Cara Cek Registrasi Kartu

Cara Cek Registrasi Kartu

Apakah panduan cara cek registrasi kartu menjadi bahasan yang sedang kamu cari saat ini? Ada banyak metode untuk melakukan pengecekan kartu perdana untuk semua operator dan tertuang dalam ulasan lengkap berikut ini.

Mulai tanggal 31 Oktober 2017 pemerintah sudah mewajibkan bagi kita pengguna nomor ponsel untuk melakukan registrasi kartu dengan menggunakan nomor NIK serka no KK. Jika nomor tidak diregistrasikan terlebih dahulu secara otomatis nomor tidak bisa digunakan. Pelanggan yang kartu perdananya belinya sebelum tangggal tersebut juga harus registrasi, jika tidak nomor secara otomatis akan di nonaktifkan. Tentu jika hal ini terjadi bisa merepotkan bukan. Bagi kamu yang sedang mencari informasi seputar cara cek registrasi kartu, ada beberapa tips buat kamu.

Namun sebelum membahas hal tersebut, kamu juga harus tahu kenapa pemerintah mewajibkan kita untuk meregistrasi kartu. Alasan utama dari pemerintah lewat kominfo yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen. Kita ketahui bersama bahwa sekarang ini banyak sekali nomor yang disalahgunakan. Bahkan sampai sekarang masih saja banyak orang yang memanfaakan nomor ponsel untuk hal yang tidak baik. Terkadang juga banyak ditemu orang orang seperti itu meregistrasi nomor dengan nomor NIK dan KK orang lain.

Saat ingin melakukan registrasi kartu kamu juga harus memastikan nomor nik ataupun kk sudah terdaftar di dukcapil. Jika saat proses pendaftaran gagal dikarenakan NIK ataupun no KK belum teresgistrasi, maka kamu bisa konfirmasi kepada pihak desa setempat agar dibantu konfirmasikan ke tinggal kecamatan dan diteruskan ke capil dikarenakan sekarang ini sistem pelayanan sudah bisa online. Atau jika rumah kita dekat dengan dukcapil setempat, kamu bisa langsung datang ke kantor dukcapil secara langsung.

Cara Cek Registrasi Kartu

Cara Cek Registrasi Kartu
Cek Registrasi Kartu

Kita ketahui bersama bahwa di indonesia ini banyak sekali provider penyedia jasa nomor ponsel, dan setiap provider memiliki cara berbeda beda untuk melakukan pengecekan registrasinya. Untuk lebih lanjutnya simak informasi cara cek registrasi kartu semua operator dibawah ini,

Related  Cara Hemat Kuota

Cek Registrasi Kartu XL Axiata

Jika perdanamu merupakan perdana XL dan ingin melakukan pengecekan registrasinya silahkan masuk ke ponsel bagian telepon dan pencet *123*444#. Tunggu prosesnya sampai selesai dan informasi registrasi akan muncul.

Bagi pengguna XL yang ingin melakukan registrasi kartu juga bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut ini, pertama yaitu registrasi kartu dengan mengakses website resmi dari XL yaitu https://www.xlaxiata.co.id/registrasi selanjutnya silahkan masukan nomor ponsel yang mau di registrasikan, kamu akan mendapatkan kode OTP di nomor yang tadi dimasukan. Silahkan masukan nomor OTP tersebut pada kolom yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan mengisi nomor KTP serta nomor KK. Dan akhiri proses maka kamu sudah selesai melakukan registrasi kartu tersebut.

Cek Registrasi Kartu Perdana Indosat

Mengenai pengecekan registrasi kartu indosat kamu bisa melakukannya dengan menekan *185*5#. tinggal menunggu prosesnya selsai dan informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan. Berikutnya buat kamu yang sedang mencari informasi juga cara registrasinya jika baru pertama kali memasang kartu idosat itu seperti apa? Nah, berikut ini langkah langkahnya

  • Akseslangsung ke webstite milik indosat yaitu ke http://mycare.indosatooredoo.com/registration.
  • Akan muncul kolom yang harus di isi dengan NIK serta nomor KK
  • Masukan nomor indosat yang mau diregistrasikan, centang tulisan saya bukan robot. Dan selesai.

