Cara Retur Barang di TikTok

Cara Retur Barang di TikTok dan Mengajukan Pengembalian Dana

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu menerima pesanan yang salah saat belanja di TikTok Shop? Dan sudahkah kamu tahu bagaimana cara retur barang di TikTok dan mendapatkan pengembalian dana? Jika ada paket yang tidak sesuai dengan pesananmu, TikTok menyediakan opsi pengembalian. 

TikTok Shop memang jadi salah satu platform marketplace yang difavoritkan banyak orang. Bahkan meskipun pernah ditutup sekalipun. Tapi kesalahan dari penjual mungkin saja terjadi, sehingga memaksa pembeli untuk melakukan retur barang dan meminta pengembalian dana. 

Apakah mengembalikan barang di TikTok Shop mudah dilakukan? Apa saja persyaratannya? Untuk tahu caranya secara lengkap, kamu harus simak panduan di bawah ini. 

Apa Itu Retur Barang di TikTok? 

Istilah retur memang sudah tidak asing lagi. Kalau kamu biasa belanja online, pasti kerap mendengar istilah tersebut. Lantas, apa sebenarnya retur barang di TikTok itu? 

Retur barang merupakan proses mengembalikan produk yang dilakukan oleh pihak pembeli kepada penjual. Hal seperti ini biasa terjadi dalam jual beli. Alasannya beragam, entah karena produk rusak ketika proses pengiriman atau tidak sesuai dengan deskripsi aslinya. 

Sebagai platform marketplace besar, TikTok Shop menciptakan komunitas jual beli yang nyaman, baik bagi seller maupun buyer. Termasuk menyediakan layanan retur apabila pembeli merasa tidak puas dengan barang yang diterimanya. Apakah retur mudah dilakukan? 

Related  3 Cara Melihat Trending TikTok Untuk Ide Konten Video Kreatif

Adanya fitur retur tidak serta merta membuat pembeli seenaknya saja. Tetap ada persetujuan terlebih dahulu dari penjual. Jika seller menerima alasan dan bukti kuat dari pembeli, mungkin saja untuk menyetujuinya. Setelah barang dikembalikan, pembeli pun berhak mendapatkan pengembalian dana. 

Syarat Retur Barang di TikTok

Dengan cara retur barang di TikTok, kamu berhak mendapatkan layanan yang lebih baik dari penjual dan menerima dana kembali. Tapi, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan proses pengembalian produk tersebut? Berikut ini ada beberapa syarat penting untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli di TikTok:

  • Barang sudah diterima. Syarat yang pertama, kamu harus sudah menerima barang tersebut. Jangan lupa untuk membuka barang sambil membuat video unboxing. Dengan bukti adanya kerusakan pada barang, kamu bisa mengembalikannya dengan lebih mudah. 
  • Barang belum diulas. Sebaiknya, jika memang hendak melakukan retur, lakukan dengan segera. Kembalikan produk yang sudah kamu terima dan belum diulas. 
  • Punya alasan yang masuk akal. Penjual mudah jika pembeli tidak ribet. Karena itulah, kamu bisa melakukan retur jika punya alasan yang masuk akal. Biasanya aplikasi TikTok sudah menyediakan berbagai permasalahan dan alasan yang bisa kamu uraikan agar penjual mengetahui di mana kesalahannya. 
  • Penjual menyetujui proses retur. Seperti yang dijelaskan jika retur dapat terjadi jika pihak penjual menyetujuinya. Biasanya seller meminta bukti bahwa produk tersebut memang rusak atas kesalahannya. Karena jika kerusakan terjadi akibat kelalaian pembeli, proses retur tidak bisa dilanjutkan. 

Cara Retur Barang di TikTok

Cara Retur Barang di TikTok
Cara Retur Barang di TikTok

Apabila kamu mendapati kerusakan pada barang, kemudian punya bukti dan alasan yang kuat, maka bisa mengambil keputusan untuk melakukan retur. Di aplikasi TikTok sudah ada fitur ini. Bahkan prosesnya sangat mudah dan pihak penjual yang komunikatif. 

Related  3 Cara Membatalkan Promosi di TikTok yang Benar

Cara retur barang di TikTok dapat kamu lakukan secara mandiri atau diserahkan pada pihak ekspedisi yang tersedia di TikTok Shop. Proses ini juga tidak dikenai biaya, malah kamu mendapatkan pengembalian dana atas pembayaran yang sudah dilakukan. Untuk meretur barang yang sudah kamu beli, langkah-langkahnya seperti di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Menu Shop di TikTok

  • Pertama, buka aplikasi TikTok milikmu. 
  • Halaman Beranda sudah terbuka. 
  • Berikutnya, buka menu Shop di mana belanja online dilakukan di aplikasi TikTok. 

