Cara Cek Pajak Kendaraan

Posted on 296 views

Bagaimana cara cek pajak kendaraan? Apakah kendaraan dengan tahun tua memiliki harga pajak yang lebih murah? Apakah bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan secara online? Apa saja yang dibutuhkan?

Bicara soal pajak kendaraan, mungkin kita selaku masyarakat Indonesia sudah gak lagi asing mendengar kalimat yang satu ini.

Sebagai salah satu bentuk taat pajak, kita selaku pemilik kendaraan harus menjadi pelaku taat pajak, sebagaimana yang sudah diatur dalam undang undang kepemerintahan.

Itulah mengapa, gak heran jika saat ini kita menemukan banyak hal yang berkaitan dengan pajak. Mulai dari pajak ketika berbelanja, pajak ketika membeli rumah, menyewa rumah, membeli tanah, dan juga pajak kendaraan.

Hal ini sendiri sudah gak lagi mengagetkan para pengguna ataupun pemilik kendaraan. Karena pasalnya, tiap-tiap mereka yang baru saja membeli kendaraan seperti motor ataupun mobil, sudah harus mengetahui jika mereka akan dikenakan pajak.

Untuk pajak pada kendaraan sendiri, sebenarnya ada 2 yang mimin tau. Ada pajak tahunan yang mana harus dibayarkan tiap tahun untuk memperpanjang STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan juga Pajak 5 Tahunan yangm ana harus dibayarkan per 5 tahun sekali, untuk melakukan pembaruan pada kaleng atau plat kendaraan, dan juga STNK.

Baik dari pajak tahunan dan juga pajak per 5 tahun sendiri, nominal nya jelas sangat berbeda. Tetapi, untuk urusan perhitungan dan juga pembayaran masih tetap sama kok. Karena, hal ini sendiri sudah ditetapkan dari jenis kendaran yang di miliki oleh pengguna.

Seperti misalnya untuk kendaraan yang di produksi pada tahun lama (90an) akan lebih murah daripada pajak kendaraan yang di produksi pada tahun 2001, begitupun seterusnya. Tapi, hal ini gak jadi patokan yang pasti.

Sebab, ada perhitungan lain yang mana membuat biaya pajak yang tertera di STNK akan berbeda. Biasanya, hal paling signifikan dalam pembedaan biaya pajak adalah CC dari kendaraan yang dimiliki.

Related  Cara Cek Resi TIKI

Oleh karena itulah, motor dengan cc 110, akan lebih murah dibandingkan dengan motor 150 cc, dan begitupun untuk cc yang lebih besar, seperti 250, 500, 600, sampai ke 100 cc.

Maka dari itu, jika mungkin kamu baru saja akan membeli kendaraan bermotor ataupun mobil, kamu harus mengetahui besaran pajak yang akan kamu tanggung dalam jangka waktu 1 tahun, ataupun 5 tahun.

Karena, pajak yang nantinya kamu bayar ini akan membantu biaya infrastruktur ataupun pembangunan jalan yang dilakukan oleh pemerintah. Sesuai dengan slogannya, pajak adalah dari kita, dan untuk kita semua.

Cara Cek Pajak Kendaraan

Cara Cek Pajak Kendaraan
Cek Pajak Kendaraan

Oleh sebab itulah, kamu harus banget nih tau cara cek pajak kendaraan dan jangan sampai telat melakukan pembayaran pajak, agar tidak terkena denda akibat keterlambatan pembayaran pajak.

Cara Cek Pajak Kendaraan lewat Manual

Cara pertama dan yang paling mudah menurut mimin adalah dengan melakukan pengecekan pajak secara manual. Disini, maksudnya adalah kamu bisa mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan untuk tiap satu tahun dari kendraan yang kamu punya.

Untuk melakukan pengecekan jumlah besaran pajak kendaraan yang kamu punya, kamu dapat melihatnya pada STNK yang kamu miliki. Biasanya, disana akan tertera jumlah besaran pajak yang harus dibayarakan.

Tapi, kalau kamu bingung kamu bisa menambahkan jumlahnya untuk mengira-ngira sebelum melakukan pembayaran pajak secara offline di kantor samsat yang sesuai domisili kalian.

