Cara Cek Resi Tiktok Shop

3 Cara Cek Resi Tiktok Shop, Lacak Paket Sudah Ada Dimana

GEMATOS.ID | Baru berbelanja di Tiktok Shop pertama kali, tapi bingung untuk mengecek resi pengiriman di Tiktok Shop? Jangan risau, ada cara cek resi Tiktok shop sangat mudah yang bisa Kamu coba. Mengecek resi merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan pembeli di marketplace apapun.

Dengan mengetahui resi pengiriman, Kamu bisa melacak keberadaan paket pesananmu sudah berada dimana. Jadi tidak perlu lagi repot-repot menanyakan ke seller atau layanan CS Tiktok Shop untuk mengetahui lokasi paket yang dikirimkan.

Selain itu, pelacakan juga penting untuk mengetahui apakah seller benar-benar mengirimkan barang yang Kamu pesan ataukah tidak. Menariknya, cara cek resi Tiktok shop bisa dilakukan tanpa repot karena di Tiktok sendiri sudah ada fiturnya.

Cara Cek Resi Tiktok Shop

Cara Cek Resi Tiktok Shop

Tapi bagi Kamu yang baru pertama kali berbelanja dan ingin mengecek keberadaan paket yang dipesan, sebaiknya ikuti panduan cara cek resi Tiktok Shop berikut ini :

Cara 1. Cek Resi Tiktok Shop di Aplikasi Tiktok ✔️

Pertama, Kamu bisa mengecek resi Tiktok Shop lewat profil di Tiktok dengan melacak pesanan yang sudah Kamu buat.

  • Buka atau masuk ke Akun Tiktok Kamu.
  • Setelah masuk beranda Tiktok, klik Profil.
  • Jika sudah masuk ke profil, klik Pesanan Saya. 
Related  3 Cara Melacak Pesanan di TikTok, Cek Resi TikTok Shop Begini!

  • Selanjutnya, masuk ke Pusat Pesanan dan klik Dikirim.

  • Jika ada lebih dari satu pesanan, silahkan pilih Pesanan yang mau Kamu lacak resinya.
  • Setelah mengklik Pesanan yang mau dilacak resinya, maka Kamu akan masuk ke halaman Lacak Paket berisi resi dan juga keterangan lokasi paket udah berada dimana.

Cara 2. Cek Resi Tiktok Shop di Telegram ✔️

Cara yang kedua, Kamu bisa cek resi Tiktok Shop via Telegram. Emang bisa ya, lacak pesanan di Telegram? Tentu bisa dong, apalagi kini hampir semua jasa ekspedisi menyediakan layanan pelacakan resi di Telegram.

Selain itu, sebenarnya cara ini bisa dikatakan  sebagai cara lanjutan untuk Kamu yang belum puas hanya dengan melihat keterangan di Tiktok.

Jika ternyata paket yang dipesan belum tiba juga, maka bisa mencoba melacak dengan cara cek resi Tiktok Shop via web jasa ekspedisi di bawah ini :

  • Untuk tahapan-tahapannya sama seperti cara pertama di atas, hanya saja ketika Kamu menemukan Nomor Resi Pesanan, maka Salin nomor resi tersebut terlebih dahulu.
  • Jika sudah, buka aplikasi Telegram dan ketikkan lacakpaket_bot. Silahkan buka channel Lacak Paket tersebut.

  • Setelah masuk ke channel bot Lacak Paket, silahkan klik Mulai dan ketik /start.

  • Selanjutnya akan ada balasan bot dan ketik help. 
  • Lalu pilih jasa ekspedisi yang kamu gunakan, misalnya JNT, maka ketikkan !JNT (spasi) Nomor Resi lalu Kirimkan.

  • Silahkan tunggu beberapa saat, sampai bot Telegram memberikan balasan berupa keterangan lokasi paket Kamu.

Cara 3. Cek Resi Tiktok Shop di Web Browser ✔️

Selain kedua cara di atas, Kamu juga bisa coba cara cek resi Tiktok Shop melalui web browser. Dengan catatan, Kamu sudah menyalin nomor resi paket di Tiktok Shop. Berikut panduannya :

  • Silahkan masuk ke Google Chrome atau web browser lainnya yang sering Kamu pakai.
  • Kemudian ketikkan Cek Resi pada menu pencarian Chrome.
Related  2 Cara Cek Gaji Tiktok Sebagai Kreator atau Affiliate Super Mudah

  • Silahkan pilih website cek resi yang Kamu inginkan, misalkan memilih berdu.id.
  • Setelah itu, pilih Kurir dan isi Nomor Resi pada kolom yang tersedia.

  • Jika sudah ketuk Cek Resi.
  • Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan informasi keterangan lokasi paket Kamu berada.

