Cara Daftar MyPertamina

6 Cara Daftar MyPertamina – Subsidi Tepat yang Paling Baru

GEMATOS.ID | MyPertamina adalah aplikasi resmi dari Pertamina yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan pembelian BBM. Kamu dapat bayar BBM secara online lewat aplikasi tersebut. Tapi sebelum itu, cari tahu bagaimana cara daftar MyPertamina untuk menikmati semua fitur yang ada. 

Aplikasi MyPertamina ini sempat ramai ketika ada uji coba di mana untuk melakukan pembelian BBM harus secara online. Pembeli harus buat akun terlebih dahulu, kemudian pembayarannya lewat LinkAja yang tersambung ke akun MyPertamina. Jadi, tidak dibayar offline lagi. 

Meski dianggap cukup merepotkan dan uji coba tidak berjalan kembali, tapi keberadaan aplikasi MyPertamina dirasa membantu. Apalagi di dalamnya ada fitur Subsidi Tepat yang ditunjukkan kepada pengguna yang memenuhi syarat. Sebaiknya simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu MyPertamina? 

Sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana cara daftar MyPertamina, mungkin kamu perlu tahu mengenai aplikasi satu ini. MyPertamina merupakan aplikasi layanan keuangan digital yang dikeluarkan Pertamina dan terintegrasi dengan LinkAja. Lewat aplikasi tersebut, kamu bisa membayar BBM secara nontunai di SPBU Pertamina.

Tapi sebenarnya tidak hanya untuk bayar secara online saja. Dalam aplikasi tersebut juga banyak fitur penting lainnya. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Riwayat pembelian BBM dan poin. Ketika kamu beli BBM dan bayar lewat MyPertamina, maka akan mendapatkan poin. Ketika beli Pertamax Turbo dan Pertamina Dex akan diberi 10 poin. Sedangkan Pertamax dan Dexlite dapat tiga poin. Nantinya setelah terkumpul banyak, poin dapat ditukar dengan berbagai merchandise
  • Charging Station. Fitur yang satu ini berguna untuk menampilkan informasi mengenai stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). 
  • Merchandise. Kalau menu ini menyediakan berbagai macam merchandise yang dijual resmi oleh Pertamina. Contohnya seperti gantungan kunci, kaos, stiker, dan lainnya. 
  • Outlet terdekat. Jika kamu sedang bepergian, tidak perlu bingung mencari lokasi SPBU. Pasalnya, lewat MyPertamina kamu dapat melihat peta dan mencari di mana SPBU yang paling dekat dengan lokasi saat ini. 
  • Voucher. Fitur lain yang dapat kamu temukan adalah voucher BBM. Jadi, pembelian BBM nantinya menggunakan voucher dengan nominal tertentu. Karenanya tidak perlu bayar manual lagi pakai uang tunai. 
Related  3 Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers: Banyak Cuan

Jadi, begitu banyak fitur yang tersedia di aplikasi MyPertamina. Tapi yang masih termasuk baru ada yang namanya Subsidi Tepat. Di mana produk tersebut disediakan bagi pengguna yang memenuhi persyaratan. 

Cara Daftar MyPertamina

Cara Daftar MyPertamina
Daftar MyPertamina

Kalau kamu ingin menikmati semua fitur yang telah diuraikan di atas, maka harus punya akun terlebih dahulu. Cara daftar MyPertamina ternyata sangat mudah. Yang perlu kamu siapkan hanyalah nomor HP aktif, sehingga bisa menerima SMS berisi kode verifikasi. 

Pendaftaran ini dilakukan langsung di aplikasi MyPertamina. Jadi, pastikan sudah download aplikasinya terlebih dahulu. Untuk pengguna HP android bisa unduh lewat Google Play Store. Sedangkan user iPhone mengunduhnya di App Store. Setelah diinstal di perangkat, lakukan pendaftaran seperti panduan di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi MyPertamina ✅

Jika kamu sudah punya MyPertamina, langsung saja buka aplikasinya. Kemudian kamu ketuk tombol Mulai yang muncul di halaman awal aplikasi. Langkah ini akan membawamu ke halaman login aplikasi MyPertamina. 

Langkah 2: Berikan Izin Akses Lokasi ✅

Cara Daftar MyPertamina

Tapi sebelum lanjut ke cara daftar MyPertamina, kamu harus memberikan izin pada aplikasi agar dapat diakses. Tekan saja tombol BERI AKSES LOKASI yang muncul pada pop up. Kemudian berikan izin hanya saat mengakses aplikasi itu saja. 

Langkah 3: Pilih Opsi Untuk Daftar Akun Baru ✅

Ini adalah halaman untuk login ke aplikasi MyPertamina. Tapi karena kamu masih jadi pengguna baru, pilihlah opsi Daftar Sekarang yang ada di bawah. Setelah itu akan dilanjutkan pada cara daftar MyPertamina yang berikutnya, yakni melengkapi kolom pendaftaran yang sudah disediakan. 

