Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Belum/Sudah Dibayar

GEMATOS.ID | Adakah cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang belum maupun sudah dibayar? Pertanyaan tersebut pasti penting buatmu karena melakukan kesalahan saat checkout pesanan itu mungkin terjadi. Apalagi setelah melakukan pembayaran, tapi kurang suka dengan barang yang dipesan. 

Tidak usah khawatir lagi, karena kamu bisa simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan solusi atas kesalahan pemesanan di TikTok Shop. Ternyata, pesanan tersebut dapat kamu batalkan dengan syarat tertentu. Langsung saja ikuti panduannya di bawah. 

Syarat Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Buat kamu sekalian para pengguna aplikasi TikTok, tidak perlu panik jika melakukan kesalahan saat checkout barang. Karena kamu bisa cancel dengan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop. Apakah semua orderan yang dilakukan dapat dibatalkan? Jawabannya belum tentu. 

Memang TikTok Shop menyediakan fitur pembatalan atas barang yang sudah diorder oleh pembeli. Tapi dengan syarat bahwa pemrosesan orderan masih dalam tahap Dipesan atau Menunggu Kurir. Apabila barang sudah di-pick up jasa pengiriman, kamu tidak dapat melakukan pembatalan. 

Posisi barang Dipesan yaitu ketika masih dalam tahap pengemasan oleh penjual. Di mana resi belum dicetak, sehingga pembeli yang melakukan cancel akan lebih mudah diproses. Selain itu, orderan yang ada di tahapan menunggu pembayaran juga bisa di-cancel.

Contohnya saat beli barang di TikTok Shop menggunakan metode pembayaran transfer bank atau lewat minimarket. Umumnya metode pembayaran tersebut memberikan batas waktu hingga pesanan diproses oleh seller. Tapi jika kamu berubah pikiran dan ingin membatalkannya saja, masih mungkin untuk dilakukan. 

Related  2 Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus, Pasti Berhasil

Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur bayar pesanan? Dalam kondisi ini pun ternyata masih bisa dibatalkan juga. Tapi dengan syarat barang belum dikirimkan. Kalau masih menunggu dijemput oleh kurir, dapat mengontak penjual untuk mendiskusikan pembatalan orderan. 

Jadi kesimpulannya, kamu bisa cancel dengan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop karena berubah pikiran. Namun syaratnya barang masih dalam tahapan dipesan atau menunggu dijemput kurir. Selain itu, tergantung pula pada metode pembayaran. Karena jika bayar pakai COD, menu pembatalan tidak ada dan harus menghubungi penjual. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop
Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Melakukan kesalahan saat pesan barang merupakan hal yang mungkin terjadi, tapi sebaiknya dihindari. Karena proses pembatalan pesanan tidak semudah saat kamu checkout dan melakukan pembayaran. Meskipun pada kenyataannya di TikTok Shop ada fitur untuk cancel pesanan. 

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop terbilang susah-susah gampang. Berikut ini akan dijelaskan cara cancel orderan yang menunggu pembayaran, suda dibayar, dan menunggu penjemputan. Perhatikan panduannya agar berhasil cancel pesanan. 

1. Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Menunggu Pembayaran ✔️

Penjelasan yang pertama adalah cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang masih menunggu pembayaran. Contohnya di sini kamu bayar lewat transfer virtual account. Metode pembayaran tersebut memerlukan waktu sebelum diproses oleh seller.

Dengan metode pembayaran tersebut, biasanya pesanan akan dibatalkan secara otomatis apabila tidak bayar sampai batas waktu yang diberikan. Tapi sebelum itu, kamu juga dapat melakukan pembatalan sendiri. Tentunya jauh lebih mudah dan bisa cepat-cepat buat pesanan yang lain. 

Proses cancel untuk pesanan yang berada di tahapan ini akan lebih cepat diproses oleh sistem TikTok Shop. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke menu Shop
Related  3 Cara Melihat Video TikTok yang Baru Saja Dilihat (Riwayat Tontonan)

  • Setelah berada di halaman awal TikTop Shop, ketuk menu Pesanan yang ada di atas. 

