Cara Ambil Order Lalamove

4 Cara Ambil Order Lalamove: Prosedur Menyelesaikan Pesanan Cepat

GEMATOS.ID | Apa kamu baru gabung jadi mitra pengemudi jasa pengantaran Lalamove? Jika iya, wajib banget tahu bagaimana cara ambil order Lalamove yang benar. Jangan asal mengambil pesanan pengguna agar tidak mengalami kerugian. 

Sebagai driver, harus bijak dalam memilah mana orderan yang sebaiknya diambil dan tidak. Terlebih lagi, Lalamove menggunakan sistem yang berbeda dari platform serupa lainnya. Entah itu untuk pengiriman paket kecil maupun besar. 

Dalam menerima orderan pengguna Lalamove pun harus tahu beberapa ikon yang ada di aplikasi. Ikon khusus memiliki arti tertentu yang bersangkutan dengan permintaan pengguna dalam pengiriman paket. Itulah kenapa, sebaiknya perhatikan panduan berikut sebelum mengambil orderan di Lalamove. 

Hal Penting Saat Ambil Order Lalamove

Sebelum menjelaskan cara ambil order Lalamove, ada berbagai hal penting untuk diperhatikan. Hal-hal ini bisa kamu pertimbangkan saat mengambil orderan dari pengguna. Baik dari segi jarak maupun layanan lain. 

Seperti yang disebutkan jika sistem orderan di Lalamove itu berbeda, yakni dengan bidding atau lelang. Kamu dapat memilih untuk ikut lelang orderan mana yang sekira mampu dan pantas untuk diambil. Sebagai pertimbangan, perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Jarak pengambilan. Jangan ambil order yang jaraknya jauh dengan lokasimu saat ini, kira-kira lebih dari 3 kilometer atau lebih dari 15 menit. Karena kalau sampai pelanggan minta pembatalan karena jaraknya jauh, dampaknya mitra dapat sanksi invalid cancel. 
  • Additional service. Hal penting lainnya untuk diperhatikan adalah additional service. Masing-masing pengguna biasanya meminta layanan tambahan yang berbeda. Ini akan mempengaruhi SOP pengiriman order tersebut. Kamu bisa cek tipe layanan tambahan di Lalamove dan ikonnya di sini
  • Metode pembayaran. Lalamove itu dibayarkan dengan dua cara. Jika di sana ikonnya uang dan tertulis Payable by Customer, tandanya biaya dibayar secara tunai. Sedangkan jika ikonnya dompet dan tertulis Already paid, berarti dibayar non-tunsi. Untuk yang kedua, akan langsung masuk ke saldo e-wallet driver setelah menyelesaikan order. 
  • Alamat. Saat kamu menerima dan berhasil memenangkan lelang order, akan ada rincian alamat. Bagian atas adalah alamat pick up atau pengambilan barang. Di bawahnya merupakan alamat drop-off paket. Jika tertera dua alamat, maka paket dikirimkan lebih dari satu tujuan. 
  • Arti warna order. Orderan di Lalamove itu ditandai dengan warna yang berbeda juga. Warna oranye menandakan order harus diselesaikan segera. Kuning berarti order dijadwalkan pada hari yang sama, di sana tertera jam pick-up. Kemudian biru untuk pesanan terjadwal, tapi di hari yang berbeda. 
Related  Cara Pesan Grab 2 Tujuan (Multi Instant) Tidak Perlu Order Lagi

Cara Ambil Order Lalamove

Cara Ambil Order Lalamove
Cara Ambil Order Lalamove

Itulah beberapa hal penting yang wajib diperhatikan saat menerima order dari pengguna Lalamove. Setiap pesanan memiliki karakteristik dan permintaan sendiri. Kamu dapat mempertimbangkan sebaiknya ikuti bidding order yang mana, sehingga tidak mengalami kerugian. 

Untuk cara ambil order di Lalamove sebenarnya cukup mudah. Kamu harus memilih order dan ikut lelang, kemudian menjalankan pesanan tersebut. Langsung saja cek penjelasan cara ambil order Lalamove berikut ini:

Langkah 1. Pilih Ambil di Aplikasi Lalamove Driver ✔️

  • Cara ambil order Lalamove yang pertama yaitu buka aplikasi Lalamove yang digunakan untuk mitra pengemudi. 
  • Kemudian masuk ke menu Ambil yang ada di kiri bawah. Menu tersebut digunakan untuk melihat berbagai orderan yang tersedia. 

Langkah 2. Pilih Pesanan yang Ada ✔️

Cara Ambil Order Lalamove

  • Di halaman ini, kamu akan melihat berbagai jenis order dari pengguna. Perhatikan jarak pesanan dari lokasimu sekarang. 
  • Kamu juga bisa lihat rute pengambilan dan metode pembayaran yang digunakan. 
  • Pilih salah satu order yang menurutmu pantas untuk diambil saat ini. 