Langkah 4: Isi Informasi Pendaftaran yang Diberikan ✅

  • Ada beberapa kolom yang harus kamu lengkapi pada tahapan ini. Pertama, masukkan nama lengkapmu. 
  • Lalu input nomor HP yang masih aktif dan bisa digunakan. Nantinya nomor tersebut dipakai oleh MyPertamina untuk memberikan kode OTP. 
  • Masukkan pula tanggal lahirmu. 
  • Setelah itu, buat PIN berjumlah enam digit. PIN inilah yang nanti dipakai login ke aplikasi. 
  • Konfirmasi dengan menuliskan PIN sekali lagi. 
  • Kalau semua kolom sudah terisi, klik tombol DAFTAR
Related  Cara Buat Akun Facebook

Langkah 5: Tunggu Kode OTP ✅

Cara Daftar MyPertamina

Cara daftar MyPertamina hampir selesai kamu lakukan. Tapi sebelum itu, ada kode OTP yang akan dikirimkan melalui nomor HP terdaftar. Proses verifikasi ini dilakukan secara otomatis. Itu artinya, sistem MyPertamina akan mendeteksi kode OTP yang masuk. Jadi, tidak perlu kamu input secara manual. 

Langkah 6: Login ke Aplikasi MyPertamina ✅

Cara daftar MyPertamina sudah selesai dan sekarang kamu sudah punya akun yang baru. Maka, login ke aplikasi tersebut dan nikmati semua fitur yang disediakan. Masuk ke aplikasi MyPertamina dengan input nomor HP dan PIN yang kamu buat tadi. Setelah itu, tekan tombol Masuk dan tampilan awal MyPertamina akan terlihat pada layar. 

Cara Mendaftarkan Kendaraan di MyPertamina ✅

Selain cara daftar MyPertamina, kamu juga harus tahu bagaimana cara mendaftarkan data kendaraan milikmu. Ini akan memberikan kemudahan ketika kamu melakukan pengisian BBM selanjutnya. Berikut adalah cara untuk mendaftarkan kendaraan di aplikasi MyPertamina:

  • Buka aplikasi MyPertamina. ⛽
  • Setelah itu, klik ikon profil yang ada di bagian pojok kanan atas. ⛽
  • Kemudian masuk ke bagian tab menu Data Kendaraan. ⛽
  • Di sini klik opsi TAMBAH KENDARAAN. ⛽
  • Setelah itu, tentukan jenis kendaraan yang hendak kamu daftarkan. Apakah itu roda dua, empat, enam, atau lebih. ⛽
  • Selanjutnya tentukan merk kendaraan yang kamu gunakan saat ini. ⛽
  • Tulus nomor kendaraan atau plat kendaraan pada kolom selanjutnya. ⛽
  • Berikutnya pilih tipe customer. Di sana ada pilihan personal, driver online, transportasi umum, bisnis, dan lainnya. ⛽
  • Jika semua sudah benar, tekan tombol TAMBAH KENDARAAN yang ada di bawah. ⛽

Cara Daftar Subsidi Tepat ✅

Subsidi tepat merupakan program subsidi BBM dari Pertamina yang diperuntukkan bagi pengguna tertentu. Dijelaskan dalam aplikasi MyPertamina bahwa menu program Tepat disediakan bagi konsumen solar dan pertalite (roda empat). Dalam praktiknya, ketika bertransaksi konsumen diminta menunjukkan kode QR yang didapatkan saat daftar di MyPertamina. Berikut cara daftarnya:

  • Buka aplikasi MyPertamina. ⛽
  • Geser ke bawah dan pilih menu Subsidi Tepat. ⛽
  • Setelah itu, klik tombol PENDAFTARAN. ⛽
  • Kamu akan dibawa ke sebuah halaman pendaftaran, pilih saja opsi Daftar Akun Baru. ⛽
  • Baca syarat konsumen yang bisa mendapatkan subsidi tepat. Kemudian klik tombol Daftar Sekarang. ⛽
  • Pada halaman ini, kamu diminta untuk melengkapi formulir yang sudah disediakan. Tuliskan nama lengkap sesuai identitas. Masukkan pula NIK KTP, nomor HP aktif, alamat email, dan kata sandi. ⛽
  • Selanjutnya tekan tombol Buat Akun. ⛽
  • Laku cek email masuk untuk melakukan proses aktivasi. ⛽
  • Masuk ke akun Subsidi Tepat dan daftarkan kendaraanmu. Nantinya kamu diminta mengunggah foto KTP, STNK, dan foto kendaraan. ⛽
  • Setelah data diverifikasi, ikuti panduan untuk mengunduh kode QR yang dipakai bertransaksi. ⛽
Related  3 Cara Daftar Kurir SiCepat: Online dan Datang ke Kantor

Demikian penjelasan mengenai cara daftar MyPertamina lewat aplikasi. Kamu dapat menggunakan semua fitur yang terdapat di aplikasi tersebut, termasuk pembayaran secara non-tunai. Ada pula program Subsidi Tepat yang bisa kamu ikuti. 

error:
Scroll to Top