Cara Cek Lokasi HP yang Benar

Bagaimana cara cek lokasi hp? Apakah kita bisa mengetahui posisi atau lokasi hp secara akurat? Beberapa pertanyaan diatas kerap kali ditanyakan oleh para pengguna ponsel, yang kadang penasaran tetang dimana lokasi hp dan juga pemiliknya.

Karena, memiliki ponsel atau smartphone sendiri saat ini sudah menjadi hal utama yang tak boleh banget buat dilewatkan. Bayangkan saja, saat ini kita bisa melakukan semua pekerjaan dan juga aktivitas hanya melalui aplikasi dan juga smartphone yang kita miliki.

Maka dari itulah, gak heran jika kita perlu banget mengetahui posisi atau lokasi dimana ponsel kita berada. Dengan bantuan GPS atauĀ Global Positioning System yang ada pada ponsel, kita bisa mengetahui lokasi seseorang atau ponsel yang kita miliki.

Lantas, bagaimana jika ponsel yang kita miliki atau milik orang lain ternyata tidak aktif GPS nya? Gak masalah kok, karena kita tetap bisa memantau lokasi terakhir dari ponsel dan kemudian menelusurinya.

Cara Cek Lokasi HP

Cara Cek Lokasi HP
Cek Lokasi HP

Maka dari itu, penting banget nih buat kamu paham dan mengerti soal cara cek lokasi hp agar jika suatu saat kamu ingin mengetahui keberadaan ataupun lokasi seseorang, kamu bisa melacaknya dengan mudah.

Cara Cek Lokasi HP lewat Find My Device

Cara pertama yang akan mimin bagikan adalah menggunakan Find My Device. Nah, cara ini sendiri sudah terbilang cukup awam untuk para pengguna Smartphone android. Karena bayangkan saja, kamu bisa mengetahui lokasi seseorang hanya dengan menggunakan email saja.

Dengan catatan, pastikan dulu hp yang akan dilacak sudah mengaktifkan atau menghidupkan GPS mereka. Dan untuk cara melacak atau mengetahuinya adalah

  • Download terlebih dahulu aplikasi google find my device di perangkat yang akan dilacak
  • Kemudian, login email pada hp yang akan dilacak, dan juga login email yang sama pada ponsel yang akan digunakan untuk melacak
  • Jika sudah, maka selanjutnya kamu tinggal membuka aplikasi Find my device yang sudah di download tadi
  • Tunggu beberapa saat, dan pastikan GPS kamu hidup
  • Setelah berhasil masuk, maka kamu bisa melakukanĀ switch atau memilih email yang juga ada pada ponsel yang memiliki email yang sama
Related  Cara Cek IMEI Samsung

Terakhir, kamu akan melihat posisi terakhir ataupun posisi akurat dari ponsel yang mana didalamnya ada email yang juga kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa melakukan tracking dengan bantuan google maps untuk mengetahui posisi atau lokasi dimana ponsel kalian berada.

Min, gimana kalau misalnya yang hilang adalah ponsel kita? Tenang, jika mungkin ponselmu hilang, kamu tinggal membuka browser dan masuk ke situs find my device lalu login dengan email yang ada di ponsel kamu yang hilang.

Dengan begitu, kamu dapat melakukan pelacakan seperti cara yang mimin tulis sebelumnya. Atau, jika lokasi tidak akurat dan memang hp kalian dicuri, kamu dapat menghapus semua data yang ada pada ponsel, agar pencuri tidak dapat mengaksess data data penting, karena setelah prosess penghapusan data ponselmu akan terkunci dan tidak dapat digunakan.

Cara Cek Lokasi HP lewat Zenly

Kemudian untuk yang kedua, kamu dapat menggunakan aplikasi Zenly. Buat yang belum tau, zenly sendiri sebenarnya mirip dengan google maps. Namun, disini kamu dapat melihat lokasi seseorang yang sudah berteman dengan kamu, secara akurat.

Maka dar itu, untuk mengetahui posisi hp seseorang kamu dapat saling menggunakan zenly dan berteman di zenly agar bisa dilihat dimana lokasi kalian berada.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Zenly baik di perangkat android lewat google play atau iOS lewat App Store
  • Jika sudah, kamu dapat langsung membuka aplikasi zenly seperti biasa dan membuat akun terlebih dahulu
  • Kemudian kamu dapat menambahkan teman untuk pengguna yang ingin kamu lacak posisi hp nya

Terakhir, setelah kamu berteman, kamu akan melihat posisi terakhir dari pengguna yang menggunakan zenly, dan kamu juga dapat melihat pergerakan apabila pengguna yang berteman denganmu menuju suatu tempat.