Langkah 3. Ikuti Lelang ✔️

Di sinilah cara ambil order Lalamove yang penting. Seperti yang disebutkan jika sistem orderan di Lalamove itu dengan cara lelang. Jadi, kamu punya waktu beberapa detik untuk melihat detail order. Jika tertarik ikut pelelangan, geser tombol Mulai Sekarang yang ada di bawah. 

Sebelum memutuskan ikut lelang order, perhatikan dulu detail pesanan tersebut. Sebaiknya kamu cek beberapa hal di bawah ini:

  • Jadwal jemput order. 
  • Jarak penjemputan. 
  • Rute pengantaran, yakni alamat pick-up dan drop-off. 
  • Layanan tambahan pada order. 
  • Metode pembayaran. 

Langkah 4. Hubungi Pelanggan dan Selesaikan Pesanan ✔️

Jika kamu memenangkan lelang, akan muncul detail alamat penjemputan dan pengantaran yang harus diselesaikan. Untuk cara ambil order Lalamove tersebut, klik tombol Hubungi Pelanggan yang ada di bawah. Setelah itu, segera datang ke alamat pick-up untuk ambil paket. 

Related  8 Cara Order Maxim Motor yang Paling Mudah dan Benar

Cara Ambil Order Lalamove

Tapi jika gagal memenangkan lelang, yang akan muncul adalah notifikasi Leave this Order. Kamu bisa coba dengan cara ambil order Lalamove yang lain dan ikut pelelangan lagi. Pemilihan driver yang cocok memang ditentukan oleh sistem Lalamove sendiri. Riwayat pembatalan jadi pertimbangan apakah kamu layak terima order tersebut atau tidak. 

Cara Menyelesaikan Order Lalamove 💯

Setelah dapat order dan memenangkan lelang, selanjutnya kamu harus menyelesaikannya sesuai jadwal. Jika jenis pesanan bertanda oranye yang artinya diambil segera, maka langsung berangkat ke titik pick-up. Buat driver baru, selain tahu cara ambil order Lalamove, perhatikan pula bagaimana cara menyelesaikannya berikut ini:

  • Setelah kamu memilih Hubungi Pelanggan, langsung berangkat ke alamat penjemputan yang tertera. 
  • Bila sudah tiba di lokasi, geser kotak hijau di bawah yang bertuliskan Tiba di Lokasi Pengambilan. 
  • Selanjutnya, akan masuk ke proses penyerahan paket dari pelanggan kepada mitra pengemudi. Jika proses loading masuk barang sudah selesai, jangan lupa mengambil dokumentasi paket yang dikirim. Kamu harus melakukan selfie bersama paket tuanya mengenakan masker. Klik Menambah Foto dan Konfirmasi Pemuatan. 
  • Setelah itu, antarkan paket ke alamat yang sesuai tujuan. 
  • Nantinya saat tiba di lokasi drop-off, jangan lupa konfirmasi di aplikasi driver Lalamove dengan geser menu Tiba di Lokasi Pengiriman. 
  • Turunkan barang dari kendaraan dan berikan kepada penerima. Setelah selesai, geser tombol Bongkar Muat Selesai. 
  • Pastikan kamu mengambil foto serah terima barang dengan pihak yang menerimanya. Ini sebagai bukti untuk mencegah kasus salah terima. Bila ada kotak untuk menambahkan foto tersebut, kamu wajib mengunggahnya. Kalaupun tidak ada, tetap wajib foto dan disimpan ke galeri. 
  • Setelah semua proses selesai, klik “Ok, Selesai” yang muncul di aplikasi. Kamu akan menerima pembayaran, baik secara tunai atau langsung masuk ke e-wallet. Nantinya di detail pesanan akan muncul keterangan Pembayaran Diterima. 
Related  8 Cara Pesan Grab Now, Order GrabBike dan GrabCar Tanpa Nunggu

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Menyelesaikan Order Lalamove

Dengan cara ambil order Lalamove dan ikut lelang, kamu akan dapat pesanan baru yang harus diselesaikan. Tapi ada beberapa larangan yang wajib dihindari saat menyelesaikan order tersebut. Di antaranya yaitu:

  • Memakai aplikasi Mod atau Maps palsu, sehingga seolah-olah lokasinya dekat dari pengguna. 
  • Menyelesaikan pesanan sebelum ambil barang. 
  • Mengonfirmasi pesanan selesai di aplikasi padahal belum tiba di lokasi tujuan. 
  • Menyertakan bukti foto yang tidak jelas dan tidak sesuai prosedur Lalamove. 

Jadi, seperti itulah cara ambil order Lalamove. Kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut lelang pesanan yang mana. Apabila memenangkan lelang, langsung selesaikan jika order yang harus diambil segera. Dan bagi mungkin yang belum terima atribut, bisa baca cara mendapatkan atribut Lalamove Driver secara gratis.

 

error:
Scroll to Top