GEMATOS.ID | Pernahkah kamu mengalami kendala saat berbelanja di TikTok? Jika sudah chat penjual tapi tidak mendapatkan jalan keluar, coba atasi dengan cara menghubungi CS TikTok Shop. Kamu dapat membuat pengaduan dan meminta bantuan untuk memperbaiki masalah tersebut.
TikTok Shop memang jadi salah satu marketplace terbaik untuk melakukan jual beli online. Kamu dapat membeli barang apa saja sekalian scroll di TikTok tanpa berganti aplikasi. Tapi seperti platform lain, tidak menutup kemungkinan adanya masalah yang timbul saat berbelanja.
Biasanya kalau mengalami kendala, berkomunikasi terlebih dahulu dengan pihak penjual. Namun tidak selalu prosesnya berjalan lancar. Entah penjual yang lama merespon aduan pembeli atau tidak mau memprosesnya. Kalau sudah begitu, jalan satu-satunya dengan membuat laporan kepada pihak customer service TikTok Shop. Caranya seperti berikut ini.
Cara Menghubungi CS TikTok Shop
Apabila kamu mengalami permasalahan saat membeli barang di TikTok Shop, bisa menyelesaikannya dengan cara menghubungi CS TikTok Shop. Kamu dapat menempuh cara ini kalau sudah tidak ada jalan keluar lain. Dengan meminta bantuan CS, bisa jadi mendapatkan respon lebih cepat.
Selain untuk pembeli, layanan customer service juga tersedia bagi penjual. Contohnya ketika mengalami keluhan atas pesanan pembeli, proses pengiriman, dan lain-lain. Berikut ini beberapa cara untuk menghubungi pihak CS TikTok Shop:
Cara 1. Menghubungi CS TikTok Shop Melalui Menu Bantuan
Cara menghubungi CS TikTok Shop yang pertama yaitu lewat menu Bantuan. Pada menu ini, kamu akan menemukan dua macam cara untuk membuat pengaduan atau hanya sekedar ingin mendapatkan solusi saja. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
- Pertama, buka aplikasi TikTok milikmu.
- Setelah itu, langsung masuk ke fitur Shop yang ada di bawah.
- Kalau sudah, geser bagian menu yang ada di atas. Kemudian masuk ke menu Bantuan.
- Di halaman ini kamu akan menemukan berbagai macam topik yang sering jadi permasalahan pembeli saat belanja di TikTok. Yang mana setiap topik itu ada solusinya sendiri-sendiri.
- Tapi jika kamu tidak menemukan solusi dari daftar topik yang tersedia, sebaiknya gulir layar ke bagian paling bawah.
- Lalu, lihat opsi untuk menghubungi customer service TikTok Shop. Di situ ada pilihan Bantuan Platform dan Kirim Tiket.
- Jika kamu memilih Bantuan Platform, maka itu sama saja dengan melakukan live chat dengan agen TikTok Shop. Pilih opsi ini jika kamu ingin menghubunginya dalam jam kerja, yakni pada pukul 11.00—19.00. Di halaman berikut, kamu bisa langsung menyampaikan apa permasalahannya.
- Kalau ada agen yang tersedia pada waktu tersebut, kamu akan segera mendapatkan balasan. Ini sistemnya sama dengan chattingan.
- Sedangkan jika pada saat itu tidak berada di waktu kerja dan tidak ada agen yang tersedia, pilih menu Kirim Tiket.
- Pilih Topik apa yang hendak kamu adukan.
- Contohnya kamu memesan dua barang, tapi yang datang hanya satu saja. Oleh karena itu, pilih Pengembalian Dana, lalu klik Konfirmasi.
- Berikutnya, kamu dapat mencurahkan detail permasalahannya pada kolom Deskripsi.
- Tambahkan bukti foto untuk mendukung laporannya. Maksimal bisa kirim 4 buah foto.
- Jika semua sudah terisi, klik Kirimkan. Kemudian tunggu pengaduanmu ditanggapi oleh CS TikTok Shop. Untuk melihatnya, cek di bagian Riwayat Dukungan.
Cara 2. Menghubungi CS TikTok Shop Melalui Pesanan
Berikut ini cara menghubungi CS TikTok Shop dengan lebih spesifik. Contohnya kamu mengalami permasalahan di satu pembelian saja. Oleh karena itu, akan lebih mudah kalau mengadukan pesanan itu saja. CS TikTok Shop pun tahu orderan mana yang kamu maksudkan.
