Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

3 Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri di Aplikasi Shopee

GEMATOS.ID | Pengguna yang sering belanja di aplikasi Shopee pasti tidak asing dengan fitur ShopeePay. Di mana fitur tersebut adalah dompet digital yang bisa digunakan untuk membayar belanja maupun tagihan. Tapi tahukah kamu bagaimana cara melihat nomor ShopeePay sendiri saat memerlukannya? 

Nomor ShopeePay itu diperlukan ketika kamu ingin melakukan top up saldo. Nomor akan tetap sama sejak kamu mengaktifkan fitur tersebut pertama kali. Lantas, bagaimana jika sudah lama mendaftar ShopeePay dan tidak ingat nomor mana yang digunakan? 

Karena itulah, berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengetahui nomor yang jadi akun ShopeePay. Sebaiknya nanti kamu catat nomor tersebut agar sewaktu-waktu membutuhkannya tidak usah bingung lagi. Di samping itu juga diterangkan hal-hal penting terkait ShopeePay di aplikasi Shopee. 

Mengenal Fitur ShopeePay

Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai cara melihat nomor ShopeePay sendiri, mungkin ada yang belum tahu fitur satu ini. ShopeePay adalah layanan dompet digital yang tersedia dalam aplikasi Shopee. Seperti halnya e-wallet pada umumnya, saldo dapat digunakan untuk berbagai transaksi. 

Kamu bisa melakukan pembayaran dengan lebih praktis pakai saldo ShopeePay. Contohnya membayar belanjaan, beli token listrik, hingga bayar tagihan lewat Shopee. Di samping itu, saldo dapat ditransfer ke akun ShopeePay lain maupun antar bank jika sudah upgrade ke akun Plus. 

Untuk menggunakan ShopeePay, harus dilakukan aktivasi terlebih dahulu. Memang fitur e-wallet tersebut tersedia otomatis di aplikasi Shopee. Namun bisa dipakai kalau sudah kamu aktifkan. Dan yang paling baru, sekarang sudah tersedia aplikasinya sendiri yang terpisah dari Shopee dengan fitur yang masih sama. 

Related  2 Cara Melihat Pesan di TikTok (DM) Lewat Aplikasi dan Situs Web

Apa Itu Nomor ShopeePay? 

Apabila kamu terbiasa pakai dompet digital, pasti paham bahwa untuk pembuatan akun itu menggunakan nomor HP. Begitu pula jika mengaktifkan ShopeePay. Biasanya, nomor tersebut sama dengan yang kamu daftarkan sebagai akun di aplikasi Shopee. 

Mengetahui nomor ShopeePay itu sangat penting. Salah satunya digunakan untuk top up saldo atau meminta transferan dari pengguna lain. Jika melakukan top up langsung via Shopee mungkin tidak memerlukannya. Namun ketika isi saldo lewat platform lain, maka membutuhkan nomor tersebut. 

Fungsi lainnya jika kamu minta transferan saldo ShopeePay dari pengguna lain. Pasti temanmu itu bertanya berapa nomor akun ShopeePay yang kamu miliki. Meskipun saat ini sudah diberikan kemudahan untuk minta saldo memakai kode QR. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri
Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

Ternyata cara melihat nomor ShopeePay sendiri itu sangat mudah. Berdasarkan panduan yang diberikan oleh customer service dari ShopeePay, caranya bisa lewat profil dan isi saldo. Kamu dapat melihatnya, baik dari profil yang tertera di aplikasi Shopee maupun langsung lewat ShopeePay. 

Namun ada cara yang lebih akurat lagi, yakni dengan mencoba isi saldo. Nantinya kamu dapat sebuah kode yang digunakan sebagai tujuan transfer. Dalam kode tersebut ada nomor ShopeePay di bagian belakang. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan cara-cara di bawah ini:

Cara 1. Melihat Nomor ShopeePay dengan Top Up Saldo ✔️

Cara melihat nomor ShopeePay sendiri pertama dan paling akurat yaitu dengan cara isi saldo. Buat kamu yang terbiasa pakai ShopeePay mungkin tidak perlu bingung bagaimana caranya. Karena top up saldo bisa dilakukan lewat Indomaret, Alfamart, transfer bank, mitra Shopee, dan lainnya. 

Tapi kalau ingin mengetahui nomor akun ShopeePay, kamu harus top up via transfer bank. Karena nantinya ada sebuah kode virtual account yang digunakan sebagai tujuan transfer. Misalkan kamu pilih top up lewat bank Mandiri, maka rekening tujuannya adalah kode tersebut yang di dalamnya ada nomor ShopeePay. 