Bagaimana Jika Paket dari Tiktok Shop Belum Juga Datang ❓

Untuk mengatasi paket yang juga belum datang, maka Kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut :

1. Cek Status Pengiriman

Silahkan periksa status pengiriman orderan Kamu kembali. Biasanya Tiktok shop memberikan nomor resi pelacakan pesanan yang bisa dipakai untuk melacak pesanan atau paket Kamu. Tentu saja, hal ini bisa membantumu untuk mengetahui posisi keberadaan paket kiriman dari Tiktok Shop.

Coba cek pesanan Kamu secara realtime menggunakan cara cek resi Tiktok Shop di atas, sebelum lanjut ke tips nomor dua.

2. Cek Kembali Alamat Pengiriman

Sebelum komplain ke Tiktok Shop, sebaiknya pastikan dulu alamat pengiriman Kamu sudah lengkap dan juga benar. Paket mungkin saja tertunda karena alamat pengiriman kurang akurat atau tidak lengkap.

3. Menghubungi Customer Service

Apabila Kamu sudah menunggu terlalu lama paket yang dikirimkan Tiktok Shop tanpa notifikasi atau perubahan mengenai status pengiriman, silahkan menghubungi Customer Service atau layanan pelanggan dari Tiktok Shop.

Selanjutnya, mereka akan memberikan detail informasi mengenai orderan Kamu sekaligus dapat menyelesaikan masalah pada pengiriman.

4. Mencari Tahu Kembali Mengenai Kebijakan Retur atau Penggantian

Apabila paket Kamu tidak juga datang, sementara Kamu tidak bisa menyelesaikan masalah ini, maka cek kebijakan penggantian atau pengembalian barang dari aplikasi Tiktok.

Mungkin Kamu harus mengajukan permohonan refund jika paket Kamu tidak juga datang.

Alasan Kenapa Tidak Dapat Berbelanja di Tiktok Shop ❓

Selain masalah paket yang gagal kirim atau pengiriman yang lambat, ada beberapa pengguna yang kerap mengeluhkan tidak bisa berbelanja di Tiktok Shop. Jika Kamu mengalaminya, mungkin penyebabnya ada diantara salah satu poin berikut :

Related  Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop Sebelum Belanja

1. Aplikasi Tiktok Sudah Kadaluwarsa

Banyaknya kendala yang terjadi saat menggunakan Tiktok Shop bukan hanya disebabkan oleh penjual, pembeli atau dari kurir/jasa ekspedisi saja. Tetapi juga dari masalah sistem, termasuk aplikasi Tiktoknya itu sendiri.

Ketika Kamu tidak bisa memesan produk di Tiktok Shop, bisa jadi aplikasi Tiktoknya sudah kadaluwarsa atau harus update terlebih dahulu.

Kamu bisa cek di Google Play Store, kemudian cari Aplikasi Tiktok dan pastikan apakah ada tulisan Update atau tidak. Jika ada, tinggal klika Update untuk memperbarui aplikasi.

2. Tidak Memenuhi Syarat

Selain dari masalah sistem, faktor penyebab kenapa Kamu tidak dapat berbelanja di aplikasi Tiktok lainnya yaitu bisa jadi dari akun Tiktoknya itu sendiri.

Ada kebijakan yang harus Kamu patuhi jika mau berbelanja di akun Tiktok, yaitu usia atau umur pengguna di aplikasi Tiktok. Jadi, jika Kamu menginputkan usia belum genap 18 tahun, dengan begitu Kamu tidak akan bisa berbelanja.

Hal ini lantaran, Tiktok sendiri telah memberikan syarat usia minimal 18 tahun untuk menggunakan akun Tiktok dan berbelanja.

3. Produk Habis

Faktor penyebab kenapa tidak bisa berbelanja di Tiktok Shop lainnya yaitu bisa jadi karena masalah produk habis. Dimana saat produk habis atau dihapus oleh penjual, maka Kamu akan gagal checkout atau berbelanja di Tiktok.

4. Ada Informasi yang Tidak Valid atau Belum Lengkap

Faktor lainnya yaitu bisa saja alamat yang Kamu masukkan tidak valid atau belum lengkap. Maka dari itu, cek terlebih dahulu nama penerima, nomor kontak dan alamat penerima, untuk bisa berbelanja di Tiktok.

Ya, berbelanja di Tiktok sebenarnya sangat mudah karena Kamu hanya perlu mengakses fitur Shop. Selain itu, pelacakan barang juga bisa dilakukan tanpa ribet dengan cara cek resi Tiktok Shop di atas. So, tunggu apalagi? Kini kamu bisa berbelanja di Tiktok Shop tanpa khawatir!

error:
Scroll to Top