Cek Registrasi Kartu Perdana 3

Nah, perdana tri ini favorite bagi kalangan muda yang suka internetan dikarenakan paket data yang terkenal murah serta jaringan yang stabil. Namun jangan lupa untuk melakukan registrasi kartunya. Caranya cukup simpel tinggal ketik sms ke 4444. Jika status kita belum terdaftar, kamu tidak perlu risau atau bingung, berikut ini kita berikan informasi juga cara registrasinya. Simak langkahnya dibawah ini,

  • Akses website http://registrasi.tri.co.id
  • Masukan nomor 3 yang ingin di registrasikan tadi
  • Jangan lupa masukan nomor KTP dan KK. Harus sesuai dengan data diri kita.
  • Centang tulisan am not a robot dan pilih kirim maka kartu perdana 3 kamu sudah siap untuk digunakan.
Related  Cara Cek Nomor Telkomsel

Cek Registrasi Kartu Perdana Telkomsel

Cara yang terakhir yaitu bagi kita yang menggunakan perda telkomsel, kamu bisa melakukan pengecekan registrasinya di *444#. Jika kamu belum melakukan registrasi kartu telkomselmu, segeralah registrasi dengan langkah sebagai berikut ini,

  • Ketik REG#NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

Perlu kita ketahui bersama cara registrasi kartu untuk semua operator juga bisa menggunakan cara ini yaitu Ketik REG#NIK#nomor Kk# kirim ke 4444. sangat mudah bukan langkah langkah yang di informasikan kali ini. Jika langkah langkah di atas dudah dilakukan namun kita mendapatkan kendala kamu tidak perlu kahwatir, karena ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Video Cara Cek Registrasi Kartu

Faktor Penyebab Registrasi Kartu Gagal

Sebagian dari kita yang pernah meregistrasi kartu sendiri dirumah, pasti ada beberapa yang pernah mengalami masalah yaitu gagal registrasi. Setelah diteliti ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan kegagalan registrasi tersebut.

  • Periksa kembali format yang telah kita tulisan tadi, kamu bisa mencoba menggunakan website untuk melakukan pendaftaran jika dengan short sms tetap gagal.
  • Jika cara yang pertama tadi sudah dipastikan formatnya benar dan belum juga bisa, maka kamu bisa mengirimnya lebih dari satu kali. Kamu tidak perlu kahwatir soal potongan pulsanya dikarenakan semua proses registrasi kartu tidak dikenanakan biaya alias gratis. Tunggu maksimal 1×24 jam terkait prosesnya.
  • Jika langkah diatas tadi sudah di coba namun tetap saja tidak bisa maka langkah yang terakhir yaitu kamu datang langsung ke gerai operator selural dari perdana yang kamu pakai tadi.

Buat kita yang sengaja tidak melakukan registrasi ulang kartu kita maka kita akan melewati beberapa tahapan seperti ini, pertama yaitu kamu tidak akan bisa melakukan panggilan keluar. Kamu suga tidak bisa menikmati layanan short sms. Selanjutnya akan di bloking panggilan masuknya juga dan sms masuk juga sudah tidak bisa. Selanjutnya akses internet kamu akan terputus juga jika proses registrasi tidak kunjung kamu lakukan. Untuk mengindari hal ini, luangkanlah waktu sedikit saja untuk melakukan registrasi kartu kita. Semuanya sudah di tuangkan di peraturan menkominfo no 14/2017.

Related  Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan

Jika kita masih merasa kesulitan untuk melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan cara cek registrasi kartu perdana semua operator, kamu bisa meminta bantuan pada penyedia layanan kartu perdana tadi. Atau kamu juga bisa menghubungi call center dari setiap masing masing perdana yang kamu punya. Demikian informasi kali ini semoga bisa membantu kita dalam proses registrasi kartu yang baru kita beli atau kartu lama kita yang belum melakukan registrasi.

error:
Scroll to Top