Cara Melihat Pesanan di TikTok

  • Selanjutnya, pilih orderan mana yang masih menunggu pembayaran dan ingin segera kamu cancel. Untuk lebih mudah menemukan pesanan yang mana, geser ke tab menu Belum Dibayar
  • Apabila halaman rincian pesanan sudah terbuka, gulir layar ke bawah. 
  • Nantinya di bawah akan ada menu Batalkan Pesanan. Klik menu tersebut dan segera lakukan cancel

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

  • Langkah berikutnya tentukan alasan kenapa ingin membatalkan pesanan tersebut. Biasanya daftar alasan sudah ditentukan oleh TikTok Shop.
  • Pilih salah satu alasan tersedia dan klik Kirimkan

  • Tunggu mendapatkan notifikasi pembatalan sudah berhasil. 

2. Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Sudah Dibayar ✔️

Bagaimana jika kamu berubah pikiran setelah melakukan pembayaran? Jangan panik, berikut akan dijelaskan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop apabila sudah dibayar. Tapi syaratnya, posisi barang masih dipesan, belum sampai menunggu kurir. 

Memang saat masih menunggu penjemputan bisa dibatalkan, namun prosesnya cukup rumit. Jadi, lebih baik segera batalkan dengan jarak yang tidak lama setelah menyelesaikan pembayaran. Nantinya kamu juga dapat meminta pengembalian dana atas uang yang sudah dibayarkan. 

Agar tidak salah, perhatikan panduan yang diberikan di bawah ini. Akan dijelaskan mulai dari cancel sampai mengajukan pengembalian dana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Shop di aplikasi TikTok. 
  • Selanjutnya masuk ke bagian Pesanan dan cari orderan yang baru saja kamu bayar. 
  • Klik pesanan tersebut dan lihat sudah sampai mana prosesnya. Kalau masih dipesan dan belum di-pick up oleh kurir, segera lakukan pembatalan. 
  • Gulir layar ke bawah dan tekan menu Batalkan Pesanan. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

  • Pilih salah satu alasan yang disediakan di TikTok Shop dan tekan Lanjutkan
Related  Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

  • Di halaman selanjutnya kamu bisa mengunggah gambar atau video sebagai bukti. Dapat pula menambahkan pesan tertentu kepada seller. Keduanya bersifat opsional, jadi tidak diisi pun tidak masalah. 
  • Konfirmasi pembatalan dengan klik Lanjutkan sekali lagi. 
  • Setelah itu kamu akan masuk ke tahapan Detail Pengembalian Dana. 
  • Sekarang pilih metode pengembalian dana. Untuk rekening bank, prosesnya biasanya 3—5 hari kerja. Sedangkan lewat DANA dan OVO diproses sekitar 1—2 hari kerja. 
  • Tekan Konfirmasi untuk memilih salah satu metode pembayaran dan masukkan identitasnya. 
  • Jika sudah selesai, tekan tombol Ajukan di bawah. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

  • Pesanan berhasil dibatalkan dan disetujui oleh platform. Sekarang tinggal menunggu dana di-refund ke metode yang sudah kamu pilih. 

3. Cancel Pesanan di TikTok Shop yang Menunggu Penjemputan ✔️

Terakhir adalah penjelasan cara cancel pesanan yang sudah masuk dalam tahapan menunggu kurir. Barang yang berada di tahapan tersebut berarti selesai diproses oleh seller, mendapatkan resi, dan tinggal di-pick up. Memang bisa dibatalkan, tapi perlu usaha. 

Selain itu, saat beli dengan metode pembayaran COD biasanya barang langsung diproses dan menunggu kurir. Jadi, tidak ada menu Batalkan Pesanan seperti sebelumnya. Satu-satunya solusi yaitu berdiskusi dengan penjual. Seperti inilah panduannya:

  • Buka Shop di Tiktok dan masuk ke Pesanan
  • Pilih barang yang hendak kamu cancel. Atau langsung masuk ke menu Untuk Dikirim. 
  • Setelah pesanan terbuka, gulir layar dan pilih opsi Hubungi Penjual. 

  • Sekarang chat dan tanyakan apakah pesanan dapat dibatalkan. 

  • Kalau tidak bisa karena barang sudah dikemas oleh sistem, tanyakan solusinya. 
  • Biasanya penjual yang baik hati menyarankan untuk tidak menerima paket saat tiba dan meminta kurir melakukan retur. 

Seperti itulah cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang dapat kamu coba. Orderan bisa di-cancel jika belum sampai diambil oleh kurir untuk dikirimkan. Sebaiknya lebih teliti lagi saat pesan agar tidak terjadi kesalahan, karena proses cancel lebih sulit dibandingkan checkout pesanan. 

error:
Scroll to Top