Cara Cek BPJS Kesehatan

Posted on 508 views

Adakah diantaramu yang tengah mencari cara cek BPJS Kesehatan yang mudah dipahami? Sebelum lanjut lebih detail, perlu diketahui bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah jaminan kesehatan milik pemerintah. Berdasarkan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), tujuan dari BPJS Kesehatan ini adalah memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang terdaftar sebagai peserta dan telah membayar iuran atau iurannya dibayarkan pemerintah.

Menjadi peserta BPJS Kesehatan mempunyai banyak manfaat. Salah satunya yaitu tak perlu bingung dan pusing masalah biaya pengobatan atau rumah sakit saat sedang sakit. BPJS Kesehatan menanggung berbagai pengobatan atas risiko penyakit.

Meskipun pada dasarnya kamu ingin selalu sehat dan tak ingin sakit, terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan tetap penting. BPJS Kesehatan bisa untuk berjaga jika sewaktu-waktu sakit. Namun, untuk bisa menggunakan BPJS Kesehatan, kamu harus terdaftar aktif dan selalu membayar iuran setiap bulannya.

Nah, lantas bagaimana cara cek BPJS Kesehatan apakah masih aktif atau tidak? Berikut cara cek BPJS Kesehatan yang dapat kamu coba.

Cara Cek BPJS Kesehatan

Cara Cek BPJS Kesehatan
Cek BPJS Kesehatan

1.  Cek BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara pertama cukup mudah, yaitu melalui aplikasi Mobile JKN. Pengguna smartphone, baik Android maupun iOS bisa menggunakan cara ini. Berikut cara-caranya:

  • Unduh dan install aplikasi Mobile JKN melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS
  • Jika belum memiliki akun, buat akun dan lakukan registrasi
  • Apabia sudah memiliki akun, langsung Login dengan memasukkan NIK atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan password
  • Masukkan kode Captcha
  • Klik Login
  • Setelah berhasil, pilih menu Peserta pada halaman utama
  • Data peserta dan status kepesertaan akan tertampil di layar smartphone milikmu. Jika statusmu aktif, akan tertera Aktif. Bila sudah tidak aktif, tertulis Nonaktif.
Related  Cara Cek No XL Axiata yang Benar

2. Cek BPJS Kesehatan Melalui Website

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak selanjutnya, bisa dilakukan lewat website resmi BPJS Kesehatan. Berikut adalah caranya:

  • Buka laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Jika belum memiliki akun, buat akun dan lakukan registrasi
  • Apabia sudah memiliki akun, langsung Login dengan memasukkan NIK atau Nomor
  • Setelah berhasil Login, sistem di website akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan, termasuk status kepesertaan hingga iuran

3. Cek BPJS Kesehatan Melalui whatsapp layanan CHIKA

CHIKA merupakan kependekan dari Chat Assistant JKN. Layanan dalam bentuk chatbot atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. Melalui CHIKA, kamu dapat melakukan cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data faskes, maupun informasi letak faskes atau kantor BPJS Kesehatan. Berikt adalah caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone milikmu
  • Whatsapp CHIKA di nomor 0811-8750-400
  • Tulis pesan  dengan format “Halo CHIKA
  • Kemudian system akan otomatis membalas pesanmu, “Saya bisa membantu dalam memberikan informasi: 1. Cek Status Peserta BPJS Kesehatan, 2. Cek Tagihan BPJS Kesehatan, 3. Lokasi Faskes, dan lainnya
  • Sesuai info yang kamu inginkan, maka balas dengan menuliskan nomor. Misalnya  “1”
  • Maka sistem akan membalas dengan jawaban informasi yang kamu minta, apakah status kepesertaanmu aktif atau nonaktif

4. Cek BPJS Kesehatan Melalui Call Center

Cara berikutnya yaitu cek keaktifan kartu BPJS Kesehatan juga dapat melalui telepon Call Center di nomor 1500 400. Kamu akan diarahkan untuk menekan angka tertentu sesuai informasi yang kamu butuhkan.

