Cara Membatalkan Promosi di TikTok

3 Cara Membatalkan Promosi di TikTok yang Benar

GEMATOS.ID | TikTok masih jadi platform media sosial yang banyak digunakan, baik berbagi konten untuk kreator atau media berjualan. Salah satu cara yang dilakukan agar konten menjangkau banyak audiens yaitu pakai fitur Promosi. Namun dengan alasan tertentu, ada yang mencari cara membatalkan promosi di TikTok karena menganggap kurang efektif. 

Tapi ternyata, fitur Promosi dianggap kurang efektif untuk mempromosikan konten sebagaimana yang dikehendaki. Itulah kenapa, walaupun sudah rela bayar, ada yang memilih untuk membatalkannya saja. Bagaimana cara cancel fitur tersebut? Langsung lihat saja panduannya di sini. 

Mengenal Fitur Promosi di TikTok

Bagi yang belum tahu, mungkin perlu kenalan dulu dengan fitur Promosi di TikTok. Jadi, fitur tersebut memungkinkan kreator untuk mengiklankan kontennya kepada pengguna lain. Caranya dengan membayar sejumlah uang kepada TikTok sesuai dengan durasi yang dipilih. 

Sering kali fitur Promote atau Promosi ini disebut dengan booster. Jadi, video yang di-boost akan dipromosikan oleh pihak TikTok dengan tujuan mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas. Sistemnya bukan pesan sekali dan semua konten dipromosikan, melainkan hanya video yang dipilih saja. 

Jadi, misalkan ingin menggunakan fitur Promosi untuk dua video. Maka cara mengaktifkannya dilakukan satu per satu dengan pembayaran yang berbeda pula. Untuk durasi satu hari, dikenai biaya sebesar Rp15.000.

Keuntungan dari menggunakan fitur Promosi yaitu bisa menargetkan sendiri audiens yang diinginkan. Beberapa fungsi yang dimiliki oleh fitur ini yaitu:

  • Meningkatkan jumlah penonton dari video yang di-boost
  • Meningkatkan angka penjualan produk, bagi yang mempromosikan video jualan. 
  • Mendorong lebih banyak kunjungan ke profil akun TikTok. 
  • Dapat meningkatkan traffic ke website yang diinginkan. 
  • Menargetkan audiens berdasarkan kategori yang lebih spesifik. 
Related  Cara Mengaktifkan COD di TikTok Shop Sebelum Belanja

Cara Mengaktifkan Fitur Promosi di TikTok

Sebelum menerangkan cara membatalkan Promosi di TikTok, mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mempromosikan video. Seperti yang dikatakan di atas, bahwa fitur ini diaktifkan per video. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke halaman Profil yang ada di kanan bawah. 
  • Kemudian tekan ikon burger di sudut kanan atas halaman tersebut. 
  • Selanjutnya masuk ke menu Alat Kreator
  • Setelah itu, pilih fitur Promosi
  • Kalau saat itu ada kupon diskon, bisa segera diklaim. 
  • Berikutnya tentukan video mana yang akan di-boost dengan fitur Promosi.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu diminta untuk menentukan target pengiklanan. Apakah ingin banyak penonton, orang yang membeli produk, meningkatkan pengikut, tayangan profil, atau lainnya. 
  • Klik tombol Selanjutnya
  • Setelah itu, tentukan jangkauan penonton. Kamu bisa menyerahkannya pada pihak TikTok atau membuat target audiens sendiri. 
  • Jika sudah dibuat, klik Selanjutnya
  • Di bagian ini, tentukan berapa lama durasi pengiklanan sesuatu budget yang kamu miliki. Geser saja garisnya ke kanan atau kiri. 
  • Klik Selanjutnya
  • Berikutnya kamu diminta untuk memilih metode pembayaran. Untuk pengguna android bisa pakai dompet digital, sedangkan user iPhone bayar menggunakan koin. 
  • Setelah pembayaran, tunggu proses peninjauan dari tim TikTok, biasanya dalam waktu 1×24 jam. 
  • Nantinya kamu akan dapat pemberitahuan lewat notifikasi atau Kotak Masuk. 

Cara Membatalkan Promosi di TikTok

Cara Membatalkan Promosi di TikTok
Cara Membatalkan Promosi di TikTok by Youtube.com/TheEcomBull

Adakah cara membatalkan promosi di TikTok? Mungkin ini jadi pertanyaan para pengguna yang merasa menyesal setelah mengaktifkan fitur Promote untuk videonya. Karena ternyata, ada kreator yang mengeluhkan jika fitur tersebut kurang efektif, sebab hanya bekerja pada video yang di-boost saja. 

Related  3 Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers: Banyak Cuan

Alasan pembatalan lainnya mungkin terjadi karena salah upload video. Seharusnya mengunggah video yang ada di draft, tapi malan upload yang  belum diedit. Sedangkan sudah terlanjur di-boost dan disetujui oleh pihak TikTok. 