Langkah 2. Pilih Pesanan yang Akan Diretur

Setelah halaman TikTok Shop terbuka, kamu harus mencari pesanan mana yang akan dikembalikan. Kamu dapat menemukannya dengan cara seperti di bawah ini:

  • Di halaman awal TikTok Shop, buka menu Pesanan yang ada di atas. 

  • Selanjutnya kamu bisa lihat semua pembelian yang pernah dilakukan di sini. 
  • Pilih orderan mana yang ingin kamu kembalikan. Kamu bisa memilih di sini atau masuk ke tab menu Untuk diulas. 

Langkah 3. Ajukan Pengembalian Barang

Cara Retur Barang di TikTok

Berikut ini cara retur barang di TikTok berikutnya. Setelah kamu memilih pesanan, gulir halaman rincian ini ke bawah. Setelah itu, ketuk fitur Ajukan retur/pengembalian dana. Lakukan ini segera setelah kamu unboxing barang dan menemukan kesalahan. 

Langkah 4. Pilih Alasan Meretur Barang di TikTok

Pada langkah selanjutnya, kamu diminta untuk memilih masalah atau alasan yang mengharuskanmu untuk meretur barang. Pilih salah satu, lalu tekan Lanjutkan. Beberapa alasan yang disediakan yaitu:

  • Paket tidak diterima pada statusnya sudah terkirim. 
  • Barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi oleh penjual. 
  • Kemasan atau produk tiba dalam kondisi rusak. 
  • Produk mengalami kecacatan dan tidak berfungsi. 
  • Produk yang dikirim salah. 
  • Diduga adanya pemalsuan. 
Related  Cara Mengubah Tanggal Lahir di TikTok yang Benar Pasti Berhasil

Langkah 5. Unggah Bukti dan Buat Pesan kepada Penjual

Bagian inilah yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Kamu harus menyertakan bukti agar nanti penjual mau menyetujui proses returnya. 

  • Tekan tanda tambah untuk mengunggah bukti berupa foto dan video unboxing. Maksimal kamu bisa mengunggah 6 file. 
  • Tambahkan pesan untuk penjual, contohnya “barang yang dikirim salah ukuran, warna, atau model.”
  • Kalau sudah, tekan Lanjutkan

Langkah 6. Pilih Metode Retur

Cara Retur Barang di TikTok

Di sini ada dua metode retur yang disediakan oleh TikTok Shop. Kamu dapat memilih Antar, yang artinya produk dikembalikan melalui jasa pengiriman J&T Express. Biasanya gratis ongkos kirim. Ada juga pilihan Atur sendiri. 

Disarankan untuk memilih metode retur Antar saja. Prosesnya lebih mudah dan kamu tinggal memberikan barang kepada jasa ekspedisi untuk dikembalikan pada penjual. Setelah memilih metode, klik Lanjutkan

Langkah 7. Lengkapi Detail Pengembalian Dana

Berikut ini cara retur barang di TikTok yang sangat penting. Setiap kali melakukan pengembalian, pasti kamu juga mendapatkan refund. Itulah kenapa, atur metode apa yang akan kamu gunakan untuk menerima pengembalian dana tersebut. 

  • Klik Pilih pada menu Metode pengembalian uang. 

Cara Retur Barang di TikTok

  • Di sini ada berbagai macam opsi, seperti rekening bank, DANA, dan OVO. Jika kamu tidak punya rekening, bisa pilih DANA

  • Selanjutnya klik Tambahkan rekening DANA. 

  • Masukkan nomor ID DANA milikmu. 
  • Tulis kode PIN yang benar. 
  • Sekarang, lakukan verifikasi. Cek notifikasi pada HP dan klik VERIFIKASI. Jika tidak muncul, mana buka aplikasi DANA dan setujui aksesnya. 

  • Setelah menentukan metode pengembalian dana, klik Konfirmasi

Cara Retur Barang di TikTok

Langkah 8. Selesaikan Proses Retur Barang

Proses retur barang di TikTok hampir selesai. Cek dulu berapa total pengembalian uang yang kamu terima. 

  • Lalu klik Ajukan di bawah.

  • Di situ ada notifikasi jika retur disetujui, kamu harus menyerahkan barang ke lokasi drop off dalam waktu lima hari. 
  • Klik Mengerti

Cara Retur Barang di TikTok

Begitulah cara retur barang di TikTok dan mendapatkan pengembalian dana. Kamu bisa melakukan proses ini dengan didukung oleh bukti yang kuat. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk membuat video unboxing. Tanpa bukti tersebut, penjual tidak akan menyetujui retur. 

error:
Scroll to Top