Cara Cek Pajak Motor

Posted on 470 views

Bagaimana cara cek pajak motor? Bagi Anda yang memiliki alat transportasi, salah satunya sepeda motor, sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik untuk membayar pajak yang tarifnya sudah ditentukan oleh pemerintah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 menyebutkan bahwa subjek pajak kendaraan bermotor adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan atau menguasai kendaraan bermotor.

Namun, mungkin saja Anda tidak mengetahui berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan untuk sepeda motor Anda. Lupa akan tanggal batas pembayaran pajak sepeda motor Anda juga mungkin terjadi atau bahkan sudah melewati batas tanggal jatuh tempo. Jika sudah melewati batas waktu pembayaran, maka mengakibatkan Anda harus membayar denda karena keterlambatan membayar pajak. Apabila pajak yang sudah jatuh tempo dibiarkan tidak dibayar, denda akan terus menumpuk hingga jumlahnya semakin meningkat.

Cara Cek Pajak Motor

Cara Cek Pajak Motor
Cek Pajak Motor

Maka dari itu, untuk menghindari denda, Anda sebagai pemilik sepeda motor harus mengetahui kapan tanggal jatuh tempo pajak kendaraan bermotor Anda. Bagaimana cara mengeceknya? Berikut beberapa cara cek pajak motor yang bisa kamu coba.

Cara Cek Pajak Motor Melalui STNK

STNK merupakan singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan, surat ini dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor di mana di dalamnya berisi informasi penting mengenai motor yang berkaitan. Salah satunya berisi informasi mengenai nominal pajak motor Anda yang harus Anda bayar setiap tahunnya.

Cara untuk melihat informasi mengenai pajak motor Anda di STNK ini cukup mudah. Anda hanya perlu melihat di salah satu sisi yang berisi tabel yang bertuliskan rincian mengenai tarif jumlah pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Pada sisi ini Anda juga bisa melihat informasi mengenai tanggal batas waktu pembayaran pajak motor Anda.

Related  Cara Cek HP Xiaomi

Cara Cek Pajak Motor Melalui Online

Kini, untuk mengecek apa pun sudah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Akibat dari kemajuan teknologi ini memudahkan setiap orang yang membutuhkan sesuatu dengan cepat. Salah satunya adalah untuk mengecek pajak motor. Terdapat beberapa cara untuk mengecek pajak motor secara online, yaitu:

Cek Pajak Motor Melalui Website Resmi

Terdapat beberapa website resmi untuk mengecek pajak motor. Anda bisa mengeceknya sesuai dengan wilayah kendaraan motor Anda. Berikut beberapa website untuk mengecek pajak motor secara online di masing-masing daerah.

Agar Anda dapat menggunakan layanan website tersebut, Anda perlu memasukkan nomor kendaraan dan NIK sebelum mendapatkan informasi pajak. Bagi Anda yang yang berada di luar provinsi tersebut, pengecekan pajak kendaran dan pembayaran belum tersedia dalam layanan online. Maka dari itu, Anda harus datang secara langsung ke kantor samsat.

Cara Cek Pajak Motor Melalui Aplikasi Resmi Samsat Nasional

Cek pajak motor secara online bisa dilakukan melalui aplikasi pajak resmi yaitu aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional atau e-Samsat. Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika sudah berhasil mengunduh aplikasi cek pajak kendaraan.

  1. Buka aplikasi pada ponsel Anda
  2. Pilih wilayah kendaraan motor Anda.
  3. Masukan nomor plat motor Anda.
  4. Kemudian muncul informasi tanggal jatuh tempo motor Anda.

Hanya dengan mengunduh aplikasi tersebut Anda bisa mengetahui kapan tanggal jatuh tempo motor Anda. Cara di atas bisa dilakukan untuk pembayaran pajak hampir di seluruh wilayah Indonesia. Terkecuali wilayah yang tidak terdapat e-samsat. Maka dari itu, Anda harus membayar langsung ke kantor samsat.