Nantinya kamu juga mendapatkan dua opsi pengaduan, bisa pakai Bantuan Platform atau Kirim Tiket. Jika menggunakan Bantuan Platform, maka melakukan chatting dengan agen secara live. Sedang untuk Kirim Tiket, mengirimkan laporannya dulu, lalu menunggu respon dari customer service.
Untuk cara kedua ini, dilakukan lewat menu Pesanan. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
- Buka menu Shop di aplikasi TikTok.
- Setelah terbuka, buka ke bagian Pesanan.
- Di halaman ini kamu dapat melihat semua riwayat pesanan milikmu. Pilih pembelian mana yang mengalami masalah dan perlu bantuan dari customer service.
- Setelah halaman rincian pesanan terbuka, gulir layar ke bawah dan pilih menu Hubungi support team kami.
- Akan ada berbagai topik yang tersedia. Geser kembali ke bawah, lalu tentukan ingin pilih Bantuan Platform atau Kirim Tiket.
- Tampilan lembar pengaduannya sama saja seperti lewat menu Bantuan. Hanya saja, di sini lebih spesifik dengan menampilkan jenis pesanan.
Cara 3. Menghubungi CS Lewat Situs TikTok Shop Seller Center
Apa hanya pembeli saja yang dapat menghubungi customer service TikTok Shop? Tentu saja tidak. Para penjual yang memiliki kendala pun bisa membuat pengaduan untuk mendapatkan solusi secara cepat.
Tapi untuk penjual, bisa dicoba lewat situs TikTok Shop Seller Center. Cara mengaksesnya seperti di bawah ini:
- Buka halaman pengaduan dari TikTok Shop Seller Center lewat browser apa saja.
- Kamu akan mendapati formulir pengaduan seperti tampilan berikut ini.
- Caranya, lengkapi setiap kolom dari formulir tersebut.
- Biarkan bagian negara jika sudah tepat.
- Kemudian, pilih Topik dari permasalahan yang kamu alami.
- Setelah itu, jelaskan detail masalah pada kolom selanjutnya. Pastikan kamu menuliskannya secara rinci.
- Selanjutnya, masukkan alamat email milikmu. Pasalnya, pihak TikTok Shop akan mengirimkan balasannya lewat email.
- Masukkan namamu atau nama perusahaan. Untuk bagian ini bersifat opsional, bisa diisi atau tidak.
- Setelah semuanya selesai, klik tombol Kirim.
Cara 4. Menghubungi CS TikTkk Shop Lewat Email
Berikut ini cara menghubungi CS TikTok Shop terakhir yang dapat kamu lakukan. Selain lewat halaman pengaduan seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu pun bisa mengirimkannya langsung ke email. Alamat email aktif dari TikTok Shop yang baru yaitu [email protected].
Untuk Apa Menghubungi CS TikTok Shop?
Setiap platform marketplace itu pasti menyediakan layanan pelanggan atau customer service, termasuk TikTok Shop. CS disediakan untuk membantu penjual maupun pembeli yang memiliki kendala saat bertransaksi maupun penggunaan aplikasi. Kamu dapat menghubungi CS jika memerlukan beberapa hal di bawah ini:
- Mempunyai pertanyaan terkait penggunaan TikTok Shop yang belum dipahami. Contohnya apakah di platform ini menyediakan fitur repet order atau bagaimana cara pesan barang dengan memilih jasa ekspedisi.
- Terdapat kendala saat menjual produk, seperti terus mengalami gagal upload barang baru.
- Memiliki kendala teknis dengan akun TikTok Shop.
- Memerlukan bantuan untuk mengatasi perselisihan yang terjadi antara penjual dan pembeli.
- Mengajukan komplain atas layanan penjual yang kurang ramah dan tidak responsif ketika dimintai pertanggungjawaban.
- Mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan masalah dalam pengembalian dana. Semisal sudah bayar dua pesanan, tapi yang dikirim hanya satu. Sedangkan penjual tidak mau bertanggung jawab atas hal tersebut.
- Mengadukan semua masalah terkait penjualan dan pembelian di TikTok Shop.
Itulah beberapa cara menghubungi CS TikTok Shop. Kamu dapat membuat laporan lewat live chat atau mengirimkan tiket dukungan. Layanan ini tersedia bagi seluruh pengguna TikTok Shop, baik penjual maupun pembeli.