Misalnya, besaran pajak yang tertera adalan 150.000, maka kamu bisa menyiapkan uang sekitar 200.000 sebelum menuju samsat.

Karena, ketika akan melakukan pembayaran pajak kendaraan di samsat, kamu akan membutuhkan beberapa biaya tambahan seperti biaya fotocopy STNK, kertas untuk penggesekkan nomor rangka, dan masih banyak lagi.

Related  Cara Keluar Akun Gmail di HP

Tetapi, jika mungkin kamu memiliki tetangga yang bekerja di samsat, kamu bisa menitipkan STNK kamu untuk melakukan perpanjangan pajak.

Biasanya, kamu akan diminta untuk memberikan STNK, KTP Asli, dan juga BPKB. Kemudian untuk perpanjangan pajaknyapun bisa kamu ketahui ketika mengunjungi tetanggamu yang bekerja di kantor samsat.

Cara Cek Pajak Kendaraan lewat Aplikasi

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan sekaligus melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online, dan juga dirumah.

Disini, kita akan menggunaka bantuan aplikasi, untuk melakukan pengecekan dan pembayaran pajak. Caranya

  1. Kamu bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi Samsat Online Nasional di Play Store ataupun App Store
  2. Setelah itu, buka aplikasi Samsat Online Nasional dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu jika belu memiliki akun
  3. Jika sudah, kemudian kamu bisa mengklik pada menu Info Pajak
  4. Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi, seperti Daerah Asal, Provinsi, Nomor PKB (Nomor Polisi Kendaraan) dan data lain seperti Nomor Induk KTP, dan Nomor Plat Kendaraan
  5. Isi semua data yang dibtuhkan dan jangan lupa untuk memasukkan 5 digit terakhir dari nomor rangka kendaraan
  6. Setelah semua data terisi, maka nantinya akan muncul jumlah tagihan dari pajak kendaraan yang harus kamu bayarkan, beserta kode pembayaran
  7. Nah, disini kamu bisa melakukan pembayaran lewat beberapa bank, seperti Bank DKI, Bank Bukopin, Bank BTN, BRI, MayBank, Bank Permata, Mandiri, dan BCA
  8. Lakukan pembayaran tadi baik melalui ATM ataupun Mobile Banking
  9. Setelah selesai, simpah bukti transaksi atau struk transfer sebagai bukti jika kamu sudah melakukan pembayaran

Nah, apabila sudah selesai, maka selanjutnya kamu tinggal membawa STNK dan juga bukti pembayaran tadi, dan melakukan pengesahan atas pembayaran pajak di kantor samsat terdekat, guna mendapatkan TBPKB / SKPD dan juga stiker pengesahan STNK.

Related  Cara Cek Saldo BRI Lewat HP dengan Benar

Cara ini jelas mudah, karena kamu tidak perlu mengantri lama ketika sampai di kantor samsat dan tinggal melakukan pengesahan saja.

Cara Cek Pajak Kendaraan lewat Samsat Keliling

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu dapat menggunakan bantuan atau jasa dari samsat keliling. Nah, untuk mendapatkan informasi mengenai samsat keliling, kamu dapat melihatnya di beberapa media sosial dari samsat di domisili kamu tinggal.

Biasanya, untuk prosess pengerjaan dari samsat keliling ini terbilang cepat dan mudah. Namun, kamu harus terlebih dahulu mengatri apabila ada banyak orang yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan mereka.

Dan untuk prosessnya juga sama kok. Kamu bisa terlebih dahulu menunjukkan STNK kamu untuk dilakukan pengecekan biaya pajak yang harus dibayarkan.

Jika sudah, nantinya pihak samsat akan memberikan kamu informasi mengenai harga akhir atau harga keseluruhan yang harus dibayarkan dari pajak kendaraan yang kamu punya.

Samsat keliling sendiri biasanya ada disekitar pinggir jalan ataupun tempat yang cukup terjangkau oleh masyarakat. Dan untuk samsat keliling sendiri, biasanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pajak tahunan. Sementara, untuk pajak per 5 tahun, mungkin akan ada prosess untuk menunggu plat baru kamu dikeluarkan oleh pihak samsat.

Dan itulah tadi beberapa cara cek pajak kendaraan yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan metode yang menurutmu mudah, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.