Related  Cara Cek Saldo SMS Banking Mandiri yang Benar

Cek Pajak Motor Melalui SMS Samsat

Layanan SMS ini disediakan oleh samsat untuk pemilik kendaraan yang ingin mengecek pajak kendaraan mereka. Layanan ini akan memberikan informasi terkait status pajak motor Anda melalui SMS.

Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang masih menyediakan layanan SMS ini. Berikut format SMS jika ingin mengecek pajak motor Anda.

  1. Ketik Info (Spasi) Kode Plat Nomor/Nomor Polisi/Kode Seri Plat Motor/ Warna Motor.
  2. Kirim pesan tersebut ke 08112119211.
  3. Tunggu beberapa saat dan akan masuk pesan balasan berisi mengenai informasi jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo.

Cek Pajak Motor Melalui Aplikasi Tokopedia

Aplikasi e-commerce Tokopedia menyediakan fitur e-Samsat yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk mengecek status pajak kendaraannya. Cara ini sekaligus bisa digunakan untuk membayar pajak. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek pajak motor Anda melalui aplikasi Tokopedia. Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu pada ponsel Anda.

  1. Buka aplikasi Tokopedia.
  2. Pastikan kamu sudah memiliki akun atau sudah mendaftar ke akun Tokopedia
  3. Pilih e-Samsat.
  4. Pilih wilayah sesuai dengan kendaraan motor Anda.
  5. Masukkan data yang diminta terkait kendaraan motor Anda.
  6. Ikuti instruksi sampai selesai.
  7. Kemudian akan muncul informasi mengenai pajak kendaraan motor Anda.

Cara ini sangat memudahkan bagi pengguna kendaraan yang ingin mengecek dan membayar pajak secara online. Namun, cara ini berlaku hanya untuk beberapa wilayah, seperti Jawa dan Riau. Untuk wilayah lainnya mungkin akan segera tersedia.

 Cara Cek Pajak Motor Melalui Aplikasi Bukalapak

Selain aplikasi e-commerce Tokopedia, Bukalapak juga menyediakan fitur cek pajak dan e-Samsat kendaraan melalui aplikasinya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek pajak motor Anda melalui aplikasi Bukalapak.

  1. Buka aplikasi Bukalapak pada ponsel Anda.
  2. Pilih e-Samsat.
  3. Pilih wilayah pajak kendaraan sesuai dengan kendaraan motor Anda.
  4. Masukkan kode atau data yang diperlukan, yaitu nomor rangka dan KTP.
  5. Kemudian akan muncul tagihan pajak motor Anda secara rinci.
Related  Cara Cek Saldo SMS Banking BNI yang Benar

Selain untuk mengecek pajak motor, Anda juga bisa membayar pajak melalui fitur e-Samsat pada aplikasi Bukalapak. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membayar pajak motor Anda melalui aplikasi Bukalapak. Cara yang dilakukan sama seperti cara di atas, yaitu cara melihat informasi tagihan pajak motor. Selanjutnya Anda tinggal melanjutkan langkah-langkah berikut.

  1. Jika data sudah sesuai, lanjut ke proses pembayaran dengan memilih metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi Anda.
  2. Selanjutnya pembayaran pajak Anda segera diproses
  3. Bukti pembayaran pajak Anda akan dikirimkan melalui e-mail.

Dengan adanya fitur e-Samsat pada aplikasi Bukalapak ini, tentu sangat memudahkan bagi Anda pengguna kendaraan yang ingin mengecek dan membayar pajak secara online. Namun sayangnya, cara ini berlaku untuk beberapa wilayah saja.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk cek pajak motor Anda. Kini Anda tidak perlu khawatir jika tidak mengetahui jumlah pajak yang harus dibaarkan dan kapan tanggal jatuh tempo pajak motor Anda. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah dan efektif. Semoga beranfaat. Jangan sampai telat bayar pajak ya.