Related  11 Cara Bayar Shopee Food Pakai ShopeePay yang Paling Mudah

Tidak usah bingung, karena caranya sangat mudah. Kamu bisa melakukan top up lewat aplikasi Shopee. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee
  • Kemudian tap menu ShopeePay yang ada di halaman utama. 

  • Kamu juga bisa mengaksesnya dengan masuk ke menu Saya

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Setelah itu, pilih ShopeePay yang ada di kategori menu Dompet Saya. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Jika sudah terbuka, pilih opsi Isi Saldo. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Di halaman ini, kamu akan menemukan berbagai metode top up yang dapat dipilih. Karena ingin melihat nomor ShopeePay, pilih via Transfer Bank. Misalkan Bank Mandiri. 
  • Klik tombol KONFIRMASI di bawah ini memilih opsi tersebut. 

  • Selanjutnya, kamu akan mendapatkan sebuah kode virtual account berjumlah 15 digit. Tiga digit pertama adalah kode untuk bank Mandiri. Lalu sisa 12 digit adalah nomor ShopeePay milikmu. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

Cara 2. Melihat Nomor ShopeePay Lewat Profil ✔️

Umumnya, nomor ShopeePay itu sama dengan yang digunakan untuk daftar sebagai akun Shopee. Itulah kenapa, kamu juga dapat melihatnya lewat profil akun Shopee. Tapi masalahnya, nomor yang dicantumkan tidak lengkap. Hanya awal dan akhir saja yang diperlihatkan. 

Meski begitu, bisa kamu gunakan untuk mengecek mana nomor yang terdaftar dengan mengingat-ingat digit terakhir. Bisa jadi, nomor tersebut juga dipakai sebagai akun WhatsApp. Untuk cara melihat nomor ShopeePay sendiri lewat profil, langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu Saya
  • Kemudian klik menu Pengaturan yang ditandai dengan ikon roda gerigi. 

  • Setelah itu, masuk ke bagian Akun dan Keamanan. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Kamu bisa lihat di menu No. Handphone. Lihat dua angka terakhir nomor yang terdaftar. Kemudian ingat-ingat, nomor manakah yang memiliki akhiran itu. 
Related  3 Cara Mendapatkan Voucher Shopee Food: Gratis Kode Promo!

Cara 3. Mengecek Nomor Lewat Aplikasi ShopeePay ✔️

Selain dua metode di atas, masih ada satu cara melihat nomor ShopeePay sendiri yang bisa dicoba. Di sini kamu dapat menggunakan aplikasi ShopeePay langsung. Memang aplikasi ini masih tergolong baru. 

Ada dua cara pengecekan lewat aplikasi ShopeePay. Pertama yaitu dengan melihat kode QR. Perhatikan saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Pastikan sudah download dan instal aplikasi ShopeePay di perangkatmu. 
  • Setelah itu, buka aplikasinya. 
  • Ada dua metode login. Tapi karena kamu tidak ingat dengan nomor akun ShopeePay, bisa memilih untuk login dengan akun Shopee. 
  • Secara otomatis akan terintegrasi dengan aplikasi Shopee yang digunakan sebelumnya. 
  • Apabila sudah berhasil login, ketuk menu Saya yang ada di kanan bawah. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Setelah itu, klik opsi Tampilkan Kode QR Saya yang ada di atas. 

  • Nantinya di halaman tersebut bisa lihat nomor ShopeePay yang terdaftar. Tapi seperti di aplikasi Shopee, yang ditampilkan hanya digit awal dan akhir saja. Jadi, kamu harus mengingat nomor mana yang punya akhiran tersebut. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

Cara kedua jika lewat aplikasi ShopeePay yaitu dengan masuk ke halaman Profil. Tapi ini lebih akurat, karena bisa meminta kode OTP ke nomor tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi ShopeePay dan masuk ke menu Saya
  • Setelah itu, buka menu Profil Saya. 

  • Langkah berikutnya, cek di bagian No. Handphone. 

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Kalau setelah diingat-ingat masih tidak tahu pakai nomor yang mana, ketuk saja menu tersebut. 
  • Kemudian pilih opsi Verifikasi dengan OTP. 

  • Ada pilihan Kirim ke WhatsApp atau Lainnya

Cara Melihat Nomor ShopeePay Sendiri

  • Sekarang cek WA dari ShopeePay dan lihat masuk ke akun WA yang mana. Berarti, itulah nomor yang kamu gunakan. 

Demikian penjelasan cara melihat nomor ShopeePay sendiri. Cara yang paling akurat yaitu lewat kode virtual account yang didapatkan saat top up saldo. Bisa juga melihatnya di menu Profil akun Shopee

error:
Scroll to Top