Cara Melihat Pesanan di TikTok

3 Cara Melihat Pesanan di TikTok: Lewat Shop, Profil, dan Pengaturan

GEMATOS.ID | TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang juga jadi marketplace ternama di Indonesia. Meskipun sempat ditutup, fitur Shop kembali dibuka dan disambut dengan antusias. Siapa pun yang beli di TikTok Shop dapat memantaunya dengan cara melihat pesanan di TikTok dan melacak perjalanan paket. 

Dengan adanya fitur tersebut tidak perlu merasa khawatir lagi kalau beli barang di TikTok. Karena kamu dapat memantau perkembangan pesanan, mulai dari masih dikemas oleh penjual, diserahkan kurir, dan dikirimkan. Semua itu bisa dilihat dalam satu aplikasi yang sama, yakni TikTok. Kamu pun dapat mempersiapkan diri kalau-kalu orderan segera tiba, terlebih dibayar dengan sistem Cash On Delivery (COD). 

Kalau kamu termasuk sebagai pengguna baru, harus tahu bagaimana cara untuk melihat orderan di TikTok Shop sekaligus melacaknya. Selain itu juga diberikan tutorial bagaimana cara mengetahui kondisi paket berdasarkan statusnya di TikTok. Langsung saja cek penjelasannya di bawah ini. 

Cara Melihat Pesanan di TikTok

Cara Melihat Pesanan di TikTok
Melihat Pesanan di TikTok

Ketika kamu belanja di TikTok, jangan lupa untuk memantau perkembangan pesanan sudah sampai mana. Selain tahu posisi barang, kamu juga bisa mempersiapkan biaya apabila membayarnya secara COD. Termasuk ketika di rumah tidak ada orang, maka mencari siapa yang dipercaya untuk menerimanya. 

Dengan cara melihat pesanan di TikTok pula kamu dapat mengajukan komplain ke penjual apabila pemrosesannya cukup lama. Contohnya paket masih dalam posisi dikemas padahal orderan sudah kamu buat sejak jauh-jauh hari. Dengan bukti tersebut tentunya pertanyaan bisa kamu ajukan ke seller

Related  7 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark di iPhone

Karena itulah, cari tahu tentang bagaimana cara untuk memantau pesanan di TikTok. Kamu dapat melihatnya lewat menu Shop, Profil, serta Pengaturan dan Privasi. Semua akan dijelaskan di bawah ini. 

Cara 1. Melihat Pesanan di TikTok Lewat Menu Shop ✔️

Cara melihat pesanan di TikTok yang pertama dilakukan melalui menu Shop. Cara ini merupakan metode paling umum dan gampang, sebab transaksi terjadi di TikTok Shop. Sebagaimana melakukan pembelian di sana, maka kamu pun dapat memantau orderan di menu yang sama juga. 

Beberapa bulan menu Shop ini sempat tidak ada menyusul keputusan untuk menutup marketplace di TikTok ini. Tapi dengan kebijakan baru, TikTok Shop kembali muncul dan digunakan kembali. Nantinya setelah buat orderan, kamu bisa melihatnya langsung dengan cara seperti di bawah ini:

  • Buka dulu aplikasi TikTok milikmu untuk masuk ke tampilan awal berupa halaman Beranda. 
  • Kalau sudah berhasil login dan akses ke aplikasi TikTok, pilih fitur Shop yang ada di daftar menu bagian bawah. 

  • Selanjutnya di halaman Shop, masuk ke menu Pesanan yang ada di atas. 

Cara Melihat Pesanan di TikTok

  • Di halaman inilah kamu dapat melihat seluruh riwayat orderan, baik yang sudah selesai maupun yang masih dalam perjalanan. 

Cara Melihat Pesanan di TikTok

  • Jika ingin melihat detail orderan, klik pesanan yang kamu inginkan. 
  • Kemudian lihat kapan pesanan itu dibuat, jenis barang, harga, nama toko, dan informasi lainnya. 
  • Apabila ingin melacak pesanan yang masih dalam perjalanan, geser ke menu Dikirim. Selanjutnya kamu bisa melihat detail perjalanan paket dan posisinya saat ini. 
  • Melihat pesanan di TikTok sebenarnya tidak hanya untuk memantau perjalanan paket. Tapi juga memberikanmu kemudahan apabila sewaktu-waktu ingin repeat order. Tidak perlu cari-cari lagi, melainkan tinggal checkout pesanan yang sama dengan sebelumnya. 
Related  2 Cara Mengetahui Link TikTok Sendiri di Aplikasi dan Web

Cara 2. Melihat Pesanan di TikTok Lewat Profil ✔️

Cara melihat pesanan di TikTok yang selanjutnya dapat kamu lakukan lewat menu Profil. Meskipun dengan langkah yang berbeda, tapi nantinya akan menampilkan hasil yang sama. Di mana kamu bisa lihat semua riwayat pesanan dan memastikan posisi paket sudah sampai mana. Langkah-langkah lengkapnya dapat kamu cek di bawah ini:

  • Langsung saja kamu akses menu Profil setelah membuka aplikasi TikTok. Menu tersebut terletak di bagian pojok kanan bawah halaman Beranda. 

