya tidak ada yang tidak menggunakannya. Hampir semua pasti punya akun WhatsApp. Karena itulah, berikut ini akan dijelaskan cara cek umur kartu Indosat via WhatsApp. 

Indosat sendiri telah menyediakan layanan customer service resmi di WhatsApp. Hal ini menunjukkan bahwa Indosat siap membantu penggunanya kapan saja diperlukan. Lewat WA tersebut kamu dapat mencari tahu berapakah umur nomor Indosat. 

Informasi yang ditampilkan di WhatsApp sama saja ketika kamu bertanya kepada Indira lewat aplikasi. Memang tidak secara jelas menunjukkan umur kartu Indosat, melainkan tanggal registrasi pertama kali. Sebaiknya kamu lihat caranya di bawah ini:

  • Kamu bisa klik link ini untuk membuka room chat dengan WhatsApp milik Indosat wa.me/628551000185.
  • Pastikan menggunakan WhatsApp yang nomornya merupakan nomor Indosat. 
  • Mulai chat dengan sapaan Hi atau lainnya. 
  • Nantinya Indira di WhatsApp tersebut akan memberikan pilih berbagai menu. 
  • Klik Menu Utama dan pilih Info Akun. 
Related  Cara Memasukan Voucher Indosat

Cara Cek Umur Kartu Indosat

  • Berikutnya balas WA dari Indira dengan nomor 5 guna memilih menu Prepaid Registrasi. 

  • Pilih menu Untuk memeriksa nomor telepon yang terdaftar. Caranya balas dengan angka 1.
  • Setelah itu, Indira akan menampilkan informasi NIK dan tanggal registrasi. Gunakan tanggal tersebut untuk memperkirakan umur kartu. 

Cara 4. Tanya Umur Kartu Indosat Lewat Website ✔️

Ada satu cara cek umur kartu Indosat yang mudah tanpa harus instal aplikasi lagi. Kalau memori HP sudah penuh, wajib banget pakai cara ini. Di mana kamu dapat mengakses layanan asisten virtual Indira melalui website. 

Untuk prosesnya sebenarnya tidak jauh beda. Dimulai dari kamu memilih informasi registrasi kartu, kemudian Indira akan menampilkan tanggalnya. Seperti inilah panduan lengkapnya:

  • Buka halaman Indira Chatbot dari Indosat. 
  • Kemudian klik ikon Indira BUTUH BANTUAN yang ada di kanan bawah halaman tersebut. 

Cara Cek Umur Kartu Indosat

  • Selanjutnya, masukkan nama dan nomor Indosat yang ingin kamu cek. 
  • Klik tombol Start Chatting. 

  • Setelah ruang chat dengan Indira terbuka, kamu harus mengikuti proses verifikasi. 
  • Pastikan nomornya sudah benar dan masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. 
  • Berikutnya pilih Tanya Indira/Help dari daftar menu yang diberikan. 

Cara Cek Umur Kartu Indosat

  • Lanjutkan dengan memilih Registration Status. 

  • Pilih Status Registrasi, maka Indira akan menampilkan informasi NIK yang terdaftar dan tanggal registrasi kartu. 

Cara 5. Hubungi Call Center Indosat ✔️

Jika kamu malas cek manual seperti cara-cara di atas, bisa banget pakai metode satu ini. Cukup hubungi call center Indosat di nomor 111. Ketika sudah tersambung dengan CS, tanyakan berapa umur kartu im3 yang kamu gunakan. Ikuti semua panduan dari CS. 

Demikianlah beberapa cara cek umur kartu Indosat. Kamu bisa melihat langsung tanggal mulai aktifnya kartu tersebut pakai kode dial UMB. Dapat pula mengecek tanggal registrasi melalui layanan Indira. 

error:
Scroll to Top