Related  Cara Membuat Lokasi di Google Maps

Cara Cek Lokasi HP lewat Whatsapp

Lalu, untuk cara selanjutnya kita akan menggunakan bantuan Whatsapp, untuk mengetahui lokasi hp seseorang ataupun miliki kita. Disini, tentunya kamu bisa mengetahui lokasi pengguna baik secara real time atau live, dan juga lokasi tertentu saja.

Caranya

  • Buka aplikasi whatsapp dan chat seseorang yang ingin kamu ketahui lokasinya
  • Setelah itu, kamu bisa mengirimkan chat kepada orang tersebut jika kamu ingin meminta live location yang mereka miliki
  • Nah, untuk mengetahui lokasimu juga, kamu dapat membagikan lokasi terkini atau live location yang sama, kepada pengguna

Sehingga, ketika kamu dan pengguna tersebut saling bertukar live location, kamu dapat memantau lokasi dengan waktu yang ditentukan. Biasanya, ada opsi 15 menit, 1 jam, dan juga8 jam. Kalau mimin sendiri sih, lebih menyarankan kamu untuk menggunakan durasi 8 jam. Karena sekalipun kamu sudah tak ingin membagikan live location whatsapp, kamu bisa langsung stop sharing live location, agar tak diketahui lokasinya.

Karena sifatnya adalah live location, kamu tidak bisa melakukan tracking menggunakan google maps ataupun aplikasi navigasi lain. Namun, kamu dapat melihat detail dan posisi lokasi hp dari pengguna yang membagikan live location mereka.

Cara Cek Lokasi HP lewat Waze

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu dapat menggunakan aplikasi navigasi yang bernama Waze. Cara ini juga sama seperti whatsapp dan juga zenly. Hanya saja, sekalipun kamu belum berteman dengan pengguna waze, kamu dapat membagikan lokasi untuk mengetahui lokasi hp kalian. Caranya

  • Download terlebih dahulu aplikasi Waze di Google Play Store ataupun App Store
  • Setelah itu, lakukan kalibrasi kompas dan jangan lupa untuk menghidupkan GPS terlebih dahulu
  • Tunggu beberapa saat sampai lokasimu cukup akurat
  • Lalu klik pada tombol biru atau icon lokasi kamu
  • Terakhir, klik pada share live location dan bagikan link tersebut ke pengguna yang ingin mengetahui lokasi hp kalian
Related  8+ Cara Cek Saldo CIMB Niaga Update Desember 2023

Nah, walaupun tidak perlu berteman, untuk mengetahui posisi hp secara akurat kamu harus juga mendownload aplikasi Waze agar dapat mengetahui lokasi hp yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu dan pengguna lain dapat saling bertukar lokasi untuk mengetahui lokasi satu sama lain dengan mudah.

Cara Cek Lokasi HP lewat Google Maps

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu dapat menggunakan aplikasi Google Maps dengan metode yang sama dengan aplikasi Waze pada poin yang sebelumnya mimin bagikan. Caranya gampang banget kok.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Google Maps pada Android atau perangkat iOS kalian
  • Setelah itu, mintalah seseorang untuk membagikan lokasi mereka lewat google maps
  • Pastikan juga kamu sudah dalam kondisi terkalibrasi untuk GPS agar lokasinya lebih akurat
  • Kemudian mintalah pengguna tersebut untuk membagikan live location atau lokasi real time mereka lewat google maps

Jika sudah, maka kamu dapat melakukan tracking atau melacak lokasi ponsel pengguna baik dari aplikasi google maps ataupun google maps versi web jika kamu menggunakan komputer ataupun laptop.

Dengan melakukan tracking dari live location ataupun menggunakan find my devices, kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui lokasi dari hp atau ponsel kamu berada. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ketika kehilangan ponsel, ataupun sekedar ingin mengetahui lokasi dari gebetan, pacar, atau keluarga kalian.

Dan itulah tadi beberapa cara cek lokasi hp yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top