  • Setelah ada di halaman Profil, buka fitur Pesanan Shop | Tokopedia. Jangan khawatir kalau muncul tulisan Tokopedia, karena memang TikTok bekerja sama dengan marketplace tersebut. 

Cara Melacak Pesanan di TikTok

  • Nantinya akan dibawa ke sebuah halaman baru. Masuk ke bagian menu Pesanan

  • Di sinilah kamu dapat melihat dan memantau orderan yang pernah dibuat di TikTok Shop. Sedangkan kalau ingin melacak perjalanan paket, geser ke bagian menu Dikirim. Klik paketnya dan lihat detail perjalanan sudah sampai mana. 

Cara 3. Mengecek Pesanan di TikTok Lewat Pengaturan ✔️

Berikut ini cara melihat pesanan di TikTok yang mungkin jarang digunakan. Apabila terjadi bug di aplikasi yang membuatmu tidak bisa akses menu Shop, dapat mencoba metode ini. Caranya dengan pantau orderan di TikTok melalui menu Pengaturan dan Privasi. 

Meskipun dengan cara yang berbeda, kamu tetap bisa melihat hasil yang sama. Ikuti saja langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke menu Profil
  • Selanjutnya, tekan tanda garis tiga yang ada di kanan atas. 

  • Setelah itu ketuk opsi Pengaturan dan Privasi. 

  • Di halaman Pengaturan, kamu pilih menu Pesanan Shop | Tokopedia. 

Cara Melacak Pesanan di TikTok

  • Pada bagian selanjutnya, masuk ke menu Pesanan
Related  Cara Bayar Tiktok Shop di Indomaret Tanpa Biaya Admin 100% Mudah

  • Sekarang lihat semua orderan yang pernah terjadi atau masih dalam perjalanan. Kalau ingin melacak paket, caranya juga sama. Geser ke bagian Dikirim dan lihat detailnya. 

Jenis-Jenis Status Pesanan di TikTok Shop ✔️

Memang dengan cara melihat pesanan di TikTok kamu akan tahu detail dari masing-masing paket. Tapi sudahlah kamu paham dengan berbagai kategori menu yang ditampilkan di halaman Pesanan tersebut? Jika ingin membaca informasi yang muncul, pastikan tahu apa saja status orderan di aplikasi TikTok. 

Status orderan merupakan keterangan yang menunjukkan keadaan paket saat ini. Di antaranya yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Semua: dalam menu ini akan ditampilkan semua orderan yang pernah kamu buat. Mulai dari pesanan pertama kali di TikTok sampai yang sedang berlangsung saat ini. 
  • Belum dibayar: status ini menunjukkan bahwa pesanan yang kamu buat masih menunggu pembayaran. Contohnya dibayar dengan sistem transfer bank atau metode lain yang harus segera diselesaikan. Biasanya kalau sudah lewat batas waktu bayar, pesanan akan dibatalkan secara otomatis. 
  • Untuk dikirim: kalau pesanan masuk dalam kategori menu ini, berarti paket masih dalam tahap pengemasan oleh penjual. Biasanya memerlukan waktu untuk memprosesnya. Tidak jarang sampai 1—2 hari. Kalau paket sudah siap, selanjutnya akan diserahkan kepada jasa ekspedisi sesuai dengan yang tertera di TikTok Shop. 
  • Dikirim: status pesanan yang satu ini menunjukkan bahwa paket sedang dalam proses pengiriman oleh jasa ekspedisi. Di sinilah kamu dapat melakukan pemantauan sudah sampai mana posisinya. Jadi, tidak perlu cek resi manual lewat platform lain. 
  • Untuk diulas: menu ini tempat paket yang sudah selesai dan kamu terima. Kemudian bisa kamu review di halaman toko penjual. 
  • Pengembalian: apabila kamu pernah melakukan retur barang, maka akan muncul di bagian ini. 

Demikianlah cara melihat pesanan di TikTok yang dapat kamu coba. Sebagai pembeli, kamu bisa memantau perjalanan paket dan memastikannya dikirim oleh seller. Selain melacak pesanan yang sedang dikirim, dapat pula melihat orderan yang dibuat sejak lama. 

error:
Scroll to Top