cara melihat password wifi di android

Cara Melihat Password WiFi di Android

Bagaimana cara melihat password wifi di android? Apa saja cara yang dapat digunakan untuk mengetahui password Wifi lewat android kita? Apakah ada cara mudah untuk melihat dan mengetahui password wifi yang terhubung di perangkat yang kita gunakan?

Beberapa pertanyaan diatas tadi, mungkin banyak sekali ditanyakan para pengguna smartphone yang mungkin ingin sekali mengetahui password wifi yang terhubung dengan mereka. Karena sebagaimana kita tau, saat ini juga kita sudah tak lepas dengan koneksi internet di berbagai perangkat.

Mulai dari komputer, laptop, dan juga smartphone, kini sudah bisa digunakan untuk mengaksess internet. Apalagi, saat ini banyak banget aplikasi dan juga informasi yang justru didapatkan dari internet, dan jelas butuh aksess internet.

Sama seperti WiFi. Semenjak berkembangnya internet di Indonesia terutama, banyak banget para pengembang aplikasi yang saat ini berfokus untuk mengembangkan aplikasi Mobile, untuk memudahkan para pengguna.

Mulai dari sekedar menggunakan aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya, semua hal tersebut bisa diaksess dengan mudah menggunakan internet.

Apalagi, sekarang juga sudah banyak situs situs di internet yang menyajikan informasi terkini untuk para pengguna yang ingin terus up to date akan berita terbaru yang sedang terjadi di hari ini.

Ditambah dengan adanya pandemi saat ini, banyak banget para pekerja yang akhirnya harus WFH atau Work From Home atau memaksa keluar ke kafe untuk sekedar menikmati wifi gratis beserta minuman yang ada didaftar menu kafe tersebut.

Maka gak heran jika penting banget buat kita mengetahui password wifi yang kita gunakan. Terlebih jika kamu mungkin menggunakan jaringan wifi sendiri di salah satu provider penyedia jaringan wifi.

Hal ini sendiri tentunya berguna kita mungkin ada saudara, teman, ataupun keluarga yang ingin terhubung atau connect dengan jaringan wifi yang kamu gunakan untuk sekedar membuka aplikasi sosial media, ataupun mendownload dan memainkan game online.

Sayangnya, tidak semua pengguna memahami betul tentang cara mengetahui password wifi mereka. Akhirnya, ketika ada teman, saudara ataupun keluarga yang menanyakan password, mereka tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Cara Melihat Password WiFi di Android

cara melihat password wifi di android
Melihat Password WiFi di Android

Padahal, untuk caranya sendiri masih terbilang sangat mudah kok. Setidaknya, mimin sudah merangkum beberapa cara melihat password wifi di android yang bisa kamu aksess melalui smartphone kalian masing-masing, ketika terhubung dengan wifi yang ada disekitarmu. Seperti

Related  Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Melihat Password WiFi di Android lewat QR Code

Cara pertama yang paling mudah menurut mimin adalah dengan menggunakan QR Code. Nah, disini kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama QR Code Scanner yang dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Dan untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut

  1. Pastikan kamu sudah terhubung dengan wifi yang ingin kamu ketahui passwordnya
  2. Setelah itu, tarik status bar ke bagian bawah sampai kamu menemukan icon Wifi
  3. Tap atau ketuk agak lama pada icon Wifi tersebut, sampai kamu diarahkan ke laman wifi settings
  4. Nantinya kamu bisa mengklik pada opsi Share password / Share connection
  5. Klik pada opsi tersebut dan kemudian akan muncul QR Code
  6. Kamu bisa menggunakan ponsel lain atau ponsel temanmu, dan kemudian scan QR Code tersebut

Nantinya, setelah kamu melakukan scanning QR Code pada jaringan wifi yang sudah terhubung tadi, maka secara otomatis kamu akan terhubung atau bisa juga jika kamu ingin sekedar mengatahui passwordnya saja, kamu tidak perlu connect ke wifi, dan kemudian melakukan scanning qr code tadi untuk langsung memunculkan karakter password dari wifi yang terhubung di perangkat satunya lagi.

Tapi dengan catatan, untuk fitur share password atau share connection, biasanya hanya berlaku di beberapa jenis smartphone saja, seperti xiaomi, samsung, dan juga untuk pengguna custom rom mungkin tidak akan menemukan fitur ini. Jadi, pastikan ponselmu sudah support ya.