Perlu diketahui bahwa video yang sudah telanjur running iklannya, tidak bisa dihapus ataupun diprivasi. Misalkan kamu ingin membatalkan saja promosinya dengan hapus video tersebut. Maka, yang didapatkan adalah notifikasi video tidak dapat dihapus karena iklan sedang berjalan. 

Dan satu-satunya cara membatalkan promosi di TikTok yaitu menghentikan iklan dari konten tersebut. Meskipun akhirnya harus rugi karena uang yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membatalkan promosi:

Langkah 1. Masuk ke Menu Inbox ☑️

Setiap kali kamu mengaktifkan fitur Promosi, maka notifikasi diterima tidaknya akan masuk ke halaman notifikasi atau Inbox. Jadi, cek dengan cara di bawah ini:

  • Buka menu Inbox atau Kotak Masuk di aplikasi TikTok. Menu tersebut terletak sebelum Profil. 
  • Setelah itu, masuk ke halaman System Notifications atau Notifikasi Sistem. 

  • Di halaman itulah kamu bisa melihat semua notifikasi dari TikTok. 

Langkah 2. Temukan Notifikasi dari TikTok ☑️

Langkah selanjutnya yaitu mencari notifikasi dari TikTok. Temukan notifikasi yang memberi tahu jika permintaan promosi untuk kontenmu telah di-approved. Pada pemberitahuan tersebut, ketuk View More. 

Langkah 3. Pilih Untuk Menghentikan Promosi ☑️

Berikut ini langkah utama dari cara membatalkan promosi di TikTok. Kamu tidak bisa meminta pembatalan dan menarik kembali dana yang sudah dibayarkan. Tapi dapat melakukan penutupan dan menghentikan pengiklanan. Caranya seperti di bawah ini:

  • Saat kamu klik notifikasi tersebut, maka akan terbuka halaman rincian pemesanan promosi video TikTok. 
  • Kemudian klik tanda titik tiga di pojok kanan atas halaman. 
Related  Cara Memindahkan Akun TikTok ke HP Lain, Data Tetap Aman

  • Setelah itu, pilih saja opsi Close Promotion untuk mengakhiri promosi. 

Cara Membatalkan Promosi di TikTok

Membatalkan Promosi yang Diotorisasikan ☑️

Pernahkah kamu mendapatkan notifikasi untuk otorisasi dan mendapatkan promosi gratis? Contohnya seperti di bawah ini:

Dengan otorisasi, berarti kamu memberikan izin kepada TikTok untuk menggunakan kontenmu sebagai keperluan promosi. Tujuannya untuk mendapatkan exposure lebih secara gratis. Meskipun tidak berbayar, ternyata banyak yang mengeluhkan jika viewers turun setelah otorisasi. 

Kalau kamu menemukan kendala tersebut, bisa melakukan pembatalan dengan mengirimkan email ke alamat [email protected]. Tulis email yang menyatakan jika kamu ingin membatalkan izin otorisasi akun dengan alasan viewers dan penjualan produk down. Jangan lupa menyertakan pula nama akunmu. 

Memang setelah kirim email pembatalan tidak langsung disetujui. Jadi, kamu perlu menunggu beberapa hari lagi. 

Perlu Atau Tidak Pakai Fitur Promosi di TikTok? 

Kalau melihat dari segi kegunaan, memang fitur Promosi membawa efek yang bagus terhadap video yang di-boost. Tapi ada juga yang tidak merasakan dampak selanjutnya setelah melakukan pembayaran. Contoh yang paling sering terjadi yaitu:

  • Hanya dapat viewers tapi checkout produk menurun. Ini tidak seperti FYP secara alami. 
  • Followers yang masuk hasil booster tidak masuk hitungan di Profil, meskipun terus bertambah. 
  • Video yang di-boost memang banyak penontonnya. Tapi jika upload video baru, viewers bisa sangat anjlok. 
  • Audiens tidak sesuai dengan target yang ditentukan. 

Dengan melihat beberapa permasalahan di atas, rasa-rasanya fitur Promosi ini tidak efektif untuk semua pengguna. Kalau memang budget pas-pasan, lebih baik membuat konten secara alami saja. Walaupun nantinya dengan Promosi dapat jumlah penonton yang banyak. Karena meskipun di-boost, hasilnya tetap tergantung pada kualitas video yang menarik dan sesuai target.

Demikianlah penjelasan cara membatalkan promosi di TikTok. Yang bisa kamu lakukan hanyalah menghentikan promosi untuk video yang di-boost. Tapi harus bersiap rugi, karena uang yang sudah dibayarkan tidak dapat kamu tarik kembali. 

error:
Scroll to Top