Cara Melihat Barcode Gopay

2 Cara Melihat Barcode Gopay (Kode QR) untuk Terima dan Bayar

GEMATOS.ID | Gopay adalah layanan dompet digital yang ada di aplikasi Gojek untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Sekarang tidak perlu lagi memberikan nomor akun, tapi bisa dengan cara melihat barcode Gopay. Jadi, tinggal pakai barcode tiap melakukan transaksi. 

Fitur barcode tersebut menjadi terobosan baru dari Gojek untuk penggunanya. Jika ingin melakukan pembayaran atau meminta transferan Gopay, tinggal memindai barcode tersebut. Lebih praktis dan mudah ketimbang memberitahu nomor akun yang terkadang lupa. 

Lantas, apa sebenarnya fitur barcode di Gopay? Kemudian, bagaimana cara melihat barcode tersebut? Berikut akan diterangkan secara rinci termasuk juga fungsi keberadaan barcode untuk akun Gopay. 

Apa Itu Barcode GoPay? 

Gopay merupakan layanan pembayaran digital yang terdapat di aplikasi Gojek. Pada mulanya Gopay hanya bisa digunakan untuk bayar transaksi yang terjadi di Gojek saja, entah beli makanan atau order jasa transportasi online. Tapi sekarang, Gopay dapat dijadikan sebagai metode pembayaran di platform lain. 

Guna memudahkan proses transaksi menggunakan Gopay, Gojek memberikan fitur bernama barcode atau QR code. Sering pula disebut dengan QRIS (Quick Response QR Code Indonesia Standard). Ini merupakan standar yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk semua penyedia layanan pembayaran yang menggunakan kode QR. 

Jadi, barcode yang ada di Gopay itu termasuk bagian dari QRIS. Kode seperti ini diciptakan untuk memberikan kemudahan transaksi tanpa uang tunai bagi masyarakat Indonesia. Karena punya barcode, Gopay tidak hanya bisa digunakan di Gojek saja, melainkan semua transaksi cashless payment yang mendukung kode QR. 

Cara Melihat Barcode Gopay

Cara Melihat Barcode Gopay
Cara Melihat Barcode Gopay

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara melihat barcode Gopay tersebut? Buat pengguna baru aplikasi Gojek mungkin masih bingung di mana letak kode QR dari dompet digital Gopay. Pasalnya, kode tidak ditampilkan langsung pada menu barcode. 

Related  3 Cara Melihat Penghasilan TikTok (LIVE, Affiliate, dan Reward)

Terdapat hal penting yang harus kamu ketahui jika ingin melihat barcode Gopay. Di mana, kode tersebut dapat ditemukan di tempat yang berbeda. Ada kode yang digunakan untuk menerima pembayaran atau minta transferan saldo. Ada juga kode khusus untuk membayar transaksi secara cashless. Sebaiknya, simak penjelasan berikut agar tidak bingung. 

Cara 1. Melihat Barcode Gopay Untuk Terima Pembayaran atau Minta Transferan ✔️

Cara melihat barcode Gopay yang pertama ini digunakan ketika ini meminta transferan saldo maupun menerima pembayaran. Misalkan kamu punya toko yang menerima pembayaran dengan QRIS. Maka, buat pakai barcode Gopay untuk diberikan kepada pembeli. 

Ini juga dapat digunakan ketika ingin meminta saldo dari teman. Daripada menyebutkan nomor akun Gopay yang terkadang lupa, lebih baik tunjukkan kode tersebut. Nantinya, dari HP teman tinggal dipindai dan saldo akan masuk ke akunmu. 

Cara melihat barcode Gopay untuk kegunaan ini sangat mudah. Selain itu, kode dapat di-screenshot dan disimpan agar bisa kamu pakai sewaktu-waktu. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Gojek yang kamu gunakan. 
  • Kemudian klik opsi Lainnya yang ada di dashboard menu Gopay. 

  • Setelah itu, pilih menu Minta

Cara Melihat Barcode Gopay

  • Barcode akan ditampilkan di layar HP. 
  • Screenshot kode tersebut untuk digunakan kapan saja. Kamu juga dapat menunjukkan langsung bagi yang ingin melakukan pembayaran cashless.

Cara 2. Melihat Barcode Gopay Untuk Membayar Transaksi ✔️

Berikut ini cara melihat barcode Gopay ketik kamu ingin membayar transaksi secara cashless atau non-tunai. Misalkan bayar belanjaan di ritel, seperti Indomaret atau toko lain yang mendukung pembayaran pakai QRIS. Cara ini tentunya lebih praktis dan tidak perlu menyiapkan uang tunai. 

Tapi cara melihat barcode Gopay untuk pembayaran tidak sama seperti ketika meminta transferan saldo. Jika ingin bayar transaksi pakai kode QR dari Gopay, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Gojek. 
  • Lalu cek bagian dashboard menu Gopay. 
  • Ketuk opsi Lainnya untuk memunculkan lebih banyak menu. 
  • Dari daftar menu yang ditampilkan, pilih Bayar
Related  6 Cara Bayar KRL Pakai GoPay, Beli Tiket Kereta Menggunakan QRIS

  • Setelah itu, ketuk fitur Tunjukkin Kode. 

Cara Melihat Barcode Gopay

  • Berikutnya kamu diminta untuk menginput enam digit PIN Gopay sebanyak dua kali. 