Cara Melihat Password WiFi di Android lewat Web Admin

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan web admin dari tiap router yang kamu gunakan. Karena, biasanya hal ini kerap dipakai para teknisi ataupun pada saat prosess installasi jaringain Wifi dirumah, kantor, atau bahkan tempat umum untuk mengatur sandi atau password wifi mereka. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu box atau lihat di bagian router wifi yang kamu gunakan
  2. Setelah itu, siapkan smartphone dan pastikan kamu sudah terhubung ke jaringan wifi yang sesuai dengan router kalian
  3. Lalu periksalah alamat login atau ip dari laman admin untuk router kalian
  4. Biasanya, disana kamu akan menemukan sticker yang berisikan alamat ip untuk login, beserta username dan password yang tertera untuk masuk kedalam web admin jaringan
  5. Buka smartphone kalian dan login melalui ip beserta usernam dan password yang tertera
  6. Tunggu beberapa saat sampai kamu berhasil login
  7. Dan nantinya kamu bisa melihat informasi mengenai router yang kamu gunakan
  8. Jika kamu menemukan banyak menu, klik saja pada menu Network / Management Network / User Management
  9. Setelah itu kamu akan menemukan detail dari router dan wifi yang kamu gunakan
  10. Disitulah kamu dapat mengetahui password wifi yang kamu miliki, dan kamu bisa menyimpannya baik baik.
Related  Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi dengan Mudah (Tinggal Scan)

Selain untuk mengetahui password wifi kalian, kamu juga bisa kok melakukan penggantian password untuk jaringan wifi yang kamu miliki. Dengan catatan, kamu memiliki aksess penuh dan mengerti cara login kedalam web admin dari router atau jariangan wifi yang kamu pakai.

Jika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa menghubungi pihak provider ISP atau jaringan, untuk dapat mengetahui alamat IP untuk login kedalam web admin dan mengetahui password wifi ataupun melakukan penggantian password.

Cara Melihat Password WiFi di Android dengan Aplikasi

Kemudian untuk cara yang ketiga, disini mimin akan mengarahkan kamu untuk menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Tenang, aplikasinya tidak berbayar alias gratis kok. Dan tentunya, aplikasi ini bisa kamu install dari Google Play Store untuk smartphone Android kalian. Caranya

  1. Pastikan dulu kamu sudah terhubung dengan jaringan yang ingin kamu ketahui sandi atau password Wifinya
  2. Setelah itu, buka Google Play Store dan cari aplikasi WiFi Master Key
  3. Download atau unduh aplikasi tersebut dan tunggu sampai prosess Installasinya selesai
  4. Setelah berhasil terinstall, buka aplikasi WiFi Master Key dan berikan semua perizinan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut
  5. Jika sudah, kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai diarahkan ke lamana utama dari aplikasi WiFi Master Key tadi
  6. Nantinya, kamu akan melihat jaringan mana yang terhubung dengan smartphone android kalian dan kamu bisa mengklik pada jaringan tersebut untuk melihat password dari Wifi yang terhubung ke android kalian

Nah dengan cara ini tentunya kamu bisa mengetahui atau setidaknya membagikan password kepada pengguna lain, agar mereka dapat terhubung dengan jaringan wifi yang ada. Namun, cara ini hanya berlaku untuk jaringan wifi yang sudah connect atau terhubung saja ya. Jika belum, maka kamu harus mengetahui passwordnya terlebih dahulu agar bisa dibagikan ke pengguna lain.

Related  3+ Cara Berbagi WiFi di HP Xiaomi: Mudah (dengan Gambar)

Cara Melihat Password WiFi di Android lewat WPS Button

Terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan WPS Button yang biasanya ada di tiap router Wifi. Dengan catatan, cara ini hanya berlaku jika router wifi yang ingin kamu connect adalah milikkmu sendiri.

Dan untuk caranya juga gampang banget kok

  1. Hidupkan Wifi yang ada di router dan juga smartphone android kalian
  2. Setelah itu, kamu bisa mengklik pada icon wifi untuk masuk ke setting atau pengaturan Wifi
  3. Tunggu beberapa saat dan pilih pada Connect WPS
  4. Nah, periksa router yang kamu gunakan, dan cari button atau tombol WPS
  5. Klik pada Connect WPS di Smartphone, sembari kamu menekan tombol WPS di Router sekitar satu atau detik
  6. Tunggu sampai jaringan kamu terhubung
  7. Dan kamu sudah berhasil connect dengan jaringan wifi yang ada
  8. Terakhir, kamu tinggal login kedalam web admin dari router tersebut untuk melihat password wifi yang digunakan, sehingga kamu bisa dengan mudah mengaksess jaringan dan mengganti password jika dibutuhkan.

Untuk cara terakhir ini memang agak sulit, karena memang cara ini biasanya digunakan untuk para teknisi yang mungkin saja kehilangan sandi atau password wifi router, ketika ingin melakukan maintenane.

Namun tak dipungkiri, cara ini juga masih bisa dipakai untuk pengguna wifi atau pemilik router yang mungkin juga ingin mengetahui password wifi mereka. Karena walaupun terbilang agak sulit, namun cara ini juga sangat efektif untuk digunakan.

Dan itulah tadi beberapa cara melihat password wifi di android yang bisa kamu gunakan. Silahkan coba cara atau metode yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top