  • Angka 1 – Cek status kepesertaan BPJS Kesehatan
  • Angka 2 – Perubahan data
  • Angka 3 – Konsultasi dokter
  • Angka 4 – Layanan Badan Usaha
  • Angka 5 – Informasi dan keluhan lainnya.
Related  Cara Hapus Foto di Facebook

5. Cek BPJS Kesehatan Melalui Faskes/Puskesmas Terdekat 

Mengecek status kepesertaan tak perlu langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1 tersdekat, mislanya Puskesmas juga bisa.Kamu bisa minta tolong ke petugas bagian pendaftaran untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan. Apakah masih aktif atau tidak.

Tak perlu malu atau ragu bertanya meski puskesmas tersebut bukan faskes rujukanmu, seperti yang tercantum di kartu BPJS Kesehatan. Tetapi lihat kondisi dan situasi juga ya.Bila petugas sedang sibuk melayani banyak pasien, tunggu sampai agak sepi. Atau kamu bisa datang ke puskesmas lebih pagi agar leluasa meminta informasi tersebut.

Bayar Iuran Tepat Waktu agar BPJS Kesehatan Tetap Aktif

Setiap bulan kamu bayar iuran BPJS Kesehatan. Entah itu secara mandiri atau potong gaji oleh perusahaan.Sebaiknya manfaatkan BPJS Kesehatan untuk mendapat layanan kesehatan. Kalau memang tidak sakit, kamu bisa kontrol kesehatan di puskesmas dengan BPJS Kesehatan, seperti minta vitamin.

Tentunya agar lebih hemat biaya kesehatan. Misalnya sakit flu, berobat ke klinik 24 jam, biayanya Rp 30 ribu sampai Rp 100 ribu. Sedangkan di puskesmas pakai BPJS Kesehatan, gratis. Tidak bayar sepeserpun.

Selain itu, ada catatan atau riwayat kamu menggunakan BPJS Kesehatan. Datamu juga akan terekam di puskesmas tersebut. Paling penting tepat waktu membayar iuran, agar BPJS Kesehatanmu selalu aktif agar dapat menikmati manfaatnya kapanpun.

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan

Oh ya, status peserta BPJS Kesehatan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap orang. Namun, saat ini peserta BPJS Kesehatan tidak lagi dibekali kartu identitas yang memuat nomor BPJS. Tak perlu khawatir, ada tiga cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dilakukan untuk memudahkan pengurusan administrasi ketika dibutuhkan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Cek Nomor BPJS Kesehatan melalui SMS

Cara pertama yang paling mudah yaitu melalui SMS. Layanan SMS untuk cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dikirimkan lewat nomor 08777-5500-400 Begini caranya:

  • Buka aplikasi Pesan di smartphone milikmu
  • Ketik SMS dengan format NIK (spasi) nomor induk kependudukan yang tertera di KTP
  • Kirim ke 08777-5500-400
Related  Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA yang Benar

SMS Gateway ini bekerja dengan sistem berbayar sehingga pastikan ponsel terisi pulsa agar bisa melakukan layanan ini.

2. Cek Nomor BPJS Kesehatan lewat website resmi

Cara lain untuk cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK bisa juga dilakukan dengan mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan. Berikut adalah langkah-langkah ang dapat kamu ikuti:

  • Buka laman bpjs-kesehatan.go.id
  • Pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan
  • Masukan NIK dan tanggal lahir
  • Sistem akan memunculkan informasi tentang identitas peserta yang terdiri dari nama dan nomor BPJS serta jumlah iuran yang harus dibayarkan

3. Cek Nomor BPJS Kesehatan lewat Call Center

Jika kamu ingin cara yang langsung mendapatkan jawaban untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan, kamu bisa langsung menghubungi call center di nomor 1500 400.Cukup jelaskan maksud secara jelas kepada petugas penerima telepon, kemudian petugas yang akan mengakomodasi kebutuhan untuk memperoleh informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan.

Perlu diketahui bahwa seluruh peserta yang terdaftar dalam program BPJS Kesehatan pasti memiliki nomor identitas BPJS. Nomor tersebut biasanya diperlukan untuk mengisi administrasi ketika melakukan pemeriksaan kesehatan. Cara-cara untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan tersebut bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah. Satu cara lain adalah dengan mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Demikian informasi singkat mengenai cara cek BPJS Kesehatan yang dapat kamu lakukan. Semoga artikel ini membantu dna bermanfaat