  • Baru akan muncul kode QR yang harus kamu tunjukkan kepada kasir untuk memproses pembayaran. 
Dalam bertransaksi, GoPay sangat berguna dan bisa untuk membayar apapun. Contohnya bisa untuk bayar Spotify, bayar Tokopedia, atau yang lainnya.

Bedanya, barcode Gopay untuk membayar transaksi ini tidak dapat di-screenshot. Selain itu, kode hanya berlaku selama tiga menit saja dengan maksimal pembayaran sebanyak Rp500 ribu. Kalau waktu habis, pilih opsi MINTA KODE BARU. 

Cara Melihat Barcode Gopay di GoBiz ✅

Bagi kamu yang mungkin menjadi mitra usaha GoPay baru dan belum tahu bagaimana cara menampilkan kode QRIS GoPay, ikuti step berikut ini ya:

  • Buka halaman GoKasir ya, ini khusus Mitra Usaha GoPay yang sudah mengaktifkan GoKasir
  • Pilih menu yang sudah terdaftar atau klik Manual untuk memasukkan pesanan dan nominal transaksi yang perlu dibayarkan oleh pelanggan secara manual
  • Cek kembali daftar pesanan, lalu klik Pilih pembayaran
  • Anda akan melihat berbagai pilihan metode pembayaran QRIS. Untuk menggunakan GoPay, pilih GoPay – QRIS dan kode QRIS usaha Anda akan muncul.
  • Minta pelanggan untuk mengarahkan kamera ke kode QRIS untuk melanjutkan proses pembayaran

Fungsi Barcode Gopay 💯

Dengan cara melihat barcode Gopay, pengguna Gojek akan mendapatkan kemudahan dalam setiap melakukan transaksi. Tinggal pandai kode tanpa menyebutkan nomor akun. Keberadaan barcode untuk Gopay juga memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya yaitu:

  • Mengembangkan Bisnis. Adanya barcode di Gopay ternyata berperan penting dalam mengembangkan bisnis. Pasalnya, pembayaran dari konsumen dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu memberikan jangkauan yang lebih luas dalam pembayaran secara non-tunai. 
  • Fungsi fleksibilitas. Fungsi yang berikutnya, barcode di akun Gopay memiliki sisi fleksibilitas. Di mana saldo Gopay dapat digunakan di mana saja untuk pembayaran yang mendukung QRIS. Fungsi fleksibilitas juga dirasakan oleh konsumen yang ingin bertransaksi denganmu, terlebih sama-sama menggunakan Gopay. Tinggal scan kode, maka pembayaran berhasil dilakukan. 
  • Fungsi bagi pengguna GoBiz. Untuk pengguna GoBiz, dapat mengaktifkan layanan QRIS Gopay secara langsung lewat aplikasi GoBiz. Begitu berhasil diaktifkan, dapat terima pembayaran dari mana saja hanya dengan satu kode QR. Apalagi QRIS Gopay sudah terintegrasi dengan berbagai metode lainnya. 
  • Fungsi bagi pengguna Gopay. Kemudian bagi pengguna Gopay, adanya barcode memberikan fungsi yang penting. Kode itu dapat digunakan untuk dua tujuan yang berbeda, yakni membayar transaksi dan menerima saldo. Tinggal lihat barcode sesuai dengan tujuan yang diperlukan. 
Related  Cara Sewa Motor Listrik Gojek (VOLTA, Electrum, Charged) Mudah

Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Pakai Barcode Gopay 🧐

Memang dengan cara melihat barcode Gopay, transaksi akan lebih mudah. Namun di samping kelebihan pembayaran pakai kode, tetap ada sisi kelemahannya. Terlebih dahulu akan dibahas apa saja kelebihan jika menggunakan barcode Gopay untuk bertransaksi. Antara lain sebagai berikut:

  • Gampang dan cepat. Transaksi pembayaran dengan kode Gopay tinggal scan yang hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Ini jauh lebih gampang dan cepat daripada menyebutkan nomor secara manual. Selain itu, dapat memotong antrean pembayaran. 
  • Lebih modern dan kekinian. Bagi kamu yang punya bisnis, pembayaran dengan barcode Gopay dinilai lebih kekinian, sehingga bisa menarik minat pelanggan. Terlebih lagi sekarang ini banyak yang punya saldo di dompet digital daripada menyediakan uang tunai. 
  • Tidak perlu repot bawa uang tunai. Pernahkah kamu bayar transaksi dengan nominal yang sulit untuk dibayar secara tunai, misalkan Rp56.475? Sekarang tidak perlu bingung lagi jika bayar pakai barcode Gopay. Karena setelah di-scan, bisa membayar dengan jumlah yang pas tanpa kurang ataupun lebih. 

Tidak hanya kelebihan, transaksi dengan barcode Gopay ternyata juga punya kekurangan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Rawan terkena serangan malware
  • Mudah dijadikan sasaran kejahatan phishing
  • Dapat disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab, seperti buat barcode palsu. 
  • Mengancam privasi data. 

Demikian penjelasan cara melihat barcode Gopay untuk pembayaran maupun meminta transferan. Bertransaksi dengan barcode atau kode QR dinilai lebih praktis dan efisien. Namun perlu diwaspadai juga beberapa bahayanya. 

error